Tips Mengatasi Perangkat Android Yang Tidak Terbaca Di Komputer

Detekno.com – Sangat sering pengguna melakukan aktifitas mengirim gambar, musik, file dokumen, maupun video dari ponsel menuju laptop ataupun juga bisa sebaliknya dengan menggunakan kabel usb sebagai media perantara. Cara ini sering dilakukan karena merupakan cara yang paling mudah dan cepat saat melakukan proses backup data. Namun terkadang kabel usb juga mengalami masalah yaitu tidak terbaca oleh laptop ataupun pc, hal ini terjadi karena beberapa faktor maka dari itu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi perangkat Android yang tidak terbaca di komputer simak informasinya berikut ini :

Mengatasi Perangkat Android Yang Tidak Terbaca Di Komputer

  1. Cek Port USB
Tips Mengatasi Perangkat Android Yang Tidak Terbaca Di Komputer

USB Android

Hal ini harus diperhatikan pada saat ingin transfer file menggunakan kabel usb. Pastikan untuk memriksa apakah port usb yang digunakan berfungsi dengan semestinya atau tidak, caranya dengan menancapkan kabel usb pda port usb di laptop / PC dan lihat apakah muncul notifikasi dari usb perangkat yang digunakan. Jika tidak muncul maka port usb tidak dapat digunakan untuk mentransfer file.

  1. Cek Kabel USB

Pastikan untuk selalu menggunakan kabel usb asli bawaan dari perangkat yang kita gunakan. Karena terkadang dengan menggunakan kabel usb yang tidak sesuai maka ponsel tidak dapat terdeteksi pada laptop ataupun PC. Dan lagi pastikan posisi kabel dalam keadaan lurus dan jangan dalam posisi kabel tergulung.

  1. Aktifkan perangkat media (MTP)

Langkah selanjutnya pada saat akan menghubungkan ponsel dengan laptop ataupun PC adalah dengan menggunakan mode MTP dan PTP. Jika pengguna ingin melakukan transfer berbagai macam data contohnya seperti gambar,  video, music, file dokumen ataupun juga palikasi maka pengguna dapat memilih mode MTP. Sedangkan pada mode PTP hanya bisa digunakan untuk mentransfer foto.

  1. Install Driver HP
Tips Mengatasi Perangkat Android Yang Tidak Terbaca Di Komputer

Install Driver Hp Android

Jika semua langkah- langkah tersebut telah dilakukan dengan benar namun perangkat hp ternyata masih belum bisa terdeteksi oleh komputer, bisa jadi ini kemungkinan masalah pada sisi software driver hp yang digunakan belum ter-install pada laptop ataupun PC.

Driver sendiri berfungsi sebagai media software yang bertugas untuk mengenali perangkat keras yang terhubung pada computer. Solusinya pengguna dapat melakukan install kembali driver hp yang digunakan pada laptop ataupun pc.

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi iPhone Bootloop 2017

Demikian informasi mengenai mengatasi perangkat Android yang tidak terbaca di komputer, semoga informasi ini dapat membatu para pembaca.