Review Asus Zenfone Go : Hp 1.5 Juta RAM 2GB

Detekno.com – Review Asus Zenfone Go ini kami peruntukkan untuk sobat deteknokers yang sedang mencari Smartphone 1,5 juta rupiah dengan RAM berkapasitas 2 GB. Asus Zenfone Go pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2015 guna bersaing dengan Smartphone kelas bawah dari Smartphone vendor lainnya. Dari desainnya memang sama dengan HP Asus Android lainnya, sama-sama memiliki lekukan cembung pada bagian belakang dan 3 tombol capacitive yang berbeda dari Smartphone Android buatan perusahaan lainnya.

Layarnya sudah 5.0 Inches yang cocok untuk segala kebutuhan baik gaming, menonton video atau sosial media. Spesifikasi hardwarenya sudah mendukung prosessor Quad Core 1.3 Ghz dari Mediatek dan sudah berjalan di Android 5.1 Lollipop. Untuk lebih jelasnya mengenai review Asus Zenfone Go yang sudah kami beli ini, silahkan sobat deteknokers baca ulasannya dibawah ini.

Review Asus Zenfone GO Terlengkap

Review Asus Zenfone Go

Review Asus Zenfone Go

1. Paket Penjualan :
  • 1 Unit Charger
  • 1 USB Kabel
  • Kartu Garansi
  • Kartu Panduan
  • Baterai Asus Zenfone Go
  • 1 Unit Asus Zenfone Go
Paket Penjualan

Paket Penjualan

Paket Penjualan Asus Zenfone Go memang cukup standar dan tidak menyediakan headshet sama seperti paket penjualan Asus Zenfone 2 yang sebelumnya juga sudah kami unboxing dan review. Hal ini juga mengingatkan kami akan paket penjualan HP Xiaomi yang juga tidak menyertakan tambahan headshet di dalam paket penjualannya. Mungkin beberapa vendor tidak menyediakan paket headshet tambahan dikarenakan agar biaya jual HP tersebut bisa lebih murah.

Untuk penampilan pertama saat kami membeli Asus Zenfone Go memang terkesan biasa saja. Tidak ada hal yang istimewa mengingat dalam paket penjualannya tidak ada headshet dan bungkusnya sama dengan HP Asus lainnya. Tapi kalau soal harga Asus Zenfone Go yang kami dapatkan tergolong murah dan sudah bergaransi TAM.

2. Video Unboxing :

3. Desain dan Body :

Review Asus Zenfone GO pada segi desainnya, ia memiliki layar berukuran 5.0 Inches dengan resolusi HD. Ukurannya 144.5 x 71 x 10 mm dan berat Asus Zenfone Go mencapai 135 gram. Saat kami memegang Asus Zenfone Go kesan ramah di genggam dan dioperasikan menggunakan satu tangan terbilang cukup menyenangkan dan Asus Zenfone Go dimasukkan dalam saku juga tidak terlalu mengganggu. Memang kalau dilihat dari samping terlihat sedikit tebal tapi ini tidak terlalu berpengaruh untuk beratnya mengingat Asus Zenfone Go masih memakai material plastik. Yang menarik lainnya dari desain Asus Zenfone Go adalah pada bagian cover belakangnya bekas sidik jari tidak terlalu terlihat, sehingga tampilannya tetap terlihat bersih walau sering dipakai.

Tampak Depan

Tampak Depan

Tampak Depan

Review Asus Zenfone Go pada bagian depannya ia memakai layar yang cukup besar dengan resolusi yang standar di Harga 1,5 juta rupiah. Bisa dilihat pada bagian depannya mulai dari atas ada kamera depan beresolusi 2 MP, Speaker, LED Notifikasi yang ada dibagian dalam speaker atas dan tepat dibagian bawah speakernya terlihat logo ASUS. Sedangkan pada bagian bawahnya terlihat 3 tombol capacitive touchscreen yang berfungsi untuk back, home dan recent app, sayangnya 3 tombol capacitive ini tidak menyala saat digunakan.

Tampak Belakang

Tampak Belakang

Tampak Belakang

Pada bagian belakangnya, Asus Zenfone Go terlihat sedikit gemuk dengan setiap sisi yang melengkung. Kamera belakangnya didesain bulat dan dibekali resolusi 8 Megapixels. Tepat dibagian bawah kamera belakangnya terlihat fitur LED Flash serta logo ASUS. Pada bagian paling bawah terlihat tulisan Zenfone dan lubang speaker yang didesain memanjang. Dari review Asus Zenfone Go pada bagian belakangnya Asus Zenfone Go terlihat cukup ramah karena saat dipegang tidak licin dan juga meninggalkan bekas sidik jari. Dan cover bagian belakangnya juga bisa dicopot karena desain yang ia usung bukan desain unibodi.

Tampak Samping Kanan

Tampak Samping Kanan

Tampak Samping Kanan

Samping kanan bisa sobat lihat ada lubang yang digunakan untuk membuka cover bagian belakang serta 3 tombol yang berfungsi sebagai power, volume up dan volume down. Review Asus Zenfone Go tampak samping memang tidak terlalu mengesankan mengingat ia terlihat sedikit tebal tapi masih ramah kok untuk dioperasikan menggunakan 1 tangan.

Tampak Samping Kiri

Tampak Samping Kiri

Tampak Samping Kiri

Untuk bagian samping kiri terlihat tidak ada tombol atau lubang apapun. Sehingga kesan tebal semakin terlihat, kalau sobat cermati desain sampingnya Asus Zenfone Go terlihat cembung ke tenga dengan setiap sisinya yang melengkung.

Tampak Atas

Tampak Atas

Tampak Atas

Asus menyematkan lubang Audio Jack 3.5 mm di Asus Zenfone Go pada bagian paling  atas. Penempatan ini memang cukup baik mengingat dari beberapa pengalaman kami, lubang jack audio 3.5 mm lebih nyaman ditempatkan pada bagian atas, jadi tidak berbarengan dengan slot micro USB.

Tampak Bawah

Tampak Bawah

Tampak Bawah

Pada bagian bawah Asus Zenfone Go menyematkan slot Micro USB yang digunakan untuk charger dan menghubungkan ke laptop atau PC pada bagian bawah tepatnya di tenga-tengah. Disampingnya terlihat sebuah lubang yang berfungsi untuk microphone.

Bagian Dalam

Bagian Dalam

Bagian Dalam

Asus Zenfone Go pada bagian belakangnya bisa dicopot dan juga baterainya bertipe Removable alias bisa dilepas. Review Asus Zenfone Go pada bagian ini bisa dilihat bahwa ia mendukung slot kartu Dual SIM bertipe Micro-SIM. Asus Zenfone Go juga mendukung slot microsd berkapasitas 64 GB, dukungan slot microsd ini dirasa sangat membantu performa dari Asus Zenfone Go mengingat memori internal Asus Zenfone Go yang kami dapatkan hanya 8 GB saja.

4. Layar :
Layar

Layar

Seperti yang kami ungkap pada bagian review Asus Zenfone Go tampak depan bahwa layar Zenfone Go mengusung ukuran 5.0 Inches beresolusi 720 x 1280 pixels (HD). Ia memiliki kerapatan pixel hingga 294 ppi yang dirasa cukup baik dikelas HP 1 Jutaan. Sobat deteknokers juga bisa mengatur secara mudah brightness atau pencahayaan layar di bagian notifikasi.

Multitouch

Multitouch

Saat kami uji melalui antutu benchmark dibagian test Multitouch, layar Asus Zenfone Go hanya mendukung 5 sentuhan jari saja. Ini berbeda dengan Xiaomi Mi 4c yang sebelumnya kami review dimana ia mendukung 10 sentuhan jari perbedaan ini memang wajar mengingat kedua Smartphone tersebut selisih harganya cukup jauh. Tapi spek ini sudah lebih dari cukup kok sob untuk sekedar bermain game biasa, browsing dan chatting.

5. Sistem Operasi dan User Interface :
Sistem Operasi

Sistem Operasi

Sistem operasi Asus Zenfone Go sudah berjalan pada Android 5.1 Lollipop. Pemakaian sistem operasi ini tergolong kelebihan Asus Zenfone Go yang patut kita puji karena bisa jadi nantinya Smartphone ini akan diberi update tan ke Android Marshamallow. Sayangnya untuk soal tampilan antar muka, Zenfone Go terlihat standar tidak seperti HP Xiaomi yang dibanderol dengan harga 1 jutaan.

Dan dari ROM yang digunakan oleh Asus Zenfone Go yang kami beli ini sudah terdapat beberapa aplikasi yang di install. Hal ini tentu menyebabkan memori internal Asus Zenfone Go yang tersedia sangat sedikit, Saat kami mau hapus alias unistall juga tidak bisa.

Home Screen

Home Screen

Tampilan antar muka Asus Zenfone Go terdapat APP Drawer. Dan di Zenfone Go sobat bisa merubah thema dengan ICON Pack yang bisa sobat akses dengan cara menekan layar beberapa detik lalu disitu muncul menu Manage Home yang berisi Icon Packs dan beberapa pilihan lainnya.

6. Performa dan Hardware :
Hardware

Hardware

Hardware

Review Asus Zenfon Go selanjutnya adalah pada bagian Hardwarenya. Dari aplikasi CPU-Z kita bisa mengetahui apa saja Hardware yang digunakan oleh Smartphone yang kita miliki. Untuk Asus Zenfone Go ie memiliki prosessor Quad Core 1.3 Ghz dari Mediatek. GPU nya memakai Mali-400 MP dimana GPU ini dijadikan sebagai pengolah grafis saat bermain game atau memutar video. Asus Zenfone Go memiliki RAM berkapasitas 2 GB dan untuk versi Zenfone Go yang kami dapatkan memiliki memori internal 8 GB yang bisa dilihat dari screenshot cpu-z bahwa internal storage Asus Zenfone yang bisa digunakan 4 GB yang selebihnya sudah digunakan oleh aplikasi bawaan.

Benchmark Antutu

Skor Antutu

Skor Antutu

Setelah mengetahui hardware yang digunakan Asus Zenfone Go yang kami dapatkan ini. Selanjutnya kami penasaran dengan hasil skor Antutu Benchmark Asus Zenfone Go, oleh sebab itu kami melakukan pengujian dan hasilnya skor Antutu Benchmark Asus Zenfone Go bisa mencapai 20487. Skor ini terbilang cukup bagus dikalangan Smartphone Android 1 jutaan. Performanya juga bisa diandalkan hal ini bisa dibuktikan saat kami melakukan pengujian gaming di Asus Zenfone Go.

Benchmark Geekbench 3

Benchmark Geekbench 3

Benchmark Geekbench 3

Review Asus Zenfone Go di pengujiannya tidak hanya di Antutu Benchmark saja tapi kami juga melakukan pengujian lewat aplikasi Geekbench 3. Dan hasilnya skor geekbench Asus Zenfone 2 di pengujian single core mampu meraih skor 357. Sedangkan di pengujian multi core, Asus Zenfone Go bisa meraih skor 1171, dan lagi-lagi hasil ini memang terbilang baik untuk kelas Smartphone Android murah.

Memori Internal dan RAM

Memori Internal dan RAM

Memori Internal dan RAM

Kalau sobat deteknokers bisa lihat bahwa Asus Zenfone Go dengan memori internal 8 GB ini hanya menyisakan ruang sebesar 4 GB saja. Sangat disarankan untuk sobat menambahkan slot Microsd kurang lebih 32 GB atau lebih baiknya lagi 64 GB. Soalnya kebutuhan kapasitas penyimpanan ini sangat penting, disini sobat bisa menyimpan segala file seperti video, musik dan foto. Kalau memori internal kecil dengan tidak ada tambahan slot microsd maka game atau aplikasi yang di install juga semakin sedikit. Kelebihan Asus Zenfone Go yang tidak menyediakan Thema di User Interfacenya berdampak pada penggunaan RAM yang lebih irit, bisa dilihat dari RAM 2 GB yang tersisa 1.6 GB ini tergolong sangat besar maka jangan heran jika performa multitasking Asus Zenfone Go sangat bagus.

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai

Baterai Asus Zenfone Go memiliki kapasitas 2010 mAh memakai jenis Li-Po dan baterainya bisa dicopot. Daya tahan baterainya tergolong awet untuk pemakaian biasa, dimana ia mampu bertahan selama harian jika digunakan untuk chatting dan mengambil foto saja. Input Charger Asus Zenfone Go yang tertera 100-240 v, 50/6-Hz, dan untuk outputnya 5.2V-1.0 A. Pengisian baterainya sampai full hanya membutuhkan waktu 2 Jam lebih. Untuk memastikan daya tahan baterainya kami sudah menguji baterai Asus Zenfone Go lewat Geekbench 3 yang sobat bisa lihat di link INI.

Sensor

Sensor

Sensor

Asus Zenfone Go mendukung sensor Accelerometer, Proximity, Light, Orientation dan Magnetometer. Dalam info sensor yang ada di CPU-Z ini terlihat bahwa ia tidak mendukung sensor Gyro, ini artinya ia tidak bisa digunakan untuk virtual reality.

8. Multimedia :
Gaming

Gaming

Gaming

Review Asus Zenfone Go yang wajib dilakukan adalah pada bagian gaming. Team detekno mencoba menjalankan beberapa game kelas terlaris seperti FIFA 15 dan Need For Speed No Limit, hasilnya Zenfone Go bisa menjalankan kedua game berat tersebut dengan lancar. Khusus untuk FIFA 15, game Android sepakbola yang banyak diminati ini membutuhkan koneksi internet yang cepat. Selain menjajal kedua game HD tersebut, kami juga mencoba menjajal game Angry Birds 2, Temple Run 2, dan King Kong dan hasilnya juga memuaskan. Sayangnya ada 1 kekurangan Asus Zenfone 2 yang menurut kami penting untuk sobat ketahui, pada bagian memori internalnya Zenfone Go terlihat sangat kecil. Bahkan saat kami menginstall Fifa 15 ruang yang tersisa hanya 700 MB saja.

Video

Video

Video

Review Asus Zenfone Go selanjutnya adalah pada bagian Video. Dimana untuk menonton film, Asus Zenfone Go terbilang cukup bagus. Dimana resolusi Video yang ia dukung 720p, suara film yang dikeluarkan juga cukup jernih walau tidak keras tapi sudah cukup baik karena tidak ada suara yang terasa pecah.

Audio

Musik

Musik

Untuk sobat deteknokers yang menyukai musik, Asus Zenfone Go bisa menjadi pilihan yang tepat di budget 1,5 jutaan. Suara yang dikeluarkannya memang tidak keras sekali tapi suara yang dikeluarkannya terbilang jernih dan tidak ada kesan pecah di keluaran suarannya.

9. Konektivitas dan Internet:
SIM dan WIFI

SIM dan WIFI

SIM dan WIFI

Review Asus Zenfone 2 selanjutnya adalah pada bagian konektivitasnya yakni SIM dan Wifi. Dimana pada bagian SIM nya, Zenfone Go sudah Dual SIM bertipe Micro-SIM GSM. Kelebihan di sektor ini ia sudah Dual SIM tapi kekurangan Zenfone Go dibagian ini ia belum mendukun jaringan 4G LTE sehingga jaringan yang ia bisa gunakan masih 3G. Yang ini artinya kecepatan internetnya masih HSPA 42.2/5.76 Mbps. Untuk Wifinya bertipe Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot.

GPS

GPS

GPS

Pada bagian GPS nya kami melakukan pengujiannya dengan aplikasi bawaan dari Google yakni Google Maps. Bisa dilihat hasilnya bahwa GPS Asus Zenfone Go terbilang akurat dengan cepat asalkan koneksi internetnya cepat. GPS Zenfone Go dibekali spesifikasi A-GPS saja belum ada tambahan dari Glonass.

10. Kualitas Kamera
Kualitas Kamera

Kualitas Kamera

Kamera Belakang

Selanjutnya pada Review Asus Zenfone Go Kamera belakang, ia memakai lensa beresolusi 8 MP yang mampu mencetak foto berkualitas 3264 x 2448 pixels. Ia memakai tipe sensor CMOS dan aperture f/2.0. Ada juga LED Flash yang bisa sobat gunakan saat memotret dalam kondisi kurang cahaya. Mode kamera belakang yang disediakan juga cukup banyak dari Auto, HDR, Beautification Night, Depth Of Field, Effect, Selfie, Gift Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, Time Lapse. Pengambilan gambar Asus Zenfone Go sedikit kurang cepat dan saat mengambil foto sobat harus mengetuk layar agar kamera cepat fokusnya. Owh ya Asus Zenfone Go bisa merekam video berkualitas Full HD. Untuk hasil kamera belakang Asus Zenfone Go, bisa sobat lihat dibawah ini :

Kamera Belakang Indoor Flash

Kamera Belakang Indoor Flash

Kamera Belakang Indoor HDR

Kamera Belakang Indoor HDR

Kamera Belakang Malam Hari HDR

Kamera Belakang Malam Hari HDR

Kamera Belakang Malam Hari Mode Flash

Kamera Belakang Malam Hari Mode Flash

Kamera Belakang Outdoor HDR

Kamera Belakang Outdoor HDR

Kamera Depan

Untuk bagian kamera depannya ia menggunakan lensa beresolusi 2 MP. Dimana kamera depannya ini mendukung berbagai mode kamera seperti Beauutification, Selfie Panorama, Auto, HDR, Effect, GIF Animation, Slow Motion, Time Lapse. Untuk hasil review Asus Zenfone Go pada kamera depannya sobat bisa lihat dibawah ini :

Kamera Depan Indoor

Kamera Depan Indoor

Kamera Depan Outdoor

Kamera Depan Outdoor

Video

Rekam Video

Rekam Video

Untuk soal video ia mendukung resolusi Full HD. Untuk fiturnya ada White Balance, Exposure Value, Video Quality, Video Stabilization, Video Preference, Touch Auto Exposure. Untuk hasil videonya sobat bisa lihat di channel youtube detekni Disini.

11. Harga Asus Zenfone Go
Harga Asus Zenfone Go

Harga Asus Zenfone Go

Setelah menyimak review Asus Zenfone Go diatas, apakah sobat deteknokers tertarik untuk membeli Smartphone ini? jika iya sobat tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk mendapatkan Smartphone Asus ini. Asus Zenfone Go ini merupakan versi 8 GB dengan RAM 2 GB, kami beli seharga Rp.1.565.000,- di sebuah toko hp yang ada di daerah kami. Harga ini sudah turun dan Asus Zenfone Go yang kami dapatkan bergaransi TAM.

12. Video Review Asus Zenfone Go

13. Kelebihan Asus Zenfone Go
  • Harga Asus Zenfone Go terbilang murah dan terjangkau
  • Memiliki RAM berkapasitas 2 GB
  • Baterai Awet
  • Desain yang ringan
  • Sudah Android V5.1 Lollipop
  • Layar besar
  • Performa gaming bisa menjalankan Game Fifa 15 dan NFS No Limit
  • Kamera Belakang cukup bagus
14. Kekurangan Asus Zenfone Go
  • Layar masih HD 720 x 1280 pixels
  • Belum ada Gorilla Glass
  • Memori Internal kecil
  • Belum mendukung 4G LTE

Baca Juga :Review Xiaomi Mi 4c : Bertenaga Snapdragon 808 Ram 3GB

Itulah beberapa review Asus Zenfone Go yang bisa kami informasikan untuk sobat deteknokers yang memang sedang mencari review lengkap dari Asus Zenfone Go. Harapan kami dengan adanya informasi ini sobat deteknokers bisa lebih tahu tentang Asus Zenfone Go dari semua segi baik desain, performa, kamera, layar maupun kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone Go. Jika ada saran mengenai Smartphone yang bagus untuk kami review, sobat bisa utarakan sarannya dikolom komentar.


Advertisement