8 Launcher Android Terbaik Dan Paling Ringan

Launcher Android Terbaik – Tampilan bawaan sistem operari Android, terkadang membuat kita bosan, oleh karena itu dibutuhkan sebuah system launcher untuk mengustomisasi tampilan smartphone yang kita miliki. Ada banyak sekali jenis launcher Android yang bisa kita dapatkan secara gratis di plastore, dan masing-masing launcher tersebut membawa kelebihan-kelebihan berbeda-beda tergantung kemahiran developer dalam memberikan sentuhan icon dan membenamkan banyak fitur pada launcher yang mereka buata.

Tetapi terkadang memilih launcher android terbaik juga sedikit susah. Banyak orang memilih launcher android yang menurut mereka itu terbaik tapi nyatanya malah membuat smartphone semakin melambat. Untuk itu kita harus pintar-pintar memilih launcher android paling ringan. Banyak sekali launcher android yang bisa kamu pilih dan kamu nikmati. Kamu juga bisa memilih launcher mana yang paling ringan untuk smartphonemu. Di sini kita akan membahas 7 launcher android dengan kualitas terbaik dan terpopuler di Indonesia.

7 Launcher Android Terbaik

Launcher Android Terbaik

Launcher Android Terbaik

1. Launcher EverythingMe

Tak salah launcher ini mendapatkan penghargaan di Google Play Store sebagai aplikasi pengembang poluler (Editor’choise), launcher Android terbaik ini dikembangkan oleh EverythingMe, dan sudah membawa banyak fitur yang ditunjukan untuk meningkatkan kemudahan dalam mengoperasian sebuah smartphone Android. Cukup dengan satu ketukan, anda akan mendapatkan apa yang diperlukan pada smartphone anda. Launcher ini sudah dirancang tak hanya menampilkan tampilan yang segar, namun membantu pencarian beragam aplikasi, contact, dan situs wes lewat kotak pencarian dibagian homepage.

Fitur :

  • Respon untuk panggilan tak terjawan
  • Disediakan pilihan thema
  • Dilengkapi pencarian super cepat untuk mencari kontak, aplikasi, dan halaman web lewat kolom search dibagian homepage
  • Dapat menyembunyikan aplikasi
  • Disediakan folder cerdas yang dapat mengorganisir aplikasi secara otomatis, dan memberitahukan saran aplikasi terbaru

2. Apex Launcher Android

Apex Launcher

Apex Launcher

Launcher android ini memang menjadi salah satu launcher android terbaik. Tidak hanya itu saja, Apex launcher android juga memiliki keunggulan-keunggulan yang bisa membuat tampilan smartphonemu lebih menarik lagi dan tidak membosankan. Pada Apex launcher juga tersedia yang gratis maupun yang pro alias berbayar. Perbedaannya pun juga tidak terlalu banyak. Jika kamu mengakses Apex launcher yang tidak berbayar kamu akan menemukan scrollable dock dan pada Apex Launcher pro kamu akan menemukan dock swipe gesture.

Tidak hanya itu saja, pada Apex Launcher juga memiliki notifier yang baik dan launcher android ini tersedia untuk android versi 4.0 atau OS android Ice Cream Sandwich. Jika kamu mengaplikasikannya pada android versi Gingerbread atau Honeycomb mungkin ini akan membuat smartphonemu menjadi lambat. Kamu bisa mendapatkan Apex Launcher di Play Store dan kamu juga bisa pilih mau memakai yang tidak berbayar alias gratis atau memilih yang pro.

Fitur :

  • Disediakan banyak efek transisi
  • Dapat dirubah iconnya dengan icon pack
  • Bisa menyembunyikan aplikasi
  • Dilengkapi gesture sepertu mencubit, geser ke atas, kebawah atau double tap
  • Tersedia fitur backup dan restore tampilan yang kita buat

3. Nokia Z Launcher

Nokia Z Launcher

Nokia Z Launcher

Jika kamu adalah pengguna tablet mungkin kamu tidak asing lagi dengan Nokia Z Launcher. Launcher ini juga menjadi salah satu launcher android terbaik khususnya untuk tablet. Sesuai dengan namanya, launcher ini dibuat oleh Nokia dan memiliki fitur-fitur yang sangat menarik. Meskipun Nokia tidak mengeluarkan smartphone android namun launcher android dari Nokia ini menjadi salah satu favorit bagi para pengguna tablet. Launcher ini sangat ringan dan simple sekali digunakan pada smartphonemu. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Nokia Z launcher juga sangat ringan untuk dipakai, kamu bisa memilih wallpaper mana yang akan kamu gunakan karena pilihan wallpaper pada launcher ini sangat menarik dan simple.

Fitur :

  • Mencari aplikasi cukup dengan menulis huruf pada layar memanfaatkan gesture
  • Desain simple dan minimalis
  • Disediakan widget cerdas yang menarik
  • Dilengkapi pencarian yang intuitif untuk membuka aplikasi, contact,dan halaman website

4. Nova Launcher

Nova Launcher

Nova Launcher

Salah satu launcher android yang lainnya adalah Nova Launcher. Launcher android ini memang bisa dikatakan paling favorit dan paling digunakan oleh para pecinta smartphone android. Background icon yang ada di launcher android ini memang sangat menarik dan kamu juga bisa merubah ukuran icon sesuai seleramu. Pada Nova Launcher juga memiliki banya pilihan tema yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu. Nova Launcher menjadi salah satu launcher android terbaik. Kamu bisa mendapatkan launcher favorit ini di Play Store dan nikmati tampilan smartphonemu yang berbeda dan jadi lebih menarik.

Fitur :

  • Dapat mengatur ukuran icon
  • Memiliki banyak efek transisi homepage dan app drawer
  • Dapat menyembunyikan aplikasi
  • Sudah support OK Google
  • Sudah mendukung icon pack dengan banyak pilihan yang bisa didapatkan di Google Play Store
  • Dapat membackup / retstore pengaturan dan data

5. Buzz Launcher

Buzz Launcher

Buzz Launcher

Mungkin pada Buzz Launcher ini adalah salah satu launcher android yang memiliki Homepack. Launcher android ini memang menjadi salah satu launcher android terbaik dan launcher ini juga memiliki tema yang sangat beragam yang bisa kamu pilih dengan sesuai seleramu. Namun pada Buzz Launcher memang mempunyai kekurangan yaitu launcher ini bisa memakan banyak RAM pada smartphonemu. Tetapi kamu jangan khawatir karena kamu bisa menyiasatinya dengan tidak memakai banyak widget. Pada Buzz Launcher memang mempunyai keuggulan yaitu mempunyai Homepack yang tidak ada pada launcher android yang lainnya. Homescreen Pack pada Buzz Launcher mempunyai banyak sekali pilihannya dan juga selalu update tiap hari. Kamu bisa memakai launcher android ini dengan mengunduhnya di Play Store.

Fitur :

  • Disediakan banyak Homepacks yang otomasti mengature thema, icon, dan wallpape
  • Disediakan fitur widget dengan desain unik seperti jam, tanggal dan baterai
  • Hasil customisasi dapat dishare ke akun social media
  • Personalisai homescreen yang dapat diatur secara bebas
  • Didukung 800 Ribu thema gratis

6. Google Now Launcher

Google Now Launcher

Google Now Launcher

Google memang tidak puas jika hanya merilis smartphone android saja dan Google juga meluncurkan launcher android andalannya. Google Now Launcher memang menjadi salah satu launcher android terbaik dan di sini kamu bisa menemukan banyak sekali hal-hal menarik jika memakai launcher android ini. Sebenarnya launcher ini tidak ada bedanya dengan launcher android yang lainnya tetapi launcher dari Google ini mempunyai keistimewaan yaitu kamu bisa mengucap “ok Google” lalu nantinya smartphone akan melakukan perintah seperti yang kamu inginkan contohnya adalah memutar lagu dan mengirim pesan text atau SMS. Keren sekali dan canggih jika memakai launcher dari Google ini. Mungkin Google Now Launcher bisa menjadi salah satu launcher android andalanmu dan kamu bisa mengunduhnya di Play Store.

Fitur :

  • Support perintah suara “Ok, Google” untuk mencari informasi atau mengirim sms, setting alarm, mencari lokasi, atau memutar musik
  • Pencarian cepat terhada produk buatan oogle seperti Gmail, Youtube, dan Google Maps
  • Disediakan kotak search engine google pada bagian homescreen
  • Dapat mengatur wallpaper dengan area tampilan lebih luas

7. Next Launcher

Next Launcher

Next Launcher

Memang banyak sekali launcher-launcher android yang ada di Play Store. Ada yang ringan da nada juga yang berat tampilannya untuk smartphone android kita. Tentunya saat ini banyak sekali orang yang lebih memilih launcher android terbaik gratis. Namun ada beberapa launcher android yang mempunyai kualitas yang bagus dan bisa membuat smartphone androidmu menjadi lebih menarik lagi, salah satunya adalah Next Launcher. Launcher android ini memiliki tampilan yang sangat unik dan futuristic. Mungkin Next Launcher adalah salah satu launcher android terbaik dan mempunyai tampilan 3D. Launcher android ini juga tersedia untuk semua jenis smartphone android. Next Launcher tersedia untuk smartphone OS android 2.2 Froyo, android Gingerbread, android tablet 3 Honeycomb, android Ice Cream Sandwich, android Jelly Bean, Kitkat maupun yang terbaru saat ini android Lollipop. Fitur yang dimiliki Next Launcher memang sangat menarik dan widget 3D nya yang mewah membuat launcher android ini banyak digemari. Kamu bisa mengunduh launcher android ini di Google Play Store.

Fitur :

  • Disediakan efek 3 dimensi apda bagian homescreen
  • Memiliki widget berbentuk 3 dimensi
  • Disediakan pilihan thema
  • Tersedia control gesture untuk membuka aplikasi

8. Smart Launcher 2

Smart Launcher 2

Smart Launcher 2

Smart Launcher 2 merupakan Launcher Android Terbaik dan tercepat saat ini. Aplikasi tersebut berjalan sangat ringan, tanpa perlu mengorbankan memory ram yang tersedia pada smartphone anda. Tampila antar mukanya juga terlihat aktraktif, dengan desan yang simple namun tetap indah, dan dapat masih kita bisa rubah themanya menggunakan icon pack yang tersedia untuk Apex atau Nova launcher. Smart Launcher 2 sudah di unduh lebih dari 10 juta orang diseluruh dunia, dan rata-raat memberian rating tinggi karena kepuasan pengguna akan kecepatan dan keringanan launcher Android terbaik buatan GinLemon tersebut.

Fitur :

  • Desain minimalis ringan dan cepat
  • Support dukungan thema dan icon pack
  • Tersdia plugin notifikasi
  • Disediakan lock screen yang intuitif
  • Dapat menyembunyikan aplikasi

Baca Juga : 10 Aplikasi Android Terbaik

Setelah kita membahas tentang 8 launcher android dengan kualitas terbaik mungkin kamu bisa memilih salah satu launcher android yang kamu inginkan. Tentunya kamu juga harus pintar memilih launcher android mana yang akan kamu pakai pada smartphone dan pilihlah launcher android yang ukurannya paling ringan yang tidak banyak memakan banyak RAM pada smartphonmu. Tentunya semua aplikasi launcher android tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Cara menyiasati atau menghindari kekurangan yang ada pada aplikasi launcher android terbaik tersebut tentunya kamu tidak harus memakai banyak widget pada smartphonemu.


Advertisement