Review Samsung Galaxy J5, Ponsel Android Berkualitas


Detekno.com – Kembali kami team detekno melakukan review sebuah smartphone terbaru dari samsung, yang mana untuk nama produk terbarunya tersebut adalah Samsung Galaxy J5. Smartphone dengan spesifikasi yang bisa di bilang mumpuni, karena didukung oleh Chipset dari Qualcomm jenis Snapdragon 410 dengan empat core processor didalamya, yang memiliki kecepatan clock speed hingga 1.2 GHz Cortex-A53 dan RAM 1.5 GB. Dengan demikian Samsung Galaxy J5 dapat menyemburkan performa handal dalam menghadapi berbagai aplikasi maupun game berbobot. Menariknya, ada satu hal yang paling di unggulkan oleh Samsung Galaxy J5, yakni terdapat pada sektor fotografi.

Dimana pada bagian ini kami mendapati kamera dengan ukuran lensa sebesar 5 MP, yang di lengkapi fitur LED Flash dan wide angel hingga kemiringan lebih dari 85 derajat. Adanya kamera tersebut tentunya sobat deteknokers, khususnya bagi para kaum hawa pasti akan sangat suka dengan hasil dari jepret foto menggunakan kamera depan ini, dijamin deh bakal membuat ketagihan. Kemudian selain fitur tersebut, masih ada banyak lagi yang perlu sobat ketahui, untuk itu sobat deteknokers dapat simak ulasan secara lengkap pada Review Samsung Galaxy J5 mengenai semua fitur keunggulan dan kekurangan, yang ada di bawah ini.

Review Samsung Galaxy J5

Review Samsung Galaxy J5

Review Samsung Galaxy J5

1. Paket Penjualan :
  • Unit Samsung Galaxy J5
  • Buku Petunjuk Pemakaian
  • Kartu Garansi
  • Nomor Serial Produk / IMEI
  • 1 Kepala Charger
  • 1 Kabel MicroUSB v2.0
  • 1 Baterai Samsung Galaxy J5
  • 1 Unit Earphone

Awal kami mendapatkan smartphone terbaru dari samsung ini. Anggapan kebanyakan orang mengenai perangkat ponsel yang di khususkan bagi para kaum hawa, memang benar adanya. Hal itu bisa sobat lihat dari kemasan atau dusbook yang kami dapatkan diatas memiliki warna orange, dengan bentuk kotak kecil, yang cukup simple dan ringkas. Kesan simple tersebut ternyata masih berlanjut hingga kami membuka dusbook Samsung Galaxy J5, dimana pada bagian dalam kami mendapati kelengkapan unit cukup lengkap.

Karena Samsung membawakan 1 set unit charger dengan kabel usb v2.0, 1 buah baterai, unit samsung Galaxy J5, kartu garansi, buku panduan pemakaian, dan 1 unit earphone, yang semua sangat terlihat standard bawaan samsung. Dan tak ada fitur aksessoris tambahan yang diberikan oleh samsung terhadap perangkat ponsel cerdas satu ini. Kecuali satu, yaitu kebetulan pada saat pembelian, samsung memberikan bonus tambahan berupa lintingan undian, dan kebetulan juga hadiahnya cukup unik ya sob, yaitu satu buah gelas dengan logo samsung di bagian samping.

2. Video Unboxing :

3. Desain dan Body :
Tampak Depan Samsung Galaxy J5

Tampak Depan Samsung Galaxy J5

Tampak Depan

Kami mulai review Samsung Galaxy J5 dari tampak depan. Di bagian tersebut tak ada yang istimewa, dikarenakan untuk desainnya sendiri sama dengan perangkat samsung lainnya, dan terlihat sangat monoton. Dimana samsung melengkapinya dengan satu buah tombol fisik dan 2 buah tombol sentuh yang memilikifungsi back dan recent. Kemudian di bagian atas terdapat lubang speaker, kamera depan dan LED Flash serta logo samsung yang berada persis di bagian atas layar. Soal kenyamanan, bisa di bilang cukup lah, karena dengan dimensi ukuran 142.1 x 71.8 x 7.9 mm, membuatnya terlihat ramping dan mudah di gunakan dengan satu tangan.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Samsung Galaxy J5

Tampak Belakang Samsung Galaxy J5

Lalu review kami alikan ke bagian belakang tepatnya di bagian back cover. Material plastik di jadikan bahan utama pembuatan seluruh bagian dari tubuh Samsung Galaxy J5, yang membuatnya terasa ringan ketika di gunakan dengan bobotnya yang mencapai 146g. Seperti pada gambar di atas, sobat dapat melihat beberapa kelengkapan yang diberikan oleh samsung, diantaranya kamera utama yang di apit oleh speake dan LED Flash. Dengan bentuk back cover melengkung di setiap sisnya, yang mana desain tersebut sengaja di berikan oleh samsung untuk membuat kenyamanan lebih terhadap pengguna di saaat menggunakannya.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Samsung Galaxy J5

Tampak Samping Kanan Samsung Galaxy J5

Selanjutnya penglihatan kami menunjuk pada bagian tampak samping dari Samsung Galaxy J5. Pada bagian samping kanan samsung tampak melengkapi perangkat terbarunya dengan satu buah tombol fisik yang memiliki fungsi sebagai tombol standby, yang menyatu pada bagian frame berwarna chrome. Untuk penempatannya terbilang sangat presisi dan mudah di jangkau dengan satu tangan.

Tampak Samping Kiri Samsung Galaxy J5

Tampak Samping Kiri Samsung Galaxy J5

Kemudian review Samsung Galaxy J5 kami lanjutkan pada bagian tampak sisi samping kiri. Desain lengkung pada frame menyamarkan 2 tombol pengaturan volume yang di jadikan menjadi satu kesatuan, dan membuatnya menjadi terkesan elegan. Hampir semua bagian frame di buat dengan desain lengkung. Hal tersebut tentunya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menambah sisi kenyamanan yang ada pada Samsung Galaxy J5.

Tampak Atas

Tampak Atas Samsung Galaxy J5

Tampak Atas Samsung Galaxy J5

Bagian Atas Samsung Galasxy J5 tidak terdapat apapun, terkecuali hanya desain frame chrome, yang di pertegas lengkungan cekung di sisi bagian pojok kanan dan pojok bagian kiri, dimana untuk bagian tengah di buat garis datar.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Samsung Galaxy J5

Tampak Bawah Samsung Galaxy J5

Sedangkan Review Samsung Galaxy J5 pada bagian bawah, kami mendapati 3 fitur pelengkap yang fungsional, karena di bagian paling kanan, samsung menempatkan 1 buah lubang jack audio dimeter 3,5 mm, lalu beranjak ke bagian tengah terdapat port microUSB v2.0 yang memiliki fungsi utama sebagai media charger dan juga bisa di gunakan untuk penghubung dengan perangkat lain menggunakan media kabel, dan pada bagian paling kiri tersemat lubang microfon.

Back Cover

Back Cover samsung Galaxy J5

Back Cover samsung Galaxy J5

Rasa penasaran kami yang besar terhadap apa yang sebenarnya di miliki oleh Samsung Galaxy J5, menuntut kami untuk membuka back cover, dan di sini kami melihat salah satu fitur konektifitas yang di unggulkan oleh Samsung Galaxy J5, yakni fitur Dual SIM yang bisa sobat gunakan dengan 2 buah SIM Card GSM berbeda berbentuk Micro-SIM, yang nantinya bisa sobat hubungkan dengan akses jaringan 4G LTE dan 3G. Ada juga satu buah slot micro SD yang memiliki daya tampung up to 128 GB besarnya, dan tentunya yang tak bisa ketinggalan adalah tempat untuk membenamkan baterai berukuran besar berfitur removable, yang memiliki kapasitas 2600 mAh dari Li-ion.

4. Layar :
Layar Samsung Galaxy J5

Layar Samsung Galaxy J5

Setelah melihat semua bagian luar dan dalam dari Samsung Galaxy J5, kami lanjutakan kembali Review Samsung Galaxy J5 untuk mengungkap kehebatan layar yang dibawa oleh perangkat terbaru dari samsung ini, dan untuk hasilnya sendiri terbilang memuaskan. Karena samsung menananmkan panel layar dengan bentang luas 5.0 inch, yang memiliki kemampuan visual gambar kualitas 1280 x 720 pixel atau setara dengan HD, dengan tingkat kepadatan pixel mencapai angka~294 ppi, sehingga memebuat apa saja yang ada diatas layar lebih cerah dan tajam.

Akan tetapi dengan ukuran layar yang hanya menempati sekitar 67,5% bgian muka, membuat Samsung Galaxy j5 terlihat memiliki rentan layar terhadap frame cukup lebar.Namun overall, untuk kualitas layar terbilang tinggi, terlebih dengan di dukung oleh teknologi Super AMOLED, membuat sobat deteknokers dapat memainkan berbagai jenis game maupun memutar film lebih jelas dari berbagai sisi sudut ketika melihatnya.

Multitouch Samsung Galaxy J5

Multitouch Samsung Galaxy J5

Tapi ada satu yang cukup disayangkan pada Samsung Galaxy J5 di bagian layar. Dimana setelah kami melakukan review lebih mendalam dengan memasangkan alat panguji berupa aplikasi AnTuTu Benchmark v5.7.1, melalui salah satu fitut multitouch yang dibawanya, hasil yang cukup mencengangkan, dimana hasil test tersebut menyebutkan hanya ada 2 titik yang bisa terditeksi oleh layar Samsung Galaxy J5. Kemudian, tidak adanya lapisan pelindung pada bagian layar, kami sarankan bila setelah sobat membeli ponsel cerdas satu ini, langsung lapisi saja dengan tempered glass, agar nantinya layar dapat terhindar dari berbagai goresan sewaktu pemakaian.

5. Sistem Operasi dan User Interface :
Home Screen Samsung Galaxy J5

Home Screen Samsung Galaxy J5

Home Screen

Tampilan Home Screen Samsung Galaxy J5 terlihat biasa atau standard, sama halnya dengan smartphone samsung lainnya, yang masih membawa app drawer, dengan tampilan antar muka simple serta mudah di pahami untuk sobat deteknokers yang masih awam. Tapi mungkin ada sedikit perbedaaan yang cukup menarik menurut kami, karena selain dijalankan pada sistem operasi Android Lollipop, samsung juga menyediakan thema didalmnya, yang bisa sobat dapatkan secara gratis maupun berbayar, tergantung dari apa yang sobat pilih pada market thema bawaan samsung.

Uniknya lagi, ketika sudah melakukan download dan menerapkannya terhadap samsung galaxy J5, terdapat banyak perubahan yang terjadi, dikarenakan hampir semua bagian atau sektor yang ada pada tampilan home screen atau aplikasi dan ikon yang ada, semuanya berubah mengikuti dari tema pilihan yang sobat deteknokers terapkan terhadap perangkat smartphone ini.

Sistem Operasi

Sistem Operasi Samsung Galaxy J5

Sistem Operasi Samsung Galaxy J5

Bukti keaslian bahwasannya Samsung Galaxy J5 menggunakan OS Android lollipop, bisa sobat lihat pada gambar diatas yang menunjukan kalau Samsung Galaxy J5 dengan kode nama SM-J500G menggunakan sistem operasi android v5.1.1.

Oiya perlu sobat ketahui, ada salah satu fitur yang terbilang unik danmmenarik dengan nama Quick Launch, yakni dengan diaktifkannya fitur tersebut, sobat deteknokers dapat langsung menjangkau aplikasi kamera hanya dengan cara mengetuk tmbol home screen secara cepat sebanyak dua kali, dan dengan demikian otomatis samsung Galaxy J5 akan menyodorkan aplikasi kamera yang sudah terbuka.

User Interface Aplikasi

User Interface Aplikasi Samsung Galaxy J5

User Interface Aplikasi Samsung Galaxy J5

Bukan hanya bagian home screen saja yang mengalami perubahan, tapi semua aplikasi bawaan samsung, seperti tampilan menu sms, kontak telefon, kalkulator, contack dan menu telefon, dapat tergganti secara penuh bila menggantinya tampilan tema, yang di sesuaikan dengan pilihan sobat deteknokers. Apalagi dengan berjalan pada OS Android Loollipop, penggunaan thema yang ada tidak akan mempengaruhi kinerja dari Samsung Galaxy J5.

Tema Samsung Galaxy J5

Tema Samsung Galaxy J5

Malah justru sebaliknya, adanya OS tersebut, pergerakan diatas layar terasa lebih nyaman dan smooth. Perpindahan antar slide satu ke slide lainnya pun terbilang lancar tanpa ada hambatan. Pokoknya dengan penggunaan OS Android Lollipop dan tersedianya thema, dapat mengurangi rasa bosa pengguna ketika memakai perangakat ponsel cerdas terbaru dari samsung yang satu ini.

6. Performa dan Hardware :
Hardware Samsung Galaxy J5

Hardware Samsung Galaxy J5

Hardware

Sementara untuk melihat jeroan dari Samsung Galaxy J5, kami tidak hanya terpaku dengan spesifikasi yang ada pada bagian dusbook, tetapi juga kami menggunakan aplikasi CPU-Z untuk memastikan apa saja yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J5. Seperti yang sobat lihat di atas, di aplikasi tersebut tertera kalau smartphone ini menggunakan Chipset dari Qualcomm Snapdragon 410 dengan empat inti processor, yang memiliki kemampuan clock speed mencapai 1,19 GHz dan Adreno 306 dibagian olah grafis. Kemudian di bagian storage, samsung membekalinya dengan ukuran 1,5 GB di sisi RAM, dan internal sebesar 8 GB yang dapat di ekspansi menggunakan micro sd hingga 128 GB. Dan untuk mengetahui seberapa tangguhkan performa yang dimilikinya, kami mengujinya pada aplikasi Benchmark dibawah ini.

Benchmark AnTuTu

Benchmark AnTuTu Samsung Galaxy J5

Benchmark AnTuTu Samsung Galaxy J5

Perpaduan komponen yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J5 seperti diatas, ternyata hanya bisa menghasilkan skor 21281, dimana skor tersebut barada pada urutan paling bawah dari berbagai jenis ponsel cerdas yang dibuat oleh para kompetitornya, seperti Smartfren Andromax R yang sama-sama menggunakan perpaduan komponen hardware dengan jenis sama, malah bisa dikatakan kalau Smasung Galaxy J5 unggul dalam hal ram, karena memiliki ukuran lebih besar 0,5 GB menjadi 1,5 GB. Sedangkan untuk spesifikasi lain, Samsung Galaxy J5 melengkapinya dengan GPU Adreno 306 dan Processor Quad-core yang memiliki kecepatan tidak genap 1,2 GHz, atau lebih tepatnya 1,19 GHz.

Benchmark Geekbench

Benchmark Geekbench 3 Samsung Galaxy J5

Benchmark Geekbench 3 Samsung Galaxy J5

Pengujian pun masih berlanjut, kali ini giliran aplikasi Geekbench yang kami gunakan. Pada Review Samsung Galaxy J5 kali ini menunjukan skor yang bisa di bilang lumayan. Dikarenakan untuk hasil pengujian single core Samsung Galaxy J5 menghasilkan skor 466 dan untuk hasil menggunakan multi-core, Samsung Galaxy J5 meraih angka 1401, dan seperti pada pengujian menggunakan AnTuTu, hasil skor Samsung Galaxy J5 berada pada urutan paling bawah.

Memori

Memori Samsung Galaxy J5

Memori Samsung Galaxy J5

Tak berhenti sampai disitu saja, Review Samsung Galaxy J5 kembali berlanjut mengungkap penyimpanan yang dimiliki oleh perangkat satu ini. Bila kita melihat salah satu sisi, yakni pada bagian internal memry berukuran 8 GB, menurut kami sangatlah kurang, apalagi seperti yang terlihat pada gambar di atas, penyimpanan yang ada sebagaian besar di makan oleh sistem hingga 3,35 GB, dan hanya menyisakan sekitar 4,65 GB. Dimana dengan penyimpanan seperti itu, pada waktu kami menggunakannya untuk menginstal beberapa game, seperti asphalt, coc dan angry bird, memory hanya menyisakan 472 MB saja.

Padahal itu belum termasuk aplikasi facebook, twitter, BBM atau aplikasi medsos lainnya, dan itu berarti penyimpanan tersebut sangat-sangatlah kurang. Tapi lepas dari penyimpanan, untuk masalah RAM menurut kami cukup wajar, karena dari ketiga aplikasi tambahan yang kami sebutkan tadi diatas, Samsung Galaxy J5 memberikan sisa RAM terpakai dengan besaran 53%, yang terbagi atas untuk sistem dan aplikasi memamakan 723 MB, dan untuk sisanya 665 MB. Dengan hitungan tersebut, tentunya memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking secara lancar.

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy J5

Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy J5

Memiliki bekal baterai dengan daya penuh sebesar 2600 mAh, Samsung Galaxy J5 dapat memberikan waktu tergolong lama untuk menemani keseharian deteknokers. Seperti yang sobat dapat lihat pada gambar di atas, meski kami sudah menggunakan untuk bermain COC, Asphalt dan angry bird dalam waktu setengah jam, hanya berkurang beberapa persen saja.

Kemudian review Samsung Galaxy J5 berlanjut dengan mengkoneksikannya pada Wi-fi, hasilnya seperti yang tertera pada angka diatas, meski baterai tinggal 67%, Samsung Galaxy J5 tetap bisa menyala dalam waktu hingga 33 jam 30 menit, waktu yang yang cukup lama menurut kami, dikarenakan untuk baterai sekelasnya dengan fitur yang sama dengannya, biasanya tidak memiliki ketahanan seperti itu.

7. Multimedia :
Musik Samsung Galaxy J5

Musik Samsung Galaxy J5

Musik

Seperti yang kami bilang waktu diawal, kalau tidak ada yang terlihat sangat wah pada samsung Galaxy J5, karena pada saat kami melakukan review Samsung Galaxy J5 di bagian multimedia khususnya Musik, yang kami jumpai hanyalah pemutar dari Googel, berupa Google Play Music dengan suara audio agak cempreng dan kurang bombastis menurut kami. Meskipun kami sudah mengganti dengan pengaturan Equalizer pada menu didalamnya, dan hasilnya sama, suara yang dikeluarkan tetaplah standard.

Video

Video Samsung Galaxy J5

Video Samsung Galaxy J5

Selain musik, Review Samsung Galaxy J5 kami beranjak pada kemampuan tampilan video, yang bisa dibilang cukup memuaskan, karena sobat deteknokers dapat memutar film diatas layar Samsung Galaxy J5 secara jelas dengan pencapaian resolusi maksimal hingga kualitas HD 720 x 1280 pixel. Namun meski dapat menampilkan gamabr secara jelas dan tajam dari layar Super AMOLED yang dibawanya, sobat deteknokers harus dan wajib memasang aplikasi pemutar video tambahan, agar nantinya dapat memutar segala jenis file video tanpa tersendat.

Gaming

Gaming Samsung Galaxy J5

Gaming Samsung Galaxy J5

Skor yang didapatkan pada uji benchmark bisa dibilang cukup rendah dibanding dengan harganya yang mahal, tetapi untuk urusan performa gaming, sobat deteknoikers tak bisa meremehkan kemampuan yang dimiliki olehnya. Karena pada saat kami memainkan salah satu game ternama yaitu Asphalt, game tersebut dapat berjalan lancar pada setting medium. Lalu untuk meningkatkan kualitas gambar, kami akhirnya menambah kualitas gambar game menjadi High, dan hasilnya sangat emmuaskan, kami sendiri dapat memainkan game tersebut secara lancar tanpa harus tersendat atau mengalami “lag” sewaktu memainkannya.

8. Konektifitas dan Internet :

Didukung 4G LTE dan 3G HSPA

Sektor Konektifitas Samsung Galaxy J5 terbilang lengkap, apalagi dengan adanya fitur Dual SIM yang dapat membuat semua aktifitas menjadi lebih simple dan ringkas, dikarenakan sobat deteknokers bisa menggunakan dua SIM Card GSM berbeda provider dalam satu buah smartphone. Tapi sayangnya meski duah mendukung adanya konektifitas 4G LTE yang dikatakan bisa meraih kecepatan maksimal download mencapai 150 Mbps, dan upload meraih nilai 50 Mbps. Kami sendiri belum dapat mengujinya sendiri, karena terkendala tempat dan faktor SIM card 4G LTE yang susah untuk kami dapatkan.

USB OTG Samsung Galaxy J5

USB OTG Samsung Galaxy J5

Akan tetapi untuk menggantinya, kami akhirnya melakukan uji coba menggunakan konektifitas 3G , dan hasil terbilang sangat puas, karena untuk streaming video dan menjalankan berbagai jenis aplikasi online, bisa berjalan secara lancar tanpa pending, dan untuk fitur lain, sebagai pelengkap samsung menambahkan Blutooth v4.1 berfitur A2DP, GPS, Wifi yang dapat dijadikan sebagai acces point dari perangkat lain yang mendukung adanya fitur tersebut, dan port MicroUSB v2.0 berfitur OTG.

9. Kualitas Kamera :

Selanjutnya, Review Samsung Galaxy J5 pada bagian kamera. Dimana untuk bagian ini merupakan salah satu yang paling diunggulkan oleh samsung. Apalagi pada bagian depan, bagian tersebut di sematkan lensa sebesar 5 MP dengan dilengkapi fitur LED Flash dan wide angel, yang bisa mendapatkan hasil selfi berkualitas. Sedangkan pada kamera utama, Samsung melengkapinya dengan kamera berukuran 13 MP plus LED Flash & auto fokus serta fitur pendukung untuk bisa menghasilkan foto maupun video secara jelas di berbagai kondisi, untuk lebih jelasnya lagi, sobat deteknokers bisa simak Review Samsung Galaxy J5 tentang kamera dibawah ini.

Kamera Depan

Kamera Depan Tanpa Flash

Kamera Depan Tanpa Flash

Sudah beberapa kali kami singgung untuk kualitas kamera depan pada pembicaraan di atas. Berbekal kamera 5 MP, sobat deteknokeres dapat menghasilkan foto resolusi maksimal hingga 2560 x 1920 pixel, dimana bila di terapkan pada foto selfie, membuat hasilnya terlihat sangat jelas dan tajam, apalagi di tambah dengan fitur pendukung seperti wide angel yang akan membuat sobat deteknokers bisa mnedapatkan hasil maksimal, meskipun pada waktu pengambilan posisi kamera berada di kemiringan lebih dari 85 derajat. Selain dapat dijadikan media selfie handal, kamera depan ini juga bosa sobat deteknokers jadikan sebagai media video call dengan hasil Full HD 1920 x 1080 pixel, pada kekuatan kamera 2.07 MP, dengan kepcepatan frame 30 fps.

Kamera Depan Menggunakan Flash

Kamera Depan Menggunakan Flash

Hebatnya lagi, guna memnuhi kebutuhan selfie para kaum hawa yang tak pernah mau ketinggalan momen setiap waktunya, baik itu di malam hari ataupun pada kondisi minim cahaya, samsung akhirnya melengkapi bagian kamera ini dengan LED Flash, yang sangat cukup untuk memberikan pencahayaan maksimal, dan menjadikan gambar terlihat terang meski di kondisi ruang gelap. Namun sayang,berbeda dengan LED Flash biasanya yang dapat berkedip sewaktu akan mengambil gambar dan setelah pengambilan foto. Pada Samsung Galaxy J5 ini LED Flash hanya berfungsi layaknya senter, jadi mungkin sobat akan merasa silaubila mengambil foto selfie menggunakan kamera depan secara terus menerus.

Oiya, perlu sobat deteknokers ketahui, layaknya smartphone premium samsung seperti galaxy Note 5 dan S6 EDGE Series, sobat deteknokers juga bisa mengnadalkan fitur geture untuk memudahkan pengambilan foto selfie, karena hanya menjulurkan telapak tangan dengan lima jari di renggangkan, sensor otomatis kan membacanya, dan secara otomatis pula sobat deteknokers dapat menangkap foto selfie tanpa perlu menekan tombol doiatas layar.

Kamera Belakang

Kamera Belakang Menggunakan Flash Pada Kondisi Berkabut

Kamera Belakang Menggunakan Flash Pada Kondisi Berkabut

Bukan hanya kamera depan saja yang bisa menghasilkan foto berkualitas, kaan tetapi pada kamera utama juga demikian, pada hasil Review Samsung Galaxy J5 di bagian kamera ini, menurut kami cukup memuaskan. Diperkuat adanya kamera berukuran 13 MP, lengkap beserta sensor CMOS BSI (Backside Ilumination), aperature f/1.9, dan auto fokus, sobat deteknokers bisa menghasilkan resolusi gambar maksimal sebesar 4160 x 3120 pixel, yang dapat memperjelas setiap hasil foto yang sobat dapatkan dengan kamera utama ini.

Kamera Belakang Mode Fokus Manual

Kamera Belakang Mode Fokus Manual

Menariknya lagi, layaknya kamera DSLR, sobat deteknokers dapat memanfaatkan fitur pendukung yang di antaranya Continious shooting, Digital Zoom, Digital Image Stabilization, Geotagging, Panorama, HDR, Touch Focus, Face Detection, White Balance setting, ISO Setting, Exposure Compensation, Self timer dan scane mode. Dimana dengan semua itu, sobat deteknokers bisa memadukannya sesuai dengan selera dan kebutuhan untuk dapat menghasilkan kualitas foto secara maksimal, serta seperti yang sobat inginkan.

Kamera Belakang Tanpa Flash pada kondisi berkabut

Kamera Belakang Tanpa Flash pada kondisi berkabut

Selain itu, sobat deteknokers juga dapat mengatur fokus sesuai dengan objek yang di inginkan, dengan cara menekan layar tepat pada bagian objek hingga berwarna biru, dan setelah itu sobat tinggal mengambilnya langsung dengan tombol virtual di atas kamera. Sedangkan untuk hasil rekam video sendiri, menurut kami setelah mencobanya sendiri, cukup memuaskan, karena saat Review Samsung Galaxy J5 di bagian rekam video, kami dapat menghasilkan video kualitas 1920 x 1080 pixel @30fps.

10. Harga Samsung Galaxy J5 :
Harga Samsung Galaxy J5

Harga Samsung Galaxy J5

Untuk bisa mendapatkannya bisa dikatakan sangatlah mudah, karena kebanyakan counter HP sekarang ini sudah berani menyajikan HP / Smartphone dengan harga lebih dari 2 juta keatas, seperti Harga Samsung Galaxy J5 yang kami dapatkan dengan banderol Rp.2.800.000,- pas, tidak lebih dan tidak kurang, yang setelah kami survei terhadap counter-counter besar khususnya purwokerto, mengatakan bahwa Samsung Galaxy J5 tergolong laris manis di pasaran. Menariknya lagi, pada saat kami membelinya, samsung sedang mengadakan program yang berhadiahkan souvenir seperti yang kami katakan di awal.

Bagimana sobat deteknokers, tertarik untuk memilikinya setelah menyimak review dan harga Samsung Galaxy J5 yang kami ulas diatas ?, tapi sebelumnya, untuk lebih memantapkan lagi niat sobat deteknokers membeli Samsung Galaxy J5, dan setelah kami melakukan review Samsung Galaxy J5 lebih mendalam, kami sendiri menarik kesimpulan, kalau samsung galaxy j5 memiliki kelebihan dan keurangan yang bisa sobat cek langsung dibawah ini.

11. Kelebihan Samsung Galaxy J5 :
  • Kualitas layar 5 inch yang dibawanya terbilang jernih dengan dukungan teknologi Layar Supe AMOLED berkemampuan HD 720 x1280 pixel
  • Ketahanan daya pada baterai termasuk bagus dan awet, meski memiliki kapasitas 2600 mAh, Samsung Galaxy J5 dapat bertahan seharian penuh meski pemakaian full online, tanpa game secara terus menerus.
  • Desain menarik dan sangat khas samsung, serta mudah diguunakan dengan satu tangan, ditambah bobot ringan
  • Diperkuat chipset Snapdragon 410 dengan Processor Quad core, GPU Adreno 306, dan RAM 1,5 GB, yang dapat menjalankan game high class secara lancar tanpa nge”Lag”
  • Dilengkapi dua kamera resolusi tinggi, 13 MP dibagian utama dan 5 MP dibagian depan
  • Kedua Kamera yang dibawanya sudah dilengkapi LED Flash
  • Konektifitas lengkap berfitur Dual SIM dengan dapat terhubung akses jaringan 4G LTE dan 3G
  • Bisa ganti Tema dan dijalankan pada OS Android Lollipop
12. Kekurangan Samsung Galaxy J5 :
  • Harga terbilang mahal, karena sobat bisa mendapatkan spek diatasnya dengan harga lebih murah dibanding Galaxy J5
  • Internal hanya 8 GB
  • LED Flash bagian depan berfungsi layaknya senter, yang tak bisa berkedip secara otomatis
  • Belum dilapisi pelindung layar

Baca juga : Review Lenovo A7000 Special Edition

Meski memiliki kekurangan, akan tetapi untuk performa, sobat deteknokers tak perlu ragukan lagi akan kemampuannya untuk menjalankan game-game high class, karena semua itu dapat berjalan lancar tanpa ada hambatan. Ditambah kemampuan kedua kamera yang dibawanya, dapat menghasilkan kualitas gambar di atas rata-rata di berbagai kondisi. Nah, demikian review Samsung Galaxy J5 yang dapat kami sampaikan berdasar atas pengalaman setelah menggunakannya secara langsung, tanpa mengurangi ataupun menambahkan apa yang dimiliki oleh samsung galax J5. Semoga Review Samsung Galaxy J5 diatas bermanfaat yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya.


Advertisement