Oppo Siapkan AOSP Project Update R7, Find 7 Dan R5

Banner

Detekno.com – AOSP Project Update adalah bentuk kemudahan yang ditawarkan oleh Community Oppo untuk mendapatkan Stock ROM Android yang lebih cepat, update yang murah dan juga desain simple yang diusungnya. AOSP Project Update sendiri dapat hanya dapat dinikmati oleh beberapa seri smartphone Oppo saja seperti R5, Find 7, dan seluruh seri R7 seperti yang dituliskan pada situs Community Oppo (26/10/2015).

Dengan adanya fasiltas AOSP Project Update ini deteknokers dapat mudah mendapatkan seri OS terbaru jika perangkat sobat masuk kedalam kriteria. Jika deteknokers lihat salah satu keunggulan ponsel Oppo adalah pada pemakaian ColorOS dimana memiliki fitur dan desain yang mudah digunakan. ColorOS juga tergolong OS terpopuler di Asia terlebih dengan versi terbaru yaitu 2.1 berbasis Android 5.1 Lollipop akan menambah nyaman pengguna mengoperasikanya.

AOSP Project Update

AOSP Project Update | Sumber : community.oppo.com

Sayangnya terdapat kekurangan pada Stock ROM murni yaitu dari sisi support fitur. ROM murni tidak mendukung beberapa fitur terbaik di ColorOS sehingga kinerjanya kurang maksimal. Fitur yang sangat penting sebenarnya adalah Screen-off gesture yang mempengaruhi performa layar, namun pada Stock ROM  tidak ada fitur ini sehingga performa gesturenya kurang optimal.

Disamping itu terdapat fitur lainya yang tak dapat bekerja di Stock ROM seperti seperti DiracHD, Pure Image, dan MaxxAudio. Stock AOSP Murni tak dapat menjangkau semua fitur pada ColorOS sehingga Oppo mengembangkan project Oppo AOSP ROM sebagai kombinasi yang pas agar tiap fitur dapat dijalankan dengan lancar. Kelebihan ROM yang satu ini yaitu pengguna dapat dengan mudah memperoleh update serta seluruh fitur Color OS dapat dijalankan.

AOSP Project Update berfokus pada pengguna yang menginginkan update OS terbaru pada smartphone nya tanpa harus mencari dan mendownload ROM terbaru di situs tertentu. AOSP Project Update mendukung ponsel dengan spesifikasi minimal Android Lollipop 5.1. Untuk versi beta nya sendiri sedang berlangsung dan tentunya untuk versi resmi diharapkan hadir pada akhir bulan ini.

AOSP Project Update akan mencakup Oppo R5 dan R5s terlebih dahulu kemudian untuk seri Oppo R7 akan mendapatkan Android Marshmallow pada awal tahun 2016. ColorOS pada ROM ini akan mempertahankan Pure Image (ColorOS camera app), screen off gestures dan MaxxAudio (hanya pada Find 7/7a). AOSP Project Update sendiri belum menjadikan Marshmallow sebagai fitur update utama karena masih dalam masa pengujian.

AOSP Project Update sendiri bergantung pada dukungan driver Marshmallow dari chipset Qualcomm. Pada situs resmi Community Oppo juga jelas dikatakan bahwa garansi untuk ponsel yang dijual di situs oppostyle.com atau pun Amazon di Eropa tidak akan terpengaruh. Sedangkan untuk konsumen toko di Asia, Afrika atau Amerika Latin, harus berkonsultasi dengan service center mereka untuk informasi lebih lanjut. Deteknokers tunggu saja perubahan yang dibawa AOSP Project Update ini apakah membawa performa yang maksimal atau tidak.


Advertisement