Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 617 dan 430

Banner

Detekno.com – Setelah memperkenalkan generasi terbaru dari Snapdragon 810 yakni Qualcomm Snapdragon 820. Kali ini Qualcomm memperkenalkan sebuah chipset teranyar mereka untuk menyasar pasar Mid Range yang mereka namai Qualcomm Snapdragon 617 dan Qualcomm Snapdragon 430.

Untuk seri Qualcomm Snapdragon 820 sudah dirumorkan akan dipakai oleh ponsel Flagship dari Xiaomi yaitu Xiaomi Mi5 yang kabarnya akan muncul di akhir tahun 2015. Bersaing dengan Mediatek di ranah mobile chipset, Qualcomm memang masih menjadi juara namun posisinya tak senyaman dahulu karena beberapa vendor Smartphone sudah dikabarkan akan membuat chipset sendiri guna memangkas biaya produksi, beberapa vendor tersebut adalah Xiaomi dan Samsung.

Maka tak heran jika Qualcomm sedang gencar-gencarnya dalam berinovasi dan memberikan sebuah chipset yang murah dan memiliki performa berkelas. Dan baru-baru ini mereka juga dikabarkan sudah mempersiapkan chipset untuk Drone yang sobat bisa lihat di Qualcomm Snapdragon Flight, Chipset Qualcomm Untuk Drone.

Dilansir dari Phonearena (15/9/15) Qualcomm Snapdragon 430 ini akan membawa prosessor Octa Core Cortex A53 dengan Clock 1,2 GHz. Dimana untuk proses grafisnya memakai Adreno 505 dan memiliki kemampuan Dual Image Signal Prosessor. Selain itu Qualcomm Snapdragon 430 juga mendukung kamera lebih dari 21 Megapixels. Chipset yang ditujukan untuk ponsel menengah kebawah ini juga akan mendukung Quick Charge generasi terbaru 3.0. Snapdragon 430 akan mendukung konektivitas X6 LTE Cat 4 Speeds dan 2x 10 carries Aggregation.

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 617 dan 430

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 617 dan 430 | Sumber : Phonearena, Qualcomm Blog

Selanjutnya untuk Qualcomm Snapdragon 617 akan memiliki kinerja lebih unggul dari Snapdragon 430. Ia akan memiliki prosessor berkekuatan Octa Core Cortex A53 dengan Clock speed 1.5 GHz. Sama seperti Qualcomm Snapdragon 430 ia mendukung kemapuan kamera beresolusi 21 MP. Sedangkan di sektor grafisnya memakai Adreno 405. Disisi konektivitasnya mendukung X8 LTE with Cat 7 Speeds anda 2×20 Carries Aggregation.

Berbekal kemampuan yang berkelas serta ditujukan untuk ponsel menengah ke bawah, bisa dipastikan persaingan Smartphone menengah kebawah akan semakin ketat. Hal ini ada dampak positif nya bagi pembeli, karena tahun 2016 nanti akan tersaji banyak Smartphone berkualitas dengan harga terjangkau.

Untuk seri Qualcomm Snapdragon 617 sendiri dikabarkan akan muncul dengan segara di Ponsel yang akan dirilis pada tahun ini. Sedangkan untuk Qualcomm Snapdragon 430 akan masuk di kuartal kedua tahun 2016.


Advertisement