Review Oppo F1 : Smartphone “Selfie Expert”

Detekno.com – Pengalaman berfoto selfie terbaik akan sobat deteknokes dapatkan apabila membeli Smartphone bernama “OPPO F1“. Smartphone yang baru dirilis Oppo di Indonesia ini, sudah mimin uji secara langsung kehebatannya, dan terbukti cukup memuaskan untuk smartphone berbanderol 3.5 Jutaan. Yah, harga Oppo F1 perdana di Indonesia memang tak bisa dikatakan murah, namun harga tersebut tergolong wajar mengingat spesifikasi yang diusungnya tergolong tinggi dan terbukti memiliki kualitas kamera depan diatas rata-rata, sehingga Oppo berani memakai tagline “SELFIE EXPERT” sebagai tagline dalam memasarkan Oppo F1.

Kemampuan Oppo F1 tidak hanya sebatas pada kamera. Pasalnya didalam smartphone berlayar 5 inci ini, juga tersimpan dapur pacu mumpuni yang sudah kami uji sanggup menjalankan game HD terbaru dengan lancar. Sejatinya spesifikasi hardware Oppo F1 tidak berbeda jauh dari Xiaomi Redmi 3 yang dibanderol jauh lebih murah. Akan tetapi, smartphone ini menawarkan kapasitas memori Ram satu tingkat lebih besar, sehingga akan ada perbedaan performa ketika kami mencobanya untuk bermain game dan multitasking banyak aplikasi. Nah yang penasaran bagaimana Review Oppo F1 dari detekno.com, silahkan sobat deteknokers menyimak ulasan berikut ini.

Review Oppo F1 : Smartphone Selfie Expert

Review Oppo F1

Paket Penjualan Oppo F1

1. Paket Penjualan :
  • 1 unit Smartphone Oppo F1
  • 1 Head Charger
  • 1 Kabel MicroUSB 2.0
  • 1 Earphone Berwarna Putih
  • Buku Panduan Bahasa Indonesia
  • Kartu Garansi Resmi Alcatel Indonesia
  • 1 Bonus softcase
  • 1 Bonus Tomsis (Tombol Narsis) warna biru
  • Sim Card Injector

Saat kami membuka dusbook Oppo F1, telah terpampang sebuah smartphone berlayar 5 inci yang tampak begitu premium dengan bagian depan berwarna putih, dan casing belakang berwarna emas. Yah, Oppo F1 yang kami belu merupakan varian warna emas, sehinggaa tampilan luarnya begitu mewah dan premium. Kemudian didalam dusbook Oppo F1 juga disediakan satu buah head charger, headset, dan kabel microUSB 2.0. Lalu didalamnya ada pula buku panduan berserta buka garansi yang ditempatkan pada satu tempat bersamaan dengan bonus softcase dan sim-card injector.

Menariknya lagi, saat kami melalukan pre-order di salah satu situs e-commperce, kami mendapatkan bonus sebuah tongsis yang dilengkapi tombol shutter kamera, atau sering disebut sebagai tomsis (tombol narsis). Bonus ini sangat membantu pengguna Oppo F1 untuk berfoto selfie, karena cukup mengkoneksikan Oppo F1 ke port jack audio, maka tomsis tersebut bisa dimanfaatkan sebagai tombol shutter kamera depan atau belakang, sehingga befoto selfie semakin mudah dan menyenangkan. Selain itu, bonus softcase yang diberikan juga sangat baik, dan memilik material lumayan berkualitas.

2. Video Unboxing : 

3. Desain dan Body :

Nah udah tahu kan apa saja isi dari paket penjualan Oppo F1. Selanjutnya mari kita melihat review Oppo F1 pada bagian desain dan bodi. Owh yah, asal sobat ketahui smartphone ini memiliki bodi berdimensi panjang 143.5 mm, lebar 71 mm, dan ketebalan 7.3 mm. Saat kami pegang, bodinya terasa sangat ringan karena beratnya cuma 134 gram. Selain itu, bodinya juga dibalut material metal yang dilapisi zicron sand, serta dibuat dengan konstruksi uni-body, sehingga sobat deteknokers tidak akan bisa membuka casing belakang Oppo F1. Dengan pemakaian material premium berbahan metal, kesan kami saat memegang smartphone ini memang terasa sangat nyaman, dan begitu solid. Selain itu, bodinya juga tak terasa terlalu licin sehingga mempermudah kami mengoperasikan smartphone ini.

Tampak Depan

Tampak Depan Oppo F1

Tampak Depan Oppo F1

Pada bagian depan Oppo F1 telah terpampang layar HD berukuran 5 inci yang bagian bawahnya tersedia tiga tombol capacitive berwarna metail, namun sayangnya tombol tersebut tidak bisa menyala. Kemudian diatasnya, telah tersedia lensa kamera 8 Megapixel beserta sensor proximitry dan lubang speaker telepon. Tak hanya itu, pada bagian atas juga terpasang lampu led notification, namun hanya berwarna putih saja.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Oppo F1

Tampak Belakang Oppo F1

Bergeser kebagian belakang, sudah terpasang lensa kamera berkekuatan 13 Megapixel bersamaan dengan led flash berbentuk bundar. Kemudian pada bagian tengah telah terpampang logo Oppo, dan dibagian bawahnya tersedia 3 lubang speaker yang mengeluarkan suara cukup jernih. Yang paling menarik, casing belakang Oppo F1 dibalut material metal yang terasa keset dan tidak licin, sehingga terasa lebih nyaman saat kami pegang dengan satu tangan.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Oppo F1

Tampak Samping Kanan Oppo F1

Tampak Samping Kiri Oppo F1

Tampak Samping Kiri Oppo F1

Bezel samping Oppo F1 menganut desain “Micro-arc Frame” yang menghasilkan lekukan indah pada setiap sisi smartphone ini. Desainnya memang tak berbeda jauh dari Oppo R7 Series, dan tampak premium dengan ketebalan hanya 7.3 mm. Lalu pada bagian samping kanan, sobat deteknokers akan menjumpai tombol home beserta lubang simcard yang harus dibuka dengan sim-card injector. Sementara pada bagian kiri, disediakan tombol volume up dan tombol volume down.

Tampak Atas

Tampak Atas Oppo F1

Tampak Atas Oppo F1

Berlanjut kebagian atas, telah disediakan sebuah port jack audio 3.5mm yang nantinya bisa sobat manfaatkan untuk menghubungkan Oppo F1 ke tomsis saat ingin berfoto selfie, ataupun ke earphone ketika ingin mendengarkan musik. Nah apabila sobat ingin menikmati alunan musik memakai earphone, kami sarankan sobat membeli earphone secara terpisah, karena menurut kami kualitas suara earphone bawaan Oppo F1 terdengar standard.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Oppo F1

Tampak Bawah Oppo F1

Sayangnya Oppo F1 belum memakai port USB Type-C. Seperti yang sobat lihat pada gambar diatas, smartphone ini masih memakai kabel microUSB 2.0 untuk terhubung ke komputer, charger, ataupun USB-OTG. Selain itu, dibagian bawah juga disediakan lubang mic speaker telepon. Yah, hanya ada satu buah mic speaker pada smartphone ini, karena sejatinya Oppo F1 belum mendukung fitur (Active noise cancellation with dedicated mic) yang dimiliki Oppo R7 Series.

Slot Kartu Sim

Port Sim Card + MicroSD

Port Sim Card + MicroSD

Slot sim card dan memori ekternal Oppo F1 berada pada satu tempat yang sama, atau bisa dikatakan memakai sim card berjenis hybrid. Sejatinya smartphone ini memiliki fitur Dual Sim dengan konfigurasi (Nano-SIM+ Micro-SIM), akan tetapi apabila sobat deteknokers memakai kedua sim card tersebut, maka sobat tak akan bisa memakai microSD pada smartphone ini. Jadi sobat harus memilih diantara memakai fitur Dual Sim, atau Memori Ekternal.

4. Layar :
Layar Oppo F1

Layar Oppo F1

Sobat deteknokers harus puas dengan layar 5 inci yang mengadopsi resolusi 1280 x 720 pixels. Sebenarnya apabila kita melihat harga Oppo F1 yang dibanderol diatas 3 Juta Rupiah, seharusnya smartphone ini telah dibekali layar beresolusi Full HD 1080p. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan smartphone ini, karena vendor lainnya rata-rata menawarkan smartphone 3 Jutaan dengan layar Full HD. Walaupun begitu sobat tak perlu kecewa, pasalnya layar Oppo F1 tetap terlihat jernih, berkat kerapatan layar mencapai 294 pixel per inci.

Saat kami pandang dari berbagai sisi, layar Oppo F1 juga tetap terlihat tajam, karena telah mengadopsi panel layar bertipe IPS (In-Plane Switching). Tak hanya itu, lapisan terluar layar Oppo F1 telah diperkuat oleh perlindungan 2.5D Corning® Gorilla® Glass 4 yang membuatnya terlindung secara sempurna dari goresan, dan benturan saat tidak sengaja sobat jatuhkan. Pemakaian layar 2.5D juga memberikan tepian layar lebih mewah karena memiliki efek tempian melengkung yang menawan.

 

MultiTouch Oppo F1

MultiTouch Oppo F1

Owh yah, saat kami membelinya smartphone ini telah dilapisi screen guard tambahan, jadi sobat tak perlu repot-repot membeli screen guard, apabila ragu dengan ketahanan lapisan anti gores Corning® Gorilla® Glass 4. Yang tak kalah menarik, layar Oppo F1 juga sangat responsif, karena mendukung 10 titik sentuhan (multi-touch), sehingga sobat bisa lebih nyaman menjalankan aplikasi dan game Android yang mengharuskan beberapa titik sentuhan bersamaan.

5. Sistem Operasi dan User Interface :
Sistem Operasi Oppo F1

Sistem Operasi Oppo F1

Didalam Oppo F1 telah terinstal sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 yang tampak berbeda dengan Android Lollipop yang dipakai smartphone pada umumnya. Pasalnya, Oppo mempercantik OS tersebut dengan antarmuka ColorOS V2.1.0i yang tampil lebih menawan dengan ubahan user interface pada setiap menu yang ada didalamnya. Selain menawarkan antarmuka lebih menari,, sistem operasi Oppo F1 juga berjalan sangat stabil, karena kami bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan lancar, dan tak membutuhkan waktu jeda terlalu lama ketika kami membuka aplikasi.

Home Screen

Home Screen Oppo F1

Home Screen Oppo F1

Tampilan antarmuka Home Screen yang dimiliki smartphone ini hampir mirip dengan Lenovo Vibe UI ataupun Miui. Dimana semua icon aplikasi akan terpampang pada layar utama, dan bisa kita atur kedalam folder sesuai kategori yang kita inginkan. Selain hadir tanpa adanya App Drawer, pada layar home screen smartphone ini juga disediakan shortcut pemutar musik yang mempermudah pengguna Oppo F1 dalam memutar musik secara langsung dari layar home screen.

Thema

Tema Oppo F1

Tema Oppo F1

Salah satu kelebihan ColorOS 2.1 adalah menawarkan ratusan thema gratis yang nantinya akan mempercantik tampilan icon agar tidak membosankan. Sayangnya thema tersebut hanya merubah icon dan wallapernya saja, karena user interface menu lainnya tidak berubah, dan masih sama persis seperti tampilan semula. Selain itu, pada bagian thema juga diberikan pengaturan personalsasi yang bisa kita gunakan untuk mengganti tampilan wallpaper dan lock screen.

Ubahan Thema Oppo F1

Ubahan Thema Oppo F1

Gambar diatas merupakan salah satu contoh ubahan thema yang sudah kami unduh secara gratis. Seperti yang sobat lihat, tampilan iconnya berubah bersamaan dengan perubahan wallaper bawaan.

Status Bar

Status Bar Oppo F1

Status Bar Oppo F1

User interface status bar Oppo F1 berwarna transparant, dan warnanya akan berubah sesuai wallaper yang kita terapkan. Owh yah, saat sobat pertama kali membuka status bar, hanya disediakan 6 pilihan, dan untuk membukanya secara lengkap, sobat harus menariknya satu kali kebagian bawah.

Widget

Widget Oppo F1

Widget Oppo F1

Cukup menekan tombol recent satu kali, maka sobat bisa membuka pengaturan widget, wallpaper, efek transisi dan thema. Menariknya, Oppo menyedikan beberapa efek transisi layar yang akan mempercantik user interface ketika kita berpindah dari satu layar ke layar home screen lainnya. Sementara untuk widgetnya, sudah disediakan widget cuaca, dan beberapa jenis widget lain yang terhubung ke aplikasi yang sobat instal.

Lock Screen

Lock Screen Oppo F1

Lock Screen Oppo F1

Apabila bosan dengan tampilan lock screen bawaan, sobat bisa menggantinya dengan mengunduh secara online. Ada cukup banyak pilihan yang bisa sobat unduh, dan pastinya tersedia secara gratis 😀

Wallpaper

Wallpaper Oppo F1

Wallpaper Oppo F1

Yang tak kalah menarik dari sistem operasi Android pada Oppo F1 adalah memiliki fitur wallpaper online dengan jumlah sangat banyak. Semua wallaper yang disediakan akan terbagi dalam beberapa kategori dan bisa sobat deteknokers unduh secara gratis.

6. Performa dan Hardware :
Hardware Oppo F1

Hardware Oppo F1

Hardware

  • Chipset : Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616
  • CPU : Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
  • GPU : Adreno 405
  • Internal : 16 GB, microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
  • Ram : 3 GB RAM
  • Baterai : Non-removable Li-Po 2500 mAh

Spesifikasi hardware Oppo F1 masuk kategori kelas menengah. Dimana smartphone ini telah ditenagai chipset Qualcomm MSM8939 yang dipacu bersamaan dengan processor Octa Core 64-Bit (Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53). Kinerja processor yang dibawanya cukup memuaskan, dan sudah kami buktikan sediri mampu berjalan lancar saat kami pakai menjalankan berbagai aplikasi dan game. Tak hanya itu saja, Oppo F1 Plus juga dibekali Ram 3GB dan pengolahan grafis Adreno 405 yang semakin menambah powerfull performanya.

Lalu pada bagian penyimpanan, tersedia memori internal 16GB dan didukung slot microSD mencapai 128GB. Seperti yang kami sampaikan diatas, sobat deteknokers harus mengorbankan fitur Dual Sim apabila ingin memakai microSD pada Oppo F1, pasalnya smratphone ini mengadopsi slot sim card berjenis hybrid. Kemudian untuk suplai dayanya, mengandalkan baterai Li-ion berkapasitas 2.500 mah. Lalu bagaimana dengan performa benchmark, baterai, serta sensor yang dibawanya ?. Mari kita lihat review Oppo F1 berikut ini.

Benchmark Antutu

Skor Antutu Benchmark Oppo F1

Skor Antutu Benchmark Oppo F1

Saat melakukan pengujian benchmark memakai Antutu v6.0.1, skor yang mampu diraih Oppo F1 mencapai 34.419 point. Skor tersebut lebih besar dibandingkan skor benchmark Xiaomi Redmi 3 yang sudah kami test dengan skor akhir sebesar 33.967 point. Perbedaan nilai benchmark antara Oppo F1 dan Xiaomi Redmi 3 memang sangat sedikit, padahal harga keduanya berbeda sangat jauh. Dimana untuk Oppo F1 mencapai 3.5 Jutaan, sementara Xiaomi Redmi 3 yang dipasarkan dengan garansi distributor sekitar 2.1 Jutaan.

Benchmark Geekbench

Benchmark Geekbench Oppo F1

Benchmark Geekbench Oppo F1

Skor benchmark Geekbench 3 yang kami uji pada Oppo F1  meraih skor pengujian single-core sebesar 690, sedangkan untuk pengujian multi-core mencapai 2.873 point. Apabila kita bandingkan dengan Xiaomi Redmi 3 yang berhasil meraih skor 602 untuk single-core, dan 2.738 untuk multi-core, tentunya performa Oppo F1 satu tingat lebih cepat, sehingga wajar apabila harga jualnya lebih mahal.

Kapasitas Penyimpanan dan RAM

Memori dan Ram

Memori dan Ram

Salah satu kelebihan Oppo F1 yang tak dimiliki Xiaomi Redmi 3 ialah kapasitas memori Ram yang lebih besar. Dimana smartphone ini memiliki Ram berkapasitas 3GB dengan sisa pemakaian sekitar 1.7 GB sampai 1.8 GB tergantung dari aplikasi yang kita instal. Berbekal sisa memori Ram yang besar, membuat performa multitasking Oppo F1 yang kami uji sangat cepat, dan bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain dengan lancar, serta menjalankan game-game HD tanpa adanya lag.

Kemudian untuk media penyimpanan, sudah ada memori internal dengan kapasitas bawaan sebesar 16GB, dan bisa sobat perluas memakai microSD hingga kapasitas mencapai 128GB. Owh yah, Oppo F1 juga mendukung fitur USB-OTG loh, sehingga bisa menjadi solusi apabila sobat lebih memilih memakai fitur Dual Sim dibandingkan memori ekternal.

Daya Tahan Baterai

Baterai Oppo F1

Baterai Oppo F1

Daya tahan baterai Oppo F1 sangat baik, meskipun hanya dibekali baterai Li-Po berkapasitas 2.500 mah. Smartphone ini mampu bertahan selama 21 Jam ketika baterai berada pada posisi 100%. Sayangnya smartphone ini belum di bekali fitur fast charging, dan chager bawaan yang diberikan Oppo hanya berdaya 1 ampere, sehingga seperti yang sobat deteknokers lihat pada gambar diatas, smartphone ini membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk mengisi dari 17% sampai 100%. Untuk pemakaian gaming pastinya baterai akan terasa lebih boros, dan untuk memutar film paling tidak smartphone ini bisa bertahan selama 9 Jam, dan browsing selama 7 Jam. Sedangkan masa aktif baterai saat telepon pada jaringan 3G hampir 13 Jam.

Sensor

Sensor Oppo F1

Sensor Oppo F1

Sensor yang terpendam didalam Oppo F1 tergolong lengkap. Pasalnya smatphone ini sudah dilengkapi sensor Accelerometer, proximity, compass, Distance sensor, Light sensor, dan sensor Gyroscope.

7. Multimedia :
Performa Gaming Oppo F1

Performa Gaming Oppo F1

Dead Trigger

Dead Trigger

Nova 3

Nova 3

Real Racing 3

Real Racing 3

 

Gaming

Berbekal processor Octa Core 64-Bit dan Chipset Qualcomm Snapdragon 616, sobat bisa menjalankan berbagai game HD dengan sangat lancar. Kami sendiri sudah mencoba game-game HD, seperti Modern Combat 5, Nova 3, Fifa 2016 Ultimate, Dead Trigger 2, dan Implosion, yang mana semua game HD tersebut bisa berjalan mulus tanpa adaya kendala lag. Selain itu, panas yang dikeluarkan smartphone ini juga tak terlalu mengganggu, karena saat kami test dengan termometer, menghasilkan panas maksimal 42 derajat sedangkan untuk pemakaian normal tanpa gaming sekiar 34-36 derajat.

Video

Video Oppo F1

Video Oppo F1

Saat kami menguji kemampuan memutar video Oppo F1, smartphone ini mampu memutar video bersolusi HD 720p dan Full HD 1080p dengan sangat lancar, dan keluaran suaranya cukup lumayan. Namun saat kami mencoba memutar video beresolusi 4K (UltraHD) yang kami ambil dari rekaman video Samsung Galaxy S6 Edge, rupanya video tersebut tidak bisa diputar oleh aplikasi video player bawaaan, dan ngelag saat kami putar di VLC.

Musik

Pemutar Musik Oppo F1

Pemutar Musik Oppo F1

Kualitas audio smartphone ini bisa dikatakan standard, namun tetap jernih saat mendengarkan musik melalui lubang speaker yang berada pada sisi belakang. Selain itu, smartphone ini juga belum dilengkapi teknologi audio dolby ataupun hi-fi. Kemudian untuk kualitas earphone bawaan Oppo F1 menurut kami terlalu standard, dam lebih baik memakai headset ataupun earphone produk lain.

8. Konektivitas dan Internet :
Konektivitas Oppo F1

Konektivitas Oppo F1

Internet

Sobat deteknokers jangan heran apabila pertama menghidupkan Oppo F1 hanya bisa memakai jaringan 3G dan 2G saja. Pasalnya dibutuhkan ritual khusus untuk mengaktifkan jaringan 4G LTE pada smartphone ini. Nah caranya cukup mudah, sobat hanya perlu masuk ke menu telepon, lalu memencet angka *#*#3921234#*#*, dan apabila sukses maka akan muncul notifikasi kecil yang bertuliskan bahwa mode 4G sudah diaktifikan. Untuk membuktikan metode tersebut berhasil atau tidak,  sobat bisa langsung ke menu setting > jaringan seluler > jenis jaringan seluler yang dianjurkan. Nah apabila sudah muncul “4G/3G/2G (Otomatis)” berarti berhasil, dan selamat menikmati jaringan internet 4G LTE pada Oppo F1.

Konektivitas

GPS Oppo F1

GPS Oppo F1

Kemampuan navigasi Oppo F1 sangat baik, saat kami membuka aplikasi Google Maps, smartphone ini langsung mengunci lokal yang kami diami dalam waktu beberapa detik saja. Hal ini rupanya tak lepas dari teknologi GPS yang menganut siste A-GPS, serta Glonass. Sementara untuk konektivitas yang lainnya, sudah ada Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, port microUSB 2.0, dan sudah mendukung USB-OTG.

9. Kualitas Kamera :
Kamera Belakang Oppo F1

Kamera Belakang Oppo F1

Kamera Belakang

Sebelum melihat hasil kamera yang dihasilkan kamera belakang Oppo F1. Perlu sobat ketahui, smartphone ini memakai kamera belakang 13 Megapixel dengan aperture f/2.2 dan memiliki fitur Phase Dection Autofocus. Selain itu, dibelangkanya juga disediakan led flash tunggal untuk meningkatkan pencahayaan ketika sobat deteknokers mengambil foto di malam hari ataupun pada ruangan gelap. Sementara untuk urusan merekam video, smartphone Oppo F1 bisa mengabadikan video pada resolusi Full HD 1080p@30fps dan HD 720p@30fps.

Fitur kamera yang dimiliki smartphone ini terbilang lengkap, namun sebelum sobat mengambil foto, sobat harus mengatur terlebih dahulu resolusi kamera belakang tersebut. Dimana tersedia dua pilihan dengan resolusi 13 Megapixel untuk rasio 4:3, dan resoluso 10 Megapixel dengan rasio 16:9. Sementara untuk fitur-fiturnya, telah sediakan fitur seperti Ultra-HD, Beautify, Panorama, HDR, Animasi Gif, Manual Mode, Raw, Exsposur Ganda, Super Makro, Slow Shutter, dll. Nah untuk melihat seperti apa hasil kameranya, silahkan sobat simak pada review Oppo F1 berikut ini.

Hasil Foto kamera Belakang Siang Hari

Foto Outdoor Mode Normal 1

Foto Siang Hari Normal

Foto Outdoor Mode Normal 3

Foto Siang Hari Mode Normal

Tanpa HDR

Foto Siang Hari Tanpa HDR

Foto HDR

Foto Siang Hari Dengan HDR

Tanpa HDR + Flash

Foto Siang Hari Dengan Flash

Foto Siang Hari 10 MP

Foto Siang Hari Rasio (16:9)

Foto Siang Hari 10 MP

Foto Siang Hari Rasio (16:9)

Hadirnya teknologi Phase Detection Autofocus membuat hasil foto jarak dekat menjadi sangat baik, sehingga menghasilkan efek “ngeblur” yang terlihat lebih artistik dan hasil fotonya tak kalah dari kamera DSLR. Jadi bisa dikatakan pengambilan foto di siang hari akan terlihat sempurna. Lalu bagaimana saat kamera belakang Oppo F1 kita pakai di malam hari, ataupun pada kondisi ruangan rendah cahaya (low light) ?, untuk mengetahuinya mari kita lihat review Oppo F1 pada bagian kamera berikut ini.

Hasil Foto kamera Belakang Low Light / Malam Hari

Foto Lowlight Dengan Flash

Foto Low light Dengan Flash

Foto Lowlight Dengan Flash

Foto Low light Dengan Flash

Foto Malam Hari Tanpa Flash

Foto Malam Hari Tanpa Flash (Rasio 16:9)

Foto Malam Hari Dengan Flash

Foto Malam Hari Dengan Flash (Rasio 16:9)

Foto Malam Hari HDR

Foto Malam Hari HDR (Rasio 16:9)

Setelah kami menguji mengambil foto dimalam hari dan diruangan low light, kehadiran LED Flash sangat menentukan kecerahan foto yang kami ambil. Seperti yang sobat lihat diatas, apabila foto di dalam ruangan diambil tanpa LED Flash, akan menghasilkan banyak noise yang sangat mengganggu kualitas foto yang kami ambil. Namun ada kalanya foto akan terlihat lebih realisitis apabila diambil tanpa LED Flash, karena harus menyesuaikan keadaan cayaha pada lokasi kita menggambil foto.

Kamera Depan

Kamera Depan Oppo F1

Kamera Depan Oppo F1

Inilah salah satu daya tarik utama Oppo F1, yakni kamera depan beresolusi 8 Megapixel yang didukung aperture f/2.0, Focal leght 2.9 mm, dan sensor berukuran 3.2 x 2.4 mm. Menurut Oppo, kamera depan Oppo F1 memiliki ketajaman 30% lebih baik dibandingkan kamera depan 5 Megapixel, dan 44% lebih cerah dibandingkan lensa kamera depan aperture f/2.4. Namun untuk membuktkan kehebatan kamera depan Oppo F1 tersebut, biar hasil jepretan foto selfie berikut ini yang berbicara 😀

Hasil Foto kamera Depan Siang Hari

Tanpa Fitur Beautify

Tanpa Fitur Beautify

Fitur Beautify Mode Low

Fitur Beautify Mode Low

Fitur Beautify Mode Medium

Fitur Beautify Mode Medium

Fitur Beautify Mode High

Fitur Beautify Mode High

Hasil Foto kamera Depan Malah Hari / Low Light

Foto Low Light Tanpa Beautfy dan Screen Flash

Foto Low Light Tanpa Beautfy dan Screen Flash

Foto Low Light Tanpa Beautfy Dengan Screen Flash

Foto Low Light Tanpa Beautfy Dengan Screen Flash

Foto Low Light Tanpa Screen Flash

Foto Low Light Tanpa Screen Flash

Foto Low Light Dengan Screen Flash

Foto Low Light Dengan Screen Flash

Asli sob, fitur beautify 3.0 pada Oppo F1 bisa merubah yang ganting menjadi tambah ganting, dan yang cantik menjadi tambah cantik. Seperti yang sobat lihat diatas, foto yang kami ambil terlihat berbeda saat fitur beautify tersebut diaktifikan. Selain itu, Oppo juga memberikan fitur screen flash yang bisa merubah cahaya layar menjadi lampu LED Flash. Nah bagaimana, apakah sobat sudah terpuaskan dengan hasil kamera depan maupun belakang Oppo F1 ?. Selanjutnya mari kita lihat bagaimana kemampuan merekam video smartphone ini.

Rekaman Video

Video Oppo F1

Rekaman Video Oppo F1

Bagi sobat deteknokers yang suka merekam video, bisa mengandalkan kamera belakang dan depan smartphone ini untuk mengambil video beresolusi Full HD 1080p@30fps. Kualitas gambarnya memang cukup jernih, hanya saja akan sedikit goyang saat sobat merekam video pada kondisi bergerak, pasalnya smartphone ini belum dilengkapi teknologi OIS (Optical Image Stabilization). Sementara untuk fiturnya, telah tersediia model normal, timelapse, dan video slow motion. Namun untuk kamera bagian depan, hanya memiliki fitur timelapse.

10. Fitur Unggulan:
Fitur Gesture

Fitur Gesture

Fitur Gesture

Sistem operasi Color OS 2.1 yang dimiliki Oppo F1 telah dilengkapi fitur screen off-gesture yang berguna untuk mempermudah sobat dalam membuka aplikasi ataupun fungsi lainnya ketika layar pada kondisi standby. Sebagai contohnya, sobat cukup menggambar huruf “V” maka otomatis akan menyalakan senter, dan mengetuk layar dua kali untuk mengaktifikan layar. Lalu ada pula fitur screen-on gesture yang bisa sobat manfaatkan untuk mengambil screenshot dengan cara menggeser tiga jari sekaligus dari atas ke bawah, dan mengklik tombol home dua kali untuk mengunci layar.

Fitur Security

Fitur Security

Fitur Security

Tidak perlu lagi menginstal aplikasi cleaner yang ada di Google Play Store, karena didalam Oppo F1 sudah tersinstal aplikasi tersebut bersamaan dengan fitur izin privacy, penghemat data, dan aplikasi penghemat daya baterai. Selain itu, tersedia pula aplikasi untuk mengontrol panggilan masuk dan sms yang keluar untuk menjaga privacy pengguna Oppo F1. Owh yah, smartphone ini juga dibekali fitur O-Cloud yang mampu menyimpan kontak dan pesan masuk secara online, namun sobat deteknokers harus membuat akun terlebih dahulu apabila ingin memakai fitur tersebut.

11. Harga Oppo F1 :
Harga Oppo F1

Harga Oppo F1

Setelah sobat membaca review Oppo F1 diatas, pastinya sobat penasaran ingin mengetahui berapa harga Oppo F1 tersebut. Nah untuk masalah harga, smartphone ini kami dapatkan sebesar Rp. 3.499.000 melalui salah satu situs e-commerce ternama di Indonesia. Menariknya, kami mendapatkan bonus sebuah tomsis dengan kualiatas sangat baik, dan memiliki warna biru yang terlihat unyu-unyu. 😀 Yah harga Oppo F1 memang cukup mahal, namun kualitas dan performa yang dimilikinya sebanding dengan harga jualnya, terutama kualitas kamera depan yang diatas rata-rata smartphone sekelasnya. Bagaimana, apakah sobat juga tertarik membelinya setelah menyimak review Oppo F1 yang kami sampaikan diatas ?

12. Video Review Oppo F1:

13. Kelebihan Oppo F1:
  • Bodinya sangat premium, dengan material metal yang memiliki ketebalan 7.3 mm, dan saat dipegang terasa kokoh serta tidak licin
  • Layarnya telah dilengkapi pelindung antigores bertipe 2.5D Corning Gorill Glass 4
  • Dilengkapi teknologi 4G LTE dan memiliki fitur Dual Sim
  • Performa hardwarenya sangat baik, dan bisa menjalankan semua game HD yang kami mainkan dengan lancar, dan tanpa adanya lag.
  • Dilengkapi Ram berkapasitas 3GB, dan didukung chipset Qualcomm Snapdragon 616 dengan processor Octa Core
  • Kualitas kamera depan Oppo F1 sangat baik, berkat pemakaian lensa 8 Megapixel dengan aperture F/2.0, dan sudah bisa merekam video Full HD
  • Kamera belakang memiliki lensa 13 Megapixel yang tergolong memuaskan dengah hadirnnya fitur phase detection autofocus yang mempercepat pengambilan focus objek yang kami bidik
  • Menawarkan tampilan antarmuka ColorOS 2.1 yang mendukung pengantian thema, lock screen, dan wallpaper secara online
  • Baterainya cukup awet, meskipun kapasitasnya cuma 2.500 mah
14. Kekurangan Oppo F1 :
  • Mengadopsi sim card berjenis Hybrid, jadi sobat harus memilih diantara memakai fitur Dual Sim atau memori ekternal
  • Perlu teknik khusus untuk mengaktifkan jaringan 4G LTE pada Oppo F1
  • Tidak ada sensor pemindai sidik jari dan NFC
  • Belum ada fitur fast charging, dan charger yang diberikan hanya memiliki output 1 ampere
  • Memori internalnya cuma 16GB, dan akan terasa cepat habis apabil sobat tak menambahkan microSD
  • Belum bisa memutar video beresolusi 4K (UltraHD) dengan lancar

Baca Juga : Unboxing dan Review Alcatel Flash 2 

Dari review Oppo F1 yang kami sampaikan diatas, bisa disimpulkan bahwa smartphone ini memang cocok bagi konsumen yang membutuhkan sebuah smartphone Android untuk memenuhi kebutuhan fotografi dan foto selfie. Selain itu, performa yang dimilikinya juga tergolong powerfull, karena terbukti mampu membuka banyak aplikasi dan game HD dengan lancar dan tanpa perlu mengalami lag. Sayangnya harga Oppo F1 tergolong cukup mahal, dan smartphone ini masih memakai layar beresolusi HD. Namun dibalik beberapa kekurangan yang dimilikinya, smartphone ini menawarkan desain premium dengan balutan bodi metal dan layar 2.5D yang menawan. Bagaimana, apakah sobat deteknokers semakin tertarik membeli smartphone ini, setelah menyimak Review Oppo F1 yang ulas secara lengkap dan mendetail ?


Advertisement