Line Rilis Sebuah Speaker Pintar Bernama Wave

Detekno.com – Line yang merupakan layanan pesan instan alias Chating asal Jepang ini tampaknya sedang melakukan ekspansi bisnis teknologinya. Beberapa waktu yang lalu Line memang sempat mengungkapkan bahwa mereka sangat serius dalam bisnis AI alias Artificail Intelligence. Bukti keseriusannya tersebut mereka merilis sebuah platform AI yang berbasis cloud bernama Clova.

Clova ini akan digunakan dalam produk smarthome Line pertama yaitu Speaker Pintar bernama Wave. Dilansir dari halaman Kompas Tekno, Speaker Wave ini resmi dirilis di Jepang pada tanggal 15 Juni kemarin. Jika melihat dari bentuknya, Wave cukup mirip dengan Google Home dan Amazon Echo. Rupa dan fungsinya pun sama.

Line Rilis Sebuah Speaker Pintar Bernama Wave

Line Rilis Sebuah Speaker Pintar Bernama Wave

Wave selain bisa digunakan untuk speaker juga bisa digunakan untuk asisten pribadi atau teman ngobrol. Kata Jun Masuda selaku Director and CSMO Line mengatakan bahwa Wave bisa memahami percakapan kasual serta bisa menjawab pertanyaan secara random tentang musik serta hiburan. Lalu ada fungsi Wave lainnya yakni Wave bisa terintegrasi dengan perangkat pintar rumah lainnya milik para penggunanya nanti.

Wave nantinya bisa mengontrol seluruh Smart TV ataupun AC ataupun perangkat home appliance lainnya yang sudah terkoneksi dengan Internet. Secara desain, Wave mempunyai bodi kerucu dengan berat mencapai 998 gram. Ada 2 tweaker yang mempunyai ukuran 1 inci dengan kekuatan 5 watt. Lalu ada pula subwoofer yang memiliki ukuran 2,5 inci dengan daya 20 watt.

Dari sisi hardwarenya, Wave menggunakan prosesor Qualcomm APQ8009 dengan CPU Quad Core 1.3 Ghz. Kapasitas RAM nya sendiri terbilang minim yakni 1 GB. Sedangkan untuk penyimpanannya tersedia memori sebesar 8 GB. Daya baterainya memiliki kapasitas 5000 mAh. Selain itu Wave juga mempunyai konektivitas lengkap dari Bluetooth dan Wifi. Ada pula Mikrofon 5 arah yang fungsi Mikrofon ini bisa mengetahui suara dari jarak lima meter.

Pada saat peluncurannya kemarin, Line menyebutkan harga Wave di masa pre sale sekitar Rp 1,2 jutaan saja. Perlu sobat deteknokers ketahui bahwa produk Wave di masa Pre Sale ini hanya memiliki fungsi sebagai pemutar musik saja. Untuk penjualan resminya sendiri akan dilakukan pada bulan September 2017 mendatang, dan harga Wave resmi sekitar Rp 1,8 Jutaan.