Nokia 8 Resmi Dirilis, Inilah Spesifikasi dan Harganya

Detekno.com – Setelah merilis smartphone di kelas mid-range dan entry-level, akhirnya Nokia merilis smartphone flagship miliknya, yaitu “NOKIA 8”. Spesifikasinya sangat canggih, karena akan menantang smartphone flagship buatan Samsung, Apple, dan berbagai vendor besar lainnya. Terlebih smartphone ini sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang berpadu dengan Ram 4GB atau Ram 6GB.

Nokia 8

Nokia 8

Untuk varian Ram 4GB memiliki memori internal 64GB dan tersedia dalam pilihan warna Tempered Blue, Steel, Polished Copper. Sedangkan untuk varian ram 6GB dibekali memori internal 128GB dan warna Polished Blue. Kedua varian Nokia 8 sama-sama memiliki slot memori ekternal dengan daya tampung mencapai 256GB. Lalu ada pula baterai berkapasitas 3.090 mAh yang mendukung fitur Fast Charging (Quick Charge 3.0).

Layar Nokia 8 juga beresolusi Quad HD atau setara 1440 x 2560 pixels. Layar tersebut mengadopsi panel IPS Display yang dibentangkan seluas 5.3 inci dan memiliki kerapatan 554 ppi. Selain itu, Nokia 8 juga dilindungi kaca 2.5D Corning Gorilla Glass 5 dan memiliki bodi berukuran panjang 151.5 mm, lebar 73.7 mm, dan ketebalan 7.9 mm. Sedangkan bobotnya seberat 160 gram, sehingga tetap nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Menariknya lagi, Nokia 8 mengadopsi Android murni atau stock rom. Alhasil kita bisa merasakan sensasi memakai Google Pixel menggunakan Nokia 8. Sistem operasi Android Nougat 7.1.1 yang dipakainya juga dioptimalkan oleh sensor pemindai sidik jari yang akan memaksimalkan sistem keamanan smartphone ini.

HMD Global selaku pemengang merek dagang Nokia juga bekerja sama dengan Google untuk menjadikan Google Photos sebagai aplikasi galeri default atau bawaan. Kita bisa menyimpan video dan foto secara unlimited kedalam Cloud, sehingga cocok bagi sobat yang hobi mengabadikan berbagai momen dalam bentuk foto ataupun video. Terlebih kamera Nokia 8 sangat berkualitas, karena menggunakan teknologi dual kamera dan lensa Carl Zeiss.

Nokia memadukan dua kamera belakang dengan resolusi 13 Megapixel. Kamera tersebut terdiri dari sensor RGB dan Monochrome, sehingga bisa menghasilkan foto dengan gambar lebih detail. Kameranya juga memiliki aperture f/2.0 dan sensor berukuran 1.12µm pixels. Tak ketinggalan fitur laser & phase detection autofocus, Optical Image Stabilization, dan Dual Tone LED Flash juga dimilikinya. Nokia 8 juga bisa merekam video 4K 2160p@30fps.

Lalu ada kamera depan 13 Megapixel dengan sensor berukuran 1.12µm pixels dan aperture f/2.0. Kamera tersebut juga memiliki fitur Phase Detection Autofocus dan bisa dipakai merekam video 4K 2160p@30fps. Smartphone ini sangat cocok bagi konsumen yang hobi ngevlog dan video streaming. Pasalnya Nokia 8 dilengkapi teknologi OZO Audio yang bisa menghasilkan video 4K dengan kualitas audio 360° spatial surround sound.

Nokia 8 juga dibalut bodi metal berbahan 6000 series aluminum dan telah mengantongi sertifikat IP54 splash resistance. Beragam fitur konektivitas juga dimilikinya, seperti Bluetooth V5.0, USB Type-C, Wi-Fi Dual Band, NFC, dan GPS. Menurut gsmarena.com, smartphone ini akan mulai dipasarkan pada bulan September mendatang dengan harga 600 Euro atau apabila kita rupiahkan mencapai Rp. 9.3 Jutaan. Bagaimana, tertarik membelinya ?


Advertisement