Panasonic P99, Smartphone Entry-Level Berlayar HD

Detekno.com – Smartphone buatan Panasonic memang belum masuk ke Indonesia. Namun di negara lainnya, smartphone Panasonic cukup diminati. Nah belum lama ini mereka merilis sebuah smartphone yang dikhususkan untuk mengisi segmen entry-level, yaitu Panasonic P99. Spesifikasi smartphone ini tergolong rendah, dan jauh dari kata bertenaga. Namun Panasonic sudah melengkapinya dengan teknologi 4G LTE yang membuat P99 bisa mengakses internet dengan cepat dan lancar.

Panasonic P99

Panasonic P99

Untuk desainnya memiliki diameter panjang 144.6 mm, lebar 71.8 mm, dan ketebalan 8.6 mm. Sedangkan bobotnya seberat 145 gram dan dibagian depan telah terpasang layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels. Layar tersebut memiliki kerapatan sebesar 294 ppi, sehingga bisa menampilkan berbagai macam konten dengan kualitas grafis jernih dan tajam. Sayangnya untuk dapur pacu Panasonic P99 masih mengandalkan processor Quad Core 1.25 Ghz.

Ram berkapasitas 2GB dan memori internal 16GB juga dimiliki smartphone ini. Lalu ada pula baterai berkapasitas 2.000 mAh yang dirasa cukup kecil untuk memenuhi kebutuhan gaming dan multitasking. Selain itu, Panasonic menyediakan slot microSD untuk menambah ruang penyimpanan ketika menyimpan foto ataupun video yang diambil melalui kamera belakang 8 Megapixel yang dilengkapi fitur Autofocusd an LED Flash. Kamera tersebut hanya mampu merekam video HD 720p@30fps.

Untuk bagian depan, Panasonic P99 memiliki kamera depan beresolusi 5 Megapixel untuk selfie dan video call. Selain itu, smartphone ini telah mengadopsi sistem operasi Android Nougat 7.0 yang membuat performa multitasing dan mobile gaming semakin stabil. Lalu ada pula konektivitas pendukung berupa Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port MicroUSB 2.0. Tidak ada fitur Fingerprint Sensor pada smartphone ini, sehingga masih menggandalkan sistem keamanan tradisional berupa pattern ataupun kode password.

Tersedia 4 pilihan warna yang terdiri dari Champagne Gold, Black, dan Blue. Untuk harganya dibanderol 7490 Rupee atau setara Rp. 1.5 Jutaan. Smartphone ini terlebih dahulu di pasarkan di India, dan kemungkinan besar tidak akan dirilis di Indonesia. Yah, harga Panasonic P99 memang lebih mahal dibandingkan smartphone sekelasnya yang memiliki spesifikasi lebih tinggi, seperti Meizu M6 ataupun Xiaomi Redmi Note 5A.