Inilah Perbedaan OnePlus 2 dengan OnePlus One


Detekno.com – Perusahaan gadget asal Tiongkok OnePlus baru saja memperkenalkan generasi terbaru Smartphone mereka OnePlus 2. Secara resmi OnePlus hadir dipasaran pada tanggal 28 Juli 2015 dengan banderol harga yang terbilang murah 5 jutaan.

Dari pendapat salah satu petinggi OnePlus Carl Pei, OnePlus 2 adalah Smartphone Flagship killer era modern yang mampu bertahan sampai 2016 walau saat ini sudah banyak pesaing dari OnePlus 2 seperti Xiaomi Mi Note Pro dan Samsung yang juga akan mengeluarkan Smartphone teranyar mereka Samsung Galaxy Note 5.

Melihat spesifikasi OnePlus 2 memang tak perlu diragukan lagi kinerja HP Android tersebut. Ia memiliki 2 versi yang tertinggi memiliki memori internal 64 GB dengan RAM berkapasitas 4 GB dan versi terendah memiliki memori internal 16 GB dengan RAM berkapasitas 3 GB. Salah satu pertanyaan yang mungkin akan sering ditayakan oleh sobat deteknokers pasti masalah chipset yang dipakai oleh OnePlus 2 yang mana ia memakai Chipset Qualcomm Snapdragon 810 yang sedang mendapatkan masalah overheat. Namun pihak Oneplus memastikan OnePlus 2 tidak akan cepat panas walau dalam pemakaian aktif bermain game karena chipset yang ia gunakan Qualcomm Snapdragon 810 sudah diberi beberapa settingan dan upgrade terbaru.

Kembali kemasalah intinya, apa saja perbedaan OnePlus 2 dengan OnePlus One. Untuk lebih jelasnya mari simak informasinya dibawah ini.

Perbedaan OnePlus 2 dengan OnePlus One

Perbedaan OnePlus 2 dengan OnePlus One

Perbedaan OnePlus 2 dengan OnePlus One

Desain / Tampilan

Dari masalah desainnya keduanya sama-sama mengusung layar berukuran 5.5 inches. Hanya saja OnePlus 2 lebih terlihat modern berkat tombol fisik di bezel bagian bawah. Tombol Fisik ini juga sebagai tempat sensor sidik jari yang dimiliki oleh OnePlus 2.

Pada bagian lensa kameranya yang terletak dibagian belakang, lebih rendah dibandingkan dengan letak lensa kamera yang ada di OnePlus One. Kalau di OnePlus One Dual LED Flash nya berada dibawah lensa namun kini di OnePlus 2 letak Dual LED Flashnya berada dibagian atas lensa persis. Untuk masalah tombol-tombolnya terlihat ada penyesuain sedikit. Dibagian kanan terdapat tombol volume yang juga berfungsi sebagai tombol kunci.

OnePlus 2

OnePlus 2

Letak port Audionya sama terletak dibagian sisi atas dan untuk sisi bawahnya terdapat slot USB Type C yang kini diapit oleh dua grill lubang speaker yang terlihat bulat dan mirip dengan tampilan desain dari iPhone 6. Ini menjadi semakin menarik karena OnePlus 2 juga menjadi pesaing berat bagi iPhone 6.

Disektor ketebalannya, OnePlus 2 terlihat lebih tebal 9.9 mm dibandingkan dengan OnePlus One yang hanya memiliki tebal 8.9 mm saja. Beratnya juga lebih ringan OnePlus One.

Layar

Mereka sama-sama mengusung layar berukuran 5.5 Inches, senada dengan ukurannya dibagian spesifikasi resolusi layarnya pun sama. Tidak ada peningkatan dalam sektor layarnya. Padahal jika di kaitkan dengan ponsel flagship yang buatan vendor lainnya, mereka sudah mengusung layar beresolusi Quad HD. Mungkin alasannya OnePlus hanya mengaitkan resolusi Full HD saja karena agar OnePlus 2 lebih irit dalam pemakaian baterai dan harga bisa lebih murah.

Menariknya dari OnePlus 2 adalah ia memiliki rasio layar dengan bodi lebih tinggi dari OnePlus yang hanya memiliki rasio 71.9%. Peningkatan layar pelindung juga terlihat dari OnePlus 2 yang sudah memakai Gorilla Glass 4.

Kinerja / Performa

Berbicara masalah kinerja, OnePlus 2 terlihat lebih unggul dan memiliki banyak perbedaan dari versi OnePlus One sebelumnya. Lihat saja dibagian memori internalnya yang kemasing-masing versi mendapatkan penambahan kapasitas RAM yang lebih besar. Dulunya OnePlus One hanya memiliki kapasitas RAM 3 GB saja namun saat ini OnePlus 2 sudah mendukung kapasitas RAM sebesar 4 GB.

Kinerja prosessornya juga lebih baik karena ia sudah memakai Qualcomm Snapdragon 810 yang memiliki kekuatan prosessor sampai Octacore 64 bit. Berbeda dengan OnePlus One yang hanya dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 801 yang memiliki kekuatan cpu Quad Core 2.5 Ghz.

Review OnePlus 2

Review OnePlus 2

Kapasitas baterai OnePlus 2 lebih ditingkatkan menjadi 3300 mAh. Sebelumnya OnePlus One dibekali baterai berkapasitas 3100 mAh. Yang cukup disayangkan dari hal ini adalah kedua generasi ini sama-sama belum mendukung fitur Fast Charging.

Kamera

Kamera utamanya memang sama-sama mengusung resolusi 13 MP namun khusus untuk OnePlus 2 sudah dibekali sensor Sony Exmor dan Fitur OIS. Selain itu dikamera belakangnya juga dibekali bukaan lensa f/2.0 dan laser autofocus yang diklaim akan lebih baik dalam membantu menghasilkan foto berkualitas jernih.

Disektor kamera depannya tidak ada terlihat yang mencolok mereka sama-sama mengusung resolusi 5 MP yang mampu merekam video Full HD.

Software / Aplikasi

Dulunya OnePlus One pertama kali berjalan di sistem operasi Android Kitkat namun saat ini ia sudah mendapatkan update ke Android Lollipop. Jadi untuk urusan sistem operasi, kedua-duanya sama-sama berjalan di sistem operasi Android Lollipop.

Mereka juga sama-sama menggunakan Oxygen OS yang hasil dari karya OnePlus sendiri. Namun bedanya OnePlus One awalnya memakai OS buatan pengoprek Custom ROm yakni CyanogenMod. Untuk lebih jelasnya terkait perbedaan OnePlus 2 dengan OnePlus One, bisa sobat deteknokers lihat dibawah ini.

Bezel OnePlus 2

Bezel OnePlus 2

Spesifikasi

OnePlus 2

OnePlus One

Ukuran dan Berat 151.8 x 74.9 x 9.9 mm/175 g 152.9 x 75.9 x 8.9 mm/162 g
Layar LTPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 5.5 inches (~73.3% screen-to-body ratio), 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density), Corning Gorilla Glass 4 LTPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 5.5 inches (~71.9% screen-to-body ratio), 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density), Corning Gorilla Glass 3
Prosessor Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810, Quad-core Cortex-A53 & Quad-core 1.8 GHz Cortex-A57 Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801, Quad-core 2.5 GHz Krait 400
RAM 3 / 4 GB 3 GB
Kapasitas Penyimpanan 16 / 64 GB 16 / 64 GB
Slot Microsd Tidak Ada Tidak Ada
USB USB Type C microUSB v2.0
SIM Dual SIM Single SIM
Sensor Sidik Jari Ada Tidak Ada
Baterai Non-removable Li-Po 3300 Non-removable Li-Po 3100
Harga Rp.5,1 Jutaan versi  64 GB Rp.4,4 Jutaan versi 64 GB

Setelah sobat menyimak informasi perbedaan OnePlus 2 dengan OnePlus One diatas, apakah sobat akan menunggu saja kehadiran OnePlus 2 di Indonesia yang kabarnya akan masuk di Q4 tahun 2015? atau sobat lebih menyukai OnePlus One? yang jelas dari informasi tersebut bisa terlihat perbedaan OnePlus One dengan OnePlus 2.


Advertisement