Review Lenovo A7000 : HP Gaming Murah Cuma 2 Juta

Detekno.com – Lenovo A7000 merupakan salah satu hp android lollipop murah yang berhasil team kami dapatkan di acara flash sale lazada pada tanggal 19 Mei 2015 dengan harga Rp 1.999.000,- juta rupiah. Proses pengiriman yang di kemas dengan cukup baik membuat ponsel ini tetap tertata rapi dan aman di dalam box bertuliskan Lenovo For Those Who Do. Lenovo A7000 sendiri merupakan ponsel yang cukup murah untuk pasar Indonesia, namun setelah di lakukan uji coba dalam beberapa hari performa yang di dapatkan memang tak mengecewakan.

Di balut dengan menggunakan bahan plastik yang cukup halus membuat ponsel ini terasa sangat nyaman saat di gunakan tanpa terasa licin meskipun telapak tangan berkeringat sekalipun. Hanya saja Lenovo A7000 ini cukup sulit untuk di gunakan dengan satu tangan karena dimensi lenovo A7000 ini cukup besar yakni 152.6 x 76.2 x 8 mm. Tapi untuk ukuran ponsel berharga 2 Juta Rupiah, ketebalan 8 mm yang di bawa ponsel ini tetap terlihat elegan loh deteknokers, apalagi saat di pegang ponsel ini juga terasa sangat ringan dengan bobotnya 140 g.

Selain desain yang enak dan nyaman di genggam, deteknokers musti tahu kalo Lenovo A7000 ini hadir dengan membawa bentang layar selusa 5.5 inch yang memiliki resolusi HD yang sangat membuat mata anda cukup nayaman karena pandangan yang luas dan bening. Nah bagi deteknokers yang ingin tahu lebih lanjut seputar Review Lenovo A7000 yang di lakukan team kami,  silahkan ikuti ulasan kami sampai habis di bawah ini yah.

Review Lenovo A7000 Warna Hitam

Paket Penjualan Lenovo A7000

Paket Penjualan Lenovo A7000

Paket Penjualan Lenovo A7000 Warna Hitam

  • 1 Unit Smartphone Lenovo A7000 Warna Hitam
  • Kabel USB Warna Putih
  • Hedseat Warna Putih
  • Buku Manual
  • Buku Garansi
  • Back Cover
  • Screed Guard ( Film Inside )
  • Head Charger

Desain dan Body

Tampak Depan Lenovo A7000

Tampak Depan Lenovo A7000

Saat kali pertama kami memegangnya, rasa nyaman dan enak di genggaman tangan cukup membuat kami merasa puas dengan pembelian yang kami dapatkan ini. Apalagi di bawanya tekstur body yang di buat dengan bahan plastik polikarbonat membuatnya cukup halus namun tetap terasa kesat di tangan meskipun tangan anda berkeringat. Hanya saja kami cukup kesulitan untuk memegang ponsel ini dengan satu genggaman tangan karena ukurannya yang cukup luas dan besar.

Di saat yang bersamaan, kami juga mencoba menampilkan gambar beresolusi tinggi untuk mencoba kecerahan dan kejernihan layarnya yang ternyata Lenovo A7000 ini mampu dengan baik menampilkan sisi detail warna gambar tersebut dengan cukup jelas dan bening. Percobaan yang kami lakukan tentu saja membenarkan bahwa pembawaan layar IPS LCD berkepadatan 267 ppi dengan luas 5.5 inch beresolusikan HD 720 x 1280 pixels sangat mampu menampilkan gambar yang sangat amat jelas dan bening.

Tampak Belakang Lenovo A7000

Tampak Belakang Lenovo A7000

Namun untuk sisi kanan dan kiri layar atau bisa di sebut bazel yang di bawanya cukup besar kanena Lenovo hanya memberikan rasio ~71.7% saja. Dan dari sektor layar sayangnya Lenovo belum memberikan lapisan gorila glass atau sejenisnya yang membuat kami menggunakanya dengan cukup hati-hati. Sementara pada bagian bawah layar lenovo a7000 ini terdapat 3 tombol kapasitif yang cukup responsif. Sedangkan pada bagian atas terdapat sensor, lensa kamera berukuran 5 MP dan juga lubang speaker. Dan dari bagian belakangnya, terlihat logo lenovo yang tertulis secara jelas yang berdekatan dengan lubang speaker yang berteknologikan Dolby Atmos, lensa kamera berukuran 8 MP dan dua buah LED Flash serta satu lubang kecil di sisi kanan lensa kameranya.

Tampak Samping Kanan Lenovo A7000

Tampak Samping Kanan Lenovo A7000

Tampak Samping Kiri Lenovo A7000

Tampak Samping Kiri Lenovo A7000

Pada sisi bagian kanan, terdapat tiga buah tombol yakni tombol power, tombol vol up dan vol down yang melekat pada cover bagian belakang. Jadi ketika deteknokers melepas cover bagian belakang ini ketiga tomobo tersebut akan terbawa juga. Sementara pada sisi bagian kirinya tak ada satupun tombol ataupun lubang hanya nampak sisi samping dari cover belakang yang sangat halus.

Tampak Bagian Atas Lenovo A7000

Tampak Bagian Atas Lenovo A7000

Tampak Bagian Bawah Lenovo A7000

Tampak Bagian Bawah Lenovo A7000

Beralih ke bagian atas dari ponsel Lenovo A7000, deteknokers akan di hadapkan pada dua buah port, yang pertama port jack audio berukuran 3,5 mm yang bisa deteknokers fungsikan untuk menghubungkan Lenovo A7000 ini dengan perangkat audio earphone ataupun headset, dan port kedua adalah port microUSB 2.0 yang di fungsikan untuk pengisian baterai dan juga transfer file dari PC atau laptop. Dan pada bagian bawahnya deteknokers akan menemukan satu lubang kecil yang merupakan microphone yang berfungsi saat smartphone ini di gunakan untuk telepone atau merekam suara.

Sisitem Operasi dan User Interface

User Interface Lenovo Vibe UI

User Interface Lenovo Vibe UI

Review Lenovo A7000 yang kami lakukan selanjutnya tertuju pada tampilan user interface dan juga system operasi yang di bawanya. Nah untuk deteknokers yang belum tahu, Lenovo A7000 ini berjalan menggunakan system operasi Android Lollipop v5.0 yang di percantik dengan tampilan tatap muka berupa Lenovo Vibe UI yang tak menyediakan app drawer seperti pada MIUI pada Xiaomi Mi Note dan Mi 4i yang sudah team kami review juga.

System Operasi dan Theme Center

System Operasi dan Theme Center

Di sisi lain tampilan yang simple dan juga mudah di gunakan juga bisa anda ubah sesuai dengan selera anda karena Lenovo juga sudah memberikan fitur tema center yang menyediakan beberapa pilihan tema. Hanya saja pada saat di lakukan pengujian kita tak bisa melakukan download tema layaknya pada Xiaomi karena Lenovo hanya menyediakan fitur import tema berupa dua opsi yakni import tema atau hanya import lock screen.

Fitur Pemilihan Look Screen dan Wallpaper

Fitur Pemilihan Look Screen dan Wallpaper

Nah terlihat pada gambar di atas, deteknokers akan dapat memilih beberapa tema yang tersedia ataupun yang sudah deteknokers import ke dalamnya. Hampir serupa dengan MIUI, deteknokers juga bisa memilih untuk mengemix tampilan tema yang ada seperti tampilan resent task list, tampilan icon, tampilan lock screen dan tampilan wallpapernya.

Performa dan Benchmark

Benchmark Antutu Lenovo A7000

Benchmark Antutu Lenovo A7000

Bersama harga lenovo a7000 yang cukup murah dan terjangkau, ponsel ini di hadirkan dengan bekalan teknologi yang terbilang cukup canggih. Di mana dengan menggunakan prosesor Octa-core 1.50 GHz yang sudah terintegrasi dengan system 64 Bit serta membawa Chipset Mediatek MT6752m, GPU Mali-T760MP2, dan juga Ram 2GB hasil pengetesan yang di lakukan dengan aplikasi Antutu Bachmark cukup memuaskan karena mampu mencapai angka 42.605 . Score yang di dapat tersebut menunjukan kualitas performa yang di miliki smartphone ini sangat sempurna bahkan mampu melebihi Samsung Galaxy S5, Xiaomi Mi4 dan juga Huawei Mate 7.

Melihat Score yang di dapat cukup tinggi tersebut, kami langusng mencoba mengujinya dengan beberapa game android yang cukup memiliki grafik yang tinggi seperti Mortal kombat X dan juga Asphalt 8. Dan dari pengujian yang kami lakukan pada dua game HD tersebut semuanya berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan seperti lag ataupun hang.

Benchmark Geekbench 3 Lenovo A7000

Benchmark Geekbench 3 Lenovo A7000

Hanya saja pada saat di lakukan uji coba pada perangkat Lenovo A7000 ini, kami sedikit mengalami masalah pada sektor penyimpanannya karena Lenovo A7000 yang kami uji ini hanya di bekali dengan memory internal sebesar 8 GB saja yang saat pertama kali kita gunakan dan belum teristal apapun hanya menyisakan kapasitas 3.58 GB saja, selebihnya telah terpakai untuk system yang di bawanya. Untungnya untuk menyikapi hal tersebut Lenovo sudah menyediakan slot microSD card hingga kapasitas 32 GB.

Benchmark Quadrant dan MultiTouch tes Lenovo A7000

Benchmark Quadrant dan MultiTouch Tes Lenovo A7000

Nah Kemudian setelah itu kami juga lakukan pengujian dengan menggunakan aplikasi Geekbanch 3 yang menunjukan hasil score yang cukup tinggi yakni 739 untuk pengujian Single-Core dan 3624 untuk pengujian Milti-Corenya. Sementara untuk pengetesan lain yang di lakukan dengan menggunakan aplikasi Quadrant Standar ponsel ini benar-benar menunjukan performa yang mantap meskipun hanya di bandrol dengan harga 2 juta rupiah saja. Hasil yang kami dapatkan adalah ponsel ini mampu mendapatkan score 18.838 yang masih mampu mengalahkan beberapa ponsel lain seperti HTC One X serta Motorola ATRIX 4G. Sayangnya di pengetesan performa yang terakhir yang kami lakukan dengan aplikasi MultiTouch Test ponsel ini hanya bisa menunjukan kemampuan multitouch hingga 5 jari saja.

Kamera Depan

User Interface Kamera Depan

User Interface Kamera Depan

Selanjutnya Review Lenovo A7000 yang berikutnya kami lakukan pada kemampuan kamera depan yang di miliki lensa berukuran 5 MP. Fitur yang cukup lengkap pada sektor kamera depan ini memang benar-benar membuat kami cukup mudah dalam melakukan selfie. Dimana mampu menghasikan sebuah gambar yang cukup jelas, deteknokers juga bisa memanfaatkan fitur berupa Tap, Voice, dan juga Hand Sign yang cukup mempermudah deteknokers dalam melakukan selfie karena hanya dengan anda membentuk huruf V dengan jari tangan anda atau cukup berkata “Snap atau Cheese” anda sudah bisa langsung bergaya di hadapan kamera tersebut.

Hasil Kamera Depan

Hasil Kamera Depan

Sementara untuk hasil yang di dapatkan dengan menggunakan lensa kamera depan berukuran 5 MP ini sobat bisa mendapatkan sebuah foto dengan hasil cetaknya bisa memiliki ukuran 1920 x 2560 pixels. Yang tentu saja cukup berkualitas tinggi. Hanya saja pada saat di lakukan pengetesan di kondisi kurang cahaya hasil yang di dapatkan sangatlah jauh dari perkitaan kami, hasil gambarnya justru tak terlihat sama sekali. Oya selain untuk berselfie deteknokesr juga bisa menggunakan kamera depan ini untuk merekam sebuah video beresolusikan Full HD 1920 x 1088 pixeles seperti hasil yang kami dapatkan saat mencobanya.

Kamera Belakang

Tampilan Kamera Belakang

Tampilan Kamera Belakang

Dari kaulitas yang di bawa kamera belakang Lenovo A7000 yang memiliki lensa bidik berukuran 8 MP, kamera tersebut mampu mencetak gambar berukuran 1872 x 3328 pixel. Di bekalkannya fitur Auto Fokus dan juga LED Flash memang sangat bermanfaat sekali untuk pemotretan di kondisi low-ligh.

Foto Kamera Utama Siang Hari Dengan LED Flash

Foto Kamera Utama Siang Hari Dengan LED Flash

Foto Kamera Utama Siang Hari Tanpa LED Flash

Foto Kamera Utama Siang Hari Tanpa LED Flash

Foto Kamera Utama Malam Hari Dengan LED Flash

Foto Kamera Utama Malam Hari Dengan LED Flash

Foto Kamera Utama Malam Hari Tanpa LED Flash

Foto Kamera Utama Malam Hari Tanpa LED Flash

Terlebih pada saat di lakukan uji coba di malam hari dengan pengetesan jarak yang cukup dekat membuahkan hasil jepretan yang sangat bening, jelas dan terlihar contras warna yang natural. Hanya saja berada pada kondisi pencahyaan yang kurang pengujian yang di lakukan tanpa mengandalkan LED Flash membuahkan hasil yang tek cukup baik seperti terlihat di gambar diatas.

Hasil Kamera Belakang Dengan Fitur Efek Pertama

Hasil Kamera Belakang Dengan Fitur Efek Pertama

Hasil Kamera Belakang Dengan Fitur Efek Kedua

Hasil Kamera Belakang Dengan Fitur Efek Kedua

Pada kamera utamanya ini Lenovo juga menyematkan beberapa fitur foto maual seperti, ISO yang memiliki pilihan dari ISO 100 hingga ISO 1600 dan juga Screne Mode dan jugaWhite Balance yang dapat deteknokers atur sesuai keinginan. Selain itu pada pilihan lain yang kamu uji, Kamera Lenovo A7000 ini juga membawa beberapa fitur gambar yakni Panorama dan juga Efek yang tersedia cukup bayak pilihan. Nah di kesempatan yang sama juga kami melakukan uji coba dengan beberapa fitur effects yang ada yang bisa sobat lihat hasilnya di atas.

Video Recording

Video Recording

Video Recording

Pada kemampuan video recordingnya, ponsel ini hanya bisa merekam video dengan resolusi Full HD 1920 x 1088 pixels sama seperti pada lensa kamera depannya. Namun pada lensa belakangnya ini anda dapat memperjelas objek dengan menyalakan LED Flash saat melakukan video recording. Nah kemamuan yang hanya di batasi sampai resolusi Full HD tersebut tentu saja sangat terkait dengan harga jual Lenovo A7000 yang di bandrol cukup murah dengan kisaran 2 juta rupiah.

Konektifitas

Konektivitas

Konektivitas

Beranjak ke urusan konektifitasnya, Lenovo A7000 yang kami uji ini di hadirkan pabrikan Tingkok dengan menggunakan fitur Dual Sim yang berjalan pada jaringan GSM-GSM dengan membawa jenis kartu micro sim. Fitur ini memang sangat membantu kami di dalam urusan komunikasi yang kami uji dalam beberapa hari. Ponsel ini juga sudah membawa akses internet berkecepatan 4G LTE Cat4 150/50 Mbps dan juga 3G HSPA 42.2 Mbps yang lumayan cepat dalam koneksinya ke internet seperti yang kami dapatkan.

Selain di topang dengan adanya konektifitas berupa jaringan seluler, Lenovo A7000 ini juga menyediakan beberapa fitur koneksi lainnya seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n yang berteknologikan Wi-Fi hotspot yang bisa berjalan cukup lancar saat di lakukan percobaan dengan menggunakan device lain LG Nexus 5 dan Xiaomi Mi3 serta Xiaomi Redmi 1S. Selain itu, pada tubuh Lenovo A7000 ini juga tersedia port microUSB v2.0 yang juga sudah support dengan USB OTG serta juga tersedia fitut lain seperti Bluetooth v4.0 berteknologikan A2D. Hanya saja pada ponsel android yang satu ini deteknokers belum akan menemukan fitur NFC karena memang harganya yang sangat murah. Sementara pengujian fitur GPS yang kami lakukan pada perangkat ini juga cukup cepat dalam menemukan lokasi karena sudah tersedia teknologi A-GPS di dalamnya.

Multimedia

Multimedia Lenovo A7000

Multimedia Lenovo A7000

Menggunakan Lenovo dalam beberapa hari saja kami cukup merasa puas dengan kualitas suara yang di keluarkan oleh speaker berteknologikan Dolby Atmos. Dimana dengan adanya fitur ini suara musik dan video yang kami putar pada ponsel ini sangat terdengan cukup keras dan terasa lebih enak di dengar telinga. Apalagi fitur Dolby Atmos yang di bawakan pada ponsel Lenovo A7000 ini juga sudah menyediakan beberapa fitur yang bisa kita seting sesuai dengan selera kita seperti Surround Virtualizer, Dialogue Enchancer dan Volume Leveler yang terletak pada bagian bawah aplikasi ini saat anda membukanya.

Daya Tahan Baterai

Pada penggunaan ponsel Lenovo A7000 layanya ponsel pribadi kami yang tentu saja banyak di gunakan untuk berabgai macam kebutuhan seperti gaming, video streaming, online, browsing dan juga Chating, ponsel ini menunjukan kualitas yang cukup tahan lama. Hal ini tentu saja karena Lenovo memberikan kapsitas baterai bertipe Li-Po dengan kapasitas 2900 mAh yang bisa deteknokers lepas untuk di ganti ketika suatu saat terjadi kerusakan pada baterai yang di bawanya ini. Hanya saja untuk mengecek pemakaian baterai, Lenovo tak menyediakan fiturnya dan ini menjadi salah satu kekurangannya. Sehingga kami hanya bisa menampilkan gambar berikut ini.

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai

Dengan di gunakan secara normal dalam kondisi terhubung jaringan 3G ponsel berbaterai 2900 mAh ini mampu bertahan hingga 1 Hari. Namun pada saat kami uji untuk bermain game Mortal Kombat dan Ashpalt 8 yang notabennya adalah game HD porsi penggunaan baterainya cukup boros dengan kisaran waktu 1-2 jam pemakaian game hanya menyisakan 10%, selain itu ketika di gunakan untuk browsing ponsel ini terlihat cukup awet dalam penggunaan sekitar  45 menitan ponsel ini hanya memakan kurang lebih 15% dengan menggunakan koneksi 3G.

Harga Lenovo A7000 Flash Sale Lazada

Harga Lenovo A7000

Harga Lenovo A7000

Harga yang team kami dapatkan pada saat di adakan flash sale di situs jual beli online lazada.co.id kami mendapatkan harga sekitar Rp 1.999.000,- yang di kirimkan dengan tambahan biaya pengiriman sebesar Rp 20.000,- . Minat yang cukup besar dari pangsa pasar Indonesia akan Lenovo A7000 ini sangatlah baik, di samaping di Iming-imingi dengan harga yang sangat murah, ponsel ini juga sudah di bekali dengan teknologi Prosesor Octa Core yang sudah terintegrasikan dengan system 64 Bit dan di jalankan dengan OS Android Lollipop.

Dengan adanya fitur tersebut, memang cukup membuat banyak masyarakat Indonesia tertarik untuk membelinya, apalagi seperti kami samapikan di atas, di dalam paket penjualan ponsel ini anda juga akan mendapatkan satu buah bck cover dan juga Screen Guard ( Film Inside ) yang menambah daya tariknya. Namun saat kami berhasil melakukan Checkout dan berhasil menyelesaikan pembayaran. Kami di kawatirkan dengan pengiriman yang memakan waktu hingga 2 Minggu.

Baca Juga : Review Xiaomi Mi 4i dan Unboxing : Versi Putih

Kelebihan Lenovo A7000

  • Performa yang di miliki cukup cepat dan responsif dengan di bawakanya Prosesor Mediatek MT6752m berkecepatan Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Ram 2GB
  • Desain tipis dan juga ringan dan halus serta memiliki genggaman yang enak dengan penggunaan material plastik polikarbonat
  • Harga Lenovo A7000 yang sangat terjangkau
  • Sudah di bawanya fitur Dual Sim berteknologikan 4G LTE Cat4 150/50 Mbps
  • Daya Tahan Baterai yang cukup awet
  • Memiliki dua buah kamera yang cukup berkemampuan tinggi

Kekurangan Lenovo A7000

  • Kapsitas Internal memorinya hanya 8 GB saja
  • Tidak memiliki fitur NFC
  • Tidak Di lengkapi dengan lapisan pelindung seperti Gorila Glass atau sejenisnya

Cukup keren juga kan Hp Lenovo A7000 di atas setelah deteknokers melihat dan menyimak Review yang di lakukan team kami ?? Selain itu bagi deteknokers yang berniat membeli ponsel ni pun bisa mendapatkan informasi Harga Lenovo A7000 terbaru di situs detekno.com ini. Nah sekian dulu informasi yang bisa kami sampaikan untuk deteknokers yang setia dengan informasi-informasi yang kami sajikan dan salah satunya adalah Review Lenovo A7000 yang sudah kami sampikan di atas.


Advertisement