Kode Kesalahan Gmail dan Cara Memperbaikinya

Kode Kesalahan Gmail dan Cara Memperbaikinya – Beberapa pengguna Gmail sering mengalami kode kesalahan # 2013 dan # 2014 (sistem mengalami masalah) saat menggunakan antarmuka Web Gmail. Masalah ini tidak spesifik untuk OS seperti yang dilaporkan terjadi pada Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10. Berikut beberapa rangkuman Kode Kesalahan Gmail dan Cara Memperbaikinya.

 

Kode Kesalahan Gmail dan Cara Memperbaikinya

 

Metode 1: Menggunakan Mode Penyamaran

Jika masalah disebabkan oleh komponen pihak ketiga yang berinteraksi dengan browser Chrome Anda saat memicu salah satu kesalahan ini, kemungkinan menggunakan Mode Penyamaran harus menghindari kemunculan kesalahan tersebut. Namun perlu diingat bahwa ini tidak boleh dianggap sebagai perbaikan (ini lebih merupakan solusi). Dengan menjalankan antarmuka web Gmail dalam jendela penyamaran, Anda mencegah semua jenis gangguan pihak ketiga mempengaruhi operasi. Dan sementara ini akan mencegah pesan kesalahan terjadi, itu tidak akan membantu Anda mengidentifikasi pelakunya. Jika Anda tidak keberatan dengan perbaikan sementara, Anda dapat mengakses mode penyamaran di browser Google Chrome Anda dengan mengeklik tombol tindakan (ikon tiga titik) dari pojok kanan atas layar dan memilih Jendela Penyamaran Baru dari jendela tersebut.

Catatan : Jika Anda mengalami masalah ini dengan Firefox, Anda dapat membuka Jendela Pribadi (setara dengan Mode Penyamaran di Google Chrome) dengan mengeklik tombol tindakan dan mengeklik Jendela Pribadi Baru. Jika operasi ini tidak berarti akhir dari kode kesalahan # 2013 atau # 2014 (atau Anda mencari perbaikan yang lebih permanen), lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya di bawah.

Kode Kesalahan Gmail dan Cara Memperbaikinya

Kode Kesalahan Gmail dan Cara Memperbaikinya

Metode 2: Memastikan bahwa Peramban Anda Didukung oleh Gmail

Perlu diingat bahwa tidak semua browser berfungsi baik dengan Gmail. Faktanya, beberapa browser diketahui memicu banyak masalah semacam ini (terutama pada versi desktop). Anda mungkin mengira bahwa mengingat popularitas Gmail, platform webnya akan berfungsi dengan mulus di semua browser. Namun sayangnya, bukan itu masalahnya. Saat ini, hanya ada sedikit browser yang didukung penuh oleh Gmail:

  • Google Chrome
  • Firefox
  • Safari
  • Internet Explorer Microsoft Edge

Jika browser Anda tidak ada dalam daftar, itu tidak berarti Gmail Web tidak akan berfungsi di dalamnya. di Browser seperti Opera atau Brave, Anda harus mengaktifkan cookie dan JavaScript sebelum Anda dapat menjalankan Gmail Web dengan cara yang stabil. Jika Anda telah menentukan bahwa browser Anda didukung oleh Gmail, lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya di bawah ini.

Catatan: Meskipun Anda menggunakan browser berbasis Chromium, itu tidak berarti Gmail akan berfungsi tanpa hambatan. Versi bercabang dari Google Chrome seringkali sangat tersegmentasi yang dapat menimbulkan masalah dengan antarmuka web Gmail.

 

Metode 3: Menghapus Cache Browser Anda

Ternyata, masalah ini juga bisa terjadi karena data cache yang rusak berkaitan dengan Gmail. Beberapa pengguna yang juga berjuang dengan masalah semacam ini telah berhasil menyelesaikan masalah dengan sepenuhnya membersihkan cache browser Anda. Tentu saja, operasi ini akan berbeda bergantung pada browser yang Anda gunakan secara aktif. Untuk mempermudah Anda, kami telah menyusun serangkaian petunjuk yang akan memandu Anda melalui proses pembersihan cache browser Windows apa pun. Jika Anda sudah mengosongkan cache browser Anda tidak berhasil, pindah ke perbaikan potensial berikutnya.

 

Metode 4: Perbarui Browser ke Versi Terbaru

Ternyata, masalah ini juga dapat terjadi jika Anda menggunakan versi browser yang tidak disukai oleh Google karena eksploitasi keamanan. Jika skenario ini dapat diterapkan, Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan memperbarui browser Anda ke versi terbaru yang tersedia. Ini akan menambal kelemahan keamanan yang mungkin menentukan Gmail untuk membuang pesan kesalahan. Namun, langkah sebenarnya untuk melakukan hal ini akan berbeda bergantung pada browser yang Anda gunakan. Karena itu, kami telah menyusun beberapa sub-panduan yang akan memandu Anda melalui proses ini di browser dengan pangsa pasar paling banyak.

Kode Kesalahan Gmail dan Cara Memperbaikinya

Kode Kesalahan Gmail

Metode 5: Nonaktifkan Ad-Blocker (jika ada)

Ternyata, masalah ini juga dapat terjadi karena fakta bahwa Gmail tidak berfungsi dengan baik dengan pemblokir iklan tertentu yang diberlakukan di tingkat browser. Menurut beberapa pengguna yang terpengaruh, jika Anda mengalami kesalahan # 2013 atau # 2014, Anda mungkin dapat memperbaiki masalah ini dengan menonaktifkan atau mencopot pemblokir iklan dari tab Ekstensi atau Add-on. Namun perlu diingat bahwa petunjuk persisnya untuk melakukannya akan berbeda bergantung pada browser yang Anda gunakan.

 

Google Chrome

Di Google Chrome, Anda dapat melanjutkan dan menonaktifkan pemblokir iklan yang bermasalah cukup dengan mengetik ‘chrome: // extensions /’ di dalam bilah navigasi dan menekan Enter. Jika Anda lebih suka pendekatan GUI, Anda dapat mengakses menu ini dengan membuka Pengaturan> Alat Lainnya> Ekstensi.

Setelah Anda berhasil mencapai menu Ekstensi yang benar, gulir ke bawah melalui daftar ekstensi, dan cari ekstensi pemblokiran iklan. Saat Anda melihatnya, Anda dapat menonaktifkannya dengan menggunakan tombol On / Off atau Anda dapat menghapusnya melalui tombol terkait.

Kode Kesalahan Gmail dan Cara Memperbaikinya

Gmail

Mozilla Firefox

Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox, Anda dapat mengakses tab Addons dengan mengetik “about: addons” di dalam bilah navigasi dan menekan Enter. Selain itu, Anda dapat mengakses menu yang sama dengan mengklik menu tindakan dan mengklik Ekstensi. Setelah Anda berada di dalam menu add-on, cari add-on yang memblokir iklan yang menurut Anda mungkin menyebabkan masalah dan nonaktifkan atau uninstal.

 

Diatas merupakan rangkuman beberapa Kode Kesalahan Gmail dan Cara Memperbaikinya yang bisa dicoba untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada Gmail. Semoga informasi ini dapat membantu, terimakasih telah berkunjung.