Project Skybender Bawa Internet Super Cepat Lewat Drone

Detekno.com – Akses internet sudah menjadi kebutuhan untuk sebagian orang. Bermacam hal dapat dilakukan mulai dengan kepentingan bisnis, media hiburan bahkan sekedar berkomunikasi lewat sosmed. Namun tahukah sobat bahwa hanya sekitar 40% persen wilayah dunia yang memiliki koneksi internet? Kebenaran ini dikonfirmasi oleh situs Android Authority (31/1/2016) yang juga menyatakan bahwa akses world web belum dapat dilakukan secara global dan menyeluruh.

Jumlah 40% diperkuat oleh situs Internet Live Stats yang mencatat jumlah pengakses dunia maya mencapai 3,2 Triliun orang pada awal tahun 2016 ini. Mengingat Google memiliki peran besar dalam Web Searching maupun aktivitas browsing maka untuk menjangkau pengguna lebih luas lagi dikembangkan lah Project Skybender. Dengan Project Skybender mampu mencakup wilayah dunia yang tak memiliki akses internet.

Project Skybender

Project Skybender | Source: Android Authority

Sebelum adanya Project Skybender, Google mencanangkan Project Loon dimana sistematika kerjanya menggunakan balon udara untuk menjangkau beberapa wilayah. Balon ini membawa perangkat yang frekuensi maupun sinyalnya mampu menjangkau bagian darat sehingga akses internet dapat langsung dinikmati. Sampai saat ini Google masih terus melakukan inovasi untuk mengatasi berbagai kendala lapangan termasuk diantaranya meluncurkan Project Skybender.

Project Skybender ini adalah nama baru dimana tujuanya hampir sama dengan Project Loon. Perbedaan besar Project Skybender terletak pada pemakaian perangkat serta teknologi canggih yang dikembangkan. Project Skybender akan menggunakan Drone bertenaga surya yang membawa teknologi Milimetre Wave. Terbayang bukan sob drone ini akan dapat bertahan lama d iangkasa berkat pengisian sinar matahari terus menerus.

Penggunaan gelombang milimeter mampu memancarkan sinyal yang jauh sehingga dapat ditangkap walau bergerak diangkasa layaknya sebuah satelit. millimetre wave technology.  Memang penggunaan drone dalam Project Skybender dinilai cukup mengejutkan karena seperti yang sobat tahu drone memiliki batas ketinggian yang mempengaruhi sinyal kontrolnya.

Kabarnya kekuatan jaringan dari Project Skybender ini adalah 5G jadi mampu mentransfer Gigabyte data per detik. Wow sungguh mengagumkan karena 40 kali lebih cepat dibanding jaringan 4G saat ini. Tentunya hal ini dapat juga disebut Internet super cepat karena yang dihitung adalah nilai Gigabyte nya. Menurut beberapa laporan Google sudah menyewa hangar Virgin Galactic yang tingginya 15.000 kaki dengan biaya $ 1.000 per hari, amazing.

Lokasi hangar ini terletak di New Mexico, dekat sebuah kota bernama Truth or Consequences. Sayangnya sampai saat ini Google telah berjanji untuk tak mempublikasikan foto didalam bangunannya sehingga kita tak dapat mengetahui perangkat maupun teknologi seperti apa yang dipakai. Semoga Project Skybender dapat segera rampung sehingga akses internet dengan kecepatan multi-gigabit dapat dinikmati secara luas.


Advertisement