Micromax Canvas Spark 4G, Smartphone Marshmallow 1 Jutaan


Detekno.com – Micromax menjadi salah satu vendor yang memproduksi smartphone murah berkualitas dengan beberapa spesifikasi menarik didalamnya. Dilansir dari FoneArena (4/11/2016) vendor ini merilis smartphone ramah budget bernama Micromax Canvas Spark 4G. Dapat dikatakan smartphone ini menarik karena membawa segi harga yang terjangkau namun tak mengesampingkan spesifikasi.

Harga Micromax Canvas Spark 4G dibandrol senilai Rs. 4,999 atau sekitar 1 jutaan dan sedang dalam masa pre order di situs Snapdeal, sedangkan flash sale akan dimulai pada tanggal 10 November. Harga 1 jutaan membawa tampilan dan spesifikasi yang tak begitu buruk. Body smartphone ini memang menggunakan plastik namun tak begitu berkesan murahan, terlebih karena menggunakan on screen button.

Micromax Canvas Spark 4G

Micromax Canvas Spark 4G

Micromax Canvas Spark 4G memiliki dimensi 144×72.7×10.6 yang presisi pada genggaman tangan. Bobotnya tak begitu berat yaitu 165 grams dan disajikan dengan varian warna White Champagne. Bentang layar berukuran 5 inch memang cukup standar sayangnya terdapat bezel hitam pada sisi layar yang kurang nyaman dipandang mata. Resolusi yang disajikan juga kurang optimal karena hanya mengusung FWVGA 854×480 pixel.

Namun kelemahan dari bagian layar tersebut sedikit teratasi berkat panel layar berteknologi IPS yang stabil dipandang dari berbagai sisi. Proteksi layar juga optimal berkat perlindungan Corning Gorilla Glass yang anti gores. Micromax Canvas Spark 4G memiliki spesifikasi low end dengan chipset Spreadtrum yang dipadu dengan dapur pacu quad-core berkecepatan 1.3GHz.

Soal multitasking hanya dibekali RAm sebesar 1 GB jadi smartphone ini lebih cocok untuk aktivitas sosial media maupun media entertaimen (memutar video dan mp3). Sayangnya memori internal yang disajikan hanya 8 GB dan sudah terpakai setengahnya untuk OS, jadi bagi konsumen yang kurang puas dapat memanfaatkan slot microSD yang dapat diisi hingga kapasitas 32GB.

Spesifikasi Micromax Canvas Spark 4G

Spesifikasi Micromax Canvas Spark 4G

Soal sistem operasi menjadi nilai plus karena menggunakan Android 6.0 Marshmallow sehingga optimal dari sisi manajemen RAM dan baterai. Micromax Canvas Spark 4G menyajikan sisi fotografi yang standar karena hanya dibekali kamera utama 5 MP dengan LED Flash. Untuk deteknokers yang suka selfie nampaknya akan kurang puas karena kamera depan hanya memiliki kemampuan 2 MP saja.

Keunggulan Micromax Canvas Spark 4G tentunya pada sisi Dual SIM yang sudah support 4G VoLTE sehingga akses data lebih cepat dan suara saat panggilan lebih bening. Untuk media konektifitas lain yang ada meliputi WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 dan GPS. Sayangnya soal baterai kurang optimal karena hanya mengusung daya 2000mAh saja tanpa adanya fast charging. Jadi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan Micromax Canvas Spark 4G apakah deteknokers tertarik memilikinya?


Advertisement