Nih, 3 Chipset Exynos Anyar dari Samsung

Detekno.com – Samsung kembali lakukan inovasi, tapi berbeda di banding sebelumnya, kalau dirinya mengotak-atik akan smartphone, namun kali ini dirinya seperti dilansir dari laman phonearena, sedang melakukan inovasi terhadap komponen hardware / otak dari sebuah samrtphone yang di sebut juga sebagai chipset. Setidaknya ada 3 jenis chipset yang tengah di garap oleh samsung, tentunya dengan kemampuan dan teknologi terbaru, yang dapat membuat perangkat tersebut mamapu memberikan hasil performa dan kinerja lebih sewaktu di tanam pada smartphone.

Samsung Exynos Processor | Sumber : Phonearena, wccftech

Samsung Exynos Processor | Sumber : Phonearena, wccftech

Pertama ada chipset Exynos 7422. Chipset tersebut merupakan yang dahulu dirumorkan bakali di gunakan oleh Samsung Galaxy Note 5, tetapi kenyataannya, samsung tidak membekalkan chipset tersebut, karena Note 5 sendiri di bekali chipset Exynos 7420. Lalu di urutan kedua, ada Exynos 7880 yang di kabrkan membawaih delapan inti processor, yang terbai atas dua bagian, yakni Quad-core cortex-A72 yang di peruntukan bagi tugas-tugas berat serta sulit, dan satunya lagi menggunakan Quad-core cortex-A53.

Dan bila di terjemahkan, chipset terbaru kedua dari samsung tersebut berjalan pada arsitektur 64 Bit, yang besar kemmungkinan akan sangat lancar bial menjalankan sesuatu aplikasi, bahkan aplikasi dengan jumlah banyak, bisa di jalankannya secara mulus tanpa da hambatan ataupun kendala yang berarti, multitasking di perkirakan juga tak ada masalah, asalkan nantinya di padukan RAM berukuran besar serta penyimpanan internal luas pada sebuah smartphone, yang bila mana chipset urutan pertama dan kedua itu nanti benar di luncurkan paruh tahun 2016 nanti, diperkirakan bakal di gunakan oleh smartphone kelas mid-range, seperti samsung Galaxy A series.

Selanjutnya di urutan ke tiga, ada komponen hardware yang di beri nama Exynos 8890, yang mana chipset tersebut memiliki nama lain Mongoose M1, yang di gadang-gadang bakal di tanamkan terhadap generasi penerus Samsung Galaxy S6. Hal itu dipertegas dengan laman berita waktu lalu, yang mengatakan bahwa generasi penerus samsung Galaxy S6 yang memiliki nama Samsung Galaxy S7, menghasilkan skor terbilang tinggi. Apalagi menurut laman informasi yang kami dapatkan, chipset terbaru dari samsung bisa menghasilkan nilai clock speed mencapai 2.3 Ghz.

Menariknya lagi, dikatakan pula kalau chipset terbaru dari samsung bakal menggunakan core kustom, yang di produksi menggunakan proses 14nm FinFET. Tapi sangat disayangkan, ternyata chipset dari samsung ini baru akan diluncurkan pada kuartal kedua di tahun depan, atau tetapnya tahun 2016. Dimana waktu tersebut berbarengan dengan Samsung memperkenalkan generasi samsung Galaxy S6 ke hadapan publik. Harapannya, semoga saja chipset dari samsung itu benar-benar di rampungkan pada tahun 2016, agar apa yang di ciptakan oleh samsung khususnya smartphone, dapat menghasilkan performa terbaik yang di janjikan oleh tiga chipset tersebut.


Advertisement