Microsoft Arrow Launcher, Fitur Keren Ringan Dipakai

Detekno.com – Microsoft kembali merilis aplikasi Android terbarunya bernama “Microsoft Arrow Launcher”. Yaps, aplikasi ini merupakan aplikasi Launcher Android yang diperuntungkan untuk merubah tampilan user interface smartphone Android menjadi lebih intuitif dan atraktif. Menariknya, aplikasi Launcher buatan Microsoft ini telah dilengkapi beragam fitur yang membuatnya menjadi salah satu launcher Android terbaik saat ini.

Selain fitur yang lengkap, Microsoft juga mendesain tampilan user interface Launcer buatannya dengan tampilan yang simple, sehingga mempermudah sobat deteknokers untuk mengoperasikan smartphone Android yang sobat miliki. Tak hanya itu saja, Microsoft juga memberikan kemudahan untuk merubah tampilan user interface dengan menghadirkan dukungan iconpack dari pihak ketiga yang tersedia secara gratis ataupun berbayar.

Aplikasi Microsoft Arrow Launcher juga diklaim memiliki performa sangat baik, karena sobat cukup mengunduhnya dengna ukuran file sekitar 4.3 mb. Bahkan Microsoft berjanji bahwa Launcher buatannya tak rakus memori ram, sehingga tidak akan membuat baterai boros dan bisa berjalan dengan lancar. Namun yang paling menarik dari Microsoft Arrow Launcher adalah ditawarkan secara gratis tanpa adanya iklan ataupun konten berbayar lainnya.

Itulah gambaran singkat mengenai kehebatan Microsoft Arrow Launcher, sebelum kita membahasnya lebih jauh, silahkan sobat terlebih dahulu mengunduhnya di play store pada link berikut ini “Microsoft Arrow Launcher“, nah bagi sobat yang sudah mengunduhnya mari kita bahas bersama-sama apa saja fitur-fitur yang dimilik lanucher ini.

Review Microsoft Arrow Launcher

Review Microsoft Arrow Launcher

Homescreen Microsoft Arrow Launcher

1. Tampilan Homescreen

Microsoft Arrow Launcher menawarkan 4 tampilan homescreen yang terdiri dari, menu “Recent” yang berguna sebagai pengingat untuk menampilkan daftar informasi terbaru mengenai file yang sebelumnya sobat bukan, seperti file foto, video, file download, hasil instalasi aplikasi terbaru, sampai panggilan tak terjawab dan sms. Lalu yang kedua adalah menu “Apps” yang secara otomatis akan menampilkan icon aplikasi yang sering sobat pakai.

Homescreen Arrow Launcher

Kemudian menu “People” yang berguna untuk mengurutikan daftar menu kontak terdekat dan memberikan akses langsung ke menu kontak dan dial up. Selanjutnya yang terakhir adalah fitur “Remender” yang siap mempermudah sobat membuat catatan kegiatan ataupun memo langsung dari layar homescreen. Seperti yang sobat lihat pada gambar diatas, tampilan homesceen Arrow Launcher memang berbeda dengan launcher kebanyakan, karena terlihat simple namun sebenarnya sangat multifungsi.

2. Tampilan App Drawer

App Drawer Arrow Launcher

App Drawer Arrow Launcher

Laauncer Android buatan Microsoft ini, juga memiliki App Drawer seperti Nova Launcer, Apex Launcer dll. Menariknya, tampilan app drawer yang dimiliki Arrow Launcher akan mengurutkan aplikasi berdasarkan nama Abjad, dan pada bagian paling atas disediakan kolom pencarian aplikasi dan icon aplikasi yang digunakan sebelumnya. Selain itu, disediakan pula kolom widgets yang berisi beragam widget Android yang telah terinstal di smartphone yang sobat miliki. Namun untuk memakai fitur widget, sobat harus terlebih dahulu menambah layar homescreen Widget, sehingga nantinya ada satu lagi tambahan layar homescreen, selain Recent, Apps, Contact, dan Remender.

3. Kustomisasi Icon dan Wallpaper

Icon Pack Arrow Launcher

Icon Pack Arrow Launcher

Salah satu kelebihan dari Microsoft Arrow Launcer adalah mudah untuk kita kustomisasi. Pasalnya Arrow Launcer sudah mendukung icon pack yang bisa kita unduh dari Google Play Store. Selain itu, disediakan pula kostomisasi Wallpaper secara otomatis melalui layanan Bing ataupun kita ubah manual memakai wallpaper yang tersimpan didalam smartphone. Untuk melalukan semua kustomisasi pada tampilan user interface Arrow Launcer, sobat harus terlebih dahulu masuk ke menu setting seperti yang sobat lihat pada gambar diatas.

4. Docking 

Docking Microsoft Arrow Launcher

Docking Microsoft Arrow Launcher

Ada satu fitur unik yang dimiliki Microsoft Arrow Launcher, yakni hadirnya sebuah docking yang terlihat menyerupai control center pada iOS. Untuk membuka fitur ini, sobat harus masuk kelayar homescreen lalu melakukan swipe dari bawah keatas, dan secara otomatis akan muncul beberapa pilihan menu, seperti mode airplane, wifi, bluetooth, senter, rotation, dan pengaturan kecerahan layar. Selain itu, disediakan pula pengaturan edit page untuk mengatur layar homescreen, dan menu setting untuk melalukan kustomisasi tampilan icon dan wallpaper.

5. Pemakaian Memory 

Pemakaian Memory Arrow Launcher

Pemakaian Memory Arrow Launcher

Microsoft Arrow Launcher tergolong sebagai launcher Android paling ringan saat ini. Pasalnya, aplikasi ini hanya memakan memori Ram sekitar 6.4 mb dan memori penyimpanan hanya 16.37 mb. Alhasil launcer ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak boros baterai. Yah, itulah yang kami rasakan setelah mencoba secara langsung launcer Android terbaik dari Microsoft ini. Namun apabila sobat masih ragu untuk memakain Arrow Launcher, sobat bisa mencoba alternatif launcer Android lainnya yang telah kami sampaikan pada artikel berikut ini “8 Launcher Android Terbaik Dan Paling Ringan