Mengenal Fungsi Teknologi SmartSensor Kamera Oppo

Detekno.com – Smartsensor kamera Oppo merupakan sebuah terobosan teknologi kamera smartphone terbaru dari Oppo yang diperkenalkan pada ajang MWC 2017. Vendor asal China ini memang tidak hanya meramaikan ajang tersebut dengan teknologi pengisian daya super cepat saja namun juga berbagai teknologi smartphone lainnya. Salah satunya yang menarik perhatian kami adalah teknologi smartsensor kamera Oppo. Disaat banyak para vendor yang lebih meningkatkan fungsionalitas, desain dan hardware smartphone terbaru buatan mereka. Oppo justru lebih mengembangkan teknologi baru untuk nantinya dipasangkan pada smartphone terbarunya mendatang.

Sebenarnya keberadaan Smartsensor kamera Oppo ini ada karena Oppo ingin melakukan langkah yang berbeda dengan teknologi OIS pada rata-rata kamera smartphone yang ada dipasaran saat ini. Yah disaat teknologi OIS  yang berfungsi untuk menstabilkan jepretan kamera karena adanya gerakan tangan. Smartsensor Oppo ini mengambil OIS dengan berbasis sensor. Dilansir dari halaman detik net, Teknologi Smartsensor Oppo ini merupakan solusi OIS pertama yang memakai basis sensor pertama di Dunia yang akan diterapkan pada kamera smartphone.

Mengenal Fungsi Teknologi SmartSensor Kamera Oppo

Mengenal Fungsi Teknologi SmartSensor Kamera Oppo

Selain itu Smartsensor kamera Oppo ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil dan menjadikan teknologi ini menjadi teknologi OIS paling kecil di Dunia. Smartsensor ini lebih mengandalkan teknologi micro electronical system alias MEMS. Bentuknya dibuat setipis 2 lembar kertas jadi sangat cocok untuk diterapkan pada smartphone yang membawa desain bodi yang ramping. Sesuai dengan produk smartphone Oppo yang kebanyakan memiliki ketebalan bodi yang tipis.

Dalam membuat teknologi ini, Oppo memakai 3 sumbu untuk membantu stabilisasi gambar. Dengan 3 sumbu ini, Oppo mengklaim bahwa Smartsensor hanya membutuhkan waktu 15 milidetik saja untuk stabilisasi gambar. Dan perlu sobat deteknokers ketahui bahwa, teknologi OIS biasa memakan waktu 50 milidetik agar bisa melakukan stabilisasi gambar. Selain itu Smartsensor yang baru diperkenalkan oleh Oppo ini juga tidak memakai motor saat memindahkan lensa. Jadi ini akan mengurangi konsumsi daya baterai sampai level 10 miliwatt atau 50 kali lebih hemat dari konsumsi daya OIS yang memakai lensa. Keuntungannya, Smartsensor bisa terhindar dari permasalahan panas dan mampu menjaga kualitas gambar yang diambil.

Smartsensor kamera Oppo ini dikalim 10 kali lebih baik dari OIS yang berbasis lensa dari segi presisi. Karena Smartsensor mempunyai tingkat presisi mencapai 0.3 micrometer. Yah dari berbagai kelebihan dan kemampuan yang lebih baik dari OIS berbasis lensa, Smartsensor bisa menjadi teknologi kamera terbaru Oppo yang akan meningkatkan hasil gambar dan video yang akan diambil oleh smartphone Oppo. Ini sesuai dengan misi Oppo yang cenderung menyukai membuat smartphone android dengan kamera terbaik di Dunia.

Sayangnya untuk teknologi Smartsensor kamera Oppo ini belum diterapkan pada smartphone Oppo. Ia masih dalam tahap pengembangan. Secara garis besar, fungsi smartsensor kamera Oppo ini adalah untuk menghasilkan jepretan kamera smartphone yang tanpa blur dan lebih stabil gambarnya.