6 Manfaat Bermain Game Untuk Anak

Manfaat Bermain Game – Game adalah sebuah permainan yang menyenangkan untuk anak. Maka tak heran jika setiap anak pasti menyukai game. Game yang dimaksud disini adalah game yang memakai sebuah konsol game seperti Playstation 3, Playstation 4, PS Vita, Xbox selain itu juga ada Game Online yang dimainkan di laptop maupun komputer. Dari perkembangannya game juga sudah diaplikasikan ke Smartphone.

Sebenarnya ada manfaat bermain game yang patut untuk orang ketahui khususnya untuk para orang tua karena biasanya para orang tua melarang anaknya untuk bermain seperti itu dikarenakan mereka hanya mengenal sisi negatif dari bermain game. Melarang anak bermain game sebenarnya kurang baik jika anak tersebut masih normal dan seimbang dalam bermain game. Karena dari game tersebut terdapat beberapa manfaat bermain game yang mendukung pertumbuhan anak diantaranya adalah

Manfaat Bermain Game Untuk Anak

Manfaat Bermain Game Untuk Anak

Manfaat Bermain Game Untuk Anak

1. Melatih Bahasa Inggris

Kenapa game bisa melatih bahasa inggris? sebab kebanyakan game yang ada di Smartphone, Konsol Game dan komputer dibuat dengan menggunakan bahasa inggris. Jadi nantinya saat anak bermain game, secara otomatis si anak harus membaca bahasa inggris dan secara natural mereka akan mempelajari bahasa inggris tanpa mereka sadari. Hal ini tentu menjadi manfaat bermain game untuk anak yang cukup baik untuk masa depan anak. Para orang tua tak perlu menekan anak untuk belajar bahasa inggris karena hal itu tidak efektif, dengan bermain game anak akan belajar bahasa inggris dengan cara yang menyenangkan menurut mereka.

2. Logika Anak Akan Terlatih

Dalam sebuah game, si anak harus mengenal alur atau cerita dari game tersebut agar mereka bisa memainkan game tersebut. Disini logika si anak akan berjalan tanpa disadari, karena di setiap game pasti memiliki masalah sendiri baik mengupgrade armor maupun mencari perlengkapan untuk berburu.

3. Mampu Memperbaiki Mood Anak

Anak yang sebelumnya tidak bahagia karena rutinitas belajar mereka akan tiba-tiba bahagia saat mereka sudah bermain game. Karena anak tersebut melakukan aktifitas game yang menurut mereka menyenangkan. Pasti sobat deteknokers juga merasakan seperti itu bukan? ketika mood sedang jelek untuk belajar biasanya akan refreshing dengan bermain game.

4. Belajar Kerjasama Dengan Rekan Permainannya

Setiap game pasti memiliki rekan permainan baik itu secara virtual maupun realita. Kalau di game online si anak akan bertemu dengan banyak rekan permainan dan diharuskan si anak harus bekerja sama dengan baik dengan semua orang disitu agar mampu memenangkan permainan tersebut. Disini secara tidak sadar anak akan tahu bagaimana cara bekerja sama dengan orang lain yang belum pernah mereka temui.

5. Memiliki Banyak Teman

Manfaat bermain game selanjutnya adalah memiliki banyak teman dan ini khusus untuk permainan yang membutuhkan koneksi internet alias harus online. Disini anak akan memiliki banyak teman karena nantinya dalam game tersebut terdapat grup sendir-sendiri atau sering disebut clan. Biasanya dalam beberapa game setiap clan akan mengadakan kopdar, disini anak akan memiliki banyak teman yang berlatar belakang berbeda-beda.

6. Belajar Berhitung

Dalam game, anak pasti diajarkan untuk berhitung. Karena dalam permainan game ada aktifitas permainan belanja, mengatur restoran atau berhitung berapa alat yang dibutuhkan untuk mengugrade senjata ataupun pakaiannya.

Baca Juga : 5 Game Android Edukasi Untuk Anak

Itulah beberapa manfaat bermain game yang harus sobat deteknokers ketahui. Setiap game memiliki sisi negatif dan sisi positifnya masing-masing, jadi jika sobat deteknokers sudah memiliki anak dan suka bermain game alangkah baiknya untuk tidak menekan mereka agar tidak bermain game. Bolehkan mereka bermain namun harus dengan pengawasan dan harus dibagi waktu antara bermain game, belajar, sekolah dan berkumpul dengan keluarga.


Advertisement