Mediatek Helio X35 Berjalan Pada Proses 10nm & Clock Speed 3.0GHz ?


Detekno.com – Teknologi yang kian maju dari waktu ke waktu menunjukan perubahan secara signifikan dalam berbagai hal, salah satu diantaranya pada inti atau bisa di katakan otak dari sebuah piranti teknologi, khususnya sebuah smartphone, yang seperti dilansir dari laman gizmochina, bahwa kini Mediatek kini tengah mempersiapkan generasi penerus dari chipset miliknya yaitu Helio X30, dimana pada generasi penerus ini bakal di juluki sebagai Mediatek Helio X35, dengan berbagai peningkatan didalamnya.

Perubahan yang paling terlihat pada chipset terbaru besutan Mediatek ini adalah pada proses pembuatannya. Tidak mau kalah dengan kompetitornya (Qualcomm) yang telah lebih duku menggunakan proses 16nm, spontan mediatek meningkatkan proses menjadi 10nm. Hal ini tentunya harus menjadi yang terbaik bagi mediatek, dan paling tidak harus lebih dari apa yang digunakan oleh Qualcomm. Apalagi dikatakan pula, chipset dengan proses demikian lebih efisien, terutama dari segi pemakaian daya.

Mediatek Helio X35

Mediatek Helio X35

Sementara itu, menilik lebih jauh jeroan dari Helio X35, yang disebut-sebut bakal diproduksi pertengahan tahun 2017 nanti, chipset ini diwajibkan mengusung spesifikasi lebih tinggi ketimbang Helio X30, mesin sama-sama menggunakan proses 10nm, paling tidak X35 memiliki nilao clock sebesar 3.0GHz, perkiraan tersebut dengan menimbang apa yang dibawa oleh Helio X30, dimana menurut sumber hadir dengan Dual-core 2.8GHz Cortex-A73 Artemis, Quad-core 2.2GHz Cortex-A53m dan Quad-core 2.0GHz Cortex-A53.

Atas dasar itulah kenapa clock setinggi itu akan diterapkan terhadap Helio X35. Harapannya dengan clock lebih tinggi, kinerja serta performa yang dihasilkan oleh X53 lebih baik dari pada kompetitornya, atau bahkan bisa mengunguli kemampuannya. Tapi dengan melihat sekilas dari apa yang dibawa oleh Helio X30, memungkinkan setiap pengguna untuk bisa jalankan berbagai aktifitas di atas layar secara lancar, tanpa ada hambatan. Terlebih, hal ini didukung dengan pengolah grafis PowerVR 7XT.

Perpaduan yang dapat dikatakan sangat pas, karena dapat menampilkan grafis 3D lebih sempurna. Apalagi bila dipadukan bersama RAM berukuran ekstra besar, bukan tidak mungkin bagi smartphone yang menggunakan chipset plus RAM sedemikian untuk menjalankan game-game 3D berformat besar / high-end, dapat di libasnya tanpa ampun, dan mampu memberikan kepuasan lebih terhadap para penggunanya. Tapi untuk lebih pastinya mengenai perkembangan didalam Mediatek, sobat bisa pantau kelanjutnya hanya di Detekno.


Advertisement