Review Samsung Galaxy S6 Edge : Ponsel Monster Antutu 69 Ribu

Banner

Detekno.com – Sungguh menakjubkan pengalaman redaksi detekno.com dalam menjajal ponsel terbaik Samsung tahun ini yaitu Samsung Galaxy S6 Edge. Dari tampang luarnya saja sudah terlihat bahwa smartphone ini merupakan smartphone berkelas dengan desain premium. Yups, setiap sisi Galaxy S6 Edge dibuat sempurna, terutama sisi samping kanan dan kirinya yang dihiasi layar lengkung (Curved edge screen) berbalut material metal terbaik, dan memiliki sisi belakang (Back Cover) yang terbuat dari lapisan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4.

Tidak salah Samsung berani membanderol harga Samsung Galaxy S6 Edge begitu mahal. Saat detekno.com membelinya, kami harus mengeluarkan uang diatas 11 Juta Rupiah. Namun uang yang kami keluarkan, rupanya sebanding dengan beragam teknologi canggih, desain premium, dan beragam fitur-fitur terbaik yang hanya dimiliki Smartphone buatan Samsung. Pada kesempatan kali ini, kami berhasil menguji kehebatan Galaxy S6 Edge dengan balutan warna emas yang tampak memukai dengan kilauan emas disetiap sisinya.

Berstatus sebagai smartphone termahal yang dibuat Samsung pada Quartal pertama ditahun 2015, membuat Samsung Galaxy S6 Edge tampil begitu impresif dengan performa memukau saat kami uji dengan antutu benchmark. Sobat deteknokers pastinya penasaran bagaimana peforma smartphone super mahal ini, nah untuk melihat bagaimana peforma dan  ketangguhan smartphone premium Galaxy S6 Edge yang kami uji, silahkan sobat menyimak Review Samsung Galaxy S6 Edge selengkapnya dibawah ini.

Review Samsung Galaxy S6 Edge 64GB – Gold Edition

Review Samsung Galaxy S6 Edge

Paket Penjualan Samsung Galaxy S6 Edge

Paket Penjualan

  • Unit Samsung Galaxy S6 Edge
  • Charger + Kabel Data
  • Buku Panduan
  • Kartu Garansi SEIN
  • Headset / Earphone
  • Sim Card Injector

Desain Dan Body

Tampak Depan Samsung Galaxy S6 Edge

Tampak Depan Galaxy S6 Edge

Kesan pertama kali kami memegangnya , terasa bagaikan memegang sebuah perhiasan bernilai sangat mahal. Samsung Galaxy S6 Edge bagaikan sebuah maha karya seni yang diadapsikan pada sebuah smartphone Android. Sayangnya, pemakaian layar lengkung pada kedua sisi Galaxy S6 Edge terasa sangat tajam, sehingga terasa sedikit aneh digenggaman. Namun apabila sudah terbiasa maka tangan akanmerasa nyaman mengoperasikan smartphone ini. Diatas kertas, smartphone ini memiliki rasio berdimensi (Panjang 142.1 mm x lebar 70.1 mm x tinggi 7 mm), dan berat 132 gram.

Balutan rangka metal mengelilingi Samsung Galaxy S6 Edge tidak membuatnya memiliki bobot berat, karena smartphone ini didesain sangat tipis dengan ketebalan 7 mm. Layar melengkung pada kedua sisinya memberikan sensasi berbeda saat kita lihat dari samping kanan ataupun kiri, karena setiap gambar akan terlihat begitu tajam dengan layar seluas 5.1 inci yang dimilikinya. Tidak bisa dipungkiri, penggunaan layar berteknologi Super Amoled dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixel mampu menghasilkan ketajaman luar biasa karena kepadatan pixelnya mencapai -577 ppi.

Pada bagian depan, Samsung meletakan 3 tombol navigasi yakni back, home, dan recent app. Menariknya tombol Home Samsung Galaxy S6 Edge telah ditanami sensor sidik jari dan dibuat sedikit menojol kedepan agar mempermudah penggunanya mengakses sensor sidik jari yang tertanam didalamnya. Kemudian pada bagian atas layar, ditempatkan logo Samsung pada tengah-tengah speaker dan kamera depan berkekuatan 5 Megapixel.

Tampak Belakang Samsung Galaxy S6 Edge

Tampak Belakang Galaxy S6 Edge

Selain itu, lapisan terluarnya juga dilindungi Gorilla Glass 4, dan terbukti tidak tergores saat kami goreskan benda tajam diatasnya. Yups, sektor layar memang menjadi kelebihan utama Samsung Galaxy S6 Edge. Namun selain itu bagian belakang Galaxy S6 Edge juga terlihat sempurna dengan balutan material kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4 yang membungkus kamera berkekuatan 16 Megapixel dan baterai Li-Ion sebesar 2600 mAh. Back Cover Galaxy S6 Edge tersebut tidak bisa sobat copot, karena didesain unibody alias menempel pada rangka metal yang membalut setiap sisi smartphone ini.

Tampak Atas Samsung Galaxy S6 Edge

Tampak Atas Galaxy S6 Edge

Pada bagian atas Galaxy S6 Edge terdapat slot kartu sim, dimana ponsel ini hanya mendukung satu buah sim card bertipe nano-sim. Untuk membuka slot tersebut, sobat harus memakai sim card injector yang tersedia pada paket penjualan smartphone ini. Selain itu, tersedia pula lubang speaker utama pada bagian atas Galaxy S6 Edge yang dibalut rangka metal berwarna emas, sesuai tipe yang kami uji coba.

Tampak Bawah Samsung Galaxy S6 Edge

Tampak Bawah Galaxy S6 Edge

Balutan metal terasa mengagumkan karena terasa begitu kokoh digenggaman. Sementara untuk bagian bawah Galaxy S6 Edge terlihat ada sedikit kemiripian dengan desain iPhone 6, dimana Samsung meletakan port micro-USB, jack audio 3,5 mm, mikrofon, dan speaker dengan 10 titik lubang speaker. Selain itu Samsung juga mengiasi desain Galaxy S6 Edge dengan pola garis tegas pada sisi atas dan bawah.

Dengan desain layar unik yang melengkung dari sisi kanan sampai sisi kiri, membuat Samsung tak banyak menempatkan tombol pada kedua sisinya. Tercatat hanya tombol power ditempatkan pada sisi samping kanan, dan tombol volume pada sisi kirinya.

Sistem Operasi Dan User Interface

Antar Muka Galaxy S6 Edge

Antar Muka Galaxy S6 Edge

Review Samsung Galaxy S6 Edge selanjutnya beralih kesektor sistem operasi dan user interface yang dimiliki ponsel ini. Samsung mengandalkan sistem operasi Android Lollipop 5.0.2 sebagai sistem operasi bawaah pabrik Galaxy S6 Edge. Namun saat ini, sobat deteknokers bisa melakukan upgrade ke OS Android Lollipop v5.1.1 yang memiliki tampilan antar muka Samsung TouchWiz UI seperti pada gambar diatas. Sama seperti TouchWiz UI pada smartphone Samsung yang lain, pada Galaxy S6 Edge juga disediakan tombol app drawer dan beberapa pilihan widget menarik.

Menu Tema Galaxy S6 Edge

Menu Tema Galaxy S6 Edge

Samsung menyediakan 3 pilihan thema bawaan yang bisa ditambahkan sendiri dengan menguduhnya pada toko aplikasi Samsung. Selain itu, kita juga disedikan beberapa pilihan wallpaper untuk menganti backgroud homescreen ataupun lock screen. Apabila sobat deteknokers bosan dengan tampilan user interface bawaan, sobat bisa mengantinya dengan thema yang disediakan Samsung. Walaupun themanya tak sebanyak Miui V6 dari Xiaomi, namun bisa menjadi pengobat dan pengusir kebosanan saat memakai Samsung Galaxy S6 Edge.

Pengaturan Edge Screen

Pengaturan Edge Screen

Layar lengkung Samsung Galaxy S6 Edge bisa kita atur untuk menampilkan notifikasi sms, panggilan tak terjawab, email. Selain itu warnanya juga bisa kita ganti-ganti sesuai selera atau sesuai kontak telepon yang kita simpan pada ponsel ini. Sobat deteknokers cukup menyentuh bagian samping Galaxy S6 Edge yang telah diatur warna kontaknya untuk melakukan panggilan, sms, atau email. Fitur inovatif tersebut membaut smartphone ini semakin pintar, dan memberikan pengalaman berbeda bagi penggunanya.

Performa Dan Benchmark

Benchmark Antutu Samsung Galaxy S6 Edge

Benchmark Antutu Samsung Galaxy S6 Edge

Review Samsung Galaxy S6 Edge pada segi performa terasa menakjubkan, karena saat kami test dengan antutu benchmark versi 5.7.1 mampu menembus angka 69.000, dan bisa dikatakan merupakan angka tertinggi saat ini. Belum ada smartphone Android yang bisa menandingi kecepatan Galaxy S6 Edge dalam hal multitasking dan mobile gaming, karena didalamnya sudah ada processor Samsung Exynos 7420 yang memberikan 8 inti processor berdaya Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57.

Skor benchmark Antutu Samsung Galaxy S6 Edge juga tak lepas dari penggunaan Ram 3GB berteknologi LPPDR4, yang terbukti mampu mengalahkan Ram 4GB milik Xiaomi Mi Note Pro, atapun OnePlus 2 yang juga ditenagai processor Qualcomm Snapdragon 810. Selain itu, pada sisi grafis Samsung memberikan GPU Mali-T760MP8 yang menghasilkan kinerja grafis terbaik saat kami menjajal memainkan game-game 3D terbaru dan konten video beresolusi tinggi. Alhasil setiap konten yang kami mainkan mampu berjalan sempurna tanpa adanya lag.

Baterai Dan Memori Galaxy S6 Edge

Baterai Dan Memori Galaxy S6 Edge

Samsung Galaxy S6 Edge tidak didukung memori ekternal. Sebagai gantinya Samsung memberikan memori internal sebesar 64 GB dengan sisi sekitar 50.48 gb, karena 9 GB dipakai untuk kebutuhan sistem dan sisinya digunakan untuk menyimpan beragam konten yang kami masukan kedalam smartphone ini. Sebenarnya masih ada varian 32 GB, dan 128 GB, namun yang dirilis resmi di Indonesia merupakan Galaxy S6 Edge 64GB, jadi mau tak mau kami membeli versi 64 GB.

Apabila memori internal 64GB tak cukup bagi sobat deteknokers yang ingin menyimpan ribuan file kedalam Samsung Galaxy S6 Edge, sobat bisa memanfaatkan fitur USB-OTG yang dimiliki Smartphone ini. Selain itu, sobat juga bisa memakai penyimpanan online OneDrive sebagai 115 GB yang disediakan gratis bagi pengguna Galaxy S6 Edge. Kemudian untuk sektor baterai, smartphone Galaxy S6 Edge dibekali baterai tanam Li-Ion dengan daya tampung sebesar 2600 mAh.

Saat kami isi baterai dalam kondisi 100% terlihat bahwa Samsung Galaxy S6 Edge bisa dipakai secara normal selaam 15 Jam. Namun saat mengaktifkan mode hemat daya, kekuatan baterainya meningkat menjadi 16 Jam 8 Menit, dan mencapai 35 jam 47 menit saat kami mencoba mengaktifkan mode hemat daya ultra, dimana nantinya Galaxy S6 Edge hanya bisa digunakan untuk menerima dan mengirim panggilan telepon atau sms, tanya adanya koneksi internet.

Kemampuan Kamera 

Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S6 Edge

Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S6 Edge

Review Samsung Galaxy S6 Edge pada sektor kamera depan memberikan kesan fantastis. Saat digunakan berfoto selfie, kamera depan Galaxy S6 Edge mampu menghasilkan foto berukuran 1944 x 2592 dengan hasil foto tetap tajam dan jernih, walaupun kami mengetesnya didalam ruangan. Kemampuan tersebut tak lepas dari penggunaan kamera depan 5 Megapixel yang dibekali bukaan lensa F/1.9, sehingga mengoptimalkan pengambilan gambar pada kondisi cayaha rendah (Low Light). Bagi sobat deteknokers yang suka berfoto selfie, maka kamera Galaxy S6 Edge pastinya mampu memenuhi kebutuhan selfie sobat deteknokers.

Foto Kamera Belakang Samsung Galaxy S6 Edge

Foto Kamera Belakang Samsung Galaxy S6 Edge

Foto diatas diambil menggunakan kamera belakang Samsung Galaxy S6 Edge tanpa memakai LED Flash. Terlihat bahwa gambarnya tampak jernih walaupun diambil didalam ruangan. Setiap warna terlihat natural dengan hasil foto berukuran 2988 x 5312 pixels. Kamera belakang Galaxy S6 Edge sejatinya memiliki besaran lensa 16 Megapixel dan sudah ditanami teknologi penstabil gambar OIS (optical image stabilization) dan IR Detect White Balance yang memberikan sensitifitas warna dan kestabilan gambar lebih baik.

Aplikasi Kamera Samsung Galaxy S6 Edge

Aplikasi Kamera Samsung Galaxy S6 Edge

Saat kita membuka aplikasi kamera Samsung Galaxy S6 Edge telah disediakan beragam fitur menarik, seperti foto otomatis, dan mode pro dengan settingan layaknya kamera profesional DSLR. Selain itu, tersedia pula fitur gerak lambat dan gerak cepat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan fotografi sobat deteknokers. Kecepatan focus otomatis kamera Galaxy S6 Edge patut diacungi jempol, karena saat kami menguji memotret objek bergerak mampu diabadikan secara sempurna dengan gambar berkualitas tinggi.

Kemampuan merekam video kamera belakang Galaxy S6 Edge tak perlu sobat ragukan kualitasnya. Kamera tersebut mampu mengabadikan rekaman video beresolusi 4K ([email protected]), dan bisa diatur untuk merekam video beresolusi Full HD [email protected] fps, beserta video slow motion dengan resolusi [email protected] Sementara untuk kamera depan, mampu menghasilkan video beresolusi [email protected] Tinggal sobat atur sendiri mana resolusi video yang ingin diambil, karena Samsung menyediakan pengaturan sangat lengkap pada aplikasi kamera buatannya.

Konektivitas

Samsung menyediakan konektivitas sangat lengkap pada Samsung Galaxy S6 Edge. Sayangnya saat kami menguji ponsel ini, hanya bisa mendapatkan jaringan HSDPA dengan kecepatan di bawah standard. Yah, mau gimana lagi maklum kami tinggal dikota kecil tanpad adanya dukungan jaringan 4G LTE. Padahal diatas kertas, kecepatan internet Galaxy S6 Edge mampu mengakses jaringan 4G LTE Category 6 300/50 Mbps, dan jaringan HSPA 42.2/5.76 Mbps.

Selain itu, Samsung Galaxy S6 Edge juga dibekali Wi-Fi Dual Chanel pada frekuensi 2.5 Ghz dan 5 Ghz dengan teknologi VHT80 MIMO. Sementara untuk konektivitas berbagai data, sudah ada NFC, Port MicroUSB 2.0 dengan kemampuan USB-OTG, beserta Bluetooth V4.1 dengan teknologi Low Energy. Tidak ketinggalan, navigasi GPS berteknologi A-GPS, Glonass, dan Beiduou semakin melengkapi kemampuan konektivitas smartphone berlayar lengkung tersebut.

Harga Samsung Galaxy S6 Edge 64GB

Harga Samsung Galaxy S6 Edge

Harga Samsung Galaxy S6 Edge

Saat pertama kali dirilis di Indonesia secara pre-order, Samsung membanderol harga Smsung Galaxy S6 Edge sebesar 12.5 Juta Rupiah dengan bonus wireless charging dan penawaran menarik lainnya. Namun saat kami membelinya, harga Samsung Galaxy S6 Edge dibanderol sebesar Rp. 11.300.000 tanpa adanya wireless charging pada paket penjualannya. Harga tersebut mungkin akan berbeda dengan harga di kota sobat detekokers, karena Samsung sedang melakukan promo cash back bagi konsumen yang tertarik membeli Samsung Galaxy S6 Edge.

Review Kelebihan Samsung Galaxy S6 Edge

  • Performanya sangat menakjubkan dengan skor Antutu Benchmark mencapai 69 Ribu
  • Memiliki desain cantik dengan layar lengkung dikedua sisinya, dan menggunakan rangka metal yang didesain tipis dengan ketebalan 7 mm dan berat 130 gram
  • Layar 5.1 inci sangat tajam dengan teknologi Super Amoled dan Resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixels yang menghasilkan kepadatan pixel -577 ppi
  • Dilengkapi sensor sidik jari pada bagian tombol home yang sangat responsif
  • Konektivitas sangat lengkap, mulai dari NFC, LTE, 3G HSDPA, Wifi Dual Chanel, dan USB-OTG
  • Kemampuan kamera depan 5 Megapixel diatas rata-rata, dan memiliki kamera belakang 16 Megapixel dengan teknologi OIS
  • Mampu merekam video beresolusi 4K
  • Dilengkapi teknologi pengisian baterai sangat cepat

Review Kekurangan Samsung Galaxy S6 Edge

  • Harga Samsung Galaaxy S6 Edge masih sangat mahal
  • Bagian baterainya tidak bisa dicopot
  • Samsung tidak menyediakan memori ekternal pada Galaxy S6 Edge

Harga Samsung Galaxy S6 Edge memang sebanding dengan beragam teknologi canggih yang dibenamkan di dalamnya. Tak menyesal kami merogoh kocek diatas 11 Juta Rupiah untuk merasakan ketangguhan smartphone monster dengan skor antutu mencapai 69 Ribu. Nah sekian dulu review Samsung Galaxy S6 Edge yang dirangkum redaksi detekno.com kali ini. Semoga review diatas bisa menjadi gambaran dan referensi sobat deteknokers yang tertarik membeli smartphone premium berbanderol 11 Jutaan tersebut.


Advertisement