Review Infinix Zero 3, Phablet Mewah Harga Terjangkau

Banner

Detekno.com – Tampilan elegan dan desain mewah begitu terlihat pada perangkat ponsel cerdas terbaru dari infinix yang satu ini, sebut saja “Infinix Zero 3“. Nama yang menunjukan sebuah kegaharan dapur pacu lengkap dengan berbagai fitur menarik yang tidak dimiliki oleh perangkat lainnya. Ukurannya memang lebar dan cukup luas, pasalnya pada bagian layar yang di usungnya memiliki bentang cukup luas mencapai 5,5 inch, maka pantas rasanya kalau perangkat ponsel ini diberikan julukan sebagai “phablet”. Disamping itu, menyoal desain yang digunakannya, Infinix Zero 3 dibalut material metal dan kaca di bagian back cover,lengkap bersama motif garis diagonal begitu rapat.

Kemudian bila berbicara dapur pacu, sobat tak perlu ragukan lagi akan performa yang bisa disemburkan dari dalam tubuh phablet terbaru dari Infinix. Berbekal RAM besar dan chipset dari Mediatek serie Helio X10, menjanjikan tenaga super besar yang sanggup membawa para penggunanya dalam sensasi lebih seru dalam memainkan berbagai game 3D terkini. Menariknya lagi, di sisi visual layar yang dibawanya sudah membawa bekal layar kualitas FHD dan segi fotografi dilengkapi lensa kamera utama 20,7 MP. Dan untuk mengetahui lebih detail tentang apa saja yang dimiliki oleh phablet satu ini baik itu dalam paket penjualan serta speisifikasinya, sobat bisa simak selengkapnya dalam Review Infinix Zero 3 dibawah ini.

Review Infinix Zero 3

Review Infinix Zero 3

Review Infinix Zero 3

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Phablet Infinix Zero 3
  • 1 Head Charger Output 2A
  • 2 Unit Kaki Charger (Kaki 3 dan 2)
  • 1 Kabel MicroUSB v2.0 Berwarna Putih
  • 1 Bonus Softcase
  • 1 Sim Card injector
  • Buku Panduan Pemakaian
  • Kartu Garansi Resmi Infinix Zero 3

Kesan awal sebelum kami membuka dusbook Infinix Zero 3 sudah terlihat mewah, karena jarang kita temui dusbook dengan motif hitam kotak-kotak pada bagian penutup dan hijau sebagai tempat menaruh kelengkapan yang ada didalamnya. Menurut kami cukup unik, apalagi setelah kita buka, langsung dihadapkan dengan unit Zero 3 yang masih terbungkus rapi pada plastik, dan di bagian pembungkusnya juga dilengkapi peta petunjuk navigasi dari apa yang ada di bagian luar, seperti tempat sim-card, microSD, pengaturan volume, dan tombol power.

Lanjut membuka dusbook bagian dalam, kami sendiri menemukan kartu garansi resmi dari infinix, buku panduan penggunaan, kabel microUSB v2.0 berwarna putik dengan kabel berbentuk pipih berwarna putih yang didesain begitu menarik. Lalu ada kepala charger, tapi bedanya dengan produk phablet lainnya, pada infinix Zero 3 telah disediakan 2 kaki charger dengan bentuk berbeda, diantaranya kaki 2 dan kaki3, yang mungkin sengaja diberikan oleh pihak Infinix agar bisa memberikan charger multifungsi dengan tingkat kemanan tinggi.

Kami buka lagi, dan terselip satu buah injector yang nantinya bisa sobat pergunakan untuk membuka slot sim card maupun microSD, yang ternyata berada pada tempat terpisah. Akan tetapi cukup disayangkan, pada paket penjualan yang kami terima tidak tersedia adanya headset, hal ini tentunya membuat ami sedikit kecewa, tapi setelah kita cari tau ke berbagai media, memang tidak disetakan headset, sehingga mau tidak mau buat sobat deteknokers yang ingin mendengarkan musik secara nyaman, terlebih dahulu membeli headset ditoko kesayangan.

2. Video Unboxing :
3. Desain dan Body :

Kekurangan isi dalam dusbook menurut kami tidak terlalu berpengaruh, karena kami sendiri sudah memiliki unit headset untuk merasakan kedahsyatan audio dari Infinix Zero 3 nantinya. Setelah dusbook beserta isinya, sekarang beralih ke unitnya kembali, dimana review phablet Infinix Zero 3 diketahui dibentuk dalam dimensi ukuran panjang 151mm, lebar 75,8mm dan ketebalan meraih angka 6,8mm, yang bisa dibilang untuk ukuran yang dimiliki oleh phablet satu ini cukup ideal dan cukup membuat kami sebagai pengguna merasa nyaman mengenggamnya. Terlebih dengan bobot 172g, kami rasa tidak terlalu berat. Kenyamanan pun semakin bertambah, berkat dijadikannya metal (stainless steel) sebagai material utama pembukus seluruh bagian body dari Zero 3, serta kaca yang di benamkanpada bagian back cover, menjanjikan sebuah kemewahan dan kenyamanan lebih karena tidak terasa licin sewaktu digunakan, malah sebaliknya terasa keset di tangan.

Tampak Depan

Tampak Depan Infinix Zero 3

Tampak Depan Infinix Zero 3

Di bagian ini, review Infinix Zero 3 menunjukan kalau phablet yang sekaligus sebagai suksessor dari generasi sebelumnya, membenamkan panel layar cukup lebar dan cukup luas dengan bentang mencapai 5,5 inch viewing angle 178 derajat, berkemampuan resolusi penuh hingga FHD atau setara 1080 x 1920 pixel dan dilapisi pelindung berupa corning gorilla glass 3. Kemudian ada juga speaker telfon plus lampu indikator yang ditempatkan persis di bagian atasnya, lalu beralih ke sisi kanan speaker tersemat LED Flash dan di sisi kirinya terdapat kamera berukuran 5MP. Sedangkan bila sobat bertanya tombol dibawah layar, pihak infinix tidak menggunakan capasitive button melainkan 3 tombol cappasitive on-screen.

Tampak Belakang

Tampak Belakang Infinix Zero 3

Tampak Belakang Infinix Zero 3

Review Infinix Zero 3 pindah ke bagian belakang, yang mana sobat akan dihadapkan dengan lensa kamera sangat besar berukuran 20,7 MP lengkap bersama dual LED Tone Flash yang siap memanjakan deteknokers semua dalam urusannya mengabadikan momen berkualitas, lalu di bagian tengah-tengah terlihat ada logo tulisan “Infinix” bertinta hitam dan “Zero” di bagian bawah pas diatas speaker utama, dan perlu sobat ketahui pada bagian back cover tersemat lapisan kaca bening yang menutupi motif diagonal, dan dari siniliah Infinix Zero 3 tampak lebih mewah dan berkelas layaknya phablet dengan harga mahal, padahal aslinya si untuk label harga yang tertera padanya berada pada kisaran terjangkau.

Tampak Atas

Tampak Atas Infinix Zero 3

Tampak Atas Infinix Zero 3

Lanjut ke bagian atas, disini sobat deteknokers akan menjumpai satu lubang jack audio dengan diameter 3,5mm di sebelah kiri, sedangkan di bagian kanan ada satu lubang kecil yang berfungsi sebagai microphone. Lebih tepatnya lubang kecil tersebut semacam perangkat yang berfungsi untuk meredam suara agar tetap jelas suara yang keluar dari speaker agar tetap jelas meskipun dalam posisi ramai. Tapi seperti yang sudah kami katakan diawal tadi, tidak ada headset yang dibekalkan pada pakelt penjualan, jadi buat sobat yang ingin mencoba kualitas audio, harap membeli headset terlebih dahulu.

Tampak Bawah

Tampak Bawah Infinix Zero 3

Tampak Bawah Infinix Zero 3

Sama halnya dengan apa yang sobat lihat di sisi atas, review infinix Zero 3 memperlihatkan satu buah port microUSB v2.0 di bagian sebelah pojok kiri, yang posisinya sangat berdekatan dengan siku body Zero 3 itu sendiri. Kemudian pada sebelah kananya tidak terlampau jauh, sobat deteknokers akan melihat satu buah lubang yang berfungsi sebagai microphone dengan dilengkapi satu fitur peredam suara, sehingga dalam melakukan telefone nantinya, suara yang akan terdengar pada lawan bicara kita nantinya tetap mendengar suara yang kita ucap secara jelas dan cukup jernih menurut kami.

Tampak Samping

Tampak Samping Kanan Infinix Zero 3

Tampak Samping Kanan Infinix Zero 3

Perlu sobat ketahui, pada sisi samping atau seluruh frame yang membalut Infinix Zero 3 dibuat dalam desain mengkotak, tapi di sisi atasnya di buat mirip desain prisma yang menonjolkan bagian back cover. Dimana adanya hal tersebut sangatlah mendukung pemakaian lebih nayaman, karena body dari Zero 3 bisa dikatakan sangat pas berada digenggaman, dan memungkinkan deteknokers untuk menjangkau semua panel yang ada secara mudah dengan menggunakan satu tangan saja. Selain mempertonotonkan desain unik plus mewah, di sisi samping kanan dan kiri terselipkan slot sim card dan micro SD.

Tampak Samping Kiri Infinix Zero 3

Tampak Samping Kiri Infinix Zero 3

Dimana untuk bagian samping kiri, review Infinix Zero 3 menemukan slot sim card berfitur dual sim yang bisa sobat isi dengan 2 sim card dari provider GSM berbeda berbentuk Micro SIM, sehingga tidak perlu lagi membawa dua HP hanya untuk mengaktifkan dua sim berbeda provider. Pindah ke bagian kanan ada slot microSD pada posisi paling atas, kemudian dibagian bawahnya ada tombol pengaturan volume dan terkhir yang paling bawah tersemat tombol power, yang bisa kia manfaatkan sebagai tombol screen shot, yakni dengan menekan secara bersamaan tombol power dan volume down secara bersamaan.

Slot Simcard dan MicroSD

Slot Sim Card dan MicroSD Infinix Zero 3

Slot Sim Card dan MicroSD Infinix Zero 3

Pada sisi samping bagian kanan selain pengaturan volume, dijumpai juga slot microSD dengan daya tampung hingga batas maksimal 128GB. Lalu pada sisi samping kiri, ada juga satu buah slot, tetapi berbeda dengan apa yang ada di bagian kanan, kalau disisi kiri di isi oleh dual slot sim-card, yang nantinya bisa sobat deteknokers isi dengan dua sim card dari provider GSM berbeda.

4. Layar :
Layar Infinix Zero 3

Layar Infinix Zero 3

Panel berukuran luas siap memanjakan sobat deteknokers nantinyua, resolusi tinggi yang dibawa oleh layar dengan bentang seluas 5,5 inch bisa sobat jadikan sebagai media pemutar berbagai fitur multimedia secara jelas dan tajam dengan tingkatan mencapai 1080 x 1920 pixel atau setara FHD. Kejernihan yang dimiliki olehnya dipertegas dengan kepadatan pixel tinggi hingga ~401ppi dan membawa Color depth 24 bit. Jadi untuk kualitas layar dijamin bening. Terlebih dukungan teknologi In Plane Switching (IPS) juga tidak ketinggalan dibawakan oleh Infinix terhadap phablet terbarunya, sehingga sobat dapat melihat seluruh isi layar dalam pandangan hingga viewing angle 178 derajat.

Test Multitouch Infinix Zero 3

Test Multitouch Infinix Zero 3

Dan tidak hanya berhenti sampai disitu saja, Infinix Zero 3 melengkapi diri bersama lapisan berupa Corning Gorilla Glass 3. Adanya lapisan satu ini sangatlah berpengaruh terhadap bening atau tidaknya layar. Karena selain memiliki sifat melindungi atau dengan kata lain meminimalisir goresan yang diakibatkan oleh kesalahan pemakaian maupun benda tajam. Lapisan tersebut juga secara langsung menambah tingkat kejernihan layar menjadi lebih dari pada layar yang tidak dilapisi pleindung demikian. Sedangkan pada hasil uji multitouch yang kami lakukan dengan menggunakan AnTuTu beserta Phone Tester hanya menghasilkan skor “5”, yaaa dengan hasil demikian, terbilang cukup nyaman lah untuk mengakses berbagai aplikasi maupun memainkan game berbasis perang yang meutuhkan banyak titik sentuhan dalam sekali waktu.

5. Sistem Operasi dan User Interface :
Sistem Operasi + UI Infinix Zero 3

Sistem Operasi + UI Infinix Zero 3

Review Infinix Zero 3 beranjak ke sistem operasi atau OS. Pertama kali sobat deteknokers dapatkan phablet satu ini akan langsung dihadapkan dengan OS Android v5.1 atau yang sering kita sebut dengan panggilan Android Lollipop. Akan tetapi tidak mutlak hanya menampilkan tampilan khas android seperti perangkat ponsel cerdas / phablet yang tidak memiliki suatu kekhasan, dengan tampilan biasa. Namun disini pada phablet terbaru dari Infinix yang satu ini sobat deteknokers akan menjumpai tampilan lebih menarik di banding versi stock rom Android, dikarenakan pihak infinix telah menerapkan sistem user interface khas dengan julukan XUI, yang mana adanya sistem UI tersebut memungkinkan pengguna untuk merubah tampilan dengan walpaper, font, dan icon berbeda sesuai dengan thema yang tersedia.

Home Screen

Home Screen Infinix Zero 3

Home Screen Infinix Zero 3

Awal mula sobat memasuki Infinix Zero 3, suguhan berbeda tampak pada bagian home screen. Meskipun masih mengusung app drawer seperti perangkat android lainnya, namun ikon yang khas dan beberapa aplikasi bawaan langsung sobat jumpai dibagian ini, misal saja seperti aplikasi X-online, Xclub, Xcontacts, ultra power yang berfungsi sebagai aplikasi penghemat daya atau baterai, dan pastinya ada app drawer dengan berbagai aplikasi bawaan ataupun aplikasi yang sobat instal akan secara otomoatis masuk ke sisi bagian dalam.

Thema

Thema Infinix Zero 3

Thema Infinix Zero 3

Lain halnya dengan Xiaomi yang selalu update dengan pilihan thema terbaru, pada saat awal kami review infinix Zero 3 lebih mendalam, yang kami temui hanya beberapa pilihan thema (sekitar 22 thema). Tapi untuk bisa memakai thema tersebut, sobat harus mendownloadnya terlebih dahulu. Tenang saja, ukuran thema yang ada di Infinix Zero 3 tidak memiliki ukuran besar, palingan cuma 2 MB saja. Sehingga sobat tidak perlu takut lagi ketika hanya memiliki kuota minim, karena ukurannya itu sangatlah kecil.

Ubahan Thema Infinix Zero 3

Ubahan Thema Infinix Zero 3

Tetapi tidak seperti yang sobat bayangkan, bila mengganti thema akan berganti semua tampilan yang ada. Perubahan hanya terdapat pada 2 bagian, yakni background, home screen, lock screen dan icon saja, sedangkan untuk tampilan pada pesan, telfon, dan bagian lainnya, tetap terlihat sama dengan apa yang sobat lihat pertama kali menghidupkan pbahlet terbaru dari Infinix yang satu ini. Kemudian perubahan lain yang bisa sobat lalkukan, palingan font, dan lagi lagi terbatas pada pilihan yang tersedia secara online dalam jumlah 22 buah saja.

Status Bar

Status Bar Infinix Zero 3

Status Bar Infinix Zero 3

Meskipun sobat deteknokers sudah menggonta-ganti thema sesuai pilihan dan selera, untuk user interface pada statur bar tidak akan berubah, dan akan tampil dengan warna biru cerah di sisi atas tepat di bagian waktu, option dan indikator baterai. Sedangkan dibawahnya dengan berbagai menu pilihan bekal fitur bawaan diberikan warna dasar biru lebih tua dengan font berwarna putih, dan pada bagian notifikasi dari berbagai aplikasi dan medsos akan tersaji dalam background berwarna silver dengan font berwarna hitam.

Widget

Widget Infinix Zero 3

Widget Infinix Zero 3

Dalam mengakses widget yang ada pada Infinix Zero 3, caranya dapat dikatakan begitu mudah, pasalnya hanya cukup menekan dalam jeda waktu lama, secara otomatis bagian hom screen berubah dalam ukuran kotak-kotak kecil dengan 3 pilihan menu dibawahnya, yang terdiri dari walpapers, widget dan settings. Beberapa pilihan menu widget yang ada diantaranya seperti battery, DU Battery Saver Switch, DU Battery Saver, A-Z (uktuk akses aplikasi secara instan dan sesuai abjad), analog clock, dan masih banyak widget lainnya. Dikarenakan aplikasi bawaan dari Infinix terbilang sangat banyak. Maka pantas rasanya pada saar kami review Infinix Zero 3, kami sendiri menjumpai widget dalam jumlah lebih dari 10.

Lock Screen

Magazine Lock Screen Infinix Zero 3

Magazine Lock Screen Infinix Zero 3

Ini dia yang berbeda dari pada yang lain. Menarik dan unik, review infinix zero 3 lebih mendalam yang kami lakukan menghasilkan penemuan berupa live lock screen, yang tehubung dengan koneksi internet. Dengan sobat mengaktifkan fitur satu ini, secara otomatis lock screen akan berubah ubah tampilannya lengkap dengan kata-kata bijak di bagian bawah, yang juga turut berganti ketika phablet satu ini terhubung dengan koneksi internet.

Walpaper

Walpaper Infinix Zero 3

Walpaper Infinix Zero 3

Kerennya lagi, selian thema dan font yang bisa didapatkan secara online, sobat juga bisa dapatkan walpaper dengan langsung mendownloadnya melalui menu Xwalpaper, disitu langsung terdia beberapa pilihan walpaper keren bawaan, dan yang secara online sobat akan langsung diberikan suguhan pilihan menu walpaper Abstract, Animal, Lanscape, Music, Sports dan Female, yang masing-masing menyimpan pilihan walpaper-walpaper unik serta bisa dipilih dengan menyesuaikan selera dari setiap penggunanya.

6. Performa dan Hardware :
Hardware Infinix Zero 3

Hardware Infinix Zero 3

Hardware

  • Chipset : Mediatek Helio X10 (MT6795)
  • CPU : Octa-core 2.0 GHz ARM Cortex-A53
  • GPU : Power VR G6200
  • Internal : 16 GB / 32 GB, microSD up to 128 GB
  • Ram : 3 GB RAM
  • Baterai : Non-removable Li-Ion 3030 mAh

Berbekal chipset dari Mediatek serie MT6795 yang dijuluki sebagai Helio X10, dengan delapan core processor yang mampu berlari hingga clock speed maksimal mencapai 2.0 GHz, dan dijalankan pada arsitektur 64 Bit, akan memastikan para pengguna nantinya dapat menjalankan berbagai aktifitas diatas layar secara cepat. Terlebih dukungan RAM berukuran besar 3GB, menjalankan banyak aplikasi dalam sekali waktu atau bisa juga dikatakan sebagai aktifitas multitasking, bisa sobat lakukan secara lancar tanpa ada kendala berarti. Sedangkan pada bagian pengolah grafis di isi oleh komponen GPU Power VR G6200.

Dari ketiga komponen hardware yang dibawanya, tentunya bukan barang mustahil bagi infinix zero 3 untuk memberikan yang terbaik serta performa plus kinerja lebih powerfull terhadap siapa saja yang akan menggunakannya. Selanjutnya di lini penyimpanan, tersedia ruang simpan internal ekstra luas, tetapi sebelumnya dua opsi pilihan akan dihadapkan terhadap sobat, karena pada bagian ini Infinix memberikan 2 kapasitas berbeda yang bisa sobat sesuaikan dengan kebutuhan, diantaranya 16 GB / 32GB. Dan bila masih merasa kurang dengan ruang simpan bawaan, deteknokers bisa tambahkan microSD pada slot eksternal yang ada hingga batas maksimal 128GB.

Bencmark AnTuTu

Benchmark AnTuTu Infinix Zero 3

Benchmark AnTuTu Infinix Zero 3

Spesifikasi yang dibawanya begitu gahar kan sob, dan hal ini sebanding dengan perolehan skor yang didapatnya sewaktu kami melakukan uji coba benchmark menggunakan AnTuTu v6.0.1, apa yang dihasilkan cukup memuaskan,pasalnya Infinix Zero 3 memperoleh 54914, dimana pada sebelum melakukan uji coba, kami telah mengaktifkan “mode high performance”. Dengan hasil demikian, membuat phablet terbaru dari Infinix ini berada pada posisi diatas Lenovo K3 Note dan vivo X5 Pro, sedangkan untuk peringkat diatasnya ada LeTV 1S dan atasnya lagi adaLG G4 dengan perolehan skor 65.507, jadi pantas rasanya jika harga Infinix Zero 3 dilepas pada nilai jual Rp.2,5 jutaan.

Benchmark GeekBench

Benchmark GeekBench Infinix Zero 3

Benchmark GeekBench Infinix Zero 3

Dan ini dia yang membuat kami sebagai pengguna infinix Zero 3 berasa takjub akan kemampuan serta perfoma yang dimilikinya. Bagaimana tidak, pada hasil skor yang kami dapatkan menunjukan kalau Infinix Zero 3 memiliki skor single core sebesar 861 yang berada diatas LG Nexus 5, dan untuk skor Multi-core yang memperoleh 4266, ternyata berada di atas perolehan skor dari ponsel flagship dari Samsung atau lebih tepatnya Samsung Galaxy S6 Edge yang hanya mampu mendapatkan nilai 4108, ngeri banget yah sob !!!

Kapasitas Penyimpanan dan RAM

Memori dan RAM Infinix Zero 3

Memori dan RAM Infinix Zero 3

Ruang simpan yang dimiliki oleh phablet terbaru garapan infinix ini sangatlah luas, meskipun kami sendiri memilih untuk membeli Infinix Zero 3 dengan internal sebesar 16 GB bukan 32 GB, masih sangat terasa cukup untuk menyimpan aplikasi plus beberapa game 3D berforma besar tanpa harus takut kehabisan space memory yang ada, setidaknya ada 3 game besar yang kami instal, dan selebihnya game-game berukuran kecil, bahkan sampai dengan menyisakan beberapa gb saja. Tapi dengan catatan, sebanyakan apapun sobat menginstal aplikasi dan game, sisakanlah ruang paling tidak 1GB, agar ruang pacu dapat bekerja lebih optimal.

Tapi meski demikian banyaknya aplikasi yang bisa kami simpan, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja yang ada, karena meski kami sudah menginstal game dan aplikasi dalam jumlah banyak didalamnya, ruang yang tersisa dalam RAM cukup banyak hingga 1,8 GB, cukup mantabs bukan sob ? maka pantas saja jika multitasking dan menjalankan aplikasi maupun game berbobot lainnya, dapat dilakukan oleh Infinix Zero 3 tanpa ada kendala yang berarti, pokoknya harga yang terlabel pada Infinix Zero 3 sangat sebanding dengan kemampuan yang dimilikinya. Ditambah sobat juga bisa memperluas penyimpanan menggunakan microSD hingga batas maksimal 128 GB.

Daya Tahan Baterai

Baterai Infinix Zero 3

Baterai Infinix Zero 3

Kami rasa baterai sebesar 3030 mAh berfitur non-removable dari Li-ion yang dibenamkan pada Infinix Zero 3, sangatlah lebih dari cukup. Pada saat kami lakukan review Infinix Zero 3 lebih jauh terutama pada tahap pemakaian baterai, tercatat pengisian daya dengan charger bawaan atau Original tidak sampai menyentuh 2 jam, malah bisa dikatakan 1 jam 50 menit saja dari posisi baterai kosong hingga 100%. Sedangkan soal pemakaian, dapat dikatakan wajar, karena selama pemakaian normal dengan aktif menggunakan media sosial, dan jarang menggunakan foto dan bermain game, baterai Infinix Zero 3 dapat bertahan sekitar 1 x 24 jam. Sedangkan untuk bermain game, menyesuaikan dengan intensitas pemakaian, semakin lama bermain game, akan sangat berpengaruh terhadap berkurangnya kapasitas yang ada pada baterai.

Sensor

Sensor Infinix Zero 3

Sensor Infinix Zero 3

Pindah ke bagian sensor, selama review Infinix Zero 3, dan membuka beberapa aplikasi benchmark baik itu AnTuTu, dan Phone Tester, yang terlihat hanyalah Accelerometer, Compass, Magnetic Field, Proximity, dan Light sensor, yang menurut kami sudah lebih dari kata cukup untuk phablet dengan banderol 2,5 jutaan, malah justru sebaliknya, dengan apa yang dipunya oleh Infinix Zero 3 menunjukan sensor lengkap, dan itu berarti akan sangat mendukung pemakaian lebih baik.

7. Multimedia :
Nova 3 di Infinix Zero 3

Nova 3 di Infinix Zero 3

Asphalt 8 di Infinix Zero 3

Asphalt 8 di Infinix Zero 3

Fifa 2016 di Infinix Zero 3

Fifa 2016 di Infinix Zero 3

Gaming

Bisa sobat lihat pada perolehan skor geek bench diatas, dengan bekal ARM Cortex-A53 dan Processor Octa-core 2.0 GHz (MT6795) dan GPU Power VR G6200 yang memiliki clock 700 MHz, berhasil memperoleh skor berada diatas ponsel flagship, dan setelah kami review Infinix Zero 3 dengan memainkan game 3D seperti Nova 3, Fifa 2016, dan Asphalt 8 Airbone yang secara tidak langsung sudah mewakili game 3D terkini, bisa dijalankan pada secara lancar, dan perolehan suhu saat kami memainkan game terbilang normal pada kisaran 36,4 sampai 39 derajat. Tapi berbeda dengan sewaktu menggunakannya untuk menjalankan kamera untuk berfoto, online dalam media sosial dan terkneksi dengan jaringan H+, suhu yangkami dapat sangatlah mencengangkan, karena mencapai 47 derajat celcius. Tapi meski sebegitu panasnya, semua aplikasi tetap berjalan normal tanpa ada kendala.

Suhu Infinix Zero 3 Saat Foto+Online H+

Suhu Infinix Zero 3 Saat Foto+Online H+

Video 4K di Infinix Zero 3

Video 4K di Infinix Zero 3

Video

Pada laman devicespecifications berkata kalau perangkat phablet terbaru dari Infinix ini sudah suport video 4K, tetapi sayangnya sewaktu kami sendiri uji coba dengan memutar file video 4K yang kami dapatkan dari sample google dengan file bernama Sample Elysium 2, dirinya tidak bisa menjalankan secara sempurna, bahkan Zero 3 hanya bisa menampilkan bagian awalnya saja, lalu untuk selanjutnya yang tersisa hanyalah suara dari Video yang kami dapat. Tetapi untuk video resolusi 1080p maupun 720p, keduanya sangatlah lancar dijalankan dengan tampilan jernih dan tajam serta kaya akan warna didalamnya.

Musik

Menu Musik Infinix Zero 3

Menu Musik Infinix Zero 3

Kualkitas audio yang dimiliki oleh Infinix Zero 3 sesuai dengan iklan yang ada, yang mana di tunjukannya fitur HIFI Hi-FEDILITY, sama halnya yang digunakan oleh iPhone 6, dan pada review Infinix Zero 3 dengan memutar musik pada volume penuh, apa yang kami dengar masih terdengar sangat jelas baik itu treeble maupun bass yang ada. Mantapnya lagi, jika sobat mempunyai headset kualitas tinggi, adanya software dan perangkat canggih yang ada didalamnya, dijamin deh, suara yang sobat dengarkan akan begitu bombastiss dan meledakan telinga. Sayangnya, pada paket penjualan Infinix Zero 3 16 GB yang kami dapatkan tidak menyertakan headset bawaan didalamnya, jadi mau tidak mau bagi sobat yang ingin mencoba kedahsyatan audio dari Infinix Zero 3, buruan deh beli headset berkualitas pada toko kesayangan.

8. Konektivitas dan Internet :
Konektifitas Infinix Zero 3

Konektifitas Infinix Zero 3

Internet

Guna memberikan kepuasan lebih terhadap penggunanya dalam hal berselancar dalam dunia maya. Kami buktikan sendiri Inifinix Zero 3, selain dapat dihubungkan terhadap fitur koneksi 3G, sobat deteknokers juga bisa menjangkau akses koneksi 4G LTE dengan kecepatan download maksimum sebesar 150 Mbps dan upload meraih angka kecepatan 51 Mbps. Dengan perolehan hasil yang demikian, tentunya sangat cukup buat sobat untuk unggah video maupun foto pada media sosial dalam rentan waktu tidak lama alias sangat cepat.

Konektifitas

Disamping memiliki akses internet super cepat yang ada pada sekarang ini, review Infinix Zero 3 memperlihatkan kalau dirinya juga memiliki konektifitas diantaranya : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetoothv4.0, A2DP, LE, GPS dengan A-GPS dan port microUSB v2.0. Meskipun tidak dicantumkan maupun dijelaskan bahwa Zero 3 mengusung fitur faster charging, tetapi adanya konektifitas terakhir tadi sobat deteknokers bisa melakukan charger dalam waktu yang cepat, dan telah support usb On-The-Go.

9. Kualitas Kamera :
Kamera Belakang Infinix Zero 3

Kamera Belakang Infinix Zero 3

Kamera Belakang

Bekal kamera utama super besar dengan membawa ukuran 20,7 MP, yang menggunakan sensor Sony IMX230 Exmor RS, 6 element lensa, largan lensa, kemudian ada fitur utama berupa phase detection auto focus yang bisa menghasilkan efek bokeh begitu jelas serta fokus terhadap objek hanya dalam hitungan detik dan Dual Tone LED Flash yang ditempatkan di bagian samping kamera Zero 3 yang ditempatkan pada posisi lebih menonjol dibanding bagian lain, sangat bisa sobat deteknokers andalkan untuk mengabadikan momen dengan hasil tajam, menarik dan begitu jelas baik itu didalam ruangan maupun luar ruangan.

Sedangkan untuk hasil video menggunakan kamera belakang, memang tertulis bisa melakukan rekam video dalam kualitas HD, Full HD dan 4K. Nah pada hasil rekam video menggunakan kualitas tertinggi, sudah berulang kali mencobanya, hasilnnya tetap terkompres dalam bentuk format 3GP bukan MKV, apa mungkin hal ini sengaja dilakukan oleh infinix agar dapat membuat ruang simpan internal terasa longgar, atau ada maksud lain dibalik itu, kami sendiri belum bisa simpulkan. Namun pastinya untuk hasil video cukup lumayan lah, efek getar yang terlihat dalam video itu kami anggap wajar, karena tidak adanya fitur OIS yang mendampinginya.

Hasil Kamera Belakang Di Siang Hari

Mode Normal Menggunakan Flash

Mode Normal Menggunakan Flash

Mode Normal Tanpa Menggunakan Flash

Mode Normal Tanpa Menggunakan Flash

Mode Night Kamera Belakang

Mode Night Kamera Belakang

Mode PIP Kamera Belakang

Mode PIP Kamera Belakang

PDAF Di Dalam Ruangan

PDAF Di Dalam Ruangan

PDAF Di Luar Ruangan

PDAF Di Luar Ruangan

Foto Dalam Lorong Siang Hari

Foto Dalam Lorong Siang Hari

Normal Pada Terik Matahari

Normal Pada Terik Matahari

Lalu berikut adalah hasil dimalam hari menggunakan kamera utama, masih terlihat jelas, dan noise yang ada juga kami anggap cukup pantas, pasalnya namnya juga kamera HP, pastinya tidak ada yang sejelas kamera-kamera yang digunakan oleh stasiun TV dalam melakukan perekaman video dalam keadaan minim cahay. Tapi overall, kamera utama pada phablet ini memuaskan.

Hasil Kamera Belakang Malam Hari

PDAF Malam Hari Dalam Ruangan Gelap

PDAF Malam Hari Dalam Ruangan Gelap

Foto Malam Hari infinix Zero 3

Foto Malam Hari infinix Zero 3

Kamera Depan

Kamera Depan Infinix Zero 3

Kamera Depan Infinix Zero 3

Berlanjut ke bagian depan, bagi yang doyan selfie, beberapa fitur menarik di bekalkan pada bagian ini, termasuk beauty, normal dan PIP yang juga sama ada pada kamera utama, dimana dengan menggunakan fitur tersebut, sobat bisa aktifkan dua kamera sekaligus dalam sekali jepret foto, keren bukan. Dan berikut hasil foto selfie menggunakan kamera depan yang membawa lensa kamera berukuran 5MP dengan kemampuan menampilkan gambar dalam rasio tertinggi hingga 2560 x 1920 pixel, dan rekam video maksimal dalam kualitas Full HD.

Hasil Kamera Depan Siang Hari

Beauty Low Kamera Depan

Beauty Low Kamera Depan

Beauty Mid Kamera Depan

Beauty Mid Kamera Depan

Beauty High Kamera Depan

Beauty High Kamera Depan

Mode Normal Infinix Zero 3

Mode Normal Infinix Zero 3

Mode PIP Infinix Zero 3

Mode PIP Infinix Zero 3

Kamera Depan Kondisi Gelap

Kamera Depan Kondisi Gelap

Kamera Depan Kondisi Gelap

Dan perlu sobat ketahui, ada fitur yang akan memudahkan selfie, seperti voice capture dan smile shot yang secara langsung menditeksi muka dan suara kita sebagai pengguna dan menjadikannya sebagai perintah untuk mengabadikan foto dalam berbagai keadaan. Menariknya lagi, selfie menggunakan kamera depan Infinix Zero 3 juga bisa dilakukan pada malam hari secara jelas menggunakan LED Flash yang ada di samping kanan atas. Sehingga pencahyaan dirasa cukup menurut kami.

10. Fitur Unggulan

Fitur Unggulan Infinix Zero 3

Fitur Unggulan Infinix Zero 3

Selain live lock screen yang manmpilkan walpaper secara online lengkap dengan kata bijak didalamnya, review infinix zero 3 yang kami lakukan juga menemukan menu option “action”, menu tersebut menyajikan fitur yang secara langsung akan memudahkan sobt deteknokers sebagai pengguna dalam mengoprasikan pbahlet satu ini, diantaranya :

“Tap To wake”

Tap To Wake Infinix Zero 3

Tap To Wake Infinix Zero 3

Berfungsi sebagai lock to unlock screen, dengan cara mengetuk layar sebanyak dua kali.

“Quick Start”

Quick Start Infinix Zero 3

Quick Start Infinix Zero 3

Untuk menjangkau aplikasi dari mode layar standby, caranya cukup menulus abjad yang telah disesuaaikan dengan menu yang telah kita atur, sbut saja Camera, hanya dengan menggoreskan jari dalam bentuk huruf “C” pada bagian layar, secara otomatis, sobat akan langsung menuju aplikasi camera pada Infinix Zero 3.

 “One Hand Mode”

One Hand Mode Infinix Zero 3

One Hand Mode Infinix Zero 3

Hanya dengan menggeser on screen button  baik itu ke kanan maupun ke kiri, sobat bisa langsung memindahkan model layar kedalam ukuran lebih kecil, dan untuk ukuran yang tersedia adalah, 4,0 inch dan 4,7 inch.

“Take Screenshot With 3 Fingers”

Screenshot Infinix Zero 3

Screenshot Infinix Zero 3

Dengan mudah untuk melakukan screen shot hanya dengan menempelkan 3 jari diatas layar, dan tarik ke bawah maupun keatas untuk mendapatkan hasilnya.

11. Harga Infinix Zero 3 :
Harga Infinix Zero 3

Harga Infinix Zero 3

Skor tinggi pada uji benchmark hingga mengungguli perolehan nilai yang bisa diraih oleh ponsel flagship, menunjukan kalau phablet terbaru besutan infinik ini layak untuk sobat deteknokers perhitungkan. Apalagi dengan Harga Inifinix Zero 3 X552 yang kami dapatkan Rp.2.599.000,- Harga tersebut sangatlah terjangkau. Terlebih bila sobat sudah simak secara rinci apa yang kami jelaskan pada Review Infinix Zero 3 diatas, pastinya sobat bakal tertarik dengan phablet yang satu ini.

12. Video Review Infinix Zero 3 :
13. Kelebihan Infinix Zero 3 :
  • Desain sudah bisa dipastikan premium dengan adanya material metal plus kaca
  • Bentuknya cukup ramping serta tidak licin sewaktu digenggam, dan dapat dengan mudah untuk menjangkau panel navigasi yang ada.
  • Layar sudah mendukung kualitas FHD, berfitur IPS, dan dilapisi Corning Gorilla Glass 3
  • Selain 3G, sobat bisa akses koneksi internet hingga 4G LTE Cat4
  • Memiliki fitur Dual SIM dan slot MicroSD yang berada pada bagian terpisah bukan hybrid
  • Menggunakan Chipset Helio X10 dan RAm 3GB, yang berhasil mencetak skor GeekBench lebih tinggi dibanding Galax S6
  • Dibekali kamera utama 20,7 MP berfitur phase detection autofocus yang bisa menghasilkan efek bokeh begitu menarik
  • Kamera selfie berukuran 5MP lengkap dengan LED Flash yang sangat bisa diandalkan ketika berada pada posisi minim cahaya
  • Memiliki thema, live lock screen + home screen yang dapat berubah ketikan terintegrasi dengan jaringan internet
  • Baterai berkapasitas besar 3030 mAh dengan ketahanan mencapai seharian lebih
  • Waktu charger cepat, meskipun tidak diperlihatkan kalau dirinya mendukung faster charging
  • Memiliki fitur HotKnot dengan mengandalkan transfer data mengunakan layar sesama piranti yang juga membawa fitur tersebut
  • Dibekali fitur audio HIFI yang bisa mengeluarkan suara jernih dari dalam speaker
14. Kekurangan Infinix Zero 3 :
  • Hasil rekam video dan foto dimalam har terdapat cukup banyak noise, dan tidak stabil karena belum mengadopsi fitur OIS
  • Belum dibekali NFC dan fingerprint sensor
  • Hasil rekam video setinggi apapun menggunakan kamera utama, tetap saja hasilnya terkompres menjadi file 3GP bukan MKV
  • Tak bisa memutar video UHD atau 4K tanpa kendala
  • Baterai tidak bisa dilepas karena berfitur Non-removable
  • Tidak dibawakan Headset pada paket penjualan

Baca juga : Review Smartfren Andromax R2

Bagaimana sob ? setelah kami perjelas kembali mengenai review Infinix Zero 3 yang kami lakukan diatas dengan kesimpulan pada keterangan no 13 dan 14, tertarikah untuk bisa memilikinya secara utuh ? dan merasakannya secara langsung akan performa super gahar dari dalam dapur pacu yang dibawanya ? Perlu kami ingatkan kembali, RAM yang digunakan berukuran 3GB dan Helio X10 berasitektur 64 Bit, yang menjamin semua aplikasi dan game terkini dapat berjalan lancar, apalagi bila terkoneksi dengan 4G LTE, game on-line sangat bisa sobat mainkan tanpa ada kendala yang berarti. Key, buat yang masih ragu juga, silahkan cek kembali ulasan Review Infinix Zero 3 yang telah kami kemas sedemikian rupa dan sesuai dengan apa yang kami ujikan tanpa menutupi kekurangan yang ada.


Advertisement