Kode Cek Hp Samsung, Temukan Kode Rahasia yang Bisa Diakses dengan Mudah!

Kode Cek Hp Samsung – Selain fitur yang jelas seperti layar sentuh dan sensor biometrik, smartphone modern ini dilengkapi dengan serangkaian perangkat keras canggih dalam bentuk berbagai sensor yang membantu perangkat Anda merasakan lingkungan di sekitarnya. Dan jika Anda memiliki handset Samsung, kemungkinan besar, Anda memiliki fitur praktis yang memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah sensor ini berfungsi 100 persen.

Tanpa diketahui banyak penggemar Samsung, sebagian besar ponsel Galaxy memiliki mode diagnostik rahasia bawaan yang dapat diakses hanya dengan memasukkan kode yang sedikit diketahui. Yang terbaik dari semuanya, fitur ini sangat mudah diakses dan merupakan cara yang praktis untuk menguji ponsel baru atau bekas untuk memastikan ponsel berfungsi dengan baik sebelum Anda berkomitmen membelinya. Berikut tutorial Kode Cek Hp Samsung yang bisa sobat Detekno ikuti dengan mudah dan cepat :

 

Kode Cek Hp Samsung, Temukan Kode Rahasia yang Bisa Diakses dengan Mudah!

 

  • Mengakses Menu Diagnostik Rahasia

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa fitur ini mungkin tidak tersedia di perangkat Anda. Operator tertentu, terutama Verizon dan Sprint, telah dikenal untuk memblokir mode diagnostik berbasis kode pada smartphone dan tablet Samsung mereka, meskipun ponsel yang lebih baru dari Sprint seperti Galaxy S6 tampaknya memiliki fungsi ini dipulihkan.

Untuk membuat bola bergulir, cukup buka aplikasi ponsel Samsung Anda. Dari sana, masukkan * # 0 * # menggunakan dial pad, dan telepon akan segera masuk ke mode diagnostik rahasianya. Perhatikan bahwa prosesnya otomatis, jadi tidak perlu mengetuk tombol panggilan hijau untuk memasukkan perintah. Jadi jika Anda memasukkan kode dan tidak ada yang terjadi, fitur ini dinonaktifkan pada perangkat Anda.

Di bawah ini adalah tes-tes berikut yang dapat Anda lakukan pada handset Samsung Anda setelah Anda memasukkan kode dan memasuki mode HwModuleTest. Harap dicatat bahwa beberapa screenshot mungkin tidak ada karena alasan keamanan atau sifat dari pengujian.

  • Layar Merah, Hijau & Biru

Memilih salah satu dari ketiga pengujian ini akan memeriksa spektrum warna merah, hijau, dan biru ponsel Anda, dan akan dengan terang menunjukkan warna yang sesuai saat dipilih. Untuk kembali ke halaman diagnostik utama, cukup ketuk pada layar untuk keluar.

Kode Cek Hp Samsung

  • Penerima & Getaran

Untuk memeriksa apakah penerima telepon Anda berfungsi dengan baik, ketuk tombol “Penerima” untuk memulai pengujian. Melakukan hal itu akan membawa Anda ke layar putih, disertai dengan nada panggil yang terdengar jelas. Setelah Anda puas, cukup ketuk tombol kembali dua kali untuk kembali ke halaman pengujian utama.

“Getaran” menguji motor getaran ponsel Anda. Layar Anda akan menjadi hitam setelah Anda mengetuk tombol “Getaran”, disertai dengan getaran konstan. Ketuk layar sekali untuk keluar dari tes ini dan kembali ke layar tes utama.

  • Peredupan

Mengetuk “Peredupan” akan membawa Anda ke layar merah, hijau, dan biru. Layar kemudian akan bergantian antara meredup dan mencerahkan setiap kali Anda mengetuk layar. Untuk keluar kembali ke halaman pengujian utama, tekan tombol volume naik.

  • Mega Cam

Ketuk “Mega Cam” untuk menguji kamera utama Anda. Gunakan tombol volume untuk memperbesar dan memperkecil, lalu ketuk tombol kamera di bagian bawah layar untuk mengambil foto. Harap perhatikan bahwa flash diaktifkan secara default, dan foto uji Anda juga akan disimpan di galeri Anda. Setelah Anda selesai menguji kamera, ketuk tombol kembali untuk keluar ke layar diagnostik utama.

Kode Cek Hp Samsung

  • Sensor

Mengetuk tombol “Sensor” akan menghasilkan halaman uji untuk sejumlah sensor – yaitu akselerometer, sensor jarak, barometer, sensor cahaya, giroskop, sensor magnetik, HRM, dan pemindai sidik jari. Saya akan membahas delapan submenu ini di bagian terpisah di bawah ini.
1. Accelerometer

Accelerometer adalah sensor vital yang digunakan untuk mendeteksi orientasi ponsel, terutama mengukur akselerasi gerakan linier. Untuk memeriksa fungsinya, ketuk pada “Tes Gambar” untuk memeriksa transisi lanskap ke potret atau “Grafik” untuk mengukur seberapa baik sensor mendeteksi pergerakan dengan menggoyangkan perangkat Anda ke atas dan ke bawah.

2. Sensor Jarak

Ini menguji sensor kedekatan perangkat Anda, yang bertanggung jawab untuk mematikan layar Anda setiap kali ponsel berhadapan muka dengan Anda dalam panggilan telepon untuk mencegah sentuhan yang tidak disengaja. Untuk menguji fitur ini, cukup tutup bagian atas ponsel Anda dengan tangan Anda. Layar sekarang akan berubah hijau jika sensor proximity bekerja, jadi buka layar untuk mengubah layar menjadi putih dan lanjutkan ke tes berikutnya.

3. Barometer

Kode Cek Hp Samsung selanjutnya adalah cek sensor ini terutama bertanggung jawab untuk melacak ketinggian, dan membantu dalam memberikan pembacaan GPS yang lebih akurat. Tes untuk fungsi ini sangat mudah – cukup ketuk pada “Barometer Selftest” untuk memulai tes otomatis yang secara instan akan memberi tahu Anda apakah berfungsi atau tidak.

4. Light Sensor

Seperti namanya, sensor ini bertugas mendeteksi cahaya sekitar. Ketuk “Sensor Cahaya” untuk memulai tes, kemudian paparkan ponsel Anda dengan cahaya dengan kecerahan yang bervariasi. Tiga level harus mendaftar secara berurutan, mulai dari “Level 1” untuk penerangan redup hingga “Level 3” untuk sangat terang.

5. Groskop

Giroskop mengukur rotasi perangkat Anda dan bekerja bersama accelerometer untuk melukiskan gambaran lengkap tentang gerakan umum. Ada beberapa cara untuk menguji giroskop handset Anda – Anda dapat secara manual melakukan tes dengan mengetuk “Tampilan” atau “Grafik,” atau Anda dapat memutar telepon Anda dan membaca hasil yang sesuai dalam angka atau melalui grafik linier.

6. Sensor Magnetik

Ini menguji fungsionalitas sensor magnetik perangkat Anda. Mengetuk “Selftest” akan memulai tes otomatis untuk melihat apakah perangkat Anda lulus atau gagal. Jika Anda ingin menguji secara manual, ketuk pada “Power Noise Test,” lalu jalankan magnet di sekitar ponsel Anda. Pada S8, misalnya, sensor magnetik terletak di sepanjang sudut kiri atas ponsel, sebagaimana dibuktikan oleh lonjakan magnetik pada grafik ketika magnet dekat dengan area itu.

7. Fingerprint Sensor

Ini menguji pemindai sidik jari Anda. Ketuk pada “Pemindaian Normal” untuk memulai pengujian, yang akan berlangsung secara otomatis untuk memeriksa apakah semua komponen berfungsi dengan baik. Mengetuk “Informasi Sensor” akan mengungkapkan detail seperti versi firmware yang dapat Anda lihat.

  • Sentuh

Layar sentuh ponsel Anda adalah komponen yang paling penting yang dapat Anda uji, karena umumnya diperlukan untuk mendapatkan akses dan berinteraksi dengan handset Anda. Jadi untuk menguji fungsi ini dan memeriksa zona mati, ketuk tombol “Sentuh” ​​untuk memulai. Sekarang, lacak kotak pada layar untuk menyelesaikan kotak bertanda X, yang akan berubah menjadi hijau. Setelah selesai, Anda akan secara otomatis dibawa kembali ke halaman pengujian utama. Atau, Anda juga dapat keluar ke halaman pengujian utama dengan menekan tombol volume naik.

Kode Cek Hp Samsung

  • Camera depan

Kode Cek Hp Samsung selanjutnya adalah untuk menguji kamera depan Anda, cukup ketuk tombol “Front Cam” untuk memulai. Ini akan menarik kamera depan Anda dan memungkinkan Anda mengambil selfie seperti biasanya. Ingatlah bahwa foto uji apa pun yang Anda ambil akan secara otomatis disimpan di galeri ponsel Anda, jadi pastikan untuk menghapusnya jika hanya untuk pengujian. Setelah selesai menguji selfie cam Anda, ketuk tombol kembali dua kali untuk kembali ke halaman pengujian utama.

 

Demikian ulasan mengenai informasi Kode Cek Hp Samsung. Semoga artikel Kode Cek Hp Samsung yang telah kami berikan dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat Detekno semua.