Perbandingan Ram Iphone dengan Android, Mana yang Lebih Kencang?

Perbandingan Ram Iphone dengan Android – Di dunia saat ini, memiliki smartphone telah menjadi kebutuhan. Dan hanya ada dua pemain utama di pasar yaitu perangkat iOS dan perangkat Android. Perang antara iOS dan Android telah berlangsung selama hampir satu dekade sekarang. Ada banyak alasan kuat untuk jatuh di kedua sisi pagar tetapi itu tidak menghentikan orang untuk membandingkan keduanya untuk melihat mana yang lebih baik. Sebagian besar kali itu baik iOS atau Android saling bersilangan hanya dengan selisih. Tetapi ada sesuatu yang mungkin tidak disadari yakni Perangkat iOS memiliki RAM lebih rendah daripada perangkat Android. Mengapa demikian? Berikut penjelasan Perbandingan Ram Iphone dengan Android selengkapnya :

 

Perbandingan Ram Iphone dengan Android, Mana yang Lebih Kencang?

 

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita lihat apa itu RAM dan apa tugasnya sebenarnya. RAM (Random Access Memory) adalah jenis teknologi yang mengakses file yang tersimpan di komputer atau smartphone Anda. Tidak seperti memori hard drive, RAM tidak secara permanen menyimpan konten. Namun, ia bertugas membaca konten ketika sistem membutuhkannya. Karena smartphone adalah perangkat dengan ukuran terbatas, ada sedikit perbedaan antara bagaimana RAM digunakan pada mereka versus bagaimana itu digunakan pada komputer. Pada akhirnya, sasaran keseluruhan pada dasarnya sama: mengirimkan instruksi dan data ke prosesor sehingga dapat diproses, mengurangi waktu muat, dan memungkinkan kami berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan cepat dan tanpa kerepotan.

Perbandingan Ram Iphone dengan Android

Perbandingan Ram Iphone dengan Android

Banyak orang memiliki persepsi bahwa memiliki lebih banyak RAM berarti perangkat lebih cepat namun itu tidak benar. Biarkan saya menggunakan pengalaman pribadi sebagai contoh.  Berawal dari penggunaan Asus dengan 6GB RAM ke iPhone dengan 3GB RAM tetapi itu tidak berarti saya menurunkan versi ke telepon yang lebih lambat. Bahkan, iPhone ternyata lebih cepat walaupun memiliki setengah RAM karena cara iOS dan Android menggunakan RAM berbeda. Sebagian besar perangkat android terbaru memiliki lebih dari 4GB RAM. Bahkan beberapa dari mereka bahkan memiliki 8GB RAM juga. Di sisi lain, iPhone terbaru memiliki RAM 3-4 GB yang hampir setengahnya dalam beberapa kasus.

 

Mengapa perangkat Android membutuhkan banyak RAM? Android telah sangat fleksibel sejak awal karena dirancang untuk mendukung banyak produsen yang berbeda karena tidak seperti iOS, perangkat Android diproduksi oleh berbagai perusahaan. Android juga memiliki kemampuan untuk mendukung berbagai jenis prosesor dan konfigurasi perangkat keras yang berbeda. Aplikasi Android selalu berjalan di platform Java. Java bagus karena mesin virtualnya. Apa yang dilakukan mesin virtual adalah menerjemahkan kode java aplikasi android untuk bekerja pada sistem apa pun yang dihidupkannya. Pada dasarnya, alih-alih menulis ulang dan mengkompilasi ulang seluruh kode sendiri, mesin virtual java akan menanganinya untuk penggunanya.

 

Mekanisme mesin virtual Java cukup kompleks dan karenanya membutuhkan banyak RAM, tidak hanya untuk mengelola proses aktual dari mesin virtual itu sendiri, tetapi juga untuk menahan kode Java asli untuk aplikasi apa pun yang sedang dijalankan ditambah kode yang diterjemahkan yang sebenarnya dieksekusi oleh sistem.

Perbandingan Ram Iphone dengan Android

Perbandingan Ram Iphone dengan Android

Perlu pengguna ketahui bahwa ada sesuatu yang dikenal sebagai ” garbage collection “ atau pengumpulan sampah di java dan sistem operasi Android dibangun di sekitar sistem ini. Aplikasi Android sebenarnya didorong untuk menggunakan RAM sebanyak yang mereka butuhkan. Kemudian, sesekali, Android membersihkan data dalam RAM yang tidak lagi digunakan (“sampah”) dan membebaskannya, memungkinkan aplikasi lain untuk menggunakannya. Metode ini optimal ketika ada banyak RAM yang tersedia di perangkat yang biasanya terjadi pada sebagian besar perangkat android premium. Dan dengan mengingat alasan-alasan ini, jika berencana membeli perangkat Android maka pastikan bahwa ia memiliki RAM minimal 4GB, untuk kinerja yang lancar.

 

Tidak seperti Android, ekosistem iOS tidak terlalu fleksibel. Java tidak dapat digunakan untuk membuat aplikasi iOS tetapi pengguna harus menggunakan alat Apple dan melakukannya dengan cara Apple. Ini memang memiliki banyak manfaat. Karena Apple memiliki kontrol ketat terhadap ekosistem iOS, Apple mengetahui spesifikasi dan persyaratan pasti dari perangkatnya yang akan menjalankan iOS dan karenanya mereka dapat membuat keputusan desain yang sesuai. iOS tidak menggunakan Java dan juga tidak menggunakan mesin virtual, yang berarti lebih sedikit RAM yang digunakan secara keseluruhan. Juga, pendekatan manajemen memori sangat berbeda di iOS jika dibandingkan dengan Android. Memori Android ditangani oleh Sistem Operasi sedangkan memori iOS ditangani oleh aplikasi itu sendiri. Aplikasi iOS mengalokasikan dan mendeallocate memori secara otomatis jika diperlukan.

 

Jadi, hanya karena perangkat iOS memiliki lebih sedikit RAM, bukan berarti mereka memiliki kinerja yang lebih buruk. Ini memiliki pendekatan berbeda terhadap manajemen memori karena tidak tergantung pada Mesin Virtual seperti Android. Sekian sedikit informasi mengenai Perbandingan Ram Iphone dengan Android, kini tentunya sobat Detekno sudah mengetahui mengapa RAM pada Android memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan milik iPhone. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.