Review Samsung Galaxy Note 5 : Smartphone Flagship

Banner

Detekno.com – Review Samsung Galaxy Note 5 ini mungkin banyak di tunggu-tunggu oleh Fans Galaxy Note 4 yang lagi galau mau pindah ke Note 5 atau tidak. Yang pasti hal yang pertama kali dipertanyakan adalah apakah banyak perubahan dari Galaxy Note 5 ini dari desain, fitur, performa, kamera dan layar? Masuk pada September 2015, dengan harga yang terbilang premium Samsung Galaxy Note 5 nyatanya masih banyak diminati.

Desainnya mengalami banyak perubahan begitu juga tampilan antar mukanya yang sebelumnya tidak disediakan thema namun di seri Note 5 ini sudah disediakan. Hal yang menarik lainnya adalah peningkatan kamera depannya yang sebelumnya hanya 3 MP sekarang sudah ditingkatkan ke lensa beresolusi 5 MP. Sektor RAM juga lebih ditingkatkan menjadi 4 GB dan memakai chipset Exynos 7420. Penasaran apa saja yang akan kami bahas di Review Samsung Galaxy Note 5 ini ? mari simak informasinya dibawah ini :

Review Samsung Galaxy Note 5

Review Samsung Galaxy Note 5

Review Samsung Galaxy Note 5

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Samsung Galaxy Note 5 32 GB Dual SIM warna Black Saphire
  • 1 Unit Headshet
  • Buku Panduan
  • 4 Pengganti Ujung S-PEN
  • SIM Injector
  • Head Charger Fast Charging + USB Data
  • Kartu IMEI

Berbeda dari Box Samsung Galaxy Note 4, Box Samsung Galaxy Note 5 terlihat lebih panjang dan besar namun warna Box nya lebih bagus ketimbang Box Note 4. Saat pertama kali dibuka, kami disambut oleh unit Samsung Galaxy Note 5 versi 32 GB Dual SIM dengan warna Black Saphire. Dibagian bawah tersedia buku panduan, penggantu ujung s-pen, sim injector, charger dan kartu IMEI.

Jika diteliti lebih seksama Headshet Samsung Galaxy Note 5 berbeda dengan Headshet Samsung Galaxy Note 4, untuk yang sudah memiliki Samsung Galaxy Note 4 pasti sangat merasakan banyak perubahan dari Box dan Headshet Samsung Galaxy Note 4 dengan Galaxy Note 5. Penasaran seperti apa isi Box Samsung Galaxy Note 5 ? tonton saja video Unboxing Samsung Galaxy Note 5 dibawah ini :

2. Video Unboxing :
3. Desain dan Body  :
Tampak Depan Samsung Galaxy Note 5

Tampak Depan Samsung Galaxy Note 5

Tampak Depan :

Kesan pertama yang kami dapatkan dari Samsung Galaxy Note 5 ini adalah ia terlihat lebih elegan dari generasi sebelumnya karena ia sudah memakai material bahan metal dan kaca. Dari penempatan tombol home nya sama seperti Galaxy Note 4. Namun di bagian kamera depannya lebih sedikit didekatkan dengan speaker dan sensornya juga diletakkan pada bagian sebelah kiri. Tepat dibagian bawah speaker terlihat logo Samsung berwarna putih. Ukuran Samsung Galaxy Note 5 sendiri 153.2 x 76.1 x 7.6 mm dan memiliki berat 171 gram.

Tampak Belakang :

Tampak Belakang Samsung Galaxy Note 5

Tampak Belakang Samsung Galaxy Note 5

Pada bagian belakangnya yang dilapisi material kaca ini memang membuatnya terkesan lebih baik dari generasi sebelumnya, apalagi sisi samping kanan kirinya menggunakan desain melengkung yang menurut kami ini adalah sebuah perubahan yang cukup fantastis. Sayangnya untuk Samsung Galaxy Note 5 warna Black Saphire ini yang kami dapatkan terlihat sekali bekas sidik jari namun ini bisa diakali dengan sobat membeli tambahan aksesoris pelindung khusus Galaxy Note 5. Pada Bagian belakang Logo Samsung ditempatkan pada bagian tengah. Sedangkan kamera belakang yang beresolusi 16 MP dan fitur sensor detak jantung serta Dual LED Flash ditempatkan dibagian atas logo Samsung.

Tampak Samping :

Tampak Samping Kanan Samsung Galaxy Note 5

Tampak Samping Kanan Samsung Galaxy Note 5

Dari tampak samping kanan terlihat tombol power yang memakai material metal. Kesan tipis dan ringan juga terasa sekali dari penerus Galaxy Note 4 tersebut. Istimewanya lagi lekukan bagian sampingnya terkesan ia merupakan Smartphone Flagship.

Tampak Samping Kiri Samsung Galaxy Note 5

Tampak Samping Kiri Samsung Galaxy Note 5

Untuk tombol volume, Samsung menempatkanya disisi bagian kanan yang terlihat memisah antara tombol Volume Atas dan Volume Bawah yang sebelumnya di Samsung Galaxy Note 4 tidak terlihat memisah. Hal ini tentu merupakan peningkatan karena pengguna bisa lebih mudah menggunakan Samsung Galaxy Note 5 untuk menyetel volume.

Tampak Atas :

Tampak Atas Samsung Galaxy Note 5

Tampak Atas Samsung Galaxy Note 5

Karena bagian belakangnya tidak bisa dicopot, maka Samsung menempatkan slot SIM Card di Galaxy Note 5 pada bagian atas sebelah kiri. Pada bagian atas sebelah kanan terlihat sebuah sensor. Penting untuk sobat ketahui, Samsung Galaxy Note 5 yang kami dapatkan ini adalah Samsung Galaxy Note 5 Dual SIM. Dimana Samsung Galaxy Note 5 tersebut sudah mendukung jaringan 4G LTE di Indonesia.

Tampak Bawah :

Tampak Bawah Samsung Galaxy Note 5

Tampak Bawah Samsung Galaxy Note 5

Hampir dibagian bawah Samsung Galaxy Note 5 terlihat sesak karena di isi oleh lubang speaker yang sebelumnya di Note 5 ditempatkan pada bagian belakang. Disisi sebelah kanan terlihat S-PEN, sampingnya lubang speaker dan tengah-tengah di isi oleh Micro USB. Sedangkan untuk lubang jack 3.5 mm ditempatkan dibagian kanan.

S-PEN Samsung Galaxy Note 5 :

S-PEN Samsung Galaxy Note 5

S-PEN Samsung Galaxy Note 5

Berbicara masalah desain S-PEN di Galaxy Note 5, hampir seluruhnya berubah. Karena dibagian atas S-PEN tersedia tombol untuk mengeluarkan S-PEN dari Samsung Galaxy Note 5. Jadi untuk mengeluarkan S-PEN, sobat tinggal tekan lalu di tarik. Owh ya Sob, hati-hati ya jangan sampai memasukkan S-PEN terbalik karena bisa membuat Galaxy Note 5 rusak dan S-PEN akan sangat sulit di keluarkan.

4. Layar :
Layar Samsung Galaxy Note 5

Layar Samsung Galaxy Note 5

Mengusung layar 5.7 Inches resolusi Quad HD dan memakai layar Super AMOLED, Samsung Galaxy Note 5 mampu memukau perhatian kami. Tidak tahu mengapa spesifikasi layarnya memang terkesan sama seperti Galaxy Note 4, namun layar Samsung Galaxy Note 5 lebih adem dilihat dan lebih jernih jika dioperasikan untuk aktifitas harian. Layarnya sendiri sudah di lapisi oleh Gorilla Glass 4 yang membuatnya tak perlu lagi menggunakan screen guard. Tentu layarnya juga sudah support 10 Multitouch, masa iya Smartphone premium yang dibanderol lebih 9 jutaan ini tidak mendukung multitouch 10 jari 😀 .

5. Sistem Operasi dan User Interface
Home Screen Samsung Galaxy Note 5

Home Screen Samsung Galaxy Note 5

Home Screen :

Seperti yang kami ungkap pada Review Samsung Galaxy Note 5 dibagian layarnya, bahwa Performa tampilan Galaxy Note 5 lebih adem dan jernih. Memang User Interface nya memakai Touchwiz yang ada APP Drawer, namun di Touch Wiz yang dipakai oleh Samsung Galaxy Note 5 ini material iconnya lebih tampil elegan dan berwarna.

APP Drawer dan Notifikasi Samsung Galaxy Note 5

APP Drawer dan Notifikasi Samsung Galaxy Note 5

Diatas bisa terlihat bagaimana tampilan APP Drawer dan Notifikasi bagian atas di Samsung Galaxy Note 5. Jika sandingkan dengan Note 5 sekilas tidak ada perbedaan padabagian APP Drawer dan Notifikasinya.

Sistem Operasi :

Sistem Operasi Samsung Galaxy Note 5

Sistem Operasi Samsung Galaxy Note 5

Sistem operasi yang dipakai Samsung Galaxy Note 5 sudah Android V5.1.1 Lollipop dikarenakan Galaxy Note 4 juga sudah mendapatkan Android V5.1.1 maka pada hal ini tidak terlihat banyak perbedaan.

Thema :

Thema Store Samsung Galaxy Note 5

Thema Store Samsung Galaxy Note 5

Hal yang paling disambut di Galaxy Note 5 adalah tersedia nya Thema Store dimana Store ini menyediakan berbagai pilihan tema menarik yang bisa di unduh secara gratis maupun berbayar. Hal ini tidak ada di Samsung Galaxy Note 4 sehingga tampilan Note 4 terkesan biasa saja sedangkan di Note 5 tampilan bisa berubah-rubah dan berikut hasilnya :

Perubahan Tema Samsung Galaxy Note 5

Perubahan Tema Samsung Galaxy Note 5

Bisa dilihat bagaimana perubahan dari Tema Standar ke Tema pilihan yang ada di Thema Store Galaxy Note 5. Perubahan dari semua icon, SMS, Telepon dan Keyboard juga sangat dirasakan oleh kami team detekno.com.

6. Performa dan Hardware
Hardware Samsung Galaxy Note 5

Hardware Samsung Galaxy Note 5

Dari hasil CPU-Z bisa dilihat bahwa Samsung Galaxy Note 5 memakai Chipet Exynos 7420 Octa Core 2.1 GHz. GPU nya memakai Mali-T670 dan RAM memiliki kapasitas 4 GB, khusus Samsung Galaxy Note 5 yang kami review ini adalah versi 32 GB Dual SIM.

Baterai dan Sistem Samsung Galaxy Note 5

Baterai dan Sistem Samsung Galaxy Note 5

Thermal dan Sensor Samsung Galaxy Note 5

Thermal dan Sensor Samsung Galaxy Note 5

Samsung Galaxy Note 5 juga sudah mendukung semua sensor yang tentu ini adalah sebuah bentuk keistimewaan Samsung Galaxy Note 5 dibandingkan dengan Smartphone Android lainnya.

Skor Antutu Benchmark :

Skor Antutu Benchmark Samsung Galaxy Note 5

Skor Antutu Benchmark Samsung Galaxy Note 5

Dari hasil uji Antutu Benchmark, kami mendapati hasil yang sangat memuaskan ini karena skor antutu benchmark Samsung Galaxy Note 5 bisa mencapai 66516.  Hasil ini juga memberikan kepastian para pembeli Note 5 yang akan semakin nyakin bahwa Samsung Galaxy Note 5 pantas untuk mereka beli. Agar semakin nyakin dengan performa Galaxy Note 5 ini, kami juga melakukan pengujian dengan aplikasi Geekbench 3.

Skor Geekbench 3 :

Skor Geekbench 3 Multi Core Samsung Galaxy Note 5

Skor Geekbench 3 Multi Core Samsung Galaxy Note 5

Skor Geekbench 3 Samsung Galaxy Note 5

Skor Geekbench 3 Samsung Galaxy Note 5

Dan lagi-lagi hasilnya sangat memuaskan, dan ini membuat semakin nyakin bahwa Samsung Galaxy Note 5 mampu diandalkan untuk segala aktifitas para penggunanya dari membuka banyak aplikasi secara lancar, aktifitas gaming tanpa takut nge lag dan tampilan grafis yang tajam dan jernih.

Memori Internal dan RAM :

Memori dan RAM Samsung Galaxy Note 5

Memori dan RAM Samsung Galaxy Note 5

Kekurangan Samsung Galaxy Note 5 menurut kami adalah tidak ada slot microsd yang dulunya dihadirkan oleh Samsung di seri Galaxy Note 4. Dengan begitu pengguna harus pintar-pintar dalam mengelola aplikasi, game, dan data seperti video, musik dan gambar yang ada di Samsung Galaxy Note 5. Untuk Samsung Galaxy Note 5 32 GB menyediakan Free Memori internal sebesar 24,32 GB yang terbilang lega karena dari Review Samsung Galaxy Note 5 yang kami lakukan kami bisa menginstal banyak game Android HD dan banyak aplikasi android lainnya. Untuk RAM yang diberi 4 GB dirasa lebih dari cukup karena Free RAM yang diberikannya sebesar 1.5  GB, yang sangat membantu untuk meningkatkan performa multitaskingnya.

Daya Tahan Baterai :

Baterai Samsung Galaxy Note 5

Baterai Samsung Galaxy Note 5

Walau kapasitas baterai yang dijanjikan oleh Samsung Galaxy Note 5 lebih kecil dari pendahulunya, namun kemampuan daya tahan baterai Samsung Galaxy Note 5 masih tetap bisa diandalkan. Ia masih kuat seharian untuk dioperasikan dengan jaringan 3G untuk kegiatan chatting dan game standar.

7. Multimedia
Musik Samsung Galaxy Note 5

Musik Samsung Galaxy Note 5

Musik :

Review Samsung Galaxy Note 5 selanjutnya adalah pada bagian multimedia, dimana yang pertama kali kami uji adalah di bagian musik. Penyetelan musik di Samsung Galaxy Note menurut kami lebih baik, dan bahkan Note 5 tidak terasa membosankan jika dipakai untuk menyetel musik. Ada juga pengaturan bass dan treble yang bisa disesuaikan sendiri.

Video :

Menonton Video Youtube Di Samsung Galaxy Note 5

Menonton Video Youtube Di Samsung Galaxy Note 5

Video Youtube 1440p Di Samsung Galaxy Note 5

Video Youtube 1440p Di Samsung Galaxy Note 5

Untuk yang hobi menonton video Youtube, Samsung Galaxy Note 5 mengajak sobat ke pengalaman berbeda dari Galaxy Note 4 sebelumnya. Ia mampu mendukung resolusi 1440p di Youtube yang ini artinya kualitas video yang ditampilkan terkesan nyata dan jernih.

Film :

Menonton Film Di Samsung Galaxy Note 5

Menonton Film Di Samsung Galaxy Note 5

Begitu juga untuk menyetel Film, Galaxy Note 5 mampu menyuguhkan kualitas video yang sangat baik. Walau mendukung video beresolusi Full HD, mengingat tidak adanya slot microsd sobat harus pintar-pintar dalam mengelola file film di Samsung Galaxy Note 5 agar memori internalnya tidak penuh.

Gaming :

Test Game Samsung Galaxy Note 5

Test Game Samsung Galaxy Note 5

List Game Yang Kami Coba

List Game Yang Kami Coba

Dari review Samsung Galaxy Note 5 yang kami lakukan, Note 5 ini bisa memainkan seluruh game Android HD yang sudah kami install di Note 5 yang kami Review. Tampilan grafisnya begitu tajam dan kami betah berlama-lama bermain game di Smartphone premium ini. Saat kami uji, Samsung Galaxy Note 5 tidak mengalami Overheat yang berlebihan.

8. Konektivitas :
Konektivitas Samsung Galaxy Note 5

Konektivitas Samsung Galaxy Note 5

Dari spesifikasinya Samsung Galaxy Note 5 sudah mendukung jaringan 4G LTE seluruh Operator, dan dikatakan juga bahwa ia support jaringan 4G LTE Smartfren. Namun sayangnya dikarenakan keterbatasan kami dalam me review alias di daerah kami belum ada jaringan 4G LTE, kami belum bisa mencobanya. Mungkin sobat deteknokers lainnya bisa memberikan lebih detail info jaringan 4G LTE di Samsung Galaxy Note 5 lewat komentar dibawah artikel ini.

9. Kualitas Kamera:
Kualitas Kamera Samsung Galaxy Note 5

Kualitas Kamera Samsung Galaxy Note 5

Mode Kamera Samsung Galaxy Note 5

Mode Kamera Samsung Galaxy Note 5

Bisa dikatakan Review Samsung Galaxy Note 5 dibagian kamera, membuat kami semakin nyakin bahwa Smartphone ini akan laris manis di Indonesia. Ini karena Samsung Galaxy Note 5 menyuguhkan kamera yang dilengkapi berbagai mode dan setingan yang bisa di eksplore oleh para penggunanya yang hobi fotografi. Dan berikut hasil test kamera Samsung Galaxy Note 5 yang kami lakukan :

Kamera Belakang :

Hasil Kamera Belakang Di Sore Hari

Hasil Kamera Belakang Di Sore Hari

Hasil Kamera Belakang HDR Di Note 5

Hasil Kamera Belakang HDR Di Note 5

Hasil Kamera Belakang Otomatis di Note 5

Hasil Kamera Belakang Otomatis di Note 5

Hasil Kamera Belakang

Hasil Kamera Belakang

Mode Makanan Di Kamera Belakang Note 5

Mode Makanan Di Kamera Belakang Note 5

Review Samsung Galaxy Note 5 yang menarik di kamera belakangnya adalah ia bisa merekam video dan dibagian secara langsung lewat media Youtube. Sobat tinggal mengaktifkan Mode Siaran Langsung dan nantinya akan di beri panduan agar Video bisa dipostingkan secara Live di Youtube.

Hasil Kamera Depan :

Hasil Kamera Depan Samsung Galaxy Note 5

Hasil Kamera Depan Samsung Galaxy Note 5

Peningkatan dari yang sebelumnya 3 MP di Note 4 menjadi 5 MP di Note 5, sangat terasa sekali perbedaanya. Bisa dilihat dari hasil foto selfie yang kami pampang diiatas, jika sobat penggemar seri Samsung Galaxy Note dan hobi selfie maka pilihan tepat jika sobat memiliki Samsung Galaxy Note 5.

10. S-PEN Samsung Galaxy Note 5
Fitur S-PEN Samsung Galaxy Note 5

Fitur S-PEN Samsung Galaxy Note 5

Banyak perubahan yang dibawa Samsung diseri Note 5 ini, diantaranya desain S-PEN Note 5 yang lebih baik dari Note 4. Tingkat sensitifitas menulis di S-PEN Note 5 serta mode-mode S-PEN yang lebih diperbanyak.

Perintah Udara Di S-PEN Samsung Galaxy Note 5

Perintah Udara Di S-PEN Samsung Galaxy Note 5

Saat sobat mengambil S-PEN, maka perintah udara ini akan otomatis muncul di layar. Di Mode perintah udara ini sobat bisa mengganti aplikasi favorit sobat yang ingin di buka dengan menggunakan S-PEN. Tampilan yang lebih baru dan lebih efisien yang dimiliki oleh S-PEN Samsung Galaxy Note 5. Pada saat layar mati lalu sobat mengambil S-PEN maka di layar mati tersebut sobat bisa menulis catatan tanpa harus membuka layar terlebih dahulu, hal ini tentu lebih efisien dalam menulis catatan atau memo di Galaxy Note 5.

11. Harga Samsung Galaxy Note 5

Dari review Samsung Galaxy Note 5 diatas, maka sudah jelas bahwa harga Samsung Galaxy Note 5 akan sangat mahal. Untuk Samsung Galaxy Note 5 yang kami review ini dimana memiliki memori internal 32 GB dan slot SIM Card Dual SIM berwarna Black Saphire kami dapatkan dengan harga Rp.9.885.000,- di counter resmi Samsung di daerah kami.

12. Kelebihan Samsung Galaxy Note 5
  • Layar lebih adem dan jernih
  • Tampilan lebih premium dan elegan
  • Sudah ada Thema Store
  • Performa sangat gahar
  • Kemampuan dual kamera lebih baik dari generasi sebelumnya
  • Sudah mendukung Wireless Fast Charging
13. Kekurangan Samsung Galaxy Note 5
  • Tidak ada Slot Microsd
  • Baterai Tidak Bisa Di copot
  • Bagian Belakang terasa bekas sidik jari
  • Harga Mahal

Review dan Unboxing Smartphone Lainnya : Review Xiaomi Mi4 Terlengkap.

Dari hasil review Samsung Galaxy Note 5 diatas, bisa disimpulkan bahwa peningkatan spesifikasi dari Galaxy Note 5 ini sangat signifikan dibandingkan dengan Galaxy Note 4. Walau ada beberapa hal yang dikurangi namun daya tarik Samsung Galaxy Note 5 tetap ada dan disinyalir banyak yang akan membeli Smartphon Premium terbaru Samsung ini.


Advertisement