Review Samsung Galaxy E5 : Ponsel Selfie Berkualitas

Detekno.com – Setelah sekian hari menunggu, akhirnya kami dari team Detekno dapat memegang langsung smartphone terbaru dari samsung, yang memiliki nama Galaxy E5. Smartphone terbaru dari samsung ini disebut-sebut memiliki kemampuan kamera yang ciamik banget dengan hasilnya. Apalagi Samsung juga membenamkan duoble kamera pada sisi depan dan sisi belakang, keduanya memiliki ukuran yang lumayan besar, terutama untuk yang menghadap kedepan, terdapat 5 MP.

Kamera depan tersebut tidaklah sendirian, bagian tersebut oleh samsung didampingi dengan fitur-fitur pendukung, yang dapat menguatkan kemampuan dari kamera, sehingga sobat deteknokers dapat melakukan aksi selfie dengan hasil mengagumkan. Begitu juga pada sisi belakang, Samsung Galaxy E5 dibekali kamera tak kalah besar dibanding bagian depan. Jadi, dengan adanya dua kamera tersebut, sobat deteknokers dapat memaksimalkan segi photography.

Selain kamera, bentuk tubuh samsung Galaxy E5 cukup ramping dengan dimensi yang pas untuk digengam, dan tidak memamkan tempat, atau bisa dikatakan cukup simple dan mudah dibawa kemana saja dan kapan saja, serta masih banyak hal menarik lainnya, yang perlu sobat deteknokers ketahui mengenai smartphone terbaru dari Samsung ini, yang selengkapnya bisa sobat simak pada Review Samsung Galaxy E5, yang kami ulas secara lengkap berdasar apa yang kami lihat dan rasakan sewaktu menggunakannya.

Review Samsung Galaxy E5

Paket Penjualan Samsung Galaxy E5

Paket Penjualan Samsung Galaxy E5

Paket Penjualan

  • Kartu Garansi
  • Buku Petunjuk Pemakaian
  • Handset
  • Charger
  • USB Data / Charger
  • Baterai dan Unit Samsung Galaxy E5
  • Injector Sim Card / Micro Sd

Desain dan Body

Tampak Depan Samsung Galaxy E5

Tampak Depan Samsung Galaxy E5

Layaknya smartphone samsung lainnya, yang mana pada bagian depan ditempatkan 1 buah tombol fisik dibagian tengah bawah, dengan fungsi sebagai akses home, serta untuk sisi kanan dan kiri, terdapat fungsi back dan recent. Kemudian untuk bagian samping, Samsung melingkarinya dengan frame metal berwarna chrome, yang membuat smartphone satu ini terlihat lebih elegan, apalagi untuk yang warna putih, sangat cocok digunakan bagi para kaum hawa, yang menginginkan terlihat elegan dimata orang lain.

Seperti yang kami bilang diawal, Samsung Galaxy E5 memang terlihat ramping dengan ketebalan yang hanya mencapai ukuran 7,7 mm. Sementara pada panjang dan lebarnya, Samsung Galaxy E5 memiliki ukuran 141.6 x 70.2. Adanya ukuran tersebut, tentunya membuat sobat deteknokers lebih mudah memegangnya. Tak hanya simple, berkat penggunaan mterial plastik sebagai dasar pembuatannya, menjadikan Samsung Galaxy E5 terasa ringan dan cukup nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Tampak Bawah Samsung Galaxy E5

Tampak Bawah Samsung Galaxy E5

Menilik bagian bawah, samsung menempatkan port micro usb v2.0 dengan fungsi utama sebagai charger dan data transfer, kemudian pada sebelah kanannya, terdapat jack audio berukuran 3,5 mm sebagai penghubung dengan handset yang dibekalkan kepadanya. Lalu ada satu lagi yang perlu sobat ketahui, tepat dibagian paling kanan, ada sebuah lubang kecil dengan ukuran yang hanya selebar 1mm, lubang tersebut merupakan sebuah mikrofon yang dapat membuat suara sobat terdengar jelas sewaktu melakukan percakapan.

Tampak Samping Kanan Samsung Galaxy E5

Tampak Samping Kanan Samsung Galaxy E5

Lanjut kebagian samping kanan, Samsung menempatkan tombol fisik standby, lalu dibawahnya ditempatkan pula dua buah slot sim card, yang mana pada slot kedua memiliki fungsi sebagai piranti sim card, dan sobat juga dapat menaruh Micro SD dibagian itu. Kemudian pada samping kiri, terdapat tombol fisik, dengan fungsi untuk mengatur volume, baik itu mengeraskan, ataupun untuk mengecilkan suara pada Samsung Galaxy E5.

Tampak Samping Kiri Samsung Galaxy E5

Tampak Samping Kiri Samsung Galaxy E5

Sedangkan untuk layarnya sendiri, samsung Galaxy E5 terlihat jernih, terlebih dirinya sudah didukung dengan layar Super Amoled yang memiliki bentang seluas 5.0 inch, yang dapat menampilkan resolusi gambar penuh dengan kualitas HD 720 x 1280 mm, dan untuk tingkat kerpatan pixelnya meraih angka cukup tinggi dengan ~294 ppi. Digunakannya tipe layar tersebut, membuat layar dari Samsung GAlaxy E5 semakin bening dan tajam dalam menampilkan semua yang ada diatas layar.

Tampak Belakang Samsung Galaxy E5

Tampak Belakang Samsung Galaxy E5

Pindah kebagian belakang, tepatnya pada bagian back cover, disitu terlihat kamera utama, yang dibawagian sisi kiri ditempatkan LED Flash, dan untuk sebelah kanan terdapat spekaer utama, yang memiliki kualitas suara cukup bagus, dan terasa nyaman, meski nantinya sobat deteknokers meninggikan tingkat volume pada pengaturan suara. Tetapi dikarenakan menggunakan material plastik, membuatnya cukup licin jika sobat deteknokers memegangnya dalam keadaan tangan basah.

Sistem Operasi dan User Interface

User Interface Samsung Galaxy E5

User Interface Samsung Galaxy E5

Review selanjutnya tiba pada sektor tampilan atau yang sering disebut user interface / UI. Samsung Galaxy E5 yang berjalan pada sistem pengoprasian Android KitKAt dengan versi 4.4.4. Dimana untuk Home screennya sendiri masih terbilang sama dengan serie samsung lainnya, cukup atraktif dengan menu ikon dan tool bar bagian atas juga yang dibuat simple, dan mudah untuk dipahami, meski sobat deteknokers merupakan pengguna smartphone baru.

Pilihan Thema Samsung Galaxy E5

Pilihan Thema Samsung Galaxy E5

Lalu pada review Samsung Galaxy E5 pada pengaturan, didalam menu setting terdapat pengaturan seperti biasa, yang mana di situ terlihat pilihan menu Quick setting, yang ber isikan Data Usage untuk mengetahui jumlah berapa data internet yang sudah sobat deteknokers pakai, ada juga pengaturan suara, pengaturan tampilan dan kecerahan, dan juga sobat deteknokers diberikan akses untuk mengatur apa saja yang bakal ditampilkan pada panel notification.

Review Samsung Galaxy E5 kita lanjutkan lebih ke dalam lagi, dimana kita menemukan sebuah pengaturan yang cukup unik, yakni Thema. Bagian ini sengaja diberikan oleh samsung untuk para pengguna nantinya agar tidak merasa cepat bosan dengan tampilan yang itu itu saja, di pilihan thema terrdapat 5 pilihan berbeda, dengan tampilan yang cukup inovativ dan warna yang menarik, diantaranya untuk pilihan thema tersebut adalah, Samsung Basic, Natural, Craft, Classic dan Sweet.

Performa

Hasil AnTuTu Benchmark Samsung Galaxy E5

Hasil AnTuTu Benchmark Samsung Galaxy E5

Review Samsung Galaxy E5 terus berlanjut, sampai dengan pada segi performa. Bila kita melihat spesifikasi dari smartphone terbaru Samsung ini bisa dikatakan cepat dan resp[osife ketika sobat deteknokers mengajkanya membuka atau memindahkan slide. Terlebih dengan dibekalkannya chipset Qualcomm dengan serie MSM8916, yang dimasukan kedalam jenis Snapdragon 410, yang memiliki empat inti processor dengan kamapuan clock speed 1.2 GHz.

Bukan hanya kencang yang sobat deteknokers dapatkan, melainkan performa yang cukup bagus dikelasnya. Ditambah pada sisi RAM menggunakan besaran1.5 GB, membuat smartphone yang satu ini cukup cepat melakukan multitasking, dan pada saat kami melakukan Review Samsung Galaxy E5 dengan memindah slide menu satu ke menu berikutnya terasa lebih smooth, dan cukup nyaman untuk menjangkau fitur yang ada didalmnya secara cepat dan tidak ada rasa Lag atau tersendat sedikitpun.

Kapasitas Memory dan Menu Pengaturan Samsung Galaxy E5

Kapasitas Memory dan Menu Pengaturan Samsung Galaxy E5

Namun, ada sebuah hal yang mengecewakan menurut kami, karena pada saat kami melakuakn tes Benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu versi 5.7.1, Samsung Galaaxy E5 berada dibawah angka yang didapatkan Asus Zenfone 5 dan Xiaomi Mi 2, dengan angak raihan 21206. Dimana jika kita melihat sisi harga Samsung Galaxy E5 jauh lebih mahal dibanding kompetitornya tersebut, dan setelah kami melihat hasil tersebut, kami langsung melakukan Review Samsung Galaxy E5 dalam menjalankan game-game HD jaman sekarang.

Dan hasilnya malah justru berbalik menjadi mengagumkan, karena sewaktu kami memainkan salah satu game berbobot, yaitu Game Asphalt Terbaru dan Fifa 2015, disitu kami melihat Smasung Galaxy E5 sangat lancar menjalankan keduanya, kualitas grafisnya juga bagus, dan hal itu diperkuat dengan berjalannya pada Arsitektur 64 Bit dan adanya Adreno 306 sebagai GPU yang dipadukan dengan dua komponen inti, yakni RAM dan Processor, yang membuktikan dirinya sanggup untuk menjalankan game berkelas tanpa ada hambatan sedikitpun.

Ketahanan Baterai Samsung Galaxy E5

Ketahanan Baterai Samsung Galaxy E5

Tak hanya itu saja, untuk mendukung performanya yang maksimal tersebut, Samsung membekalkan penyimpanan yang dapat sobat deteknokers jejali dengan berbagai jenis file instalan dan game-game favorit, tanpa harus memikirkan akan space memory yang ada, dikarenakan pada internal terdapat kapasitas yang sanagt besar hingga 16 GB, disamping itu juga, sobat deteknokers dapat memperluas penyimpanan tersebut dengan eksternal memory berupa micro sd berkapasitas 64 GB.

Sedangkan pada baterai, saat kami me Review Samsung Galaxy E5 dari waktu charger sampai dengan penuh 100 persen setidaknya membutuhkan waktu 2 jam lebih, jarak waktu tersebut masih terbilang wajar, kemudian pada ketahanan pemakaian, baterai berfitur nonrmovable 2400 mAh dapat bertahan setidaknya sampai denn 12 jam pemakaian mode normal. Menariknya, pada segi ini samsung melengkapinya dengan fitur Ultra Power Saving Mode, yang dapat membuat baterai dapat bertahan lebih lama, dan sobat tidak akan kehilangan waktu penting bersama smartphone ini gara-gara kehabisan baterai.

Konektifitas Data dan Internet

Jika berdasar harga kita menentukan lengkap atau tidaknya konektifitas pada Samsung GAlaxy E5, kami bilang si belum cukup lengkap. Pada saat Review Samsung Galaxy E5, kami hanya menemukan konektifitas internet yang cuma bisa menjangkau akses 3G, dan tidak adanya akses jaringan tersepat, yaitu 4G. Jadi nantinya sobat deteknokers harus puas dengan kecepatan akses internet yang hanya mampu meraih angka HSPA 42.2/5.76 Mbps.

Lalu untuk konektifitas lain masih terbilang sangat standard, Samsung Galaxy E5 membekali diri dengan fitur Wi-fi berfitur wifi direct yang bisa dijadikan media transfer tanpa kabel seperti blutooth v4.0 yang digunakannya, tanpa harus mengeluarkan biaya data atau kuota internet, ada juga GPS yang terintegrasi dengan aplikasi bawaan berupa Maps dari Google, sehingga sobat deteknokers dapat menemukan tempat lengkap dengan waktu dan jarak tempuh, serta penunjuk jalan didalmnya, dan port micro usb v2.0.

Kemampuan Kamera

Hasil Kamera Depan Samsung Galaxy E5

Hasil Kamera Depan Samsung Galaxy E5

Dikatakan sebagai ponsel yang diperuntukan untuk selfie, pada saat kami lekakukan uji coba review Samsung Galaxy E5 pada kamera bagian depan, terlihat hasil yang menakjubkan,bagaimana tidak , dengan kamera 5 MP wide angel, sobat deteknokers dapat melakukan aksi foto hingga kemiringan lebih dari 120 derajat, dengan hasil yang bisa sobat lihat sendiri seperti sample picture diatas, jernih bukan?. Hebatnya lagi, sobat tak perlu repot-repot menekan tombol capture untuk hanya mengambil gambar atau foto.

Karena Samsung telah menyematkan sebuah fitur yang bernama voice commander, yang dapat melakukan jepret otomatis, setelah mendengarkan perintah dari sobat deteknokers, keren bukan ?. Kemudian selanjutnya review Samsung Galaxy E5 pindah kebagian belakang atau kamera utama, dibagian ini terdapat kamera dengan lensa berukuran 8 Megapixel, lengkap beserta Auto fokus dan LED Flash yang bisa menghasilkan resolusi gambar maksimal seluas 3264 x 2448 pixels, yang juga dilengkapi fitur pendukung untuk menghasilkan kualitas maksimal seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, night, dan Gift.

Hasil Kamera Utama Samsung Galaxy E5

Hasil Kamera Utama Samsung Galaxy E5

Untuk mengetes soal kualitas kamera belakang yang sebenarnya, kami lakukan Review Samsung Galaxy E5 pada ruangan tertutup dengan kondisi cahaya terang, dan hasilnya terbilang cukup pada kapasitas kamera yang sebesar itu, dan terlihat jelas, serta untuk kemampuan dari kamera tersebut masih bisa dikatakan diatas rata-rata, dan cukup recomended untuk sobat deteknoers sebagai pilihan utama ketika akan membeli sebuah smartphone.

Harga Samsung Galaxy E5

Harga Samsung Galaxy E5

Harga Samsung Galaxy E5

Terdapat penurunan harga pada samsung Galaxy E5, yang mana dari sejak awal samsung merilisnya kepasaran, dirinya memberikan banderol 3,499 ribu rupiah dibulan januari 2015 kemarin, dan pada saat kami membelinya Harga Samsung Galaxy E5 jatuh hingga pada posisi angka jual Rp.2,975,000,- , penurunan kami anggap wajar, karena sudah lebih dari 5 bulan berada dipasaran, sampai pada kami medapatkannya untuk kami review dan lihat lebih dalam, dan untuk ketersediaan warnanya ada dua piliah, yakni Putih dan Hitam.

Review Kelebihan Samsung Galaxy E5

  • Samsung Galaxy E5 sudah menggunakan processor Quad Core dengan arsitektur 64 Bit dan RAM berukuran 1,5 GB
  • Bentuknya stylish, elegan, ramping dan mudah untuk digunakan dengan satu tangan
  • Layar yang dimilikinya merupakan Jenis Super Amoled dengan kualitas 720 x 1280 pixel / HD
  • Kamera depan berukuran 5 MP berfitur Wide Angel dan kmaera utama 8 MP yang dilngkapi fitur Auto fokus dan LED Flash, serta disertai voice commander
  • Penyimpanan internal berkapsitas besar 16 GB
  • Dapat ditambah dengan eksternal memory berupa Micro SD berkapasitas maksimal 64 GB

Review Kekurangan Samsung Galaxy E5

  • Belum adanya konektifitas internet 4G LTE
  • Tidak terdapat NFC
  • Tidak adanya lapisan pelindung pada bagian layar
  • Baterai tidak bisa di lepas karena berfitur Non Removable / Unibody

Setelah menyimak hasil review Samsung Galaxy E5 yang kami lakukan, bagaimana ? Sobat deteknokers berminat untuk memboyongnya kedalam rumah ?, kalaupun iya, itu merupakan pilihan tepat, karena disamping Harga Samsung Galaxy E5 yang masih pada level menenengah  atau masih cukup terjangkau, apalagi dengan ditambah kualitas kamera diatas rata-rata, pastinya akan menjadikan hari sobat deteknokers semua akan lebih indah untuk mengabadikan setiap momen penting yang dilalui sehari-hari. Demikian hasil Review Samsung Galaxy E5 yang kami dapatkan dan semoga bisa dijadikan sebagai acuan sebelum sobat deteknokers pergi untuk membelinya.


Advertisement