Cara Cepat Mengatasi Unfortunately Has Stopped Pada Android

Detekno.com – Berbagai macam aplikasi yang tersedia membuat pengguna smartphone sering melakukan download dan install banyak aplikasi seperti aplikasi game, media sosial, ataupun untuk musik. Namun dengan seringnya pengguna melakukan install aplikasi atau uninstall aplikasi, tidak akan menjadikan smartphone terlepas dari permasalahan ‘error’, karena hal tersebut maka smartphone akan rentan error karena bisa jadi terjadi crash pada aplikasi tersebut. Contoh masalah yang sering muncul yaitu Unfortunately App Has Stopped atau Sayangnya, Aplikasi telah berhenti”. Berikut beberapa cara untuk Mengatasi Unfortunately Has Stopped Pada Android :

 

Mengatasi Unfortunately Has Stopped Pada Android

  1. Force Stop
Cara Cepat Mengatasi Unfortunately Has Stopped Pada Android

Force Stop

Disini pengguna dapat memaksa aplikasi untuk berhenti dengan cara :

  • Buka menu setting, pilih menu Apl atau manajemen aplikasi.
  • Selanjutnya cari aplikasi yang sering menampilkan pesan ‘Unfortunately Has Stopped’ dan tap aplikasi tersebut.
  • Klik button Force Stop dan aplikasi tidak akan menampilkan pesan itu kembali.

 

  1. Delete App Cache / App data

Cara kedua untuk mengatasi permasalahan diatas juga bisa dengan menghapus cache pada aplikasi yang sering menampilkan pesan tersebut. Caranya mudah pengguna buka aplikasi yang sering bermasalah dan klik menu pilihan Clear Cache dan Clear Data.

Cara Cepat Mengatasi Unfortunately Has Stopped Pada Android

Cara Cepat Mengatasi Unfortunately Has Stopped Pada Android

  1. Uninstall Dan Install Aplikasi yang Error

Jika kedua cara diatas belum mengatasi maka bisa mencoba dengan melakukan uninstall aplikasi tersebut dan setelah itu pengguna dapat menginstallnya kembali. Caranya sangat mudah pengguna tinggal membuka aplikasi yang bermasalah tersebut kemudian pilih menu “Copot Pemasangan” setelah itu aplikasi tersebut akan di proses untuk di uninstall. Jika proses uninstall telah selesai, pengguna dapat menginstallnya kembali.

 

  1. Wipe System Cache

Wipe System Cache terkadang juga dapat menyelesaikan error pada masalah ini. Untuk melakukan cara ini cukup mudah, pertama pengguna harus masuk ke Recovery Mode terlebih dahulu. Setelah masuk pada Recovery Mode, pilih menu ‘Wipe Cache’. Jika sudah perangkat akan reboot dan setelah itu akan dapat digunakan seperti semula.

 

  1. Reset Factory
Cara Cepat Mengatasi Unfortunately Has Stopped Pada Android

Reset Factory

Jika semua cara diatas telah dilakukan namun masih tetap belum berhasil, cara terakhir yaitu dengan melakukan reset factory yaitu mengembalikan sistem ke awal seperti saat membeli baru. Sebelum melakukan langkah ini pastikan untuk mem-backup semua data di ponsel terlebih dahulu. Cara ini merupakan cara terakhir yang ampuh untuk menghilangkan pesan Unfortunately Has Stopped, karena setelah melakukan reset factory ponsel akan kembali bersih (tidak ada crash pada aplikasi).

 

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi iPhone Bootloop 2017