Resmi Dijual, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini di Indonesia

Detekno.com – Setelah dipasarkan di Bagladesh, akhirnya Samsung Galaxy J1 Mini hadir secara resmi di Indonesia. Smartphone ini siap bersaing disegmen pasar entry level dengan membawa spesifikasi lumayan tinggi dan harga jual sangat murah. Dimana untuk satu unit Galaxy J1 Mini dibanderol sekitar Rp. 1.1 Jutaan, dan didalamnya sudah ada processor Quad Core 1.2 Ghz yang terintegrasi pada chipset Spreadtrum SC8830. Sayangnya processor yang dipakai Galaxy J1 Mini masih 32-Bit dan kapasitas Ramnya cuma 768 mb.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini memang dibawah Galaxy J1 Ace, karena smartphone ini belum dilengkapi teknologi 4G LTE dan masih mengandalkan jaringan 3G HSPA+ sebagai koneksi internet utamanya. Selain itu, tersedia pula fitur Dual Sim untuk mempermudah kebutuhan komunikasi, serta akses Wi-Fi 802.11 b/g/n sebagai alternatif dalam mengakses internet. Di sisi lain, tersedia pula konektivitas Bluetooth v4.0, FM Radio, port microUSB 2.0, dan navigasi GPS yang dilengkapi teknologi A-GPS dan Glonass.

Pada bagian dapur pacu, spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini juga diperkuat oleh memori internal 8GB yang bisa kita ekspansi memakai microSD hingga kapasitas 128GB. Lalu ada pula sistem operasi Android Lollipop 5.1 dan GPU Mali-400MP2 untuk meningkatkan kestabilan dan performa Galaxy J1 Mini dalam mengeksekusi aplikasi ataupun game. Kemudian untuk baterainya, telah tersedia baterai Li-Ion berkapasitas 1.500 mah yang dikabarnya bisa bertahan selama 8 jam waktu bicara saat dipakai pada jaringan 3G, dan bisa dipakai memutar musik selama 29 jam.

Dengan harga jual cuma 1.1 Jutaan, smartphone ini pastinya akan laris manis mengkuti kesuksesan Galaxy V Plus ataupun Galaxy J1 versi pertama. Namun sayangnya spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini pada bagian layar belum dilengkapi teknologi Super Amoled Display, karena masih memakai panel TFT capacitive touchscreen, dengan bentang 4 inci dan resolusi 400 x 800 pixels. Layar Galaxy J1 Mini sudah mendukung fitur multitouch dan kepadatannya mencapai 233 pixel per inci, jadi kualitasnya cukup baik walaupun tak setajam layar berteknologi super amoled.

Menurut gsmarena.com, spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini pada bagian kamera telah dilengkapi kamera utama 5 Megapixel tanpa adanya LED Flash. Sedangkan untuk kamera bagian depan, hanya mengandalkan lensa beresolusi 0.3 Megapixel atau VGA untuk memenuhi kebutuhan berfoto selfie dan video call. Resolusi kameranya cukup mengecewakan, dan tak cocok bagi sobat deteknokers yang hobi berfoto selfie. Menurut kami smartphone ini lebih cocok dipakai sebagai media komunikasi dibandingkan media fotografi ataupun gaming.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini  : 

  • Dimensi : 126.6 x 63.1 x 10.8 mm  / 123 g
  • Layar : TFT capacitive touchscreen, 5.0 inches 480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
  • Memori : 8 GB, microSD, up to 128 GB
  • Ram : 768 MB RAM
  • Processor : Spreadtrum SC8830, Quad-core 1.2 GHz
  • GPU : Mali-400MP2
  • Sistem Operasi : Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • Kamera Utama : 5 MP
  • Kamera Depan : VGA
  • Baterai : Removable Li-Ion 1.500 mAh
  • Konektivitas : Dual Sim, HSPA 21.1/5.76 Mbps, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, microUSB v2.0, GPS

Hadirnya Galaxy J1 Mini di Indonesia menjadi angin segar bagi pecinta gadget yang menantikan smartphone murah meriah yang dibuat oleh Samsung. Walaupun spesifikasi Galaxy J1 Mini penuh dengan keterbatasan, karena belum mendukung 4G LTE dan kamera depannya masih VGA, namun kekurangan tersebut kami anggap wajar mengingat harga Samsung Galaxy J1 Mini di Indonesia dibanderol sekitar Rp. 1.175.000. Sudah pasti harganya akan turus turun mengikut kerasanya industri smartphone tahan air.


Advertisement