Review Smartfren Andromax R, Ponsel 4G Kamera Berkualitas


Detekno.com – Awal tahun 2015 Smartfren resmi merilis 5 Smartphone terbaru yakni, Andromax R, Andromax Q, Andromax Qi, Andromax Es, dan Andromax Ec. Kelima smartphone ini menawarkan dukungan internet pada jaringan 4G LTE, sehingga memiliki kecepatan internet jauh lebih baik dibandingkan smartphone buatan Smartfren sebelumnya yang hanya sebatas jaringan Evdo Rev.A dengan kecepatan 3.1 mbps. Menariknya lagi, kelima smartphone Smartfren tersebut juga dilengkapi dapur pacu mumpuni yang mengandalkan Ram 1GB serta processor Quad Core 1.2 Ghz dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 410.

Kemampuan hardware mumpuni rupanya tak membuat harga Smartfren Andromax 4G LTE dibanderol mahal. Pasalnya kelima smartphone tersebut tetap dibanderol murah mulai dari 999 Ribu sampai 1.6 Juta Rupiah. Nah pada kesempatan kali ini detekno.com berkesempatan menjajal langsung kehebatan Smartfren Andromax R yang notabennya merupakan versi tertinggi dari keluarga Andromax 4G LTE. Bagi obat deteknokers yang penasaran bagaimana peforma dan kinerja smartphone 4G murah ini, yuk langsung saja simak Review Smartfren Andromax R yang dirangkum detekno.com berikut ini.

Review Smartfren Andromax R

Review Smartfren Andromax R

Review Smartfren Andromax R

1. Paket Penjualan :
  • Buku Petunjuk Pemakaian
  • Kartu Garansi
  • 1 Set Charger + USB Data
  • Baterai
  • Unit Smartfren Andromax R
  • Paket Data Smartfren 4G LTE

Kesan pertama saat melihat box Smartfren Andromax R, terlihat cukup menarik dengan balutan box berwarna hitam yang berpadu dengan warna merah. Kemudian didalamnya kami mendapatkan beberapa paket penjualan yang terdiri dari satu unit Andromax R, kartu garansi, kabel data, buku panduan, headset, baterai, dan paket data internet dari Smartfren yang didalamnya terisi kuota reguler 2GB dan kuota malam mencapai 6GB. Sayangnya untuk bonus paket data tersebut, hanya bisa kami pakai selama 1 minggu karena merupakan paket data “Bundling My Plan Silver 7 Hari”.

Kemudian untuk kualitas headsetnya sendiri masih tergolong standard, dengan balutan warna hitam glossy yang terlihat murahan. Namun untuk kualitas suaranya sudah cukup lumayan saat kami coba mendengarkan musik dan menonton film. Selanjutnya didalam Dusbook Andromax R juga disediakan Charger dengan keluaran daya 5.0V = 1.0A, sehingga kecepatan pengisian baterainya tergolong standard, berbeda dengan smartphone sekelasnya yang rata-rata sudah didukung charger berdaya 2 ampere dan dibekali fitur Quick Charge.

2. Video Unboxing :

3. Desain dan Body :
Tampak Depan Smartfren Andromax R

Tampak Depan Andromax R

Tampak Depan

Review Smartfren Andromax R selanjutnya mari kita lihat bagaimana desain smartphone ini. Diatas kertas, Andromax R memiliki dimensi (Panjang 145 mm x lebar 75 mm x tinggi 9 mm). Sementara untuk bodynya sendiri terbuat dari bahan dasar plastik sehingga memiliki bobot sangat ringan dan membuatnya lebih nyaman ketika kami operasikan. Walaupun bodynya masih berbahan plastik, namun Smartfren memberikan frame samping berwarna emas dan sudut yang membulat, sehingga tidak terkesan monoton dan memberikan kesan elegan. Kemudian pad sisi bawah layar juga terlihat tersedia 3 tombo navigasi yang terdiri dari Homa, Back, dan Recent App

Tampak Belakang

Tampak Belakang Smartfren Andromax R

Tampak Belakang Andromax R

Saat kami memegang Andromax R memang terasa sangat nyaman, selain karena beratnya sangat ringan, bagian belakang Andromax R juga terbuat dari bahan polikarbonat dengan sentuhan finishing mate, sehingga tidak licin dan terasa kesat saat kami operasikan. Seperti yang sobat lihat pada gambar diatas, pada bagian belakang Andromax R juga diletakan logo “Hisense” dengan “Andromax” disisi sampingnya. Sementara pada bagian atas, sudah ada kamera 8 Megapixel dengan Dual LED Flash serta tulisan 4G LTE di sisi bawahnya.

Back Cover

Back Cover Smartfren Andromax R

Back Cover Andromax R

Setelah kami puas dengan tampilan luar Smartfren Andromax R yang terlihat elegan walaupun harganya cukup murah. Selanjutnya kita lihat bagian dalam smartphone ini. Saat back cover kami buka, terlihat adanya 2 slot kartu sim berbentuk micro-sim (4G LTE) dan mini-sim (GSM). Selain itu tersedia pula slot microSD dengan tampung maksimum 32 GB, dan satu buah baterai berjenis Li-Po berdaya 2.200 mAh. Sayangnya bagi sobat deteknokers yang ingin memasukan kartu sim harus terlebih dahulu mencopot baterai sehingga terasa kurang efesien karena kita harus terlebih dahulu mematikan ponsel ini.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Smartfren Andromax R

Tampak Samping Kanan Andromax R

Kemudian pada bagian samping kanan Smartfren Andromax R tersedia tombol power dan volume yang cukup nyaman ketika kami operasikan dengan satu tangan. Tombolnya juga cukup empuk walaupun kami sedikut kesulitan saat mengambil screen shot, mengingat tombol volume dan bawah cukup berdekatan. Namun overall kami cukup puas dengan penempatan kedua tombol tersebut.

Tampak Samping Kiri Smartfren Andromax R

Tampak Samping Kiri Andromax R

Selanjutnya disisi kiri, tampil polos tanpa adanya tombol apapun. Seperti yang sobat lihat diatas hanya ada bezel berwarna emas yang tampak elegan membalut body Andromax R yang berukuran cukup tipis.

Tampak Atas

Tampak Atas Smartfren Andromax R

Tampak Atas Andromax R

Pada bagian atas Smartfren Andromax R, terletak sebuah port jack audio berukuran 3.5mm yang siap sobat masukan headset bawaan Andromax R, maupun headset pribadi dengan kualitas lebih baik.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Smartfren Andromax R

Tampak Bawah Andromax R

Selanjutnya pada bagian bawah, sudah ada port MicroUSB 2.0 untuk menghubungkan Andromax R dengan charger maupun terkoneksi ke komputer. Sayangnya saat kami coba memasukan kabel USB-OTG tidak bisa terbaca. Nah inilah salah satu kekurangan Andromax R, padahal chipset yang dipakainya sama persis seperti Xiaomi Redmi 2.

4. Layar
Layar Smartfren Andromax R

Layar Smartfren Andromax R

Review Smartfren Andromax R pada sektor layar terbilang cukup memuaskan. Pasalnya gambarnya cukup tajam walaupun resolusinya masih sebatas HD 720 x 1280 pixels. Owh ya untuk ukuran layarnya sendiri berukuran 5 inchi dengan panel IPS yang memiliki kerapatan pixel -294 ppi, sehingga otomatis gambarnya terlihat memukau saat kami mencoba bermain game, membuka video, dan konten foto beresolusi besar. Selain itu, Smartfren juga menyertakan screen guard gratis yang melindung layar dari goresan. Sayangnya menurut kami screen guard yang diberikan tergolong murahan, sehingga mengurangi sensitifitas layar yang memiliki 5 titik sentuhan berdasarkan test yang kami lakukan memakai aplikasi “Multitouch Tester”.

Multitouch Smartfren Andromax R

Multitouch Smartfren Andromax R

Lebih baik sobat deteknokers langsung mengganti screen guard bawaan dengan membeli tempered glass yang lebih berkualiatas dan pastinya lebih tahan terhadap goresan. Sebenarnya, Smartfren sudah menyertakan lapisan pelindung Dragon Trail Glass pada sisi terluar layar Andromax R, jadi sobat tak perlu memakai screen guard tambahan apabila percaya akan kualitas layar anti gores Dragon Trail. Namun bagi kami, lapisan screen guard maupun tempered glass tetap dibutuhkan, karena akan melindung layar lebih sempurna dari goresan maupun benturan.

5. Sistem Operasi dan User Interface
Sistem Operasi dan User Interface

Home Screen Andromax R

Home Screen

User interface pada Homescreen Smartfren Androma R tergolong standard, tanpa adanya perubahan berarti dari sistem operasi Android Lollipop bawaan. Namun yang menarik, Smartfren menyediakan beberapa pilihan thema yang bisa sobat pilih sesuai selera. Selain itu, tersedia pula beberapa pilihan widget standard dan widget dari Smartfren yang akan menampilkan pemakaian data internet dan sisi kuota. Sayangnya tak ada perubahan pada tampilan status bar, karena masih terlihat standard dengan beberapa pilihan menu seperti wifi, hingga fitur dolby audio.

Lock Screen Andromax R

Lock Screen Andromax R

Pada tampilan homescreen juga diletakan tombol app drawer layaknya Android Lollipop standard. Semua aplikasi akan terpampang pada app drawet tersebut. Sementara untuk tampilan lock screennya juga terlihat standard tanpa adanya perubahan berarti. Namun Smartfren menyediakan aplikasi “startscreen” sebagai alternatif lock screen agar terlihat lebih unik, karena sudah disediakan beragam pilihan thema pada aplikasi tersebut.

Sistem Operasi

Sistem Operasi Andromax R

Sistem Operasi Andromax R

Seperti yang sobat deteknokers lihat diatas, untuk sistem operasi Android Lollipop yang dipakai Adromax R merupakan versi 5.0.2. Saat kami membelinya, rupanya smrtfren langsung memberikan pembaharuan sistem, namun sayangnya kami tak bisa langsung mendownloadnya karena harus terlebih dahulu memasangkan kartu microSD pada ponsel ini.

Pembaharuan Sistem Andromax R

Pembaharuan Sistem Andromax R

Owh ya, kabar buruknya sobat tak bisa mengatur USB-Debuging pada menu opsi pengembang, karena Smartfren memberikan kata sandi demi mencegah pengguna Andromax R melakukan unlock terhadap sistem Andromax R. Bagi sobat deteknokers yang pernah memakai smartphone buatan Smartfren, pastinya sudah tak heran dengan langkah yang dilakukan Smartfren ini.

User Interface Aplikasi

Menu Telepon Smartfren Andromax R

Menu Telepon Andromax R

User interface aplikasi bawaan seperti sms, telepon, contact, dan kalkulator telah mengusung tampilan Android Lollipop, karena bagian status barnya akan mengitkut warna utama dari aplikasi tersebut. Walaupun tergolong standard, namun menurut kami masalah tampilan aplikasi cukup memuaskan, dan yang terpenting kita bisa merasakan tampilan Android Lollipop yang mengusung material desain yang berbeda dibandingkan smartphone Android Kitkat.

Menu SMS Andromax R

Menu SMS Andromax R

Kemudian untuk tampilan menu sms juga sama dengan menu lainnya, yang mengikuti warna bawaan aplikasi. Mengingat ponsel ini mendukung fitur Dual Sim, saat sobat mengirim sms akan diberikan pilihan memakai sim card GSM maupun CDMA. Nah setelah mengetahui seperti apa tampilan sistem operasi Android Lollipop pada smartphone ini, selanjutnya mari kita lihat review Smartfren Andromax R pada sektor hardware.

6. Peforma dan Hardware
Hardware Andromax R

Hardware Andromax R

Hardware

Seperti yang sobat lihat diatas, saat kami membuka aplikasi “CPU-Z” terlihat bahwa Andromax R telah dilengkapi processor Quad Core 1.2 Ghz dengan arsitektur ARM Cortex-A53. Adapun chipset yang dipakainya adalah Chipset Qualcomm Snapdragon 410 dan chipset grafis dreno 306. Sementara untuk total Ram yang tersedia adalah sebesar 1GB dan memiliki memori internal sebesar 8GB. Melihat spesifikasi hardware tersebut, bisa dikatakan peforma Smartfren Andromax R sudah cukup mumpuni dalam memberikan kinerja yang cepat dan responsif.  Untuk membuktikan bagaimana performa Andromax R, silahkan sobat lihat Review Smartfren Andromax R pada uji benchmark dibawah ini.

Benchmark Antutu

Benchmark Antutu Smartfren Andromax R

Benchmark Antutu Smartfren Andromax R

Perpaduan komponen hardware diatas ditambah pemakaian sistem operasi Android Lollipop, mampu menghasilkan skor benchmark antutu mencapai 21.101. Nilai yang diraih Smartfren Andromax R cukup tinggi dan mampu bersaing melawan smartphone sekelasnya seperti Xiaomi Redmi 2 dan Lenovo A6000, yang notabennya sama-sama memiliki spesifikasi hardware sama persis, yakni memadukan Ram 1GB, Cpu Quad Core 1.2 Ghz, dan pengolahan grafis Adreno 306. Jadi bisa dikatakan performanya cukup mumpuni bagi sebuah smartphone berbanderol 1 Jutaan.

Benchmark Geekbench

Benchmark Geekbench 3 Smartfren Andromax R

Benchmark Geekbench 3 Smartfren Andromax R

Pengujian selanjutnya kami lakukan lewat aplikasi “GeekBench”. Saat kami uji, Smartfren Andromax R memperoleh skor single core 469 yang terbukti mampu mengalahkan skor smartphone premium Samsung Galaxy S3 dan hanya berselisih sedikit dari Sony Xperia Z. Sementara untuk skor multi-core, Andromax R mampu mendapatkan skor benchmark sebesar 1.396 yang kembali menempatkannya diatas Galaxy S3 dan Sony Xperia Z. Skor tersebut memang tak lepas dari pemakaian processor berarsitektur 64 Bit, pasalnya lawan-lawannya masih memakai processor berarsitektur 32 Bit.

Memori

Memori dan Ram Andromax R

Memori dan Ram Andromax R

Dilanjutkan pada review Smartfren Andromax R disektur memori penyimpanan dan memori ram. Seperti yang kami singgung diatas, Andromax R memiliki memori internal sebesar 8 GB yang bisa sobat tambahkan microSD hingga sebesar 32 GB. Sobat wajib membeli memori microSD, agar bisa menginstal game-game HD pada Andromax R, karena setelah kami masukan satu game HD yakni Asphalt 8, rupanya sisa memori internal yang tersedia sekitar 3.32 GB. sementara sisanya dipakai untuk menyimpan aplikasi bawaan, file system dan beberapa konten video dan gambar yang kami masukan.

Menariknya Smartfren Andromax R juga menyediakan pengaturan mengenai lokasi pemasangan aplikasi, yang bisa sobat pilih diantara memori inernal atau memori ekternal. Kemudian untuk sektor Ram, disediakan Ram sebesar 1GB dengan sisa pemakaian sekitar 414 mb, karena kami hanya menjalankan aplikasi BBM. Pastinya ukuran ram akan terus berkurang, apabila sobat menginstal lebih banyak aplikasi social media, seperti facebook, whatsup, dan line. Jadi kami sarankan sobat bisa bijak menginstal aplikasi, agar performa Andromax R tetap cepat ketika sobat pakai bermain game.

Daya Tahan Baterai

Baterai Smartfren Andromax R

Baterai Smartfren Andromax R

Sobat deteknokers patinya penasaran seperti apa daya tahan baterai Smartphone berteknologi 4G LTE ini. Setelah kami uji seharian dengan pemakian normal tanpa kami pakai mengakses internet pada jaringan 4G LTE dan bermain game, rupanya baterainya sangat awet. Namun saat kami pakai aktif mendownload lewat jaringan 4G LTE selama sekitar 1.5-2 Jam, seperti yang sobat lihat diatas baterai langsung terjun drastis dengan hanya menyisakan baterai sekitar 15% dari sebelumnya sekitar 57%.

Berbekal baterai berkapasitas 2.200 mAh yang bisa dilepas dan dipadukan dengan processor berteknologi 64 Bit, bisa disimpulkan bahwa ketahanan batarai Smartfren Andromax R sebenarnya cukup baik, dan mampu dipakai seharian asalkan sobat tidak terlalu sering memakainya untuk mendownload lewat jaringan 4G LTE maupun bermain game HD. Sebenarnya soal ketahanan baterai, semuanya kembali lagi ketangan sobat deteknokers karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan berbeda-beda dalam memakai smartphone Android.

6.  Multimedia
Musik

Pemutar Musik Andromax R

Musik

Kebutuhan multimedia menjadi hal wajib bagi pengguna smartphone Android, oleh karena itu Smartfren melengkapi ponsel buatannya dengan teknologi Dolby Digital Plus yang mampu menghasilkan suara lebih baik dan memberikan pengalaman suara berkualitas lebih jernih. Terbukti, saat kami mengaktifkan fitur Dolby Digital Plus, setiap musik yang kami putar mampu terdengar lebih nendang. Apalagi saat kami mencoba memakai headset, rupanya sangat terasa sekali perbedaan kualitas suara ketika fitur Dolby kami aktifkan dan non-aktifkan.

Video

Video Andromax R

Video Andromax R

Kemampuan memutar video Smartfren Andromax R cukup memuaskan, pasalnya ponsel ini terbukti mampu memutar konten video beresolusi HD 720p, dan Full HD 1080p dengan lancar tanpa adanya lag. Kualitas suaranya juga menakjubkan berkat pemakaian teknologi Dolby Digital Plus yang siap menghasilkan suara sinematik layakan di bioskop saat sobat memakai headset. Kami sarankan sobat menginstal aplikasi pihak ketiga seperti VLC dan MX-Player, karena kami mengalami beberapa kendala saat memakai aplkasi pemutar video bawaan.

Gaming

Peforma Gaming Smartfren Andromax R

Performa Gaming Smartfren Andromax R

Review Smartfren Andromax R yang kami lakukan pada pengujian menjalankan game terbukti lancar. Smartphone ini mampu menjalankan game HD sekelas Asphalt 8 dengan mulus, walaupun kami atur pada kondisi grafik high. Pastinya untuk game-game ringan seperti Clash Of Clans, Candy Crush, dan Get Rich mampu berjalan lancar pada ponsel ini. Nah sudah terbukti bahwa peforma Smartfren Andromax R dalam mengeksekusi beragam konten multimedia bisa berjalan dengan lanjar. Jadi sobat tak usah ragu apabila tertarik membeli smartphone berlayar HD 5 inchi ini.

6. Konektivitas dan Internet
Kecepatan Internet Smartfren Andromax R

Kecepatan Internet Smartfren Andromax R

Kecepatan Internet 4G LTE

Lokasi mempengaruhi prestasi meruapakan kata tepat yang kami gambarkan kepada jaringan 4G LTE Smartfren. Yups, jaringan internet Smartren menurut kami belum terlalu stabil, karena masih dalam tahan pengembangan. Seperti yang sobat lihat pada gambar diatas, kecepatan maksimal yang bisa kami dapatkan mencapai 9.88 mbps, dan dibeberap tempat terutama didalam ruangan kecepatannya menurun menjadi sekitar 3-5 mbps.  Owh ya untuk lokasi kami sendiri berada di kota Purwokerto 😀 , jadi bagi sobat deteknokers yang tinggal di wilayah Barlingmascakeb sudah bisa meraskan sensasi mengakses internet 4G LTE lewat layanan internet Smartfren.

Diatas kertas, spesifikasi Smartfren Andromax R telah didukung jaringan TDD LTE pada frekuensi 2300 Mhz, dan FD LTE pad frekuensi 800/850/1800/2600 Mhz. Selain itu, Andromax R juga mendukung jaringan Evdo Rev.A yang bisa jadi alternatif apabila sobat tak mendapatkan jaringan 4G LTE. Sementara untuk slot sim card kedua, hanya mampu mengakses jaringan GSM tanya adanya dukungan teknologi 3G HSDPA. Owh ya, ponsel ini juga bisa sobat manfaatkan sebagai modem hotspot dengan fitur Wi-Fi Hotspot. Tak ketinggalan fitur Bluetooth V4.0 juga disediakan untuk memenuhi kebutuhan mentransfer file sobat deteknokers.

Navigasi GPS

GPS Smartfren Andromax R

GPS Andromax R

Kemampuan GPS Smartfren Andromax R patut di acungi jempol, karena terbukti sangat akurat dan dapat mengunci lokasi dengan sangat cepat. Bagi sobat yang suka berpergian pastinya sangat tertolong dengan adanya GPS teknologi 4G LTE pada Smartren Andromax R. Selain itu, Smartfren juga melengkapi Andromax R dengan sensor Compas yang semakin mempermudah navigasi sobat deteknokers. Selanjutnya mari kita lihat Review Smartfren Andromax R mengenai kualitas kamera depan dan belakang.

7. Kualitas Kamera
Aplikasi kamera Smartfren Andromax R

Aplikasi kamera Smartfren Andromax R

Review Smartfren Andromax R selanjutnya akan mengulas mengenai kekuatan kamera Andromax R. Diatas kertas smartphone ini memiliki kamera belakan berkekuatan 8 Megapixelatau setara 3264 x 2448 pixels. Untuk meningkatkan kualitas kamera sisi belakang, Smartfren telah menyematkan dual led flash yang ditambah fitur autofocus beserta bukaan lensa F/2.0. Sementara untuk kamera bagian depan memiliki lensa 5 Megapixel yang mendukung fitur face focus, Aperture F/2.4, dan dibekali lampu led flash. Yups, kameranya memang menggiurkan bagi sobat deteknokers yang gemar dengan dunia fotografi, dan suka berfoto selfie. Lalu bagaimana dengan kualitasnya ?

Kamera Belakang

Kamera Belakang Smartfren Andromax R

Kamera Belakang Smartfren Andromax R

Seperti yang sobat deteknokers lihat diatas, Smartfren menyediakan beberap menu pada kamera bagian belakang. Dimana sobat bisa megangatur resolusi kamera dari 1.3 Megapixel sampai 8 Megapixel dengan rasio 4:3. Selain itu, tersedia pula pilihan kualitas gambar dan pilihan ukuran iso yang bisa sobat sesuaikan secara manual. Yups cukup banyak pengaturan yang disediakan Smartfren untuk memanjakan sobat dalam menghasilkan foto berkualitas tinggi. Nah untuk melihat hasil jepretan foto kamera belakang silahkan sobat lihat Review Smartfren Andromax R dibawah ini.

Foto Malam Hari Pakai Flash

Foto Malam Hari Pakai Flash

Foto Malam Hari Tanpa Flash

Foto Malam Hari Tanpa Flash

Hadirnya bukaan lensa atua aperture F/2.0 sangat membantu ketika sobat deteknokers mengambil foto pada kondisi low light atau dimalam hari. Seperti yang sobat lihat pada gambar diatas, kamera belakang Smartfren Andromax R tetap mumpuni walaupun kami coba mengambil dimalam hari. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, lebih baik sobat mengaktifkan fitur dual led flash yang tersedia pada sisi belakang, agar hasil foto tetap terlihat jernih dan memiliki warna natural.

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Review Smartfren Andromax R pada kamera belakang juga kami lakukan disiang hari. Dimana hasil fotonya tampak natural walaupun tak memakai lampu LED Flash. Untuk memotret objek jarak dekat juga terasa memuaskan berkat jarak focus lensa berukuran 3.72 mm dan mampu menghasilkan foto beresolusi 3264 x 2448 pixels dengan ukuran sekitar 3,12 mb saat mamakai LED Flash, dan 2.67 mb tanpa LED Flash. Nah sudah tahu kan bagaimana kualitas kamera belakang 8 Megapixel berfitur Dual LED FLash yang dimiliki Andromax R, walaupun resolusinya tergolong standard namun kualitasnya cukup memuaskan.

Kamera Depan

Kamera Depan Smartfren Andromax R

Kamera Depan Smartfren Andromax R

Kamera depan menjadi kelebihan utama Smartfren Andromax R, pasalnya Smartfren meletakan lampu LED Flash untuk memaksimalkan pencahayaan saat sobat deteknokers berfoto selfie. Pada aplikasi kamera depan Andromax R, juga disediakan banyak pengaturan seperti pemilihan resolusi foto, kualitas gambar, pengaturan iso, dan pengaturan LED Flash. Semuanya diberikan untuk mengoptimalkan pengambilan foto selfie agar terlihat jernih dan tajam. Nah untuk melihat review Smartfren Andromax R pada sektor kamera depan, sobat deteknokers bisa melihat hasil fotonya dibawah ini.

Foto Indor Tanpa Flash

Foto Indor Tanpa Flash

Foto Indor Pakai Flash

Foto Indor Pakai Flash

Kedua foto diatas kami ambil didalam ruangan, terbukti hasil fotonya cukup memuaskan saat kami coba memakai LED Flash dan tanpa LED Flash. Terlihat sekali perbedaan kualitas foto yang di hasilkan lewat fitur LED FLash. Namun bisa dikatakan kualitas fotonya cukup memuaskan, walaupun notabenennya kami ambil didalam ruangan minim cahaya. Kemampaun kamera depan Andromax R memang tak lepas dari pemberiaan bukaan lensa F/2.4 dan jarak focus 4.6 mm, sehingga mampu mengoptimalkan pengambilan cayaha dalam menghasilkan foto beresolusi 2560 x 1920 pixels.

Foto Outdoor Tanpa Flash

Foto Outdoor Tanpa Flash

Foto Outdoor Pakai Flash

Foto Outdoor Pakai Flash

Hasil foto outdoor alias diluar ruangan memakai kamera depan Smartfren Andromax R tampak sangat sempurna. Kemampuan kamera beresolusi 5 Megapixel benar-benar memanjakan kami dalam berfoto selfie. Seperti yang sobat lihat diatas, hasil foto memakai led flash dan tanpa led flash terlihat sangat jernih dan memiliki perpaduan warna seimbang. Menariknya lagi Smartfren membekali kamera bagian depan dengan fitur face focus yang sangat membantu dalam pengambilan foto selfie.

Rekaman Video

Rekaman Video Smartfren Andromax R

Rekaman Video Smartfren Andromax R

Review Smartfren Andromax R yang kami lakukan pada kemampaun merekam video kamera depan dan kamera belakang sudah cukup memuaskan. Mengingat harga Smartfren Andromax R ini dibanderol dibawah 2 Juta Rupiah, jadi sangat wajar apabila kamera belakangnya hanya mampu mengabadikan video beresolusi maksimum Full HD 1080p. Sementara untuk kamera bagian depan mampu merekam video HD 720p. Kemudian Untuk kualitas rekaman videonya tergolong cukup baik, karena gambarnya tetap terlihat jernih saat kami merekam diluar ruangan. Namun saat didalam ruangan akan terlihat adanya noise atau bintik bintik, jadi kami sarankan soba mengaktifikan LED FLash apabila harus merekam video didalam ruangan.

8. Harga Smartfren Andromax R
Harga Smartfren Andromax R

Harga Smartfren Andromax R

Setelah melihat review Smartfren Andromax R diatas, pastinya sobat deteknokers penasaran berapa sebenarnya harga Smartfren Andromax R tersebut ?. Untuk mendapatkan smartphone ini, sobat cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 1.599.000 atau lebih tepatnya sebesar 1.6 Juta Rupiah. Bagi sobat deteknokers yang ingin membelinya, bisa datang langsung ke galeri-galeri Smartfren terdekat atau ke toko handphone yang sobat percayai. Nah selanjutnya mari kita simak apa saja kelebihan dan kekurangan smartphone ini, berdasarkan review Smartfren Andromax R yang kami sampaikan diatas.

9. Kelebihan Smartfren Andromax R
  • Dibekali akses internet berkecepatan 4G LTE dan mendukung fitur dual sim
  • Kualitas layar cukup tajam karena telah mengadopsi teknologi IPS+OGS dengan resolusi HD 720p dan dilindungi anti gores dragon trail glass yang melindungi layar 5 inchi dari goresan dan benturan.
  • Desain elegan dan memiliki bobot sangat ringan, sehingga nyaman dipakai dalam waktu lama.
  • Peforma mobile gaming cukup memuaskan, berkat dapur pacu Ram 1GB, Android Lollipop, dan processor 64 Bit Quad Core 1.2 Ghz.
  • Dilengkapi kamera 8 Megapixel dengan fitur Dual LED Flash, dan mampu mengambil foto dengan kualtias gambar tajam dan jernih.
  • Kualitas kamera depan sangat memuaskan, berkat penambahan fitur LED Flash dan bukaan lensa F/2.4
10. Kekurangan Smartfren Andromax R
  • Daya tahan baterai berukuran drastis ketika dipakai mengakses jaringan 4G LTE dalam waktu lama
  • Tidak mendukung USB-OTG
  • Hasil rekaman video di dalam ruangan terasa kurang maksimal
  • Jaringan 4G LTE Smartfren yang kami coba terasa kurang stabil, karena beda tempat maka akan beda kecepatannya.
  • Memori internal cukup kecil, dan kita harus menambahkan microSD apabila ingin melakukan pembaharuan sistem
  • Smartfren mengunci menu USB-Debuging

Baca Juga : Review Xiaomi Redmi Note 2, Phablet Murah Performa Mumpuni

Wajar apabila ponsel ini memiliki beberapa kekurangan, mengingat harga Smartfren Andromax R dibanderol sangat murah, dengan harga sebesar 1.6 Juta Rupiah. Namun dibalik kekuarang yang dimilikinya, tersimpan banyak kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu smartphone terbaik di kelas entry level saat ini. Bagi sobat deteknokers yang membutuhkan sarana foto selfei dan bermain game, maka Andromax R bisa menjadi pilihan tepat untuk di coba kehebatannya. Demikian review Smartfren Andromax R yang kami sampaikan kali ini, semoga bisa menjadi referensi sebelum sobat membelinya.


Advertisement