PuzzlePhone, Smartphone Canggih Penantang Project Ara


Detekno.com – PuzzlePhone merupakan sebuah smartphone modular atau bongkar pasang yang siap mejadi lawan tangguh bagi Project Ara besutan Google. Smartphone yang dibuat oleh sebuah perusahaan asal Finlandia tersebut telah menggalang pendanaan melalui Indiegogo untuk memulai proses produksi, seperti yang terlansir dari laman Phonearena. Menariknya, PuzzlePhone memiliki desain lebih baik dan didukung spesifikasi hardware sangat tinggi, yang membuatnya mampu bersaing melawan Project Ara yang sedang dikembangkan oleh Google.

PuzzlePhone

PuzzlePhone | Sumber : www.puzzlephone.com

Konsep smartphone modular ini juga cukup unik, karena Puzzlephone terbagi dalam 3 modul berbeda. Pertama adalah modul “Brain” yang berisi CPU, GPU, Ram, dan memori internal. Lalu yang modul “Spine” yang terdiri dari bagian layar, speaker, dan mikrophone. Kemudian modul yang terakhir adalah “Heart” yang merupakan bagian baterai dari smartphone PuzzlePhone. Setiap modul tersebut, nantinya bisa kita ubah sesuai dengan ketersediaan spesifikasi hardware, sehingga performa smartphone modular ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain menawarkan desain modular, PuzzlePhone juga memiliki desain premium yang memadukan keindahan, dan material ramah lingkungan dengan daya tahan selama bertahun-tahun. Sementara ukuran dimensinya tergolong ergnomis dan nyaman dipegang, karena memiliki ketebalan 8.9 mm dan berat 170 gram, pada balutan layar berukuran 5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Kemudian untuk sistem operasinya, akan memakai OS Android Marshmallow terbaru yang dioptimalkan secara khusus untuk smartphone PuzzlePhone.

Yang tak kalah menarik adalah pemakaian dapur pacu berspesifikasi tinggi, yang memadukan processor Octa Core 64 Bit dengan Ram 3GB, serta baterai awal berdaya 2.800 mah. Kemudian untuk sektor penyimpanan data dan file, akan dibagi dalam 3 pilihan memori internal yang terdiri dari kapasitas 16GB, 32GB, dan 64GB. Sayangnya tidak disebutkan apakah nantinya smartphone ini juga dibekali slot memori ekternal, atau hanya mengandalkan memori internal saja.

Selanjutnya untuk sektor kamera, PuzzlePhone akan dibekali kamera belakang 12 Megapixel dengan LED Flash, dan kamera depan 5 Megapixel. Kedua kamera tersebut, nantinya bisa kita ganti dengan resolusi lebih besar, sesuai konsep modular yang dimiliki smartphone canggih ini. Kemudian untuk sektor konektivitas, akan disediakan teknologi 4G LTE, USB Type-C, NFC, Bluetooth v4.2, Wifi, dan navigasi GPS. Jadi bisa dikatakan sudah sangat lengkap untuk smartphone terbaru yang akan dirilis ditahun 2016.

Modul PuzzlePhone

Yah, smartphone ini memang rencananya akan dirilis pada kuartal ketiga atau keempat ditahun 2016. Adapun harga PuzzlePhone adalah sebesar USD$333 (Internal 16GB), USD$444 (Internal 16GB), dan yang termahal mencapai USD$777 (Internal 64GB). Walaupun dari segi harga tergolong sangat mahal, namun PuzzlePhone menawarkan konsep yang berbeda dari smartphone pada umumnya, sehingga pantas apabil harga termurahnya harus kita bayar mencapai Rp. 4.5 Jutaan.  Bagaimana apakah sobat deteknokers tertarik menantikan kehadiran smartphone ini ?


Advertisement