Peningkatan Kinerja Snapdragon 820 Untuk Testing Galaxy S7


Detekno.com – Belum usai sensasi yang ditorehkan seri Galaxy S6, Samsung dikabarkan akan merilis seri terbaru yaitu Galaxy S7. Memang dikonfirmasi sedang dilakukan testing seperti yang dilansir dari situs phonearena (1/9/2015) dengan Chipset besutan QualComm yaitu Snapdragon 820.  Kabar banyak berdatangan menginformasikan bahwa Galaxy S7 juga diuji pada chipset next-gen Exynos M1. Namun nampaknya hingga saat ini baru seri Snapdragon 820 yang masuk kedalam lab Samsung untuk dipastikan kecocokanya dengan Galaxy S7.

Kabar lain justru mengatakan bahwa Qualcomm sudah menempati chipset Samsung Galaxy S7 dengan Snapdragon 820 versi 3.x dimana memiliki kinerja lebih baik dibanding seri sebelumnya. Versi ini kabarnya akan menghabiskan banyak waktu karena optimasi kinerja akan ditingkatkan dengan maksimal. Misteri versi yang belum terungkap performanya ini nampaknya masih menjadi perbincangan hangat. Jika Snapdragon 820 edisi terbaru akan singgah ke Galaxy S7 nampaknya akan mempertahankan Kryo kustomisasi 4 Core.

SNAPDRAGON 820

SNAPDRAGON 820 versi 3.x | Sumber: gforgames

Kemudian dari segi grafis diperkirakan memakai seri Adreno 530 dimana performanya tentu mampu dipercaya menjalankan berbagai game maupun apliaksi beresolusi tinggi. 14nm FinFET akan masuk kedalam proses pabrikanya, tapi bisa saja menawarkan konsumsi daya daya yang rendah dengan manajemen termal yang lebih baik. Snapdragon 820 juga kabarnya mampu ditingkatkan kinerja keseluruhan hardware sampai 10 % dan bisa jadi akan bisa di tweak untuk mendapat performa lebih cepat serta responsif.

Secara teoritis Snapdragon 820 dapat mencapai kecepatan hingga 3 GHz  per core. Performa untuk berbagai aktivitas tentunya jauh lebih baik, disamping itu jika ditambahkan Core nya otomatis performa akan mejadi lebih cepat lagi. Sampai saai ini Chipset yang akan resmi digunakan pada Galaxy S7 masih menjadi misteri. Bisa saja Snapdragon 820 menjadi chipset utama karena sudah masuk kedalam lab Samsung. Namun tak menutup kemungkinan seri Exynos yang akan menjadi Chipsetnya.

Apapun chipsetnya pastilah Samsung Galaxy S7 sudah menyiapkan spesifikasi terbaik yang mampu memuaskan pengguna smartphone dunia. Baik Exynos maupun Snapdragon adalah versi chipset unggulan yang tak dapat dipungkiri kualitas maupun performanya. Keduanya juga diharap mampu menaikkan nilai benchmark smartphone di masa depan. Jadi untuk deteknokers yang masih penasaran mengenai chipset Snapdragon 820 versi terbaru maupun Samsung Galaxy S7 simak terus update informasinya di Detekno.com.


Advertisement