Review Samsung Galaxy S7 Edge : Ponsel Terbaik Tahan Air


Detekno.com – Akhirnya tim detekno berhasil mencicipi ketangguhan smartphone flagship dari Samsung, yaitu “Samsung Galaxy S7 Edge“. Smartphone ini kami dapatkan dengan harga perdana sekitar Rp. 10.5 Jutaan, yang mana harga tersebut lebih murah dibandingkan harga Samsung Galaxy S6 Edge waktu pertama kali dirilis di Indonesia. Dimana waktu ini Samsung membanderol Galaxy S6 Edge mencapai Rp. 12.5 Jutaan. Selisih harganya memang cukup banyak, namun Samsung memberikan berbagai inovasi terbaru yang membuat Samsung Galaxy S7 Edge menjadi lebih keren, dan pastinya lebih powerfull dibandingkan pendahulunya.

Samsung Galaxy S7 Edge menawarkan berbagai fitur terbaru yang siap memanjakan sobat deteknokers saat memakainya. Dimana smartphone ini dibekali kemampuan tahan air dan debu, berbekal sertifikasi IP68 layaknya Sony Xperia Z5 Series. Selain kemamapuan tahan air, Galaxy S7 Edge juga membawa berbagai teknologi terbaru, seperti kamera Dual Pixel, Fast Charging, Always On Display, dan Chipset Samsung Exynos generasi terbaru yang membuatnya menjadi salah satu smartphone tercepat ditahun 2016. Nah bagi sobat deteknokers yang penasaran seperti apa kehebatan smartphone 10.5 Jutaan ini, silahkan simak review berikut.

Review Samsung Galaxy S7 Edge

Review Samsung Galaxy S7 Edge

Review Samsung Galaxy S7 Edge

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Samsung Galaxy S7 Edge Warna Titanium atau Silver
  • 1 Head Charger
  • 1 Kabel Microusb 2.0
  • 1 Buku Panduan Berbahasa Indonesia + Kartu Garansi
  • 1 Buku Panduan Berbahasa Inggris
  • 1 Adaptor USB OTG
  • 1 Earphone berwarna putih
  • 1 Sim Card Injector

Samsung Galaxy S7 Edge yang kami beli berwarna silver titanium dengan kapasitas memori internal 32GB. Ada yang unik dari dusbook smartphone ini, karena dusbook-nya dibuat lebih premium dengan balutan warna hitam pekat, dan di sisi sampingnya diberikan magnet. Saat kami membukaya, langsung terpampang Samsung Galaxy S7 Edge yang terlihat mengkilau, berkat pantulan cahaya dari bodi silver titanium-nya. Lalu dibawahnya telah tersimpan beberapa paket penjualan yang terdiri dari Head Charger, kabel microUSB, buku panduan bersama garansi, dan earphone yang tersimpan pada kotak berwarna hitam.

Selain itu, Samsung juga memberikan adaptor USB On-The-Go yang bisa sobat pakai untuk menghubungkan smartphone ini dengan flashdisk ataupun perangkat lainnya. Kemudian untuk head chargernya memiliki daya satu ampere yang membuat pengisian daya Samsung Galaxy S7 Edge semakin cepat, dan memaksimalkan kemampuan fast charging yang dibawanya. Sedangkan untuk kualitas earphone atau headsetnya, memiliki kualitas suara sangat baik dan bass yang mantap. Owh yah hampir ketinggalan, Samsung juga menyediakan sim card injector untuk membuka slot kartu sim dan microSD yang terletak dibagian atas Galaxy S7 Edge

2. Video Unboxing

3. Desain & Body :

Sebanding dengan harga Samsung Galaxy S7 Edge yang mahal, smartphone ini menawarkan desain premium yang unik dan pastinya sangat elegan. Bodinya telah dibalut frame berbahan metal, dan dibagian depan serta belakangnya telah dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 4 yang menambah kesan premium smartphone berlayar 5.5 inci ini. Yap, ukuran layarnya memang lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy S6 Edge. Namun untuk segi kenyamanan, kami lebih nyaman memakai Galaxy S7 Edge. Pasalnya smartphone ini memiliki bodi belakang melengkung layaknya Samsung Galaxy Note 5, sehingga memberikan grip yang lebih baik ketika di pegang.

Desain Samsung Galaxy S7 Edge dibuat secara khusus dengan mengikuti standard IP68 yang membuatnya mampu bertahan didalam air selama 30 menit dengan kedalaman maksimal mencapai 1.5 Meter. Uniknya, setiap port yang dimiliki Galaxy S7 Edge, seperti microUSB, Jack Audio, dan lubang speaker tak terlihat adanya lapisan pelindung, namun sobat tak perlu khawati membawanya berenang, karena smartphone ini terbukti mampu bertahan dalam rendaman air. Namun layar Galaxy S7 Edge tak bisa sobat operasikan saat dipakai berendam didalam air.

Tampak Depan

Tampak Depan Galaxy S7 Edge

Tampak Depan Galaxy S7 Edge

Pada bagian depan telah terpampang layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi Quad HD yang menawarkan layar jernih, dan memiliki detail warna yang baik. Pada bagian bawah layar, sudah ada tombol home yang terintegrasi pada Fingerprint Sensor, serta tersedia dua tombol capacitive berupa recent dan back. Lalu dibagian atas layar sudah ada kamera depan 5 Megapixel, logo Samsung, Speaker Telepon, dan sensor proximity. Selain itu, Samsung juga meletakan LED Notification pada bagian depan atau lebih tepatnya berada di samping kiri dan sejajara dengan sensor proximity.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Galaxy S7 Edge

Tampak Belakang Galaxy S7 Edge

Beralih ke review Samsung Galaxy S7 Edge pada bagian belakang bodinya, sobat deteknokers akan menjumpai casing belakang berlapis Corning Gorilla Glass 4 dan logo Samsung dibagian tengahnya. Sayangnya sidik jari akan mudah menempel pada lapisan kaca tersebut, sehingga sobat harus rajin membersihkannya. Selain itu, dibagian belakang juga tertanam kamera utama beresolusi 12 Megapixel dan lampu LED Flash. Lalu ada pula sensor S-Health yang bisa mendeteksi detak jantung, langkah kaki, kadar stress, SpO2, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Galaxy S7 Edge

Tampak Samping Kanan Galaxy S7 Edge

Tampak Samping Kiri Galaxy S7 Edge

Tampak Samping Kiri Galaxy S7 Edge

Bagian samping kanan dan kiri Samsung Galaxy S7 Edge dibalut frame berbahan metal yang terkesan sangat kokoh ketika dipegang. Sementara pada bagian kiri, sudah ada tombol volume up dan down yang dibuat terpisah. Lalu dibagian kanan dihiasi tombol power. Setiap tombol memiliki warna senada dengan frame metal yang dibawanya, sehingga membuatnya semakin premium dan tampak lebih elegan.

Tampak Atas

Tampak Atas Galaxy S7 Edge

Tampak Atas Galaxy S7 Edge

Ada yang hilang pada bagian atas Samsung Galaxy S7 Edge, yaitu tidak memiliki sensor Infrared. Sebelumnya Samsung Galaxy S6 Edge memiliki sensor Infrared dibagian atasnya, sehingga sobat tak bisa memakai fitur remote control yang sebelumnya dimiliki Galaxy S6 Edge. Selain itu, Samsung juga menempatkan slot sim card dan microSD pada bagian atas, dimana slot tersebut berjenis hybrid, jadi sobat tak bisa memakai fitur Dual Sim apabila memakai microSD atau memori ekternal. Tak hanya itu, dibagian atas juga terlihat adanya dua buah garis tegas yang berisi antena. Lalu ada pula satu mic telepon dibagian atas Galaxy S7 Edge.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Galaxy S7 Edge

Tampak Bawah Galaxy S7 Edge

Apabila smartphone flagship lain memakai port USB Type-C, Samsung masih setia memakai port MicroUSB 2.0 untuk menghiasi bagian bawah Galaxy S7 Edge. Selain itu, dibagian bawah juga disediakan port Jack Audio dan speaker utama yang memiliki 10 lubang. Bentuk speaker-nya memang cukup kecil, namun keluaran suaranya tergolong sangat baik. Sayangnya speaker tersebut akan terdengar cempreng setelah kemasukan air, sehingga sobat harus terlebih dahulu mengeringkannya agar bisa mengeluarkan suara dengan sempurna.

4. Layar :
Layar Galaxy S7 Edge

Layar Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge memiliki layar lengkung berukuran 5.5 inci dengan panel layar berteknologi Super Amoled yang memiliki resolusi Quad HD 1440 x 2160 pixels. Kualitas layarnya tak perlu diragukan lagi, karena akan terlihat sangat jernih, dan memiliki contrast warna yang terlihat natural. Layar dengan kepadatan pixel mencapai 534 ppi tersebut, juga dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 4 yang membuatnya tidak mudah tergores benda tajam. Namun kami mengalami hal yang kurang mengenakan, karena layar Samsung Galaxy S7 Edge yang kami miliki telah tergores oleh kunci motor saat kami masukan kedalam saku. Alhasil layar menjadi kurang sempurna, karena ada goresan kecil diatasnya.

Saran kami, sobat deteknokers wajib menambahkan tempered glass untuk melindungi layar berteknologi “Curved edge screen” yang dimiliki Galaxy S7 Edge. Layar lengkung pada kedua sisi smartphone ini memang memberikan kesan unik dan berbeda dari smartphone Android sekelasnya, namun lebih baik sobat menjaganya secara maksimal, agar tak menyesal 😀 . Selain itu, layar Samsung Galaxy S7 Edge juga menawarkan fitur Always On Display yang mampu menampilkan jam, tanggal, dan notifikasi pesan dan telepon pada kondisi layar standby. Uniknya fitur tersebut tak mengurangi daya tahan baterai Galaxy S7 Edge.

Multi-touch galaxy s7 edge

Multi-touch galaxy s7 edge

Kemampuan layar Samsung Galaxy S7 Edge semakin sempurna dengan tingkat responsivitas sangat baik. Dimana smartphone ini mendukung 10 sentuhan jari secara bersamaan, sehingga cocok bagi sobat yang hobi bermain game, dan menjalankan aplikasi yang membutuhkan beberapa sentuhan secara bersamaan. Nah itulah kehebatan layar lengkung Galaxy S7 Edge, lalu bagaimana dengan bagian software dan sistem operasinya ?

5. Sistem Operasi & User Interface :
Software Galaxy S7 Edge

Software Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge memakai sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1 yang dipercantik tampilan antarmuka TouchWiz UI terbaru. User interface yang dimiliki Galaxy S7 Edge tak berbeda jauh dari Galaxy S6 Edge. Namun Samsung memberikan fitur baru yang membuat tampilan antarmukanya tak memakai app drawer, sehingga terlihat layaknya MIUI pada smartphone buatan Xiaomi. Selain itu, tersedia pula Theme Store yang menyediakan berbagai thema menarik dan tersedia secara gratis untuk mempercantik tampilan homescreen serta setiap elemen pada menu Galaxy S7 Edge.

Homescreen dan Appdrawer

Homescreen App Drawer

Homescreen App Drawer

Homescreen Easy Mode

Homescreen Easy Mode

Homescreen Tanpa App Drawer

Homescreen Tanpa App Drawer

Samsung menyediakan 3 pilihan mode homescreen yang bisa sobat pilih sesuai kebutuhan dan selera sobat deteknokers. Dimana untuk mode yang pertama memiliki app drawer, sedangkan yang kedua tidak memiliki app drawer, sehingga semua icon aplikasi akan terpampang pada layar homescreen, layaknya MIUI yang dimiliki smartphone Xiaomi. Kemudian yang ketiga adalah mode “Easy Mode” yang akan menampilkan setiap icon dalam ukuran sangat besar, namun sobat tak akan bisa memakai thema apabila mode ini diaktifkan.

Thema Store

Theme Store

Theme Store

Contoh Ubahan Thema 1

Contoh Ubahan Tampilan Homescreen

Contoh Ubahan Thema 1

Contoh Ubahan Tampilan Menu

TouchWiz UI yang dipakai Galaxy S7 Edge bisa kita ubah tampilan icon serta setiap elemen yang ada didalamnya dengan berbagai pilihan thema yang bisa sobat unduh gratis melalui theme store. Menariknya, setiap thema menawarkan berbagai ubahan yang akan mempercantik user interface smartphone ini. Tak hanya icon, namun juga berbagai menu, seperti menu telepon, lock screen, status bar, menu pesan, hingga tampilan menu setting juga berubah mengikuti thema yang sobat pilih. Kemampuan ini membuat pengoperasikan Galaxy S7 Edge semakin menyenangkan dan tidak membosankan.

Status Bar

Status Bar

Status Bar

Saat membuka status bar pertama kali, akan terlihat 5 shortcut, yang terdiri dari Wi-Fi, Location, pengaturan suara, pengaturan rotasi layar, dan pengaturan Bluetooth. Untuk memperlihatkan semua menu pada status bar, sobat cukup menarik layar (slide down) sebanyak 2 kali, maka semua menu akan terlihat, dan bisa diatur posisinya secara mudah melalui menu edit. Kemudian untuk user interface status bar-nya, akan mengkuti setiap thema yang sobat pakai, sehingga tampilannya tidak akan membosankan.

Widget

Menu Widget

Menu Widget

Cukup menekan layar home screen dalam beberapa detik, maka akan akan muncul beberapa pengaturan, mulai dari Wallpaper, Widgets, Themes, dan Screen Grid. Untuk Widgetnya sendiri, Samsung menyediakan berbagai widget bawaan yang bisa sobat tambah dengan berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store. Kemudian untuk pengaturan Screen Gridnya, berguna untuk mengatur jumlah icon aplikasi yang terpampang di layar home screen, dimana telah tersedia pilihan 4 x 4, 4 x 5, dan 5 x 5.

Lock Screen

Pengaturan Lock Screen

Pengaturan Lock Screen

Lock Screen

Tampilan Lock Screen

Tampilan lock screen Galaxy S7 Edge mengikuti thema yang sobat pakai. Namun secara keseluruhan desain lock screenya sama persis, karena yang berubah hanya icon shortcut kamera, shortcut telepon, dan wallpaper. Selain itu, Samsung juga meletakan jam dan tanggal pada bagian tengah lock screen. Semua notifikasi yang masuk juga akan terpampang pada lock screen, dan sobat bisa membukanya secara langsung dengan menekan notifikasi tersebut. Kemudian untuk membuka lock screen, Samsung menyediakan beberapa mode, mulai dari Swipe, Pattern, Pin, Password, dan opsi Fingerprint Sensor yang terbukti sangat cepat saat membaca sidik jari penggunanya.

6. Performa dan Hardware :
Performa dan Hardware

Performa dan Hardware

Performa hardware Samsung Galaxy S7 Edge tak perlu sobat deteknokers ragukan lagi. Pasalnya smartphone ini dilengkapi komponen hardware terbaik yang mengandalkan chipset Samsung Exynos 8890 dan Ram 4GB. Selain itu, didalamnya juga terpasang processor Octa Core 64-Bit yang terbagi dalam 2 inti berkecepatan Quad-core 2.3 GHz Mongoose + quad-core 1.6 GHz Cortex-A53, dan terintegrasi pada GPU Mali-T880 MP12. Alhasil performa smartphone ini akan sangat cepat, dan memiliki kinerja multi-tasking yang responsif, serta kinerja gaming powerfull. Sedangkan untuk kapasitas memorinya, sudah ada memori internal berkapasitas 32GB, dan slot microSD dengan daya tampung mencapai 200GB. Tak perlu khawatir baterainya akan boros, karena Samsung membekalinya dengan baterai berdaya 3.600 mAh.

Hardware :

  • Chipset : Samsung Exynos 8890
  • CPU : Quad-core 2.3 GHz Mongoose + quad-core 1.6 GHz Cortex-A53
  • GPU : Mali-T880 MP12
  • Internal : 32 GB, Micro-SD card (hingga 64 GB)
  • Ram : 4GB LPDDR4
  • Baterai : Non-removable Li-Ion 3600 mAh

Benchmark Antutu

Skor Antutu Samsung Galaxy S7 Edge

Skor Antutu Samsung Galaxy S7 Edge

Saat kami melakukan pengujian benchmark Antutu v6.1.2, smartphone ini mampu meraih skor tertinggi mencapai 129.236. Skor tersebut tergolong sangat tinggi, namun masih kalah dari Xiaomi Mi5 dan Samsung Galaxy S7 Edge yang memakai chipset Qualcomm Snapdragon 820. Walaupun begitu, performa smartphone ini tetap tergolong yang tercepat, dan bisa menjalankan semua aplikasi ataupun game dengan lancar.

Benchmark Geekbench

Benchmark Geekbench 3

Benchmark Geekbench 3

Pada pengujian benchmark memakai Geekbench 3, Samsung Galaxy S7 Edge meraih skor single core sebesar 2.030 yang membuatnya memiliki performa jauh lebih cepat dibandingkan Galaxy S6 Edge yang meraih skor single core 1.264. Sedangkan untuk skor multi core meraih nilai 5.859 yang lagi-lagi membuatnya jauh lebih cepat dibandingkan Galaxy S6 Edge dengan skor sebesar 4.108. Skor benchmark yang kami dapatkan memang tak tentu, karena faktor sisa baterai, suhu, dan faktor lainnya juga mempengaruhi skor akhir. Namun yang terpenting, berapapun skor benchmark yang diraih, kita tetap merasa nyaman memakai Samsung Galay S7 Edge.

Kapasitas Penyimpanan dan RAM

Memori Dan Ram

Memori Dan Ram

Samsung Galaxy S7 Edge yang beredar di Indonesia menyediakan opsi memori internal berkapasitas 32GB. Sisa memori saat pertama kali membukanya sekitar 24.34GB, karena sistem operasi Android Marshmallow dan berbagai aplikasi bawaan memakan memori internal mencapai 7.66GB. Menariknya, Samsung menyediakan opsi penambahan memori ekternal mencapai 200GB, jadi sobat tak perlu khawatir kehabisan memori internal ketika menginstal game HD ataupun file besar lainnya. Namun tak semua aplikasi dan game bisa sobat pindah ke memori ekternal. Kemudian untuk sektor Ram, Samsung Galaxy S7 Edge memiliki Ram berkapasitas 4GB dengan sisa memori sekitar 1.1GB sampai 1.5GB apabila semua aplikasi di close.

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai Samsung Galaxy S7 Edge jauh lebih baik dibandingkan Galaxy S6 Edge. Pasalnya smartphone ini memiliki baterai berkapasitas lebih besar, yakni memakai baterai Li-Ion berdaya 3.600 mah. Baterai tersebut bisa bertahan seharian penuh dengan screen on time sekitar empat sampai lima jam. Selain itu Samsung juga menyediakan fitur Fast Charging yang bisa mengisi batera sampai penuh dalam waktu sekitar 1.5 Jam. Namun apabila fitur ini Fast Charging tak di aktifkan, maka sobat membutuhkan waktu pengisian lebih dari 3 Jam. Selain itu, Samsung Galaxy S7 Edge juga mendukung pengisian baterai menggunakan Wireless Charging.

Sensor

Sensor

Sensor

Sensor yang ada didalam Samsung Galaxy S7 Edge sangat lengkap, mulai dari accelerometer, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2, dan Gyroscope yang akan bekerja secara maksimal ketika sobat memakai Samsung Gear VR. Selain itu, tersedia pula sensor pemindai sidik jari untuk meningkatkan sistem keamanan data dan privacy pengguna Galaxy S7 Edge. Hadirnya sensor heart rate menjadi salah satu kelebihan Samsung Galaxy S7 Edge yang tak dimiliki smartphone flagship sekelasnya, karena sensor Heart Rate mampu mengukur detak jantung melalui fitur S-Health

7. Multimedia :

Gaming

Test Dead Effect 2

Test Dead Effect 2

Test Evilbane

Test Evilbane

Test Sniper Fury

Test Sniper Fury

Test Gangstar Vegas

Test Gangstar Vegas

Semua game HD yang kami instal mampu berjalan secara lancar pada Samsung Galaxy S7 Edge, dan tidak mengalami kendala “LAG” sama sekali, ketika kami mengujinya memainkan game Asphalt 8, Dead Effect 2, Gangstar 4, Sniper Fury dan berbagai game HD lainnya. Menariknya, Samsung menyediakan fitur Game Launcher yang akan menampilkan shortcut khusus dengan berbagai menu didalamnya, seperti menu screenshot, menu record untuk merekam game yang kita mainkan, lalu ada pula menu minimize game tanpa perlu menutup game yang kita mainkan. Menariknya lagi, fitur Game Launcher memungkinkan kita untuk mematikan tombol back dan recent, serta menghentikan pemberitahuan ketika kita asyik bermain game.

Video

Test Video 4K

Test Video 4K

Samsung Galaxy S7 Edge memiliki kemampuan untuk memutar video beresolusi 4K dengan lancar. Namun kami sarankan sobat untuk menginstal aplikasi pemutar video VLC, karena aplikasi Video buatan Samsung terasa kurang maksimal ketika dipakai memutar video beresolusi 4K. Namun untuk video beresolusi HD dan Full HD, tetap bisa berjalan maksimal pada aplikasi video bawaan smartphone ini.

Musik

Pemutar Musik

Pemutar Musik

Samsung tak menyertakan aplikasi musik secara langsung pada saat kami mengoperasikan smartphone ini pertama kali. Namun sobat bisa menginstalnya secara manual melalui Samsung Store. Untuk kualitas suaranya memang sangat baik, akan tetapi menurut kami kualitas speakernya jauh lebih baik Samsung Galaxy S6 Edge. Mungkin Samsung memberikan filter khusus untuk melindungi speaker saat terkena air, jadi keluaran suaranya lebih kecil dibandingkan Galaxy S6 Edge. Selain itu, Samsung juga menyediakan pengaturan Equalizer, dan peningkatan kualitas audio saat memakai earphone atau headphone, melalui fitur UHQ Upschaler, Tume Amp Pro, dan pengaturan Surround Sound dan Adapt Sound.

8. Kualitas Kamera :

Kamera Belakang

Pengaturan Kamera Belakang

Pengaturan Kamera Belakang

Pengaturan Kamera Belakang

Walaupun kamera belakang Samsung Galaxy S7 Edge hanya memiliki resolusi 12 Megapixel, namun berkat teknologi Dual Pixel, kamera tersebut mampu mengalahkan kamera Samsung Galaxy S6 Edge yang memiliki resolusi 16 Megapixel. Kecepatan autofocus kamera Galaxy S7 Edge sangat cepat, sehingga sobat bisa mendapatkan foto dengan hasil maksimal, dan menghasilkan efek bokeh yang terlihat artistik. Selain itu, teknologi Dual Pixel yang dipadukan Aperture F/1.7 dan LED Flash akan menghasilkan foto low light sempurna yang minim noise, sehingga sobat bisa mengabadikan setiap momen dengan hasil foto terbaik. Tidak ketinggalan teknologi Phase Detection Autofocus juga ada didalamnya.

Untuk kemampuan merekam video, kamera belakang Samsung Galaxy S7 Edge mampu merekam video beresolusi 4K (3840 X 2160) dengan hasil video yang stabil, karena sudah ada teknologi Optical Image Stablization (OIS) didalamnya. Tak hanya itu saja, Samsung juga membekali kamera belakang dengan kemampuan merekam video Slow Motion beresolusi [email protected] dan Full HD beresolusi [email protected] Masih banyak lagi fitur kamera yang ada didalam Galaxy S7 Edge, seperti mode Pro, Panorama, Video Collage, Virtual Shot, dan fitur Live Broadcast yang akan terhubung secara langsung ke chanel youtube yang sobat miliki. Nah untuk melihat pengaturan dan mode kamera secara lengkap beserta hasil uji kameranya, sobat deteknokers bisa melihatnya dibawah ini :

HASIL FOTO KAMERA BELAKANG SIANG HARI20160410_124724 20160410_125015 20160410_132913

Foto Siang Hari 2 Foto Siang Hari 3 Foto Siang Hari 4 Foto Siang Hari 5 Foto Siang Hari 6 Foto Siang Hari 7

HASIL FOTO KAMERA BELAKANG MALAM HARIFoto Malam Hari 1 Foto Malam Hari 2 Foto Malam Hari 3 Foto Malam Hari 5 Foto Malam Hari 6 Foto Malam Hari 7 Foto Malam Hari 8 Foto Malam Hari 9

Kamera Depan

Berfoto selfie di siang hari ataupun malam hari bisa sobat lakukan dengan hasil foto berkualitas tinggi. Pasalnya Samsung Galaxy S7 Edge memiliki kamera depan 5 Megapixel dan Aperture F/1.7 yang mampu mengoptimalkan kemampuan selfie di kondisi low light. Selain itu, smartphone ini juga memakai sensor ISOCELL bertipe Samsung S5K4E6 dan dibekali fitur Auto HDR yang akan menghasilkan foto selfie lebih kaya warna dan terlihat lebih detail. Sementara untuk kemampuan merekam videonya, kamera depan Galaxy S7 Ege mampu merekam video beresolusi Quad HD (2560 x 1440), Full HD (1920 x 1080) sampai video beresolusi VGA (640 x 480).

Pengaturan Kamera Depan

Pengaturan Kamera Depan

Sobat deteknokers bisa berfoto selfie didalam air berkat sertifikat IP68 yang dimiliki Galaxy S7 Edge. Namun untuk mengambil foto selfie didalam air sobat harus menekan tombol volume, karena layar Galaxy S7 Edge tidak akan berfungsi saat berada didalam air. Tak hanya itu saja, Samsung juga menyediakan beberapa opsi pengambilan foto sebagai tombol shutter, seperti memakai sensor Heart Rate, Gesture Control, Voice Control, dan dengan menekan layar. Lalu ada pula beberapa mode tambahan, seperti Selfie, Wide Selfie, Live Broadcast, Video Collage, dan Virtual Shot. Tak hanya itu, Samsung juga menyediakan berbagai mode tambahan yang bisa sobat unduh secara gratis di Samsung Store.

HASIL FOTO KAMERA DEPAN SIANG HARI

Kamera Depan Siang Hari 1 Kamera Depan Siang Hari 2 Kamera Depan Siang Hari 3 Kamera Depan Siang Hari 4HASIL FOTO KAMERA DEPAN MALAM HARI

Kamera Depan Malam Hari 1 Kamera Depan Malam Hari 2 Kamera Depan Malam Hari 3 Kamera Depan Malam Hari 4 Kamera Depan Malam Hari 5

9. Konektivitas dan Internet :

Internet

Konektivitas Internet

Konektivitas Internet

Konektivitas smartphone ini sangat lengkap, dan Samsung menyediakan fitur Dual Sim dengan slot sim card berjenis Hybrid. Itu artinya sobat tak bisa memakai microSD apabila memakai fitur Dual Sim. Kemudian untuk koneksi internetnya, smartphone ini mendukung jaringan 4G LTE Category 9 yang bisa sobat pakai untuk mengakses internet hingga kecepatan 450 mbps dan upload 50 mbps. Selain itu, tersedia pula kemampuan untuk mengakses jaringan 3G HSPA dengan kecepatan 42.2 mbps, jadi sobat bisa browsing, streaming, dan bermain game online dengan lancar.

Konektivitas Nirkabel

Konektivitas Nirkabel

Konektivitas Nirkabel

Samsung Galaxy S7 Edge tak memiliki Inframerah dan FM-Radio. Namun didalamnya tetap tetap tersedia konektivitas yang sangat lengkap, mulai dari Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac berteknologi Dual Band yang memiliki jangkaun sangat luas, lalu ada pula Bluetooth v4.2 dan NFC yang berfungsi untuk mengirim file, dan memaksimalkan metode pembayaran Samsung Pay. Sayangnya Samsung Galaxy S7 Edge belum memakai port USB Type-C, namun tak jadi masalah selama smartphone tetap mendukung fitur USB-OTG melalui port MicroUSB 2.0 yang ada didalamnya. Lalu untuk urusan navigasi, sudaha da teknologi GPS yang sangat akurat dan cepat dalam mendeteksi lokai penggunanya.

10. Fitur Unggulan :

Edge Panel

Edge Panel

Edge Panel

Tampilan Edge Panel

Tampilan Edge Panel 1

Tampilan Edge Panel 2

Tampilan Edge Panel 2

Samsung menyediakan fitur Edge panel yang bisa kita akses dengan menarik sisi samping layar lengkung Galaxy S7 Edge. Ada banyak pilihan mode edge panel yang bisa sobat pilih melalui menu pengaturan Edge Panel, seperti mode People Edge, Tasks Edge, Apps Edge, dan Quick Tools yang bisa kita fungsikan sebagai Compass, Penggaris, dan Senter. Selain itu, Samsung juga menyediakan berbagai model lainnya yang bisa kita unduh secara gratis ataupun berbayar.

Pada pengaturan Edge Screen kita juga bisa mengaktifkan fitur Edge Feeds untuk menampilan setiap notifikasi yang masuk dengan cara melakukan swipe pada sisi layar lengkung Galaxy S7 Edge. Selain itu, tersedia pula fitur Edge Lighting yang akan menampilkan lampu notifikasi saat ada panggilan telepon yang masuk. Namun fitur Edge Lighting hanya akan berfungsi saat smartphone diposisikan terbalik pada bidang datar.

Sertifikast IP68

Sertifikat IP68

Sertifikat IP68

Samsung Galaxy S7 Edge mengantongi sertifikat IP68 yang membuatnya tahan terhadap debu dan rendaman air sampai kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Jadi sobat tak perlu khawatir mengoperasikan smartphone ini saat hujan, ataupun membawanya berenang. Namun layar smartphone ini tidak bisa dioperasikan didalam air, dan sebagai gantinya sobat bisa memakai tombol volume sebagai tombol shutter ketika mengambil foto. Owh yah, speaker juga akan terdengar cempreng setelah terendam air, namun suaranya akan kembali normal setelah speaker tersebut kering.

S-Health

Fitur S-Health

Fitur S-Health

Fitur S-Health merupakan fitur kesehatan yang tersedia pada semua smartphone flagship buatan Samsung. Fitur ini akan memonitoring kegiatan sobat deteknokers sehari-hari, dan memungkinkan kita untuk mendeteksi detak jantung, kadar SpO2, jumlah langkah jalan, dan kadar Strees. Selain itu, disediakan pula berbagai fitur tambahan yang siap membantu sobat hidup sehat dengan menganalisa kesehatan sobat deteknokers sesuai data yang sobat input kedalamnya.

Game LauncherGame Launcher

Fitur Game Launcher

Fitur Game Launcher

Game launcher akan mengumpulkan semua game yang sobat instal kedalam satu folder, sehingga mempermudah sobat memainkan game-game favorit yang sobat instal kedalam Galaxy S7 Edge. Selain itu, tersedia pula fitur Game Tools yang memungkinkan kita untuk mengambil screen shot dan merekam game yang kita mainkan. Sobat juga bisa me-minimize game yang sedang sobat mainkan tanpa perlu menutup game tersebut. Lalu ada pula pengaturan mematikan notifikasi dan tombol back serta tombol recent.

Always On Display

Fitur Always On Display 2

Fitur Always On Display

Fitur Always On Display

Fitur Always On Display memungkinkan Samsung Galaxy S7 Edge menampilkan notifikasi pesan dan telepon pada saat kondisi layar standby. Fitur ini juga menampilkan tanggal, kalender, dan sisa baterai, sehingga sobata tak perlu mengaktifkan smartphone apabila ingin melihat jam ataupun tanggal. Menariknya lagi, Samsung menyediakan beberapa opsi tampilan, dan mendukung tema pihak ketika yang bisa di unduh dari theme store. Tak perlu khawatir kehabisan baterai saat fitur ini di aktifikan, karena baterai tetap irit dan bisa bertahan seharian penuh.

Smart Manager

Fitur Smart Manager

Fitur Smart Manager

Didalam Smart Manager sudah tersedia 4 fitur utama, yaitu Battery Manager yang berguna untuk memantau pemakaian baterai, lalu ada pula Ram Manager yang akan memperlihatkan kita sisa pemakaian Ram dan fitur Storage Manger untuk memotor pemakaian memori internal maupun ekternal yang dimiliki Galaxy S7 Edge. Nah fitur yang terakhir adalah Device Security, dimana fitur ini berfungsi untuk memproteksi Galaxy S7 Edge dari serangan malware dan virus. Jadi sobat tak perlu lagi menginstal aplikasi pembersih memori dan anti virus yang banyak tersedia di Google Play Store, karena semua fitur tersebut sudah ada pada aplikasi Smart Manager.

Fast Charging

Fitur Fast Charging

Fitur Fast Charging

Hadirnya fitur fast charging akan mempercepat pengisian baterai berdaya 3.600 mAh. Apabila fitur ini diaktifkan, sobat deteknokers cukup mengisi daya dari 0% sampai 100% dalam waktu sekitar 1.5 Jam. Sedangkan apabila dinon-aktifkan membutuhkan waktu sekitar 3 Jam lebih.

11. Harga Samsung Galaxy S7 Edge :
Harga Samsung Galaxy S7 Edge

Harga Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge ini kami dapatkan dengan harga Rp. 10.500.000. Harga Samsung Galaxy S7 Edge tersebut merupakan harga resmi yang dikeluarkan Samsung saat pertama kali memasarkan smartphone ini, dan sudah pasti harganya akan terus turun dari waktu ke waktu. Walaupun harganya sangat mahal, namun kami puas dengan performa dan fitur yang ada didalamnya. Terlebih Samsung Galaxy S7 Edge di bekali kemampuan tahan terhadap air dan debu yang sebelumnya tak kami jumpai pada Galaxy S6 Edge. Penambahan slot microSD dan peningkatan kapasitas baterai juga menjadi nilai lebih smartphone berbanderol 10 Jutaan ini. Bagaimana, apakah sobat rela mengeluarkan yuang mencapai 10.5 Juta untuk membelinya ?

12. Kelebihan Samsung Galaxy S7 Edge :
  • Desain premium dengan layar lengkung di kedua sisinya, dan dipermanis dengan balutan frame metal serta lapisan kaca Corning Gorilla Glass 4 di sisi depan dan belakangnya.
  • Memiliki layar 5.5 inci dengan resolusi Quad HD dan panel layar Super Amoled yang akan akan menampilkan gambar sangat jernih, dan perpaduan warna lebih realistis
  • Kualitas kamera sangat baik, berkat teknologi Dual Pixel dan kamera beresolusi 12 Megapixel yang sanggup mengabadikan momen dengan kecepatan autofocus sangat cepat. Selain itu, hasil foto dimalam hari juga minim noise, dan dapat merekam video dengan resolusi 4K yang stabil dan sangat jernih.
  • Dibekali kamera depan 5 Megapixel yang memiliki aperture f/1.7, sehingga hasil selfie dimalam hari tetap terlihat jernih.
  • Kapasitas baterai sangat besar, dan tergolong sangat awet untuk pemakaian normal sehari-hari
  • Performa gaming luar biasa lancar, karena sudah ada komponen hardware terbaik yang digawangi Chipset Exynos 8890 dan Ram 4GB
  • Dilengkapi slot memori ekternal dengan daya tampung 200GB
  • Memiliki fitur fingerprint sensor untuk memaksimalkan sistem keamanan dan privacy penggunanya
  • Dibekali sertifikat IP68 yang membuatnya bisa dipakai berfoto selfie dan merekam video didalam air.
  • Konektivitas sangat lengkap, mulai dari 4G LTE, NFC, Wi-Fi Dual Band, dan sudah mendukung Dual Sim
  • Dilengkapi fitur Fast Charging yang bisa mengisi baterai berdaya 3.600 mah dengan sangat cepat.
13. Kekurangan Samsung Galaxy S7 Edge :
  • Tidak ada FM-Radio
  • Tidak dilengkapi Inframerah
  • Baterainya tidak bisa dilepas
  • Memakai slot sim card Hybrid, jadi sobat tak bisa memakai dual sim apabila memakai memori ekternal
  • Layar pelindung Corning Gorilla Glass 4 tetap mudah tergores, jadi lebih baik sobat melapisinya dengan Tempered Glass agar tidak mengalami kesialan seperti kami
  • Sidik jari gampang menempel pada bodi belakang Galaxy S7 Edge yang memiliki lapisan kaca Gorilla Glass 4
14. Review Video Samsung Galaxy S7 Edge :

Baca Juga : Review Asus Zenfone Max : Hp Android 5000 mAh

Nah itulah review Samsung Galaxy S7 Edge yang kami beli dengan harga 10.5 Juta Rupiah. Harganya memang sangat mahal, namun sebanding dengan performa dan fitur yang ada didalamnya. Akan tetapi kami kecewa dengan kualitas layar Corning Gorilla Glass 4 pada Galaxy S7 Edge, karena tetap tergores saat kami masukan kedalam saku, jadi sobat harus berhati-hati apabila membelinya dan enggan melapisi layar Samsung Galaxy S7 Edge dengan Tempered Glass ataupun Screen Guard. Bagaimana, apakah sobat tertarik membelinya setelah menyimak Review Samsung Galaxy S7 Edge yang di ulas detekno.com ?


Advertisement