Prosesor Huawei P9 Masih Dibawah Prosesor S7 Edge

Banner

Detekno.com – Setelah dirilis secara resmi, terkuak bahwa prosesor Huawei P9 memakai chipset Hisilicon Kirin 955 yang tidak lain buatan Huawei sendiri. Sekarang tinggal muncul pertanyaan apakah dirinya mampu mengalahkan kecepatan prosesor dari Samsung Galaxy S7 Edge versi Exynos dan versi Qualcomm ?.

Jawabannya adalah masih belum, hal ini seperti kami lansir via Detik Net yang mengetahui hasil uji Geekbench 3 Huawei P9. Smartphone P9 ini membawa otak Hisilicon Kirin 955 yang memiliki 4 kali Cortex A72 yang berkecepatan 2.5 GHz dan 4 kali Cortex A53 berkecepatan 1.8 GHz. Tidak hanya itu saja, Huawei P9 juga dibekali Grafis dari Mali T880.

Prosesor Huawei P9 Masih Dibawah Prosesor S7 Edge

Prosesor Huawei P9 Masih Dibawah Prosesor S7 Edge

Saat diuji menggunakan aplikasi Geekbench 3 dipengujian Single Core, hasilnya Chipset Hisilicon Kirin 955 meraih skor yang cukup bagus 1809 untuk sebuah Smartphone Android yang dibanderol 8 juta lebih. Namun sayang dirinya masih kalah jauh dengan chipset Exynos 8890 dari Samsung yang meraih skor single core 2139 dan kalah juga dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang mana chipset tersebut meraih skor 2353. Sobat deteknokers bisa melihat pengujiannya pada gambar dibawah ini.

Memang setelah resmi dirilis dan diumumkan menggunakan chipset Hisilion Kirin 955, Huawei P9 sudah diprediksi oleh beberapa analisis akan kalah dengan Samsung Galaxy S7 Edge dan Xiaomi Mi 5 dibagian kecepatan prosesor. Namun lain halnya jika kita berbicara dengan kemampuan lainnya yang banyak orang menganggap ini adalah Smartphone terbaik di sektor kamera karena mengusung dual kamera belakang yang berlensa Leica.

Pengujian Multi Core

Yang menariknya lagi pada tes multi core, Prosesor Huawei P9 mampu memenangkan skor karena meraih skor multi core sebesar 6415 sedangkan untuk Snapdragon 820 hanya 5466. Tapi sayangnya Prosesor Huawei P9 masih kalah di tes multi core dengan Exynos 8890 karena untuk prosesor buatan Samsung tersebut mencetak nilai multi core sebesar 7497.

Untuk lebih menyakinkan soal performa grafis dari prosesor Huawei P9 maka mereka juga melakukan pengujian lewat aplikasi GFXBench yang hasilnya chipset Hisilicon Kirin 955 masih kalah dengan dengan chipset Snapdragon 810, Mediatek 6797, Snapdragon 820 dan Exynos 8890.

Pengujian Grafis

Dari pengujian tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa performa Huawei P9 dibagian prosesor terbilang cukup baik walau masih kalah dengan prosessor yang dipakai oleh Samsung Galaxy S7 Edge dan Xiaomi Mi5. Namun dirinya tetap mengesankan dibagian lainnya salah satunya adalah kamera.


Advertisement