Micromax Yu5050, Smartphone Snapdragon 810 Termurah

Detekno.com – Micromax Yu5050 siap menjadi smartphone Snapdragon 810 termurah di dunia. Smartphone yang dibuat produsen asal India tersebut, siap menjadi lawan tangguh bagi OnePlus 2 yang sama-sama mengusung SoC Snapdragon 810 dan dibanderol terjangkau dengan harga dibahah 5 Juta Rupiah. Menariknya lagi, smartphone ini juga didukung sistem operasi Android CyanogenOS versi terbaru 12.1 yang dibuat berbasis Android Lollipop 5.1.1, sehingga performanya mampu menyaingi OnePlus 2 yang mengadopsi sistem operasi Android OxygenOS.

Spesifikasi Micromax Yu5050 terungkap lewat situs Geekbench yang memperlihatkan bahwa ponsel ini mampu menghasilkan hasil benchmark singlecore mencapai 1353 dan skor muticore mencapai 4622. Pada informasi tersebut juga terlihat bahwa ponsel ini benar-benar mengadopsi Chipset Qualcomm Snapdragon 810 dengan 8 inti processor (Octa Core) berkecepatan 1.55 Ghz. Menariknya lagi, ponsel ini juga didukung kapasitas Ram sama besarnya dengan OnePlus 2 maupun Asus Zenfone 2.

Micromax Yu5050

Benchmark Micromax Yu5050 | (Foto : Phonearena, Geekbench)

Seperti yang detekno lansir dari Phonearena, Micromax Yu5050 juga diperkuat oleh kapasitas memori Ram sebesar 4GB dan didukung pengolahan grafis Adreno 430 yang menjadi andalan setiap smartphone Android yang mengadopsi Chipset Snapdragon 810. Walaupun sebelumnya banyak isu yang mengatakan terjadi overheat pada Snapdragon 810, namun nyatanya Chipset yang memiliki 8 inti processor berteknologi 64 Bit tersebut, tetap sukses diadapatasi oleh beragam smartphone flagship, termasuk Sony Xperia Z5 Premium.

Isu overheat sepertinya bukan lagi jadi masalah penting, pasalnya pihak Qualcomm telah mengatasinya dengan menurunkan clock speed dari 2.0 Ghz menjadi 1.5 Ghz, sehingga otomatas suhu smartphone akan lebih stabil. Kemudian untuk sektor layar, Micromax Yu5050 akan dibekali layar seluas 5.2. inchi dengan resolusi Full HD (1080 x 1980), sehingga sobat deteknokers bisa menikmati konten multimedia dengan nyaman dengan kualitas grafis mengagumkan dan tanpa perlu mengalami gejala lagging berkat dapur pacu yang diusungnya.

Harga Micromax Yu5050 yang dibanderol kurang dari 5 Juta Rupiah menjadi daya tarik utama, selain sektor dapur pacu yang terbukti sangat bertenaga. Selain itu, Micromax Yu5050 juga didukung konektivitas 4G LTE dan fitur Fast Charging. Sayangnya belum ada informasi mengenai kemampuan kamera smartphone asal India ini, namun kemungkinan tak akan berbeda jauh dari kamera OnePlus 2 yang memiliki kamera belakang 13 Megapixel, dan 5 Megapixel disisi depan.

Micromax Yu5050 memang diciptakan untuk mengalahkan Xiaomi dan OnePlus yang tergolong sukses besar di pasar smartphone India. Berbekal harga jual relatif murah, dimana harganya hanya $315 atau setara Rp. 4.4 Jutaan, pastinya Micromax Yu5050 akan menjadi salah satu smartphone terlaris di India. Sayangnya belum ada kabar apakah nantinya ponsel ini juga dirilis secara global, atau hanya dipasarkan dinegara asalnya.


Advertisement