Lava X19, Smartphone Android 1 Jutaan Dengan Ram 2GB

Detekno.com – Lava merupakan salah satu perusahaan asal India yang telah memasarkan dagangannya di Indonesia. Di Negeri asalnya, Lava telah merilis smartphone bernama Lava X19. Smartphone ini memiliki desain elegan dengan balutan bodi berdimensi panjang 145 mm, lebar 72.6 mm, dan ketebalan 8.8 mm. Sedangkan untuk bobotnya mencapai 146 gram dan pada bagian depan telah terpasang layar 5 inci beresolusi HD 1280 x 720 pixels. Layar tersebut memiliki kerapatan 294 ppi dan mengadopsi panel IPS (In-Plane Switching).

Lava X19

Lava X19

Untuk spesifikasi hardwarenya, Lava X19 mengadopsi chipset Spreadtrum SC7731G yang berpadu dengan processor Quad Core 1.3 Ghz dan GPU Mali-400. Selain itu, Lava X19 juga ditenagai Ram berkapasitas 2GB dan memiliki memori internal 32GB yang nantinya bisa diperluas dengan menambahkan microSD hingga kapasitas 32GB. Lalu ada pula sistem operasi Android Marshmallow 6.0 yang dipercantik antarmuka buatan Lava.

Spesifikasi hardwarenya tergolong standar, dan sayangnya smartphone ini belum dilengkapi teknologi 4G LTE. Sebagai akses internetnya, Lava X19 mengandalkan jaringan 3G HSPA dan konektivitas nirkabel yang didukung WI-FI 802.11 b/g/n. Selain itu, tersedia pula fitur Bluetooth v4.0, GPS, dan port MicroUSB 2.0. Untungnya smartphone ini memiliki fitur Dual Sim, sehingga tetap bisa diandalkan sebagai media berkomunikasi secara online ataupun offline.

Lalu pada sektor baterai, Lava X19 dibekali baterai berkapasitas 2.200 mAh yang diklaim memiliki waktu bicara selama 6 jam dan waktu siaganya mencapai 230 jam. Kemudian pada sektor fotografi, Lava X19 mengandalkan kamera belakang beresolusi 8 Megapixel yang dioptimalkan oleh fitur LED Flash dan Autofocus. Sedangkan untuk bagian depan, smartphone ini mengandalkan kamera depan 5 Megapixel. Menariknya, kamera depan Lava X19 telah dilengkapi fitur LED Flash, sehingga bisa diandalkan ketika selfie.

Smartphone ini terlebih dahulu dipasarkan di India dengan harga Rs. 5599 atau setara Rp. 1 Jutaan. Harga Lava X19 memang tergolong sangat murah, namun sayangnya smartphone ini belum dilengkapi teknologi 4G LTE dan dapur pacunya tergolong standar. Untungnya sudah ada kamera depan 5 Megapixel yang dilengkapi LED Flash, sehingga smartphone ini bisa diandalkan ketika dipakai selfie dan video call.