Nih Dia Racikan Mediatek Helio X30 ?

Detekno.com – Kehadiran tanpa adanya absen sudah menjadi satu hal yang lumrah, karena para produsen terus melakukan uinovasi demi para penikmat teknologi. Bahkan tidak sedikit produsen dalam sekali waktu langsung memperkenalkan smartphone garapan terbarunya di hadapan publik. Sebut saja Xiaomi, merek satu ini bisa dikatakan memiliki umur yang masih muda, akan tetapi bila sudah berbicara akan teknologi, dirinya tidak bisa sobat pandang remeh maupun sebelah mata.

Selain Xiaomi, ada juga Huawei, Samsung, dan merek-merek besar lainnya dengan segala kemampuan yang dimilikinya berhasil menciptakan sesuatu yang berbeda dari pada yang lain. Akan tetapi perlu sobat ketahui, dibalik kesuksessan produsen smartphone tersebut tentunya tidak terlepas dari peran penting Chipset, yang merupakan otak dari sebuah perangkat smartphone. Seperti Mediatek maupun Qualcomm, keduanya dianggap memiliki peranan sama pentingnya dalam kemajuan teknologi saat ini.

Mediatek Helio X30

Mediatek Helio X30

Menariknya lagi, seperti dilansir dari laman Gizmochina, prousen Chipset yang mengusung nama Mediatek ini sedang merancang otak smartphone terbaru, yang digadang-gadang bakal memiliki kemampuan lebih dibanding pendahulunya. Meskipun waktu lalu pihak Mediatek kalah skor AnTuTu dengan Qualcomm, dengan perbandingan skor perolehan, mediatek dengan Processor Deca-core didalamnya hanya mampu menghasilkan 85K di AnTuTu, sedangkan Qualcomm melalui Snapdragon 820 miliknya berhasil diatasnya dengan pencapaian nilai 133K.

Namun tampaknya Mediatek tidak menyerah begitu saja, dirinya terus berinovasi dengan rancangan chipset terbarunya. Disebutkan pada next generasi dari Helio X20 miliknya, akan diberikan label nama sebagai Helio X30. Kabar ini semakin kuat tatkala COO Mediatek bernama Zhu Zhangzu, pernyataan yang dilontarkan olehnya “recent said that the Helio X30 chip is going to be a power house which can take on premium chipmakers like Qualcomm and Samsung”.

Bila kita artikan dan simpulkan, bahwasannya Mediatek optimis dengan apa yang dimilikinya tahun depan (Helio X30) untuk bersaing dengan para kompetitornya yakni Samsung dan Qualcomm, serta menjadi yang pertama diantaranya kedua produsen chipset tersebut. Selain menjadi yang pertama didunia dalam menciptakan chipset dengan 10 core processor didalamnya. Saat ini dirinya kembali menciptakan 10 core processor, tetapi dengan arsitektur lebih baik dari pada yang dibuat sebelumnya.

Nih dia perkiraan arsitektur yang tengah masuk dalam rancangan Mediatek, 2 x 1GHz Cortex A53 + 2 x 1.5GHz Cortex A53 + 2 x 2GHz Cortex A72 dan 4 X 2.5GHz Cortex A72 core, Bagaimana menurut sobat deteknokers tentang rancangan Mediatek? Ngeri juga yah ? Tidak menutup kemungkinan dengan rancangan processor yang dibangun pada proses 16 nm terbaru tadi, Mediatek bisa menggeser posisi teratas chipset terbaik dengan menyingkirkan 2 kompetitor tangguh.

Dan tidak ketinggalan, harapan pada chipset Helio X30, moga saja Mediatek akan melengkapinya bersama pengolah grafis tidak kalah tangguh serta menarik dibanding apa yang pernah dibuatnya. Kemudian untuk lebih jelas dan detailnya Chipset Mediatek Helio X30, sobat bisa simak terus laman berita yang ada di Detekno


Advertisement