Review Lenovo A7000 Special Edition : Berlayar Full HD

Detekno.com – Lenovo baru saja memamerkan satu lagi smartphone terbaru mereka yakni “Lenovo A7000 Special Edition” untuk pasar Indonesia. Menjadi seri lain dari Lenovo A7000 yang sudah pernah detekno ulas, generasi terbarunya ini bisa dibilang jauh lebih apik dari seri sebelumnya. Hal ini jelas karena secara spesifik, Lenovo sudah meningkatkan beberpa kemampuan dan kualitas pada seri anyarnya ini. Menariknya walaupun hadir dengan spesifikasi yang lebih unggul, harga handset yang satu ini masih tergolong terjangkau untuk deteknokers yang sedang mencari smartphone 4G LTE. Desain yang masih terlihat sama dengan Lenovo A7000 pertama memang masih nampak jelas pada ponsel ini.

Ditawarkan dengan bentang layar 5.5 inci beresolusi Full HD 1920 x 1080 pixel dengan penggunaan dapur pacu prosesor 64 Bit Octa Core berkecepatan 1.7 Ghz menjadikan penggunaan ponsel ini semakin terkesan lebih ringan dan cepat ketika di gunakan untuk beraktifitas. Apalagi ditingkatkannya kapasitas internal memori menjadi 16GB secara tak langusng juga menambah performa ponsel ini jauh lebih apik dari seri sebelumnya. Selain itu masih ada pula beberpa kelebihan yang terdapat pada handset ini, nah bagi sobat deteknokers yang penasaran langusng saja simak Review Lenovo A7000 Special Edition yang kami rangkum dibawah ini.

Review Lenovo A7000 Special Edition

Review Lenovo A7000 Special Edition

Review Lenovo A7000 Special Edition

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Lenovo A7000 Special Edition
  • Head Charger + USB Data
  • Baterai
  • Back Cover
  • Screen Guard ( Film Inside )
  • Kartu Garansi
  • Buku Petunjuk Penggunaan

Berbeda dari Lenovo A7000 reguler, dalam paklet penjualannya kali ini Lenovo tak menyertakan hedseat sebagai aksesorinya. Sedangkan untuk boxnya sendiri masih terlihat sama persis dengan box Lenovo A7000 dengan warna merah dan putih, hanya saja pada sisi depannya terdapat label garansi TAM. Kemudian pada bagian dalamnya terdapat beberpa paket penjualan meliputi satu unit Lenovo A7000 Special Edition yang sudah memakai back cover, kemudian buku petunjuk, kartu garansi, baterai, charger dan kabel USB serta Film Inside.

Untuk bentuk chargernya sendiri terlihat masih sama persis dengan charger milik Lenovo A7000 yang berbalut warna putih dengan bertuliskan output daya sebesar 5.0V 1.5A. Untuk unit handsetnya sendiri berwarna hitam pekat dengan body bagian belakang lebih halus, dan saat di genggam pertama kalinya smartphone ini terkesan nyaman di tangan. Terlebih untuk bobotnya ponsel ini juga terasa cukup ringan. Dengan hal ini tentu tampilan awal tak akan mengecewakan untuk deteknokers yang pengin membelinya.

2. Video Unboxing :

3. Desain dan Body :
Tampak Depan Lenovo A7000 Special Edition

Tampak Depan Lenovo A7000 Special Edition

Tampak Depan

Sebelum melangkah lebih jauh dan mendetail dari Review Lenovo A7000 Special Edition ini, kita bahas dulu mengenai tampilan sisi depan dari smartpone anyar Lenovo. Menawarkan bentang layar seluas 5.5 inci membuatnya terlihat cukup besar sesuai dengan dimensi yang dimilikinya yakni 152.6 x 76.2 x 8 mm, meski demikian ponsel ini masih terasa ringan karena Lenovo masih menggunakan material plastik. Pada bagian bawah disediakan 3 tombol capacitive home, recent, dan back yang cukup responsif namun tak bisa menyala. Sementara pada sisi depan atasnya tedapat lubang speaker, kemudian lensa kamera depan dan led notifikai yang tepat berada di sisi lensa kameranya.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Lenovo A7000 Special Edition

Tampak Belakang Lenovo A7000 Special Edition

Menggenggam smartphone ini tak perlu lagi ragu karena tetap terasa nyaman di tangan dan tak terasa licin meskipun Lenovo masih menggunakan bahan plastik. Dan seperti sobat deteknokers lihat pada gambar diatas, terlihat jelas bahwa pada bagian belakang ini terdapat lensa kamera utama yang letak penempatannya masih sama persis dengan seri sebelumnya yakni berada di sisi kiri atas. Tepat dibawahnya, terlihat Lenovo memberikan dual LED Flash untuk pengoptimalan pengambilan gambar dengan kamera tersebut. Bergeser sedikit kebawah, terlit dengan jelas terdapat tulisan Lenovo berwarna putih. Sedangkan untuk lubang kecil-kecil di sisi kanan atas merupakan lubang speaker untuk mendengarkan lantunan musik ataupun audio dari game.

Back Cover

Back Cover Lenovo A7000 Special Edition

Back Cover Lenovo A7000 Special Edition

Review Lenovo A7000 Special Edition berikutnya kami jelajahi bagian dalam dari smartphone ini dengan membuka tutup belakangnya. Disitu terlihat jelas bahwa terdapat dua slot micro sim card yang mana untuk sim card sebelah kiri merupakan sim card utama yang dapat terkoneksikan ke jaringan 4G LTE dan di sebalah kanannya merupakan sim card kedua yang hanya dapat di gunakan untuk asks jaringan 2G. Kemudian di samping kiri dari simcard utamanya, terdapat satu lagi slot yang berfungsi untuk meletakan microSD card yang mempunyai daya tampung hingga 32 GB. Dan tak tertingal terdapat baterai yang dapat di lepas bertipe Li-Po berkapasitas 2900 mAh dengan bentuknya yang cukup besar dan tipis.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Lenovo A7000 Special Edition

Tampak Samping Kanan Lenovo A7000 Special Edition

Dari gambar diatas, jelas terlihat bahwa pada sisi bagian samping kanan, Lenovo A7000 Special Edition ini menawarkan tombol volume up dan donw serta satu tombol power yang tepat berada bawah tombol volume. Peletakan yang pas untuk ketiga tombol tersebut membuat penggunaanya pun semakin mudah ketika ingin mengeraskan atau mengecilkan suara dan mengunci layarnya.

Tampak Samping Kiri Lenovo A7000 Special Edition

Tampak Samping Kiri Lenovo A7000 Special Edition

Sementara untuk sisi bagian kirnya Lenovo A7000 Special Edition ini menawarkan tampilan polos alias tak ada tombol, slot ataupun port. Melainkan hanya menampilkan tampilan yang cukup elegan dengan sisi bagian atas merupakan tepian layar yang terlihat lebih mengilap dari pada bagian bawahnya yang merupakan bagian dari body belakang.

Tampak Atas

Tampak Atas Lenovo A7000 Special Edition

Tampak Atas Lenovo A7000 Special Edition

Masih sama seperti seri sebeumnya, pada sisi bagian atas Lenovo memberikan beberpa lubang dimana lubang bulat yang berada di tepi merupakan lubang port jack audio berukuran 3.5 mm. Sedangkan untuk luabng pada bagian tengah merupakan port microUSB untuk menghubungkan ponsel ini dengan charger ataupun kabel data ke komputer. Menariknya port tersebut juga bisa di gunakan untuk memasukan kabel USB OTG, sehingga deteknokers tak perlu lagi takut kehabisan ruang simpan.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Lenovo A7000 Special Edition

Tampak Bawah Lenovo A7000 Special Edition

Selanjutnya review Lenovo A7000 Special Edition berikutnya beralih ke sisi bagian bawah, yang mana untuk bagian bawah dari handset ini hanya tersedia lubang kecil yang merupakan lubang microphone untuk telpone yang Lenovo letakan tepat dibawah tombol back.

4. Layar
Layar Lenovo A7000 Special Edition

Layar Lenovo A7000 Special Edition

Layar berukuran 5.5 inci dengan kualitas Full HD 1080 x 1920 pixels dari smartphoe ini terbilang cukup memuaskan karena ketiga digunakan untuk menampilkan gambar ataupun video berkualitas Full HD terlihat cukup jelas dan bening. Adapun dengan di tingkatkannya ketajaman layar tersebut juga membawa beberpa peningkatan dari sisi yang lain juga, salah satunya pada sektor kepadatan piksel yang kini menjadi ~401 ppi pixel density. Meskipun sudah mengusung panel IPS LCD namun masih seperti pendahulunya Lenovo tak melapisinya dengan perlindungan layar sehingga diharapkan deteknokers dapat sesegera mungkin memasang Film Inside yang di berikan oleh Lenovo dalam kemasan untuk melapisinya dari goresan langusng yang tak sengaja mengenainya.

Multitouch Lenovo A7000 Special Edition

Multitouch Lenovo A7000 Special Edition

Tingkat sensitifitas yang ada pada layar Lenovo A7000 Special Edition ini bisa dikatkan cukup apik karena dapat mempermudah dalam pengoperasian ketika diajak untuk beraktifitas. Sayangnya ketika kami lakukan uji fitur multitouch menggunakan aplikasi “Multitouch Tester”, smartphone ini hanya memiliki 5 titik sentuhan seperti terlihat pada gambar diatas. Ini mungkin menjadi salah satu kekurangan pada smartphone ini. Karena dengan bandrol harga yang sudah lebih dari 2 juta rupiah seharunya smartphone ini mampu mempunyai titik sentuh pada layar minimal 10 jari sehingga untuk semua game yang ada mampu di instal dengan baik.

5. Sistem Operasi dan User Interface
Home Screen Lenovo A7000 Special Edition

Home Screen Lenovo A7000 Special Edition

Home Screen

Tampilan home screen pada Lenovo A7000 Special Edition ini masih sama dengan seri lenovo A7000 sebelumnya atau juga bahkan seri smartphone Lenovo lainnya. Dimana tampilan khas Lenovo dengan User Interface bernama Lenovo Vibe UI yang di padukan dengan OS Android Lollipop jauh lebih mempercantik layarnya. Selebihnya hampir sama dengan Xiaomi, pada lenovo Vibe UI ini juga menyediakan beberpa pemilihan tema cantk yang jauh lebih dapat mempercantik tampilan antar muka dari smartphone ini, sehingga deteknokers dapat menggonta-ganti tampilannya sesuai dengan selera.

Lockscreen Lenovo A7000 Special Edition

Lockscreen Lenovo A7000 Special Edition

Sayangnya dari review Lenovo A7000 Special Edition yang kami lakukan dalam beberpa hari ini, handset anyar lenovo ini masih menampilkan tampilan status bar yang sama dengan seri sebelumnya. Meski demikian untuk pengunaan ponsel ini kami cukup dimudahkan karena Lenovo tak menyertakan app drawer, bahkan jauh lebih mudah lagi terdapat mode Wide Touch yang merupkan langkah mudah bagi deteknokers untuk mengakses aplikasi tertentu yang sebelumnya telah di tentukan hanya dengan menyentuh tombol bulat yang ada pada sisi layarnya.

Sistem Operasi

Sistem Operasi Lenovo A7000 Special Edition

Sistem Operasi Lenovo A7000 Special Edition

Review Lenovo A7000 Special Edition seklanjutnya beralih ke sektor software yang di gunakannya, dimana terlihat jelas dari gambar diatas, handset ini dihadirkan dengan mengusung sistem Android Lollipop v5.0 yang di percantik dengan tampilan antar muka Lenovo VIbe UI seperti kami sampaikan diatas yang membuat pengoperasianya terasa lebih cepat dan gesit.

Fitur Screen Off Gestures Lenovo A7000 Special Edition

Fitur Screen Off Gestures Lenovo A7000 Special Edition

Selain itu Lenovo juga menawarkan fitur menarik dari penggunaan OS ini, dimana pada keadaan layar terkunci deteknokers dapat membuka langsung aplikasi yang sebelumnya sudah di tentukan dengan hanya membuat huruf “V” dan “O”. Dan bukan hanya itu saja, fitur lain yang cukup menarik adalah tersedianya kemampuan untuk membuka lock screen hanya dengan menyslide jari anda ke kiri atau ke kanan pada layar bagian bawahnya.

User Interface Aplikasi

Menu Dialer Lenovo A7000 Special Edition

Menu Dialer Lenovo A7000 Special Edition

Untuk beberpa aplikasi bawaan Lenovo A7000 Special Edition ini terlihat cukup standar ketika digunakan dan salah satunya adalah menu sms dan juga menu dialer serta contact yang masih menawarkan tampilan khas sistem operasi Android. Meskipun demikian dari penggunaan yang kami lakukan semuanya berjalan lancar dan cukup mudah sehingga menambah betah menggoperasikan smartphone ini.

Tampilan Menu SMS Lenovo A7000 Special Edition

Tampilan Menu SMS Lenovo A7000 Special Edition

Menariknya dari penggunaa menu sms yang ada pada smartphone ini juga terkesan lebih mudah meskipun seperti kita ketahui smartphone ini memiliki fitur Dual SIM, karena ketika ponsel ini mengaktifkan dua sim card pada tampilan menu sms terdapat dua pilihan pengiriman pesan yakni dengan sim 1 atau sim 2. Namun bagi deteknokers yang menginginkan untuk menjadikan default utamanya sim card 1 atau 2 deteknokers juga dapat mengaturnya di pengaturan sehingga hanya tampil satu sim card utama saja untuk pengiriman pesannya.

Tema

Theme Center Lenovo A7000 Special Edition

Theme Center Lenovo A7000 Special Edition

Hampir sama dengan seri Lenovi A7000 reguler, smartphone ini juga di beklali dengan fitur Theme Center yang dapat di gunakan deteknokers untuk mengubah tampilan layar smartpone ini semakin menarik. Sayangnya tak sama dengan Tema pada Xiaomi, Tema yang terdapat pada Lenovo Vibe UI ini hanya menyediakan beberpa pemilihan tema yang terbatas saja tanpa adanya mode download tema layaknya tema pada MIUI karena hanya menyediakan mode import tema yang telah kita download dari Google yang banyak menyediakannya. Meskipun demkian fitur ini cukup menarik untuk di gunakan karena dapat menghilangkan rasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja.

Tema Lenovo A7000 Special Edition 1

Tema Lenovo A7000 Special Edition 1

Tema Lenovo A7000 Special Edition 2

Tema Lenovo A7000 Special Edition 2

Tema Lenovo A7000 Special Edition 3

Tema Lenovo A7000 Special Edition 3

Dan dari gambar diatas, dapat dijelaskan bahwa Theme Center pada Lenovo ini tetap mampu memberikan kemampuan terbaiknya untuk membuat tampilan icon, home screen dan juga wallpaper semakin terlihat lebih menarik sesuai dengan selera yang dapat sobat deteknokers pilih. Menariknya dari dalam menu Theme Center ini juga menyediakan pemilihan penggantian tampilan Recent Task namun hanya dua pilihan saja yaitu tampilan standar Lenovo atau tampilan Recent Task sistem operasi Android Lollipop.

6. Peforma dan Hardware
Hardware Lenovo A7000 Special Edition

Hardware Lenovo A7000 Special Edition

Hardware

Kemudian Review Lenovo A7000 Special Edition kami lanjutkan ke bagian hardware dari smartphone ini dengan menggunakan aplikasi “CPU-Z”. Dan dengan jelas seperti terlihat pada gambar diatas, handset ini mempunyai prosesor berkecepatan Octa Core 1.7 Ghz Cortek-A53 yang mana sudah terkomputasi dengan system 64 Bit. Adapun untuk chipsetnya sendiri jelas terlihat bahwa Lenovo menggunakan chipset Mediatek dengan seri MT6752 dan GPU berjenis ARM Mali-T760. Sementara dari gambar diatas juga terlihat jelas bahwa Lenovo mempunyai total RAM 2GB serta kapasitas internal memori seluas 16GB yang tersisa hanya sekitar 11 GB karena sudah di gunakan untuk system dari smartphone ini.

Benchmark Antutu

Benchmark Lenovo A7000 Special Edition

Benchmark Lenovo A7000 Special Edition

Peningkatkan beberpa spesifikasi yang ada pada tubuh Lenovo A7000 Special Edition dari seri sebelumnya juga membuat performa yang di milikinya semakin mantap dan cepat. Hal ini dengan jelas di buktikan dari hasil Antutu Benchmark yang mencapai nilai “45.166”. Angka tersebut tentu sedikit lebih meningkat dari Lenovo A7000 reguler yang dulu perna kita review dengan hanya mampu menembus angka 42.605 saja. Hal ini tentu sangat jelas terjadi karena seperti kami sampikan diatas, pada versi special ini beberpa hardware yang di berikan memang sudah di tingkatkan, sehingga tak heran bila banyak pengguna smartphone android yang tertarik dengan smartphone yang satu ini terlebih dengan harga yang relatif terjangkau.

Benchmark Geekbench

Benchmark Geekbench 3 Lenovo A7000 Special Edition

Benchmark Geekbench 3 Lenovo A7000 Special Edition

Review Lenovo A7000 Special Edition berikutnya kami coba uji performanya dengan menggunakan aplikasi “Geekbench” yang mana ketika dilakukan pengujian smartphone ini mampu memberikan score 814 untuk pengujian single-core yang mampu mengalahkan Motorola Moto X. Sementara untuk pengujian multi-corenya smartphone ini mampumencapai score 4064 yang terbukti juga mampu mengalahkan Samsung Galaxy S5 dan LG Nexus 5. Dengan demikian performa gaming ataupun multitasking pada smartphone ini benar-benar terkesan lebih sempurna dari seri sebelumnya.

Memori

Memori dan Ram Lenovo A7000 Special Edition

Memori dan Ram Lenovo A7000 Special Edition

Diteruskan dengan review Lenovo A7000 Special Edition dari sisi memori penyimpanan dan Ram. Dapat dilihat dari gambar diatas smartphone ini memiliki total ruang internal memori seluas 16 GB yang dapat di ekspansi dengan microSD card hingga 32 GB. Dengan ini tentu saja kebutuhan akan ruang simpan untuk unduhan dan juga penyimpanan yang dibutuhkan tak lagi terbatas seperti seri seblumnya yang hanya menawarkan internal 8GB saja. Bahkan dengan total ruang yang cukup besar tersebut kami juga dapat mengunduh beberpa game HD seperti Ashpalt 8, Modern Combat dan Angry Bird 2 dengan cukup lancar tanpa ada hambatan.

Menariknya, dari penujian yang kami lakukan dan coba deteknokser juga dapat mengubah default memori penyimpanan smartphone ini dengan memilih antara internal ataupun microSD cardnya. Sayangnya dari pegujian yang kami lakukan untuk urusan penggunaan RAM yang berkapasitas 2GB, terlihat dengan jelas bahwa untuk system cukup banyak mengkonsumsi Ram yang hampir 1GB sendiri, sedangkan untuk penggunaannya dalam urusan aplikasi sekitar 166 MB yang membuatnya menyisakan sekitar 676 MB. Meski demikian performanya tetap terasa cukup lancar tanpa lag sedikitpun meskipun kami gunakan untuk membuka aplikasi cukup banyak.

Daya Tahan Baterai

Baterai Lenovo A7000 Special Edition

Baterai Lenovo A7000 Special Edition

Seharian menggunakan smartphone ini dengan rentang aktifitas yang terbilang cukup standar dan terus menghidupkan koenksi dalam mode 3G HSPA+ terbukti smartphone ini mampu bertahan hingga jam 9 malam dari penggunaan aktif mulai jam 8 pagi. Hal ini jelas membuktikan bahwa dengan kapasitas baterai 2900 mAh ponsel ini cukup baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari deteknokers.

Sayangnya ketika kami lakukan uji pengisian baterai dengan kapsitas 2900 mAh tersebut ponsel ini menunjukan waktu yang cukup lama untuk membuat full baterai tersebut karena hampir memakan waktu samapi 3 jam. Meskipun demikian dari review Lenovo A7000 Special Edition yang kami lakukan untuk urusan baterai terbilang cukup memuaskan meskipun harus menunggu lama untuk pengisian baterainya.

7. Multimedia
Pemutar Musik Lenovo A7000 Special Edition

Pemutar Musik Lenovo A7000 Special Edition

Musik

Hampir semua deteknokers pastinya pingin memiliki kualitas audio yang cukup apik pada smartphone yang mereka miliki. Dengan memilih Lenovo A7000 Special Edition ini mungkin menjadi pilihan yang tepat. Karena dari pegujian yang kami lakukan, smartphone ini mampu menghasilkan keluaran audio yang cukup mantap ketika digunakan untukl bermain game, menonton film atau juga mendengarkan lantunan musik. Hal ini jelas terjadi karena Lenovo sudah menyertakan fitur Dolby Atmos yang mampu memberikan pilihan berbagai macam fungsi seperti pemilhan Equalzer, pemilihan mode baik game, movie atau juga musik serta juga dapat di custom atau di sesuaikan dengan selera deteknokers.

Video

Video Lenovo A7000 Special Edition

Video Lenovo A7000 Special Edition

Menggunakan smartphone ini untuk menonton film dengan kualitas HD 720p cukup terlihat bening dan mantap. Apalagi dengan adanya layar beresolusi Full HD 1080p tampilan gambar dan juga tampilan visual dari film yang kami jalankan benar-benar terlihat cukup jelas. Bahkan hampir tak terasa lag sedikitpun karena memang untuk performanya smartphone ini sudah menggunakan GPU Mali-T760 yang sudah terbukti akan kualitasnya. Yang lebih menariknya dengan adanya fitur Dolby Atmos suara yang di hasilkan dari smartphone ini sangat memuaskan dan cukup menambah kenikmatan saat menonton film.

Gaming

Performa Gaming Lenovo A7000 Special Edition

Performa Gaming Lenovo A7000 Special Edition

Review Lenovo A7000 Special Edition berikutinya dari urusan gaming, seperti kami sampaikan diatas untuk menjalankan beberpa game berkualitas HD smartphone ini sangat lancar meskipun dalam setingan display high sekalipun. Beberpa game HD yang kami coba meliputi Mortal Combat dan juga Ashpalt 8 dapat berjalan dengan cukup lancar yang notabennya memiliki grafis tingkat tinggi. Pengujian game-game berukuran kecil pun juga kami lakukan seperti Angry Bird 2, Bima X dan juga beberpa game bawaan langusng dari Lenovo pun juga berjalan mulus. Sehingga pantas untuk deteknokers yang ingin memilikinya.

8. Konektivitas dan Internet
Konektifitas Lenovo A7000 Special Edition

Konektifitas Lenovo A7000 Special Edition

Kecepatan Internet 4G LTE

Diatas kertas dengan jelas smartphone ini memiliki akses internet berkecepatan 4G LTE, sayangnya kami tak bisa menguji penggunaan akses internet berkecepatan 4G LTE tersebut karena terkendala lokasi yang kebetulan di daerah kami belum mendukung akses jaringan 4G LTE. Meskipun demikian penggunaan jaringan berkecepatan 3G HSPA+ yang kami dapatkan pun sudah cukup membuat kami betah karena ketika kami gunakan untuk mendownload handset ini cukup cepat untuk mendownlod file.

Dan untuk sobat deteknoksers yang sudah berada di area perkotaan tentunya akan lebih puas lagi karena dapat menggunakan akses jaringan 4G LTE yang memang sudah di miliki smartphone ini. Oya selain konektifitas yang cepat, smartphone ini juga memiliki beberapa akses konektifitas lain yang dapat di pergunakan seperti Bluetooth v4.0 dan juga Wi-Fi bertipe Wi-Fi 802.11 b/g/n. Sayanya Wi-Fi tersebut belum mendukung fitur dual band. Menariknya hampir sama dengan smartphone lainnya, ponsel ini juga bisa di jadikan modem dengan adanya fitur Wifi Hotspot.

Navigasi GPS

GPS Lenovo A7000 Special Edition

GPS Lenovo A7000 Special Edition

Review Lenovo A7000 Special Edition kemudian kami lanjutnya untuk penggunaan GPS, meskipun tergolong smartphone murah dan terjangkau tapi untuk kualitas GPS yang ada pada smartphone ini cukup mempuni dan cepat untuk mengunci lokasi tempat kami berada. Jadi untuk deteknoksers yang sedang melakukan perjalanan tentu akan sangat membantu sekali fitur yang satu ini.

9. Kualitas Kamera
Aplikasi Kamera Lenovo A7000 Special Edition

Aplikasi Kamera Lenovo A7000 Special Edition

Pastinya deteknokers penasaran kan bagaimana kualitas kamera dari smartphone ini ?? Yapz seperti diawal kami sampikan dimana terdapat segi peningkatan yang cukup apik dari seri sebelumnya fitur kamera juga menjadi salah satu bagian dari peningkatan tersebut, karena untuk seri yang satu ini Lenovo sudah menyertakan lensa berkeluatan 13 MP dengan kemampuan menghasilkan gambar berukuran 4160 x 3120 pixels. Menariknya untuk meningkatkan kualitas gambar yang ada pada tubuh smartphone ini, Lenovo juga menyertakan Dual LED Flash yang tepat di letakan di bawah lensa kamera dan fitur autofocus. Sementara untuk kamera depannya sudah tersedia lensa bekekuatan 5 MP dengan fitur Fixed Focus, nah penasaran bagaimana hasilnya simak deteilnya di bawah ini sob.

Kamera Belakang

Kamera Belakang Lenovo A7000 Special Edition

Kamera Belakang Lenovo A7000 Special Edition

Review Lenovo A7000 Special Edition yang kami lakukan pada kamera belakang ini terbilan lebih apipk dari seri sebelumnya yang hanya mengandalkan lensa 8 MP. Dari tampilannya sendiri terlihat cukup mudah dan ringkas bahkan deteknokers dapat mengatur aspec ratio dari 1:1, 4:3, hingga 16:9 sehingga tampilannya layarnya dapat diatur sesuai keinginan. Bahkan ketika kami gunakan untuk pemotretan di siang hari smartphone ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang cukup terang dan jernih, akan tetapi ketika di gunakan di malam hari kualitasnya masih terasa kurang memuaskan baik menggunakan LED Flash maupun tak menggunakan LED Flash. Nah untuk mengetahui bagaimana hasilnya silahkan simak detail gambarnya berikut ini.

Foto Malam Hari Tanpa LED Flash

Foto Malam Hari Tanpa LED Flash

Foto Malam Hari Dengan LED Flash

Foto Malam Hari Dengan LED Flash

Adanya pemilihan iso pada menu pengaturan kameranya dari 100 hingga mencapai 1600 tentu dapat mempengaruhi hasil dari jepretan yang ada. Bahkan untuk kamera utamanya ini juga menyediakan 12 mode effects yang dapat dipergunakan sesuai dengan keinginan mulai dari mode effect Sepia, Negative, Mono serta masih banyak lagi, selan itu terdapt pula mode panorama dapat di gunakan bagi sobat deteknokers yang ingin mencobanya. Oya lebih menariknya pada kamera utama ini juga memiliki fitur yang dapat secara cepat memotret objek didepannya meskipun dalam kondisi layar terkunci dengan menekan dengan cepat volume down 2 kali.

Foto Siang Hari Dengan LED Flash

Foto Siang Hari Dengan LED Flash

Foto Siang Hari Tanpa LED Flash

Foto Siang Hari Tanpa LED Flash

Foto Siang Hari Mode HDR

Foto Siang Hari Mode HDR

Review Lenovo A7000 Special Edition berikutnya kami uji kamera utama ini untuk merekam video. Dengan hasil yang cukup terlihat jelas smartphone ini mampu membuat sebuah rekaman video dengan kualitas Full HD 1080p dengan kualitas audio yang cukup jernih. Menariknya ketika digunakan untuk memotret di siang hadir dengan jarak objek yang dekat smartphone ini benar-benar memberikan hasil yang cukup mempuni dengan rata rata hasil kamera utama ini memiliki ukuran 3.28 MB ketika menggunakan LED Flash dan 3,32 MB ketika tak menggunakan LED Flash. Nah bagaimana masih tertarikan deteknokers dengan smartphone ini setelah melihat kualitas kamera yang di hasilkannya ??

Kamera Depan

Kamera Depan Lenovo A7000 Special Edition

Kamera Depan Lenovo A7000 Special Edition

Menggunakan kamera depan untuk berselfie bisa dikatkan sudah menjadi hobi bagi para setiap pengguna smartphone android, bahkan dengan harga Lenovo A7000 Special Edition yang relatif terjangkau, smartphone ini mampu meghasilkan kualitas selfie yang cukup apik karena sudah tersedianya lensa kamera berukuran 5 MP. Lensa kamera tersebut juga bisa di gunakan sebagai media video record dengan kualitas yang dapat di atur mau HD 720p ataupun juga Full HD 1080p. Dengan ini tentu akan semakin menguatkan ponsel ini sebagai ponsel selfie yang cukup apik. Nah pengin tau bagaimana hasil dari lensa kamera depan yang kami tes ?? silahkan lihat gambar dibawah ini.

Foto Selfie Mode Normal

Foto Selfie Mode Normal

Bagi deteknokers yang mungkin hobi berselfie smartphone ini menjadi pilihan yang tepat karena setelah review Lenovo A7000 Special Edition yang kami lakukan pada lensa kamera depannya ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang cukup jelas meskipun di indor maupun outdor. Bahkan dari hasil selfie yang kami tes smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur beauty hingga 7 tingkatan sehingga dapat membuat hasil selfie deteknokers semakin terlihat putih jernih dan mulus. Penasaran dngan hasilnya yuk liat gambar berikut ini.

Foto Selfie Mode Beauty

Foto Selfie Mode Beauty

Dari foto selfie yang kami dapatkan dengan menggunakan mode Beauty dengan memaksimalkan kualitasnya terlihat jelas bahwa foto yang di dapatkan terlihat leboh jernih dan juga lebih bening. Untuk ukurannya sendiri yang kami dapatkan ketika menggunakan fitur Beauty ini mencapai 742 KB sementara untuk hasil kamera depan tanpa menggunakan fitur Beauty tersebut menghasilkan ukuran sekitar 716 KB. Oya hampir saja lupa dari menu pengaturan deteknokers juga dapat memilih mode tap, voice, blink (Berkedip) atau juga Hand sign dengan untuk mempermudah selfinya. Nah bagaimana nih deteknokers, masih pengin punya smartphone ini kan setelah liat kualitas hasil selfienya ??

10. Harga Lenovo A7000 Special Edition
Harga Lenovo A7000 Special Edition

Harga Lenovo A7000 Special Edition

Setelah menyimak dan melihat Review Spesifikasi Lenovo A7000 Special Edition yang sudah kami sampikan diatas, tentu deteknokers pasti ingin tahu kan harga yang kami dapatkan untuk pembelian smartphone ini. Yapz sesuai dengan flash sale di Lazada, kami memperoleh smartphone ini dengan harga Rp 2.399.000 juta rupiah atau tepatnya 2.4 juta rupiah. Harga Lenovo A7000 Special Edtion ini tentu cukup tergolong terjangkau dan murah untuk masyarakat Indonesia yang mengahapkan sebuah smartphone dengan kualitas layar Full HD dan berfitur 4G LTE.

11. Kelebihan Lenovo A7000 Special Edition
  • Harga Lenovo A7000 Special Edition ini terbilang cukup terjangkau dan murah
  • Sudah memiliki fitur dual sim dengan penggunaan yang cukup mudah
  • Dilengkapi dengan layar beresolusi Full HD 1080p dengan penggunaan panel IPS+OGS
  • Desain yang cukup nyaman di gunakan meskipun menggunakan satu genggaman tangan
  • Memiliki Slot MicroSD card yang dapat menambah kemudahan penyimpanan file
  • Baterai berkapasitas 2900 mAh terbilang cukup awet
  • Sudah mampunyai kamera berkekuatan apik dengan bagian belakang berukuran 13 MP dan Depan 5 MP
  • Performa lebih mantap dengan adanya prosesor 64 Bit berkecepatan Octa Core 1.7 Ghz dan Ram 2GB.
  • Mendukung USB OTG
12. Kekurangan Lenovo A7000 Special Edition
  • Layar Belum memiliki perlindungan, Sehingga mengharuskan pengguna untuk menggunakan Film Inside bawaan untuk melindungi layarnya.
  • Tema bawan Cukup terbatas sehingga harus mendownloadnya dari Google

Baca Juga : Review Samsung Galaxy Note 5 : Smartphone Flagship

Nah bagi deteknokers yang memang penasaran dengan smartphone yang satu ini, mungkin dari ulasan singkat yang kami sampikan diatas cukup membantu deteknokeers untuk bisa memahami bagaimana kualitas yang di berikan smartphone ini dengan adanya peningkatkan dari beberpa hardware yang sudah di berikan Lenovo. Dan dengan harga Lenovo A7000 Special Edition yang hanya sekitar 2.4 juta rupiah tentu saja smartphone ini pantas menjadi pilihan yang tepat untuk deteknokers yang sedang mencari smartphone selfie dengan kualitas yang apik. Nah semoga Review Lenovo A7000 Special Edition diatas bisa bermanfaat bagi deteknokers.


Advertisement