Resmi Dirilis, Zuk Edge Usung Snapdragon 821 dan Ram 6GB

Detekno.com – Sesuai jadwal, Lenovo Zuk Edge akhirnya dirilis resmi pada tanggal 20 Desember 2016. Smartphone ini menawarkan spesifikasi kelas atas dan dibalut desain premium dengan bezel layar sangat tipis. Menurut androidcentral.com, Zuk Edge memiliki rasio layar ke bodi mencapai 86.4% dan didukung panel layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Alhasil tampilan layar Zuk Edge terlihat sangat luas dan mampu menampilkan setiap objek dengan detail, karena kerapatan pixelnya mencapai 401 ppi.

Harga Zuk Edge

Harga Zuk Edge

Bezel Zuk Edge terlihat sangat tipis, meski tak setipis Xiaomi Mi Mix yang memiliki rasio layar ke bodi melebihi 90%. Tak hanya itu, smartphone ini juga memiliki desain premium dengan balutan frame metal dan bodi berdimensi panjang 142.9 mm, lebar 74.5 mm, dan ketebalan 7.7 mm. Sedangkan untuk bobotnya seberat 160 gram yang membuatnya tetap nyaman ketika dioperasikan. Selain itu, tersedia pula fingerprint sensor yang terintegrasi pada tombol fisik “home” pada bagian depan.

Fingerprint sensor Lenovo Zuk Edge diklaim mampu membaca sidik jari penggunanya dalam waktu 0.09 detik. Kemudian untuk dapur pacunya, smartphone ini mengandalkan chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 yang berpacu pada empat inti processor dengan konfigurasi Dual Core 2.35 Ghz Kryo dan Dual Core 1.6 Ghz Kryo. Selain itu, tersedia pula GPU Adreno 530 dan memori internal berkapasitas 64GB. Nah yang paling menarik, smartphone ini dibekali Ram berkapasitas 4GB dan 6GB yang otomatis mempengaruhi harga Zuk Edge.

Sistem operasi Android Nougat 7.0 langsung tertanam didalam memori internal Zuk Edge. Agar antarmukanya terlihat lebih menarik, maka smartphone ini mengadopsi antarmuka ZUI 2.5. Kemudian untuk sektor fotografi, spesifikasi Zuk Edge dilengkapi kamera belakang 13 Megapixel dengan lebar aperture f/2.2 dan dibekali fitur Phase Detection Autofocus serta LED Flash. Kamera tersebut memiliki kemampuan merekam video 4K dan tersedia kamera depan 8 Megapixel untuk selfie.

Resolusi kedua kamera smartphone ini tergolong tinggi, namun sayangnya tidak ada fitur OIS untuk meningkatkan kestabilan rekaman video yang diambil. Selain itu, tersedia pula teknologi audio Hi-Fi yang diperkuat oleh Dirac HD Sound, sehingga menghasilkan kualitas audio Hi-Fi lebih baik. Untuk sektor konektivitas, smartphone ini mendukung 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Bluetooth v4.1, navigasi GPS (A-GPS, Glonass), dan port USB 3.0 dengan konektor USB Type-C.

Kabarnya smartphone ini akan dilepas kepasaran pada tanggal 1 Januari 2017 dan tersedia dua varian warna yang terdiri dari Ceramic White dan Titanium Black. Untuk harganya sendiri, Zuk Edge Ram 4GB dibanderol USD$330 atau setara Rp. 4.4 Jutaan. Sedangkan harga Zuk Edge Ram 6GB dipasarkan dengan harga USD$360 atau setara Rp. 4.8 Jutaan. Walaupun harganya cukup terjangkau, namun didalamnya telah tertanam beragam sensor yang terdiri dari Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, heart rate, dan altimeter