Review Meizu M2 Note, Ponsel Layar IGZO Full HD

Banner

Detekno.com – Meizu M2 Note resmi melenggang di Indonesia pada bulan Agustus 2015. Setelah sebelumnya diperkenalkan pada bulan Juni 2015 di Tiongkok. Kehadiran Meizu M2 Note di Indonesia ternyata tak sia-sia berkat strategi Flash Sale yang di adakan Meizu dan Lazada Indonesia, HP berlayar IGZO ini mampu laris manis terjual di pasaran. Bahkan saat ini masih banyak yang mencari HP Meizu M2 Note. Minat yang tinggi ini bukan tanpa alasan, setelah menjajal performa dan melihat tampilannya team detekno.com merasa ini adalah ponsel kelas bawah yang patut di perhitungkan untuk dibeli.

Review Meizu M2 Note yang akan kami bahas ini akan membuktikan hal itu. Disini kami akan membahas secara detail dari masalah tampilan luar, tampilan user interface, kemampuan hardware, dan kemampuan kamera. Review Meizu M2 Note ini bisa dijadikan sebagai tambahan referensi bagi sobat deteknokers yang berniat membeli Meizu M2 Note. Sehingga sebelum sobat memantapkan untuk membeli HP ini, sobat sudah tidak akan menyesal karena HP ini sudah memenuhi kriteria yang sobat inginkan. Berikut Review Meizu M2 Note yang kami dapatkan dari Flash Sale Lazada Indonesia pada bulan Agustus 2015 :

Unboxing dan Review Meizu M2 Note

Review Meizu M2 Note, Ponsel Layar IGZO Full HD

Review Meizu M2 Note, Ponsel Layar IGZO Full HD

1. Paket Penjualan :
Paket Penjualan Meizu M2 Note

Paket Penjualan Meizu M2 Note

  • 1 Meizu M2 Note 16 GB warna Abu-Abu
  • Sim Injector
  • Buku Panduan berbahasa Inggris
  • 1 Set Charger + USB Data
  • Faktur Penjualan dari Lazada Indonesia

Pertama kali kami melihat paket ini box Meizu M2 note tidak seperti Box dari Xiaomi ataupun Lenovo, ia terlihat lebih besar dan terkesan elegan. Penataan barang yang ada di Box tersebut juga sangat rapi, warna Box nya sendiri putih dan ada disisi tengahnya terdapat warna biru. Saat dibuka, Meizu M2 Note bersama Sim Injector sudah menyambut kami terlebih dahulu lalu saat di angkat bagian atasnya terlebih dibagian bawah terdapat 1 Set Charger dan USB data. Untuk buku panduannya sendiri disematkan dibagian bawah Meizu M2 Note. Sayangnya Meizu M2 Note tidak dibekali Earphone. Untuk charger nya sendiri memiliki input 100-240V-50060Hz 0.3A. Sedangkan Outputnya memiliki daya 5V 2A. Sebelumnya kami juga sudah mempublikasikan Video Unboxing Meizu M2 Note yang bisa sobat lihat dibawah ini :

2. Pembelian :
Data Pembelian Meizu M2 Note di Lazada Indonesia

Data Pembelian Meizu M2 Note di Lazada Indonesia

Seperti yang kami bilang sebelumnya bahwa Meizu M2 Note ini kami dapatkan di sesi Flash Sale Lazada Indonesia yang dibuka pada tanggal 14 Agustus 2015 tepatnya Jam 11.00 WIB. Saat itu Harga Meizu M2 Note  : Rp.1.999.000 + Biaya Ongkir Rp.20.000 total yang harus kami bayarkan Rp.2.019.000. Barang dikirimkan pada tanggal 14 Agustus 2015 dan sampai di tempat kami 19 Agustus 2015. Dari pantauan kami di Lazada Indonesia setelah masa Flash Sale Meizu M2 Note berakhir harga Meizu M2 Note menjadi Rp.2.099.000,- belum termasuk ongkir.

3. Desain dan Body :
Tampak Depan Meizu M2 Note

Tampak Depan Meizu M2 Note

Tampak Depan

Review Meizu M2 Note selanjutnya adalah desain Meizu M2 Note dari semua sisi. Pertama kita membahas tampilan depannya. Meizu M2 Note sekilas terlihat seperti iPhone karena ia hanya menyediakan 1 tombol navigasi saja berbeda dengan HP Android kebanyakan yang memiliki 3 tombol navigasi. Tombol tersebut berfungsi untuk kembali ke menu utama dan kembali ke menu sebelumnya. Cara nya untuk kembali ke menu utama tinggal tekan tombol tersebut sampai terasa menekan dan untuk kembeli ke menu sebelumnya sobat tinggal menyentuh tombol tersebut dengan 1 kali sentuhan. Dibagian atasnya terlihat lubang speaker dan kamera depan yang beresolusi 5 MP.

Dari sisi depan terlihat bahwa ukuran Meizu M2 Note yang 150.9 x 75.2 x 8.7 mm terlihat ramping dan tidak terlalu berat juga hal ini terbukti saat kami memegang Smartphone ini dengan 1 tangan saja. Beratnya hanya 149 g oleh sebab itu ia tampak ringan dan nyaman. Material bahan yang ia gunakan Full Plastik, sobat pasti melihat layarnya jernih bukan? di gambar tampak depan diatas? ini dikarenakan ia mengusung layar 5.5 Inches dari IGZO beresolusi Full HD oleh sebab itu warna yang di tampilkan sangat jernih dan nyaman untuk di lihat. Rasio antara bodi dengan layarnya hanya ~72.8%.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Meizu M2 Note

Tampak Belakang Meizu M2 Note

Karena ia memakai material Plastik kadang-kadang bekas jari kita terlihat dibagian belakangnya namun tak terlalu mengganggu. Menariknya dari Review Meizu M2 Note ini dibagian belakang walau ia memakai material Plastik namun ia tidak terasa licin saat kami genggam. Dari gambar diatas terlihat bahwa Meizu M2 Note menonjolkan sisi kamera belakangnya yang beresolusi 13 MP dan terdapat Dual LED Flash. Sedangkan tepat dibagian bawah sendiri terlihat Logo Meizu lengkap dengan tulisan “Designed by Meizu Made in China”. Meizu M2 Note ini mengusung desain unibody oleh karenanya ia tidak bisa dibuka bagian cover belakangnya dan baterai.

Tampak Samping

Tampak Samping Kiri Meizu M2 Note

Tampak Samping Kiri Meizu M2 Note

Review Meizu M2 Note selanjutnya kita lihat disisi samping kirinya, ia tersedia tombol Power yang berada dibagian bawah tombol volume up/down. Kedua tombol ini terbilang cukup nyaman dan mudah jika ingin mengambil screenshot tinggal menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume  bawah. Saat menekan kedua tombol tersebut juga terasa tekanannya sehingga tombol tersebut terlihat berfungsi dengan baik.

Tampak Samping Kanan Meizu M2 Note

Tampak Samping Kanan Meizu M2 Note

Dibagian sisi kanannya, Meizu M2 Note menyematkan SIM Card dan Slot Microsd bersamaan. Meizu M2 Note sendiri mendukung Dual SIM dengan tipe Nano-SIM, sedangkan Microsdnya mendukung kapasitas 128 GB. Sayangnya untuk menggunakan Microsd pengguna harus rela mengganti slot SIM Card kedua untuk dipakai oleh Microsd. Jadi nantinya SIM yang berjalan hanya SIM Card pertama jika sobat mau memasangkan Microsd dikarenakan ingin menambah daya penyimpanannya. Untuk membuka SIM Card dan Slot Microsd ini, pengguna harus menggunakan SIM Injector yang telah disediakan dengan paket penjualan Meizu M2 Note.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Meizu M2 Note

Tampak Bawah Meizu M2 Note

Review Meizu M2 Note dibagian bawahnya ia terlihat menyematkan lubang speaker di sisi slot Micro USB v2.0.

Tampak Atas

Tampak Atas Meizu M2 Note

Tampak Atas Meizu M2 Note

Dibagian atasnya Meizu M2 Note hanya menyediakan Lubang Jack 3.5 mm yang digunakan untuk lubang Headshet yang sobat miliki.

4. Layar:
Layar Meizu M2 Note

Layar Meizu M2 Note

Review Meizu M2 Note dari sisi layarnya, ia tergolong sangat memuaskan untuk HP Android kelas menengah kebawah. Ia memakai tipe layar IGZO yang sudah terkenal keampuhannya dalam menawarkan kejernihan layar. Resolusi layar yang ia usung sudah 1080 x 1920 pixels Full HD dan memiliki kerapatan pixel hingga ~403 ppi. Ia memakai tampilan UI Flyme 4.5.2l dengan basic Android Lollipop versi 5.1. Sekilas ia mirip dengan MIUI karena tidak menyediakan APP Drawer seperti TouchWiz dari Samsung.

Multi Touch Test Meizu M2 Note

Multi Touch Test Meizu M2 Note

Yang disayangkan dari layar Meizu M2 Note ini ia tidak dibekali layar pelindung Gorilla Glass, namun sobat deteknokers tak usah khawati, karena layar Meizu M2 Note sudah dilindung teknologi anti gores Dragon Trail Glass yang memiliki kualitas setara Gorilla Glass. Saat kami mencoba memainkan beberapa game seperti Asphalt 8 dan Nova 3 gambar nya sangat jelas dan tajam yang jelas enak untuk di lihat. Saat kami test sentuhan jari yang ia dukung mencapai 10 jari.

5. Sistem Operasi dan User Interface
Home Screen dan Screen Saver Meizu M2 Note

Home Screen dan Screen Saver Meizu M2 Note

Gambar diatas memperlihatkan gambar user interface Flyme UI sangat baik terlebih lagi ia menawarkan banyak icon-icon menarik dan tidak membuat bosan. Gambar diatas adalah tampilan standar saat pertama kali kami membeli Meizu M2 Note, tampilan ini bisa dirubah semaunya pengguna karena ia menyediakan berbagai tema gratis dan berbayar yang menarik. Navigasi Meizu M2 Note terbilang mudah jika sudah dimengerti, saat mode screen saver sobat bisa swipe ke kanan untuk memilih aplikasi favorit yang ingin langsung terbuka tanpa lewat menu home screen terlebih dahulu.

Market Tema Meizu M2 Note

Market Tema Meizu M2 Note

Review Meizu M2 Note diatas terlihat menu tampilan market tema milik Meizu. Untuk mengakses tema store ini sobat deteknokers harus mendaftar ke Flyme terlebih dahulu setelah terdaftar sobat akan diberi banyak pilihan tema menarik yang bisa sobat coba secara gratis maupun berbayar.

Tampilan Flyme UI dan Sistem Operasi

Tampilan Flyme UI dan Sistem Operasi

Selain memberikan market store, Meizu M2 Note juga memberikan App Center yang berisi banyak aplikasi Android gratis yang bisa sobat unduh. Untuk mendukung aktifitas pekerjaan, M2 Note menyediakan Memo Cepat yang bisa digunakan sobat untuk mengatur jadwal. Dari gambar diatas juga terlihat bahwa Meizu M2 Note berjalan di versi Android 5.1 Lollipop dan memakai versi Flyme : 4.5.2l. Di menu Menggambar, sobat bisa mengekspresikan kreatifitas sobat dalam menggambar sebuah objek yang diinginkan.

Tampilan Setelah Ganti Tema

Tampilan Setelah Ganti Tema

Tampilan Menu Atas dan Menu Shutdown

Tampilan Menu Atas dan Menu Shutdown

Tampilan Menu Kontak dan Pesan

Tampilan Menu Kontak dan Pesan

Kesimpulannya dari tampilan antar mukanya, Meizu M2 Note tidak akan membuat para penggunanya cepat bosan karena ia menyediakan banyak tema menarik yang bisa diunduh secara gratis. Berkat layar yang jernih dan perpaduan icon yang bisa di gonta ganti semuanya pengguna, Meizu M2 Note berhasil memikat kami.

6. Performa dan Hardware
Performa dan Hardware Meizu M2 Note

Performa dan Hardware Meizu M2 Note

Hardware

Review Meizu M2 Note selanjutnya adalah disisi Hardware, dimana ia menggunakan chipset Mediatek MT6735 yang memiliki kekuatan Octa Core 1.3 Ghz. Dan ia memiliki RAM berkapasitas 2 GB dan Memori Internal 16 GB. Ia juga mendukung slot microsd berkapasitas 128 GB.

Score Antutu Benchmark Meizu M2 Note

Score Antutu Benchmark Meizu M2 Note

Score Antutu Benchmark Meizu M2 Note

Meizu M2 Note bisa dikatakan ponsel menengah kebawah yang cukup baik dalam hal performa, hal ini terbukti dengan hasil tes kami melalui antutu benchmark. Meizu M2 Note bisa meraih score 31 Ribu yang mana performa ini lebih baik dari Xiaomi Redmi Note, HTC One dan Xiaomi Mi2.

Hasil Uji dari Geekbench

Hasil Uji dari Geekbench

Hasil Uji dari Geekbench

Untuk lebih menyakinkan kami juga melalukan tes dari Geekbench dan hasilnya bisa sobat lihat diatas. Sangat mengagumkan untuk HP Android yang kami dapatkan 2 juta rupiah ini. Saat kami menjalankan beberapa game HD seperti Asphalt 8 dan Nova 3 ia juga menampilkan grafis yang berkelas dan sangat baik tanpa ada gangguan nge lag.

Memori Internal dan RAM

Memori Internal dan RAM

Memori Internal dan RAM

Untuk RAM yang ia dukung 2 GB hanya menyisakan 790 MB termasuk boros namun hal ini wajar karena Flyme OS menyediakan berbagai tema yang cukup berpengaruh dalam memakan kapasitas RAM. Sedangkan dibagian memori internal yang didukung 16 GB, masih tersisa ruang 11 GB untuk sobat digunakan menginstall berbagai aplikasi dan game Android yang ada di Play Store.

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai

Dari hasil uji kami melalui aplikasi Geekbench 3, kemampuan daya tahan baterai Meizu M2 Note bisa diandalkan. Untuk hasil lengkapnya sobat bisa langsung kunjungi “Hasil Uji Baterai Meizu M2 Note versi Detekno” disitu memperlihatkan bagaimana keampuhan baterai Meizu M2 Note dipakai untuk segala aktifitas.

7. Multimedia :
Musik

Musik

Musik

Suara yang dihasilkan dari Meizu M2 Note tergolong tidak keras namun terkesan lembut. Buat sobat yang menyukai lagu Pop maka Meizu M2 Note pas untuk sobat karena ia menyediakan sound yang cukup lembut dan jernih tidak ada kesan pecah suara. Di sisi pengaturannya Meizu M2 Note juga memberikan pilihan edit Equalizer dan Dirac HD Sound.

Video

Video

Video

Hasil Antutu Video

Hasil Antutu Video

Untuk menyetel video beresolusi Full HD Meizu M2 Note ternyata sukses tanpa butuh tambahan aplikasi media lainnya. Jelas dengan kualitas video yang ia dukung Meizu M2 Note mampu memanjakan para penggunanya yang menyukai menonton video lewat Smartphone. Ada pengaturan meminimalis video hal ini berguna saat sobat ingin melakukan aktifitas lainnya tanpa menghentikan Video yang sedang dilihat. Kami juga melakukan uji antutu video dan hasilnya Meizu M2 Note meraih score 804.

Gaming

Uji Nova 3

Uji Nova 3

Uji Game Asphalt 8

Uji Game Asphalt 8

Dalam pengujian untuk bermain game, kami menggunakan game Asphalt 8 dan Nova 3 sebagai uji coba apakah Meizu M2 Note mampu atau tidak. Dan ternyata hasilnya ia mampu menyajikan grafik berkualitas tinggi dan saat menggunakan untuk bermain game tersebut sangat lancar. Dari sini terlihat bahwa Review Meizu M2 Note ini terkesan apik dari semua sisi baik untuk gaming maupun tampilan.

8. Konektivitas :
Konektivitas

Konektivitas

Seperti yang kami ungkap diatas, bahwa Meizu M2 Note mendukung Slot Kartu Dual SIM dengan tipe SIM Nano-SIM. Untuk kartu SIM 2 harus berganti-gantian dengan Microsd jika sobat ingin menambah daya simpan Meizu M2 Note. Ia mendukung jaringan 4G namun untuk jaringan 4G ini kami belum bisa mengujinya dikarenakan daerah kami masih belum terkoneksi jaringan 4G seluruh operator Indonesia.

9. Kemampuan Kamera :
Aplikasi Kamera Meizu M2 Note

Aplikasi Kamera Meizu M2 Note

Aplikasi kamera Meizu M2 Note terkesan berbeda dengan Smartphone Android pada umumnya, ia menawarkan banyak sekali menu setingan yang seperti akan membuat kualitas foto semakin baik jika bisa menggunakannya. Terdapat mode SlowMotion,Scan, Lapangan Cahaya, Panorama, Cantik, Manual dan Auto. Yang sobat bisa berkreasi sendiri dengan menu-menut kamera yang ada di Meizu M2 Note

Kamera Belakang

Review Meizu M2 Note selanjutnya adalah bagian kamera, untuk kamera belakangnya Meizu M2 Note menggunakan lensa beresolusi 13 MP yang disertai autofocus, Dual Tone Flash, 1/3.06” sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama dan Video rekaman beresolusi 1080p, [email protected] Untuk hasinya bisa sobat lihat dibawah ini :

Kamera Belakang Siang Hari

Kamera Belakang Siang Hari

Kamera Belakang Tanpa Flash

Kamera Belakang Tanpa Flash

Kamera Belakang Pakai Flash Mode Manual

Kamera Belakang Pakai Flash Mode Manual

Kamera Depan

Untuk Review kamera depan Meizu M2 Note ini terbilang cukup baik karena sudah dibekali lensa beresolusi 5 MP. Bahkan ia juga mendukung rekaman video berkualitas [email protected] Sayangnya kamera depan Meizu M2 Note belum dibekali kemampuan LED Flash. Untuk hasil kamera depan Meizu M2 Note, sobat bisa melihatnya dibawah ini.

Kamera Depan

Kamera Depan

10. Kelebihan :
  • Meizu M2 Note memiliki layar yang jernih, besar dan tajam
  • Ia sudah mendukung jaringan 4G dan slot Dual SIM
  • Performa gaming cukup memuaskan
  • Tampilan antarmuka bisa diganti-ganti dengan banyak pilihan tema yang bisa diunduh secara gratis
  • Kemampuan daya tahan baterai bisa diandalkan
  • Kualitas kamera patut di acungi jempol
  • Harga Meizu M2 Note terbilang murah untuk Smartphone dengan layar 5.5 Inches dan RAM 2 GB
11. Kekurangan :
  • Navigasi menggunakan 1 tombol saja dirasa sulit bagi yang belum terbiasa
  • Speaker yang kurang keras walau volume sudah mentok

Baca Juga : Review Smartfren Andromax R, Ponsel 4G LTE Murah dari Smartfren.

Jika melihat review Meizu M2 Note diatas, nampaknya memang wajar jika animo masyarakat terhadap ponsel ini sangatlah besar. Dari semua kebutuhan para pengguna Smartphone, dihadirkan secara memuaskan oleh Meizu M2 Note yang jelas masalah tampilan layar dan antarmuka Meizu M2 Note tidak akan cepat membuat bosan para penggunanya apalagi yang memang mengedepankan masalah user interface.


Advertisement