Perangkat Huawei VR Akan Jadi Saingan Ketat Gear VR

Detekno.com – VR atau Virtual Reality nampaknya sedang menjadi trend yang hangat saat ini dimana memang realitas yang ditawarkan membawa penggunanya menikmati berbagai konten seperti video maupun game dengan nyata. Beberapa waktu lalu muncul Gear VR besutan Samsung dan HTC Vive dari HTC yang memang membawa pengalaman virtual baru.

Dilansir dari GizmoChina (17/4/2016) kali ini giliran Huawei yang memperkenalkan Huawei VR sebagai pesaing ketat Gear VR maupun HTC Vive.  Huawei VR adalah perangkat Virtual pertama yang didesain serta diproduksi Huawei yang tentunya ditujukan untuk beberapa seri ponsel flagshipnya.

Huawei VR

Huawei VR

Huawei VR sendiri dan Gear VR membawahi platform mobile tentunya, sedangkan HTC Vive memang menggunakan sistem komputer high end dan setara dengan Oculus Rift. Huawei VR sendiri memiliki kriteria khusus untuk smartphone yang support dengan perangkat ini.

Memang teknologi yang dibawa Huawei VR memang memiliki desain dasar yang sama dengan GearVR. Sisi perbedaanya adalah dari bagian depan yang memiliki slot serta dapat dibuka sebagai wadah smartphone, sedangkan untuk Gear VR diletakkan diluar perangkat melalui Dock yang disediakan.

Slot smartphone ini  juga berhadapan dengan setup dual-screen yang menjadi fokus utama. Huawei VR sendiri nampaknya akan kompatibel dengan seri smartphone terbaru besutan Huawei seperti Huawei P9, P9 Plus Maupun Mate 8.

Desain Huawei VR

Desain Huawei VR

Kelemahan perangkat ini tentunya dari segi resolusi karena ketiga ponsel diatas hanya menampilkan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel sehingga kurang memberikan hasil maksimal. Karena desain perangkat ini memang sangat dekat antara layar maupun mata maka semakin tinggi resolusi yang dihasilkan akn menjadi solusi terbaik utnuk sisi realitasnya.

Spesifikasi headset ini dibekali dengan lensa adjustable, anti-blue light filter, touch panel, back button dan tentunya volume rocker yang terletak pada sebelah kanan. Headset ini menawarkan sudut pandang hingga 95 derajat dan sedikit lebih unggul Gear VR karena mampu mencapai 96 derajat.

Konten dari headset VR besutan Huawei diklaim terdiri dari 4.000 film gratis, lebih dari 40 game, 150 buah panorama dan lebih dari 350 gambar panorama didalamnya. Memang sampai saat ini Huawei belum mengumumkan kapan headset ini bisa dipasarakan secara Internasional. Bandrol harga untuk perangkat ini juga belum dijelaskan secara rinci jadi kita tunggu saja informasi terupdatenya dalam waktu dekat ini.


Advertisement