Review Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Detekno.com – Perjalanan Review Dan Unboxing detekno kali ini akan dibintangi oleh ponsel Asus Zenfone 2 ZE550ML RAM 2 GB. Ponsel ini menjadi salah satu andalan Asus untuk menmbus pasar Indonesia yang mayoritas masih didominasi oleh produk kelas menengah kebawah. Smartphone terbaru dari Asus ini membawa fitur dan spesifikasi menarik dan salah satunya adalah pemakaian chipset Intel Atom yang biasanya dipasangkan dengan perangkat sekelas hybrid notebook maupun jenis laptop lainya.

Dapur pacu Quad Core dapat menyajikan performa berbobot untuk berbagai aktivitas. Tak hanya dari segi processor, RAM yang diberikan pada ponsel ini adalah 2 GB yang dapat menjadi andalan menerjang berbagai proses demi proses multitasking. Apalagi dengan dual kamera berkualitas yang tentunya akan menghasilkan hasil gambar terbaik bagi deteknokers. Berbekal kamera utama 13 MP dengan dual-LED flash yang mendukung pewarnaan dual tone akan semakin menghasilkan gradasi warna yang lebih terang.

Kekuatan utama ponsel ini juga pada layar berkekuatan Corning Gorilla Glass 3 beresolusi Full HD sehingga berbagai jenis tampilan akan disajikan secara detail. Tak hanya itu kekuatan panel IPS juga menjadi senjata andalan untuk memperkaya tone warna serta membuat nyaman deteknokers jika melihatnya dari berbagai sisi. Untuk keterangan lebih detail mengenai Review Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB, detekno sudah menyiapkan ulasanya secara lengkap sesuai pengalaman kami mengoperasikan ponsel ini.

Review Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Paket Penjualan Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Paket Penjualan Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Paket Penjualan

  • Kartu Garansi
  • Buku Petunjuk Pemakaian
  • Charger
  • USB Data / Charger
  • Baterai dan Unit Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Desain dan Body

Tampak Depan Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Tampak Depan Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Bentuk seri Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB hampir menyerupai pendahulunya jika dilihat sekilas dari depan. dimana seluruh navigasi utama tak menggunakan tombol fisik. Untuk fungsi Home sendiri terletak pada bagian tengah, sedangkan untuk bagian kiri terdapat fungsi back dan yang terakhir sebelah kanan ada fungsi recent. Seluruh bagian tampilan depan ponsel ini berbahan plastik dengan warna hitam solid sehingga memunculkan kesan dinamis dan sangat cocok untuk semua pengguna baik laki laki maupun perempuan.

Seperti yang diutarakan diatas, kualitas layar terbaik dapat deteknokers peroleh dari ponsel ini karena memiliki perlindungan penuh Corning Gorilla Glass 3 yang dibalut dengan panel IPS. Untuk ukuran layar Asus Zenfone 2 ZE551ML ini adalah 5.5 inches beresolusi Full HD 1080 x 1920, dan nilai kerapatan pixelnya ponsel ini dapat dipercaya karena mencapai ~401 ppi. Dengan Resolusi  yang mumppuni tentunya sobat dapat menikmati tampilan yang lebih jelas, jernih dan detail.

Tampak Bawah Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Tampak Bawah Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Asus Zenfone 2 ZE551ML terlihat agak melebar dengan ketebalan 10.9 mm. Selain itu ukuran panjang dan lebar 152.5 x 77  mm nampaknya akan sedikit mempersulit deteknokers jika mengoperasikan ponsel ini dengan satu tangan. Berbobot 170 g menjadikan Asus Zenfone 2 ZE551ML dirasa cukup berat karena material penyusunya adalah plastik solid. Deteknokers mungkin akan sedikit merasa terganggu ketika harus memasukkan ponsel ini kedalam saku karena ketebalan dan lebarnya ponsel ini.

Dari segi bagian bawah, Asus menempatkan port micro usb versi 2.0 berfitur USB Host. Kegunaan utama microusb adalah sebagai media pengisi daya/ charger maupun sebagai media transfer data. Fungsi USB Host mampu mengenali berbagai jenis perangkat USB seperti Flash Drive, keyboard USB, dan jenis perangkat USb lainya. Dengan fitur ini sobat dapat memindahkan data dari flashdisk dengan bebas cukup dengan menambahkan konektor inang USB ke micro USB. Jika deteknokers amati adalah lubang kecil yang memiliki lebar 1mm dimana berfungsi sebagai mikrofon yang dapat menangkap suara sobat saat melakukan telpon.

Tampak Atas Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Tampak Atas Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Kemudian dari bagian atas dapat terlihat tombol fisik sebagai sarana tombol power. Untuk mematikan maupun menghidupkan smartphone ini deteknokers dapat menekan tombol yang letaknya diatas tersebut. Disamping tombol terdapat port Jack 3,5 mm sebagai konektor headset dan sangat disayangkan dalam pembelian ponsel ini tak disertai headset. Mikropon dalam ponsel ini juga terdapat pada bagian atas sehingga dengan fungsi dualnya mampu memperjelas suara saat sobat melakukan panggilan. Kemudian dari segi kanan kiri tak dilengkapi fitur sehingga case akan serasa lebih nyaman dipegang karena tak terhalang tombol.

Tampak Kanan Dan Kiri Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Tampak Kanan Dan Kiri Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Kemudian dari segi back cover terdapat beberapa jenis fitur seperti kamera utama, Dual LED Flash dan tombol volume up and down. Disinilah keunikan Asus Zenfone 2 ZE551ML, dimana tombol volume dipindahkan ke belakang agar tak mengganggu pengguna saat menjalankan berbagai aktivitas. Sedangkan dibawahnya sobat dapat melihat speaker dimana kualitasnya dapat dipercaya saat sobat memutar musik. Nampaknya Asus membuat back cover dengan desain yang kasar sehingga tak mudah luput dari genggaman.

Tampak Belakang Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Tampak Belakang Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Sistem Operasi dan User Interface

User Interface Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

User Interface Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Asus Zenfone 2 ZE551ML sudah memiliki dukungan Android Lollipop versi 5.0 dimana untuk user interfcaenya dipercayakan kepada Asus ZenUI. Home screen UI ini hampir menyerupai TouchWiz besutan Samsung namun berbeda pada bentuk iconya. Pada Home Screen deteknokers juga dapat menambahkan aplikasi maupun game yang sering sobat jalankan sehingga mempercepat dari sisi kinerja. Disamping itu utnuk navigation Drawer sendiri sangat familier dan mudah dipahami maupun diatur sesuai keinginan sobat.

Pilihan Thema Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Pilihan Thema Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Asus Zenfone 2 ZE551ML juga disertai fungsi custom untuk thema untuk sobat yang bosan jika tampilan smartphone berasa itu itu saja. Pada ponsel ini disediakan 3 buah tema bawaan saat sobat pertama kali membelinya yaitu Asus ZenUI, Zen Weave dan Lovely Pink. Namun juga terdapat beberapa thema lainya yang dapat sobat download secara online sehingga dapat memiliki lebih banyak variasi tampilan. Jika salah satu thema diterapkan maka akan secara otomatis merubah seluruh navigasi drawer maupun home screen.

Performa

Hasil AnTuTu Benchmark Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Hasil AnTuTu Benchmark Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Review Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB berikutnya adalah dari segi performa. Untuk smartphone saat ini dapat dibilang ponsel ini sangat brilian karena mampu mengalahkan beberapa seri dari vendor lain. Berbekal chipset Intel Atom Z3560 dengan inti processor Quad-core berkecepatan 1.8 GHz akan mampu menyajikan performa terbaik untuk aktivitas gaming. Selain itu RAM sebesar 2 GB menjadi senjata utama ponsel ini melibas berbagai task multithreaded sehingga akan berjalan tanpa lag.

Kapasitas Memory dan Menu Pengaturan Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Kapasitas Memory dan Menu Pengaturan Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Kami cukup puas dengan Benchmarking ponsel ini menggunakan AnTuTu versi 5.7.1 karena Asus Zenfone 2 ZE551ML mampu melampaui Xiaomi Mi 3, Google Nexus 5 maupun LG G3 dengan raihan nilai 41049. Dengan harga yang lebih murah namun membawa spesifikasi lumayan bagus tentunya menjadi nilai plus ponsel ini. Review Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB kami gali lebih dalam dengan menjalankan beberapa game HD masa kini seperti Ash mencoba menjalankan Asphalt Terbaru, Fifa 2015, Real Racing 3 dan hasilnya sangat memuaskan.

Untuk mendukung performa Asus Zenfone 2 ZE551ML secara maksimal maka ditanamkan memori internal sebesar 16 GB. Sobat tentunya akan cukup leluasa menyimpan berbagai jenis aplikasi favorit. Disamping itu jika sobat sangat hobi game maka dapat mengintasl berbagai macam game karena space yang disajikan masih muat untuk menampung koleksi game sobat. Jika sobat merasa kekurangan kapasitas maka dapat memperluas ruang simpan sampai nilai 64 GB melalui fasilitas microSD.

Ketahanan Baterai Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Ketahanan Baterai Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Dari sinilah kami menarik kesimpulan bahwa grafis bawaan yaitu PowerVR G6430 ternyata mantap jika digunakan menjalankan game berkualitas HD. Kinerja terbaik ini juga tak lepas dari dukungan RAM dan processor yang mumpuni sebagai ujung tombak utama performa  ponsel ini. Namun sayangnya setelah kami coba bermain game agak lama nampaknya ponsel mulai panas dan baterai agak boros sehingga agak mengganggu. Dibalik kekurangan ini processor intel sudah menyediakan sistem yang akan mematikan ponsel ketika terjadi Over heat.

Untuk fitur baterai sobat dapat melakukan charging hingga 100% dalam jangka waktu kurang dari 2 jam sehingga tak perlu menunggu lama. Cukup wajar untuk ponsel masa kini yang dilengkapi fitur fast charging, dalam ponsel ini sendiri berlaku per 40 menit untuk mengisi 60% daya baterai. Sedangkan untuk tipe baterai sendiri adalah Non-removable dengan daya maksimal 3000 mAh. Asus juga menyertakan fitur Power saver untuk menghemat baterai sehingga berbagai aktivitas dapat dijalankan dengan lancar.

Konektifitas Data dan Internet

Konektifitas Data Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Konektifitas Data Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Review Asus Zenfone 2 ZE551ML dari segi konektivitas cukup maksimal karena didukung fasilitas dual SIM. Untuk SIM pertama sudah mendung jaringan 4G LTE jadi dapat sobat gunakan sebagai andalan berselancar di dunai maya. Sayangnya untuk SIM kedua hanya dibekali 2G/ EDGE jadi hanya support untuk fungsi telfon maupun SMS. Jika dibandingkan dengan harganya maka sangat sepadan karena dengan budget dibawah 3 jutaan sobat dapat memperoleh ponsel berkualitas yang sudah support 4G LTE.

Dari segi konektifitas lainya, Asus menyediaikan fitur yang lengkap mulai wifi dengan fungsi hotspot share maupun wifi Direct sebagai media transfer file. Untuk fitur nirkabel lainya juga terdapat Bluetooth versi 4 dan NFC dimana berbeda pada fungsi kerjanya. Jika bluetooth membutuhkan pairing maka berbeda jauh kemampuanya dengan NFC yang dapat langsung terkoneksi tanpa melakukan paring. Sebagai andalan navigasi juga disertakan fungi GPS dan yang seperti dikatakan diatas juga terdapat fitur microUSB v2.0 dengan USB Host.

Kemampuan Kamera

Hasil Kamera Depan Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Hasil Kamera Depan Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Review Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB selanjutnya adalah dari segi kamera. Kami mencoba kemampuan kamera depan ponsel ini dan mendapati kemampuan kamera 5 MP dmana memiliki berbagai fitur menarik untuk selfie. Dari tampilan navigasi utama terdapat tombol yang dapat ditarik berwarna pink sebagai timer, selain itu kamera ini juga memiliki beberapa metode pengambilan yaitu Beautification. Kemudian efek yang disediakan untuk kamera depan juag cukup banyak dan dapat disesuaikan dengan mood maupun keinginan deteknokers. Dapat dilihat diatas hasil jepretan kamera depannya, bening bukan?

Hasil Kamera Utama Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Hasil Kamera Utama Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Untuk kamera belakangnya memiliki kekuatan 13 MP beresolusi 4128 x 3096 dimana sudah termasuk fungsi autofocus didalamnya. Yang luar biasa dari ponsel ini adalah fungsi dual-LED flash yang tentunya akan lebih terang jika digunakan mengambil gambar dalam keadan gelap ataupun minim cahaya. Selain itu terdapat banyak pilihan efek maupun pengaturan yang dapat sobat tampilkan dengan memilih menu sebelah kiri. Oh ya kamera ini juga udah support untuk membuat time lapse ala iphone dan smart remove untuk menghilangkan warna dominan.

Harga Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Harga Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Harga Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

Harga Asus Zenfone 2 ZE551ML saat kami beli adalah Rp.2,950,000,- dimana terjangkau untuk kelas ponsel menengah. Sayangnya harganya hanya terpaut tak banyak dengan yang versi RAM 4 GB karena dibandrol sekitar 3,8 jutaan. Walau cukup terpaut sedikit dari yang versi 4GB nya, jika deteknokers memiliki budget yang tak terlalu banyak dapat menjadikan ponsel ini sebagai pilihan. Spesifikasi yang mantap dengan berbagai fitur unggulan tentunya akan melancarkan berbagai aktifvitas yang sobat jalani.

Review Kelebihan Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

  • Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB menggunakan dapur pacu Quad Core berkecepatan 1.8 GHz dan RAM sebesar 2 GB
  • Panel Layar yang dibawa menggunakan IPS dengan Resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel.
  • Kamera depan berukuran 5 MP dengan hasil jernih dan kamera utama 13 MP yang dilengkapi fitur Auto fokus dan Dual LED Flash dengan Dual Tone..
  • Penyimpanan internal berkapasitas besar 16 GB
  • Dapat ditambah dengan eksternal memory berupa Micro SD berkapasitas maksimal 64 GB

Review Kekurangan Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB

  • Mudah sekali panas
  • Bentuknya agak besar dengan bobot yang cukup berat sehingga dapat dijalankan maksimal dengan 2 tangan.
  • Baterai tidak bisa di lepas karena berfitur Non Removable/ Unibody
  • Harga tak terpaut begitu jauh dengan versi 4 GB

Setelah detekno melakukan review Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB diatas bagaimana menurut pendappat sobat? Apakah menurut sobat ponsel ini pantas menjadi perangkat andalan sobat untuk aktivitas sehari hari? Dan apakah sobat tertarik untuk memiliki seri ini? Kalau menurut detekno ponsel ini adalah pilihan tepat karena disamping harganya yang tak terlalu mahal, spesifikasi yang dihadrikan juga cukup mantap. Demikian Review Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB semoga dapat menjadi bahan referensi bagi sobat saat akan membelinya.


Advertisement