Review Samsung Galaxy J2 : Hp Murah Berfitur 4G LTE


Detekno.com – Akhirnya team detekno.com kali ini berhasil meminang satu lagi ponsel android terjangkau besutan Samsung yakni “Samsung Galaxy J2”, sebuah ponsel android yang datang dengan keunggulan jaringan 4G LTE dan fitur dual sim. Secara keseluruhan bisa dibilang ponsel ini juga sedang menjadi salah satu ponsel terpanas di bulan ini (November 2015) karena secara tak langsung menjadi ponsel yang di peruntukan untuk segmen pasar dikelas menengah bawah. Sebagai penerus keberhasilan dari Samsung Galaxy J1, Samsung Galaxy J2 lebih memiliki spesifikasi yang lebih baik karena didalamnya sudah terdapat Ram 1GB dan juga sudah menggunakan prosesor berkecepatan Quad Core 1.3 Ghz.

Ditawarkannya handset ini dengan bentang layar 4.7 inci atau 0.4 inci lebih luas dari seri sebelumnya menjadikan pengunaan handphone ini akan lebih terasa mudah dan memperluas jangkauan jari-jari deteknokers saat membuka aplikasi atau juga bermain game dengan ponsel ini. Harga Samsung Galaxy J2 yang cukup terjangkau pun tetap menjadikan ponsel ini datang dengan suguhan yang menarik bahkan saat kami menggenggam pertama kali pun sangat terasa nyaman karena ponsel ini benar-benar di desain dengan bentuk yang compact dan bagian back cover yang memiliki tekstur kulit sehingga terasa lebih kesat di tangan. Nah pensaran bagiamana Review Samsung Galaxy J2 lengkapnya ? mari kita simak bersama.

Review Samsung Galaxy J2

Review Samsung Galaxy J2

Review Samsung Galaxy J2

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Samsung Galaxy J2
  • 1 Unit Charger (bukan menggunakan kabel USB)
  • 1 Baterai Samung Galaxy J2
  • 1 Unit earphone (warna putih)
  • Kaber USD / Data
  • Buku Petunjuk Pemakaian
  • Kartu Garansi
  • Paket Bundling Smartfren 4G LTE sebesar 4.5 GB

Menjadi salah satu ponsel terjangkau, kemasan Samsung Galaxy J2 yang kami dapatkan hampir sama persis dengan Samsung Galaxy J5 yang sebelumnya pernah kami ulas, dimana box memiliki wanra oranye. Hanya yang membedakan mungkin pada bagian depan kami temui sebuah paket bundling kartu Smartfren 4G LTE yang tertuliskan dalam box Free Data 4.5GB. Yang mana saat pertama kali akan digunakan, deteknokers harus mengisi data-data yang di minta untuk bisa mengaktifkan dan menggunakan paket bundling dari Smartfren terebut.

Dan seperti dalam tulisan paket penjualan diatas, saat petama kali kami buka kami mendapatkan beberpa unit seperti Charger yang langsung terhubung dengan kabel, Baterai Samung Galaxy J2 dengan kapasitas 2.000 mAh, kabel USB dengan warna putih serta buku panduan singkat yang langsung tergandeng dengan kartu garansi resmi yang diberikan Samsung. Oya berbeda dari ponsel Xiaomi yang pernah kami bahas sebelumnya, dalam paket penjualan Samsung Galaxy J2, pabrikan ini memberikan satu unit earphone yang didesain dengan warna putih, hanya saja untuk kualitas suaranya menurut kami cukup standar.

2. Video Unboxing :

3. Desain dan Body :
Tampak Depan Samsung Galaxy J2

Tampak Depan Samsung Galaxy J2

Tampak Depan

Sebagai permulaan sebelum melangkah lebih detail mengenai ponsel ini, mula mula mari kita review Samsung Galaxy J2 ini dari sisi desian dan body. Yapz pertam kali menggenggam ponsel ini kami merasakan kenyamanan yang cukup tinggi walaupun seluruh body ponsel ini hanya terbuat dari material plastik. Nyaman yang kami rasakan disini tentu saja karena ponsel ini cukup ringan dengan berat hanya 122 g dan memiliki bodi yang tipis karena sudah di desain menggunakan dimensi 136.5 x 69 x 8.4 mm. Sama seperti ponsel samsung pada umumnya, bagian bawah ponsel ini memiliki satu tombol fisik yakni home yang di apit oleh dua tombol capasitiv recent dan back yang cukup responsif dan memiliki logo Samsung persis di bawah speaker telepon dan memiliki satu lensa kamera yang di sejajarkan dengan sensor proxymitri.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Samsung Galaxy J2

Tampak Belakang Samsung Galaxy J2

Kemudian setelah puas melihat bagian depan, review samsung galaxy j2 selanjutnya pada bagian belakang. Dimana pada bagian ini deteknokers dapat melepas back cover untuk memasukan microSD dan jua dua kartu sim serta baterai. Back cover yang juga masih dibuat menggunakan plastik ini juga sudah di desain dengan tekstur serupa kulit sehingga terasa kesat saat di genggam oleh tangan. Bagian paling meonjol dari sisi belakang tentu saja kamera yang dibuat samsung sedikit menonjol dengan bentuknya yang cukup besar. Lensa tersebut diapit oleh LED Flas dan juga lubang speaker audio yang dibentuk dengan dua garis sejajar. Dan tepat dibawahnya terdapat logo Samsung serta tertulis jug DUOS pada bagian bawah yang di berikan dengan adanya gambar dua sim card yang menandakan ponsel ini memiliki futur dual sim.

Back Cover

Back Cover Samsung Galaxy J2

Back Cover Samsung Galaxy J2

Yapz seperti kami sampikan diatas, back cover atau tutup bagian belakang ponsel ini bisa di buka dengan mudah hanya mencongkel lubang kecil disisi samping kanan yang di letakan sejajar dengan letak kamera, LED Flash dan juga Speaker. Dan setelah terbuka dengan jelas pada bagian ini deteknokeras akan di hadapkan pada beberpa bagian seperti slot microSD yang kabarnya mampu menampung kapasitas maksimum 128GB, dimana penempatannya pun berada persis diatas slot micro Sim Card pertama. Sedangkan untuk slot sim card kedua Samsung membuatnya berada tepat disisi sim card pertama dengan tipe micro Sim. Serta tak tertinggal ada juga tempat untuk meletakan baterai Li-ion dengan kapasitas 2000 mAh yang mana baterai tersebut di desain dengan bentuk yang tipis dan juga cukup kecil.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Samsung Galaxy J2

Tampak Samping Kanan Samsung Galaxy J2

Dari gambar diatas, jelas terlihat bahwa pada sisi sebelah kanan Samsung Galaxy J2 ini memilik bentuk frame yang sedikit oval dan dibuat dengan menggunakan corak chrom yang serupa dengan warna metal dari Xiaomi Mi4. Sementara untuk penempatkan tombolnya sendiri, Samsung hanya meletakan satu tombol saja pada sisi ini yang mana tombol ini merupakan sebuah tombol power.

Tampak Samping Kiri Samsung Galaxy J2

Tampak Samping Kiri Samsung Galaxy J2

Kemudian review samsung galaxy j2 kami lanjutkan pada sisi bagian kiri dari ponsel ini, yang mana di bagian ini Samsung meletakan dua tombol volume yakni volume up dan volume down, namun kedua tombol tersebut sudah di bentuk dalam satu garsi sehingga pada sisi kirinya hanya terlihat ada satu tombol yang bentuknya lebih panjang dari tombol power pada sisi kanannya.

Tampak Atas

Tampak Atas Samsung Galaxy J2

Tampak Atas Samsung Galaxy J2

Desain pada bagian atas Samsung Galaxy J2 yang kami peroleh, terlihat hanya ada satu lubang port jack audio berukran 3.5 mm yang mana penempatannya berada di sebelak kiri atas. Nah yang menariknya disini, Samsung membuat sisi bagian atas ini dengan desain yang sedikit mendalam alias pipih pada bagian tengahnya sehingga bila di lihat dari sisi depan tampak frame bagian atas terlihat lebih mewah.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Samsung Galaxy J2

Tampak Bawah Samsung Galaxy J2

Sementara pada bagian bawah, ponsel yang dijual dengan harga cukup terjangkau ini juga sana-sama di bentuk dengan sedikit memipih pada sisi tengahnya dan hanya terdapat port USB 2.0 sebagai media pengecesan baterai dan juga sebagai media terhubungnya ke PC serta kabel USB OTG yang berfingsi secara lancar setelah kami mencobanya. Oya tak terlewatkan terdapat pula lubang mic yang cukup kecik.

4. Layar :
Layar Samsung Galaxy J2

Layar Samsung Galaxy J2

Review Samsung Galaxy J2 yang kami lalukan selanjutnya mengarah pada sisi layar. Yaps, seperti kami bicarakan diawal ponsel ini hadir dengan menawarkan bentang layar seluas 4.7 inci. Dimana layar tersebut sudah menggunakan panel Super Amoled dengan kerapatan pixels ~234 ppi. Sehingga saat kami coba untuk membuka sebuah gambar dan juga bermain game serta menonton video, terlihat dengan cukup jelas detail gambat yang ada meskipun pada kenyataanya Samsung hanya memberikan resolusi 540 x 960 pixels. Inilah salah satu kelebihan Samsung Galaxy J2 yang pantut untuk deteknokers coba. Sayangnya kualitas layar yang sudah cukup mempuni, Samsung belum mengimbanginya dengan memberi lapisan pelindung.

Multitouch Samsung Galaxy J2

Multitouch Samsung Galaxy J2

Nah setelah kami merasa puas dengan tampilan yang di berikan Samsung Galaxy J2 yang terbukti mampu terlihat sempurna, review Samsung Galaxy J2 kami lanjutkan pada pengujian fitur multitouch. Dan seperti bisa deteknokers lihat di atas, sayangnya ponsel ini hanya memiliki kemampuan multitouch sebanyak 5 jari sama seperti Lenovo A7000 Special Editon dan lebih baik dari Samsung Galaxy J5 yang hanya memiliki kemampuan multitouch hanya dua jari saja. Pengujian yang kami lakukan tersebut tentu saja menggunakan bantuan aplikasi “Multitouch Tester” dan juga Aplikasi Benchmark AnTuTu yang mana hasilnya sama-sama hanya mampu menghasilkan 5 titik sentuhan saja.

5. Sistem Operasi dan User Interface :
Home Screen Samsung Galaxy J2

Home Screen Samsung Galaxy J2

Home Screen

Tampilan awal saat kami melakukan Review Samsung Galaxy J2 ini terbilang cukup menarik karena Samsung sudah mendesainnya dengan meletakan user internface khasnya yakni Samsung Touch WizUI yang bejalan pada basis sitem operasi Android Lollipop v5.1.1. Tampilan tersebut juga memberikan kesan yang lebih nyaman dan lebih cantik pada ponsel ini karena dengan penggunaan tersebut deteknokers bisa mengatur tema atau tampilan yang akan di gunakan dengan beberpa tema yang di sediakan Samsung secara gratis.

Lebih menariknya lagi, dengan bandrol harga Samsung Galaxy J2 yang cukup murah dan terjangkau, handphone terbaru Samsung ini juga memiliki App Drawer sehingga ini cukup berbeda dari tampialan antar muka Lenovo Vibe UI atau juga MIUI yang langsung meletakan semua menu aplikasi di layar depan. Nah dengan hal ini tentu saja dapat menjadikan deteknokers bisa mengatur letak aplikasi yang sering digunakan dengan selera dan keinginan. Oya pada tampilan home screen, jika deteknokers menekan sedikit lama juga akan memunculkan beberpa pilihan menu seperti penambahan Widget, Wallpaper dan juga Tema.

Sistem Operasi

Sistem Operasi Samsung Galaxy J2

Sistem Operasi Samsung Galaxy J2

Nah setelah mengetahui fitur menarik yang bisa deteknokers dapatkan dari sisi home screen, saatnya kita review Samsung Galaxy J2 ini pada sisi software yang di gunakannya. Seperti terlihat jelas pada gambar yang kami berikan diatas, deteknokers bisa melihat bahwa ponsel ini sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop versi 5.1.1 dan juga bisa deteknokers lihat bahwa ponsel ini memiliki model SM-J200G. Yang mana penggunaan OS ini menjadikan ponsel ini terasa lebih smooth saat kami coba gunakan.

User Interface Aplikasi

Menu Dialer Samsung Galaxy J2

Menu Dialer Samsung Galaxy J2

Dengan bandrol harga Samsung Galaxy J2 yang kami peroleh kurang dari 2 juta rupiah, ponsel ini juga menawarkan sebuah suguhan tampilan aplikasi yang cukup menarik meskipun hanya di suguhkan dengan cukup standar. Hal ini terlihat saat kami coba untuk membuka aplikasi menu dialer yang tampil dengan warna hijau pekat. Sedangkan saat kami coba untuk melakukan pengecekan pada aplikasi menu contact terlihat cukup menarik juga karena Samsung sudah memisahkan kontak yang ada sesuai dengan urutan Alfabet, sehingga deteknokers akan lebih mudah saat ingin melakukan peniriman pesan atau juga panggilan.

Menu Sms dan Tanggal Samsung Galaxy J2

Menu Sms dan Tanggal Samsung Galaxy J2

Dari review Samsung Galaxy J2 yang kami lakukan pada menu aplikasi, hampir sama seperti ponsel android dual sim pada umumnya, handphone ini juga menyediakan pilihan kustomisasi default nomor untuk mengirim pesan dan panggilan serta untuk akses koneksi internet yang akan di gunakan. Dengan hal ini tentulah deteknokers bisa menyesuaikan sesuai dengan selera dan juga keinginan untuk menjadikan sim satu atau sim dua sebagai pilihan defaultnya. Hal tersebut bisa sobat deteknokers lihat pada gambar diatas. Selain itu ada pula tampilan beberpa aplikasi seperti kalkulator yang juga menurut kami cukp detail dan lengkap.

Tema

Menu Tema Samsung Galaxy J2

Menu Tema Samsung Galaxy J2

Nah inilah fitur yang menurut kami cukup memuaskan dari sekian banyak fitur yang di berikan Samsung pada smartphone yang satu ini. Dibandrolnya harga Samsung Galaxy J2 dengan cukup murah, tetap memberikan samsung menyertakan fitur Tema pada ponsel ini yang mana ini bisa membuat deteknokers bisa memilih dan menyesuaikan tampilan antar muka sesuai dengan selera dan keinginan. Sehingga dalam keseharian menggunakan ponse yang satu ini deteknokers tak akan merasakan bosan.

Tema Samsung Galaxy J2 1

Tema Samsung Galaxy J2 1

Tema Samsung Galaxy J2 2

Tema Samsung Galaxy J2 2

Tema Samsung Galaxy J2 3

Tema Samsung Galaxy J2 3

Hanya saja tak seperti Tema pada MIUI, atau Lenovo Vibe UI yang selama ini pernah kami coba, pada ponsel samsung ini, deteknokers hanya di puaskan dengan adanya 5 pilihan tema saja yang di berikan Samsung tanpa adanya menu untuk menambah atau mendownload tema sesuai selera kita. Begitupun menu untuk mengkustomisasi tampilan tema. Jadi disini deteknokers harus puas dengan apa yang sudah ada. Nah buat yang penasaran seperti apa tema yang ada terebut silahkan lihat penampakannya di bawah ini.

6. Performa dan Hardware :
Hardware Samsung Galaxy J2

Hardware Samsung Galaxy J2

Hardware

Nah samapilah kita pada pembahasan review Samsung Galaxy J2 di sisi hardware. Selama kami mencoba menggunakan ponsel yang satu ini, bisa di bilang ponsel ini cukup gesit dan lancar ketika di gunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti sms, game dan juga multitasking. Hal ini tentu saja karena Samsung sudah meningkatkan spesifikasi Samsung Galaxy J2 dari Samsung Galaxy J1. Melakukan pengecekan menggunakan aplikasi CPU Z, telihat jelas bahwa ponsel ini memiliki prosesor berkecepatan Quad Core 1.3 Ghz Cortex-A7 yang itu berarti masih memiliki sistem kerja hanya 32 Bit.

Meskipun demikian ponsel ini tetap memberikan kemampuan gaming yang menurut kami cukup lancar karena Samsung sudah meletakan GPU Mali-T720 dan juga Ram berukuran 1GB. Hanya saja pada review Samsung Galaxy J2 yang kami lakukan pada sesi ini, tak terlihat penggunaan tipe chipset yang di gunakan, namun bila melihat spesifikasi yang ada, ponsel ini sudah menggunakan chipset Samsung Exynos 3475, sehingga tak heran performanya cukup mempuni. Kemuadian untuk sisi media penyimpanannya ponsel ini memiliki kapasitas internal memori seluas 8 GB namun seperti terlihat diatas ponsel ini hanya menyisakan ruang seluas 4.52 GB setelah kita menginstal beberpa aplikasi.

Benchmark Antutu

Benchmark Antutu Samsung Galaxy J2

Benchmark Antutu Samsung Galaxy J2

Pastinya sesi review Samsung Galaxy J2 disektor Benchmark Antutu menjadi sesi yang cukup di tunggu-tunggu karena deteknokers pasti merasa penasaran dengan hasil yang di dapanya. Yaps dari gambar yang kami sisipkan diatas, telihat bahwa Samsung Galaxy J2 ini mampu meraih skor antutu sebesar 21.819 dan terbukti masih kalah dari Samsung Galaxy Note 4 atau juga Asus Zenfone 2. Hal ini juga tak lepas dari penggunaan hardware yang cukup standar mengingat ponsel ini dihadirkan khusus unutk pada pengguna ponsel android disegmen menengah bawah. Namun setelah kami rasakan dan hanya meraih skor 21.819, pada kenyataanya ponsel ini tetap memberikan rasa puas saat digunakan untuk bermain game atau juga menonton film serta multitasking, untuk itu deteknokers jangat ragu lagi untuk membeli ponsel yang satu ini.

Benchmark Geekbench

Benchmark Geekbench 3 Samsung Galaxy J2

Benchmark Geekbench 3 Samsung Galaxy J2

Nah setelah selesai mereview hasil dari aplikasi Benchmark Antutu, kami teruskan review Samsung Galaxy J2 ini dengan menggunakan aplikasi Benchmark Geekbench, dimana menggunakan aplikasi ini, smartphone Samsung Galaxy j2 ini mampu meraih skor 349 untuk pengujian single core yang mana hasil tersebut mampu mengalakan raihan Asus Nexus 7 dan juga Samsung Galaxy Nexus. Sementara pada pengujian multi core nya, Samsung Galaxy J2 ini mampu mendapatkan nilai 1175. Dimana nilain ini masih berada dibawah Motorola Moto X namun sudah bisa mengalahkan Motorola Moto G. Jadi pantas saja bila performa yang dihasilkan ponsel ini lebih mantap dan memuaskan.

Memori

Memori dan Ram Samsung Galaxy J2

Memori dan Ram Samsung Galaxy J2

Medapatkan rasa puas setekah melakukan uji benchmark dengan dua aplikasi pada Samsung Galaxy J2 yang saat ini sedang kami punya, rasanya tak lengkap bila tak memberikan Review Samsung Galaxy J2 ini dari sektor memori. Sesuai dengan harga Samsung Galaxy J2 yang cukup murah dan terjangkau serta sesuai dengan pembahasan yang sudah kami singgung diatas, ponsel ini dihadirkan dengan membawa kapasitas internal memori seluas 8GB hanya saja saat pertam kami kami menggenggamnya dan mengeceknya, hanya tersedia 4.37 GB karena selebihnya sudah digunakan untuk sistem.

Untung saja Samsung sudah meletakan slot microSD card yang mampu menampung kapasitas 128GB sehingga deteknokers tak akan lagi merasa bingung ketika ingin menambahkan file ke dalam ponsel yang satu ini. Kemudian untuk kapasitas memori Ram nya, diatas kertas ponsel ini memiliki Ram berukuran 1GB, yang mana saat dibuka pertama kalinya ponsel ini menyisakan ruang sekitar 371 MB karene sisanya sudah digunakan untuk sistem dan juga aplikasi bawaan yang diberikan samsung pada ponsel ini. Walau demikian hampir semua apliaksi yang kami buka dan kami jalankan selalu berjalan mulus dan lancar.

Daya Tahan Baterai

Baterai Samsung Galaxy J2

Baterai Samsung Galaxy J2

Nah ngomongin masalah daya tahan baterai, seharian menggunakan ponsel yang satu ini full dengan akses jaringan internet 4G LTE dari paket bundling Smartfren yang kami dapat, bisa dibilang ponsel ini cukup awet karena menggunakan ponsel ini seharian kami hanya mendapati sekali pengeesan saja, namun yang jelas seiring penggunaannya nanti baterai berkapasitas 2.000 mAh yang disematkan Samsung pada ponse ini pasti akan mengalami penurunan daya tahan.

Sementara untuk waktu pengecesan yang kami lakukan dari posisi baterai tinggal 15% hingga mendapati full 100% menggunakan carger bawaan Samsung Galaxy J2, kami merasakan waktu yang cukup lama karena bisa memakan waktu hingga 2.5 hingga 3 jam meskipun baterai samsung tergolong kecil. Hal ini tentu saja karena carger bawaan ponsel ini hanya memiliki daya 5.0 Volt dengan output sebsar 0.7 Ampere saja. Dan hal ini cukup membuat kami merasa lama saat menunggu proses pengecesan.

7. Multimedia :
Pemutar Musik Samsung Galaxy J2

Pemutar Musik Samsung Galaxy J2

Musik

Review Samsung Galaxy J2 selanjutnya kami pilih untuk melakukan pengecekan pada aplikasi musik uang di miliki Samsung Galaxy J2. Yah hampir sama seperti smartphone samsung android lainnya, ponsel yang satu ini hanya menyediakan pemutar musik bawaan Goolge yakni Goole Play Musik yang mana untuk kualitas suaranya cukup standar, namun yang menarik setelah kami melakukan review lebih mendalam, ketika deteknokers menggunakan earphone disaat mendengarkan musik, deteknokers akan disuguhkan dengan fitur SoundAlive+ dan juga Tube Amp yang mana ketika dihidupkan membuat kualitas suara yang di hasilkan di earphone terdengan lebih nendang karena bass terasa lebih keluar.

Video

Video Samsung Galaxy J2

Video Samsung Galaxy J2

Pengujian pada aplikasi video Samsung Galaxy J2, membuktikan bahwa ponsel ini juga mampu menjalankan video berkualitas HD dan Full HD dengan lancar tanpa hambatan. Menariknya disini, menggunakan aplikasi video bawaan dari Samsung deteknokers juga bisa menambahkan menus subtitle dengan mudah ketika deteknokers menonton film manca. Untuk kualitas suaranya sendiri bisa dibilang sangat standar seperti ketika deteknokers menyalakan musik. Hanya saja suara yang di keluarkan oleh ponsel ini terasa lebih keras sehingga menonton film lebih menagsikan walaupun tanpa menggunakan earphone.

Gaming

Performa Gaming Samsung Galaxy J2

Performa Gaming Samsung Galaxy J2

Menggunakan Samsung Galaxy J2 untuk kebutuhan gaming, setelah kami coba untuk membuka dan memainkan beberpa game HD yang ada dan salah satunya adalah Real racing 3 dan juga Asphalt 8 yang kita tahu kedua game tersebut memiliki grafis cukup tinggi, kami merasa ponsel ini cukup tangguh karena saat kami lakukan review Samsung Galaxy J2 pada sesi ini game tersebut berjalan dengan cukup lancar mulai dari setingan low, medium hingga high (pada game ashpalt). Begitu juga dengan game-game yang memiliki resolusi lebih kecil dari Ashpalt 8 seperti Angry Bird 2, Bima-X dan juga Subway Surf, dimana semua game tersebut berjalan lancar tanpa adanya halangan dan hambatam yang berarti.

Performa Game Samsung Galaxy J2

Performa Game Samsung Galaxy J2

Kemampuan tersebut tentu saja tak lain dan tak bukan karena ponsel ini sudah mengenakan Ram berkapasitas 1GB ditambah prosesor Quad Core berkeceptan 1.3 GHz serta tak terlupakan sebuah GPU Mali-T720 yang terbukti mampu memberikan performa gaming Samsung Galaxy J2 ini lebih mengesankan. Untuk itu dengan bandrol harga yang kurang dari 2 juta rupiah tentulah ponsel ini sangat pas dan cocok untuk sobat deteknokers yang sedang bimbang untuk memilih ponsel mana yang akan menjadi pilihan.

8. Konektivitas dan Internet :
Konektifitas Samsung Galaxy J2

Konektifitas Samsung Galaxy J2

Internet

Seperti yang kami sampikan diawal, Samsung Galaxy J2 merupakan ponsel android yang memiliki keunggulan akan jaringan internet super cepatnya karena sudah memiliki akses jaringan 4G LTE. Dan hal ini sudah kami buktikan sendiri dengan menggunakan kartu smartfren 4G LTE yang kami dapatkan dari pembelian ponsel ini. Menariknya setelah melakukan Review Samsung Galaxy J2 lebih mendetail selama penggunaa, ponsel ini bahkan tak hanya di lengkapi dengan akses jaringan 4G saja melainkan juga terdapat jaringan 3G yang bisa menjadi alternatif ketika deteknokers menggunakan provider yang belum mendukung jaringan 4G untuk saat ini. Tak sampai disitu saja, Samsung juga ternyata memberikan kemampuan 4G LTE ini juga pada sim card kedua seperti yang bisa sobat deteknokers lihat pada gambar diatas.

GPS dan Wi-Fi

GPS dan Wifi Samsung Galaxy J2

GPS dan Wifi Samsung Galaxy J2

Melakukan perjalanan jauh dengan membawa ponsel ini, tampaknya akan pas dan cocok untuk deteknokers yang sering melakukan perjananan jauh. Karena apa ?? tentu saja kamera ponsel ini memiliki kemampuan akses GPS yang cukup cepat dan cukup lancar karena pada dasarnya sudah menggunakan jaringan 4G LTE, hal ini juga kami lakukan percobaan dan terbukti mampu menguci lokasi tempat kami berada dengan sangat cepat dan tepat. Ini tentu saja kamera Samsung sudah meletakan GPS berteknologi A-GPS dan juga GLONASS. Review Samsung Galaxy J2 pun kami lanjutkan pada sesi konektifitas nirkabel, dimana dalam hal ini sudah disertakan fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n yang didalamnya sudah tersemat fitur Wi-Fi Direct dan juga hotspot. Oya tak tertinggal ada juga fitur Bluetooth v4.1.

9. Kualitas Kamera :
Kamera Belakang Samsung Galaxy J2

Kamera Belakang Samsung Galaxy J2

Kamera Belakang

Selesai dengan semua urusan diatatas, review Samsung Galaxy J2 kami lanjutkan pada tahap pengecekan kualitas kamera yang dimiliki ponsel ini. Dan ternyata kemampuan kamera Samsung Galaxy J2 ini cukup mengesankan meskipun kita tahu harga Samsung Galaxy J2 ini sangat murah dan terjangkau. Mencoba kualitas kamera utama yang memiliki lensa berukuran 5 MP, kamera ini mampu menghasilkan sebuah gambar yang cukup jernih dan hal ini tak lepas dari penggunaan type sensor CMOS. Teknologi menarik lainnya yang ada pada ponsel ini seperti aperture f/2.2 dan juga autofokus serta LED Flash juga membuat hasil jepretan lebih terlihat jelas dan sempurna. Dan untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambarnya di bawah ini.

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Tanpa Flash

Foto Siang Hari Pakai Flash

Foto Siang Hari Pakai Flash

Dari dua hasil foto yang kami lakukan di siang hari dengan menggunakan LED Flash dan tanpa LED Flash telihat jelas ponsel ini benar-benar mampu menghasilkan gamar yang sangat mendetail dengan resolusi 2592 ? 1944 pixels. Hanya saja pada pengujian tersebut sepertinya kami tak menemukan mode HDR, melainkan hanya ada beberpa mode seperti Auto, Pro, Panorama, Continuos Shot, Beauty face, Sound & Shot serta Sport. Sementara tampilan depan ketika deteknokers membuka aplikasi kamera ini juga akan mendapati fitur timer dan juga Effect yang bisa dipiih sesuai selera. Sayangnya untuk mode manual deteknokers hanya bisa mengandalkan iso maksimal 400 saja itu pun bila deteknoers menggunakan mode pemotretan pro.

Foto Malam Hari Pakai Flash

Foto Malam Hari Pakai Flash

Foto Malam Hari Pakai Flash

Foto Malam Hari Pakai Flash

Tak hanya itu saja, dengan bandrol harga Samsung Galaxy J2 yang cukup murah dan terjangkau, ponsel ini juga mampu membuat rekaman video dengan kualitas maksimal HD 720 x 1280 dengan kecepatan standar yakni 30fps. Bahkan setelah kami juga mencoba melakukan permotretan dikondisi malam hari seperti bisa dilihat pada dua gambar diatas, ponsel ini mampu menghasilkan gambar yang tetap terlihat walaupun menggunakan LED Flash atau pun tidak. Nah bagaimana nih deteknokers, setelah melihat review Samsung Galaxy J2 yang kami lakukan pada kamera utama ini ?? makin tertarik kan untuk membelinya ??

Kamera Depan

Kamera Depan Samsung Galaxy J2

Kamera Depan Samsung Galaxy J2

Memberikan detail review Samsung Galaxy J2 dari kamera utama, rasnya tak lengkap bila kami juga tak memberikan review dari kamera utama Samsung Galaxy J2. Pada bagian ini deteknokers akan mendapati sebuah lensa kamera berukuran 2 MP dengan bukaan lensa (aperture) sebesar f/2.4 yang mampu membuat selfie deteknokers terasa lebih mantap untuk hasilnya baik disiang ataupun malam hari. Nah yang menarinya disini dengan harga Samsung Galaxy J2 yang murah dan terjangkau, deteknokers juga akan mendapatkan fitur Beauty yang bisa di atur hingga 8 tingkatan. Dimana fitur ini juga menjadikan foto yang dihasilkan bisa lebih putih dan mulus seperti terlihat pada foto selfie dibawah ini.

Foto Selfie Pakai Fitur Beauty

Foto Selfie Pakai Fitur Beauty

Foto Selfie Tanpa Fitur Beauty

Foto Selfie Tanpa Fitur Beauty

Hasil foto diatas tentu saja bisa menjadi gambaran bagi deteknokers yang ingin memiliki ponsel ini dan sedang mencari-cari review lengkap seputar hp android Samsung Galaxy J2 ini. Bisa dilihat baik pada outdour maupun indoor hasil kamera berukuran 2 MP ini tetap mampu terlihat jenih dan jelas. Oya hampir saja lupa, ponsel ini juga memiliki kemampuan cepat untuk membuka kamera berama Quick Launch, dimana fitur ini bisa anda dapatkan dengan mengaktifkannya disetingan kamera. Yang mana dengan hidupnya fitur ini, deteknoker bisa membuka aplikasi kamera saat ponsel terkunci hanya dengan meneka dengan cepat sebanyak dua kali tombol home, maka otomatis kamera pun akan langsung terbuka.

10. Fitur Unggulan :
Fitur Unggulan Samsung Galaxy J2

Fitur Unggulan Samsung Galaxy J2

Review Samsung Galaxy J2 selanjutnya yang kami uji merupakan bagian dari fitur unggulan pada ponsel ini. Yaps mungkin itulah sebutan yang pas untuk pembahasan kali ini. Satu yang paling menarik dari fitur unggulan ponsel ini adalah adanya Smart Manager, dimana fitur ini mampu memberikan kemudakan untuk deteknokers mengontrol performa ponsel ini mulai dari melihat kapasitas baterai, kapasitas Ram hingga kapasitas memori yang digunakan dalam satu tampilan saja. Serta tak tertinggal ada pula fungsi untuk keamana ponsel ini sendiri yang bisa dilihat pada gambar diatas.

11. Harga Samsung Galaxy J2 :
Harga Samsung Galaxy J2

Harga Samsung Galaxy J2

Nah setelah menyimak beragam Review Samsung Galaxy J2 yang kami sajikan diatas, sampailan satnya kita bahas masalah harga Samsung Galaxy J2 ini. Seperti banyak kami samapikan diatas, bahwasannya harga samsung Galaxy J2 ini cukup murah dan terjangkau, dimana disaat kami membelinya di toko di kota purwokerto kami memperoleh harga Rp 1.960.000, harga tersebut tentu saja cukup murah dan terjangkau mengingat ponsel ini memiliki banyak keunggulan di dalamnya. Apalagi setelah kami rasakan seharian, ponsel ini bisa memberikan kepuasan saat digunakan untuk berinternetan karena sudah menggunakan akses jaringan 4G LTE. Nah setelah mengetahui Harga Samsung Galaxy J2, selanjutnya mari kita simak kesimpulan mengenai Kelebihan dan Kekurangan smartphone ini dari review Samsung Galaxy J2 diatas.

12. Video Review Samsung Galaxy J2:

13. Kelebihan Samsung Galaxy J2 :
  • Harga Samsung Galaxy J2 ini bisa di katkan cukup murah dan terjangkau
  • Memiliki ditur dual sim yang support dengan jaringan 4G LTE
  • Sudah menggunakan panel layar Super Amoled sehingga tampilan gambar terlihat lebih jelas dan jernih
  • Desain Samsung Galaxy J2 cukup compact dan juga cukup tipis serta nyaman di genggam
  • Dibekali dengan slot microSD card yang diketahui mampu mencapai kapasitas maksimum 128GB
  • Walaupun murah, kualitas kamera Samsung Galaxy J2 cukup memuaskan
  • Performa Gaming, Video dan Multitasking berjalan cukup lancar
  • Memiliki menu pemilihan tema
14. Kekurangan Samsung Galaxy J2 :
  • Desain bodi Samsung Galaxy J2 masih menggunakan material plastik
  • Dua tombol kapasitif bac dan recent tak di sertai backlight
  • Kapasitas baterai masih terlalu kecil

Baca Juga : Review Xiaomi Redmi Note 2 Prime dengan Helio X10 64 Bit

Nah itulah review Samsung Galaxy J2 yang kami lakukan secara mendetail, dimana dengan harga Samsung Galaxy J2 yang murah dan terjangkau, deteknokers bisa mendapatkan sebuah ponsel dengan kualitas yang cukup memuaskan. Bahkan bisa mendapatkan sebuah ponsel dengan kemampuan internet 4G LTE pada dua kartu sim yang di milikinya. Nah itu lah ulasan yang bisa kami sampikan dikesempatan kali ini, semoga deteknokers bisa terpuasakan, adapun untuk mengkritik atau juga bertanya seputar tulisan ini silahkan tinggalkan komentar dibawah ini dan semoga juga Review Samsung Galaxy J2 diatas bisa bermanfaat.


Advertisement