Kenapa Galaxy S8 Tidak Punya Tombol Fisik Home ? Ini Jawabannya

Detekno.com – Di tahun 2017 ini tampaknya trend smartphone layar lebar sudah semakin merajalela. Pasalnya vendor ternama asal Korea Selatan yakni Samsung sudah mengikuti trend ini. Dimana ia menghadirkan Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8 Plus dengan layar yang besar berbeda dengan seri sebelumnya. Sudah menjadi hal yang lumrah jika sebuah smartphone layar besar memiliki tubuh yang besar pula. Tapi kami bisa menyakinkan sobat disini, bahwa Samsung Galaxy S8 masih memiliki ukuran tubuh yang masih wajar dan tidak terlalu besar.

Ini dikarenakan Samsung Galaxy S8 tidak menghadirkan tombol home fisik nya melainkan tombol home virtual. Ketiga tombol navigasi yakni home, recent dan back dibuat dengan bentuk virtual yang menyatu dengan layar. Dengan meniadakan tombol home berbentuk fisik, Samsung bisa memperluas lagi ukuran layar Galaxy S8 menjadi 5,8 inci. Namun tetap ukuran tubuhnya sama seperti model Galaxy S7 yang memakai layar 5.1 inci.

Kenapa Galaxy S8 Tidak Punya Tombol Fisik Home ? Ini Jawabannya

Kenapa Galaxy S8 Tidak Punya Tombol Fisik Home ? Ini Jawabannya

Keputusan Samsung menghilangkan tombol home fisik pada S8 memang menjadi bahan perbincangan hangat dikalangan pengguna smartphone diseluruh dunia. Banyak yang mempertayakan alasan Samsung Galaxy S8 tidak memakai tombol home fisik. Dan kini alasan serta jawaban kenapa Samsung melakukan ini akhirnya terkuak juga. Samsung mengatakan bahwa keputusan yang diambilnya ini memang terbilang besar, karena para konsumennya sudah terbiasa dengan tombol home fisik pada Samsung Galaxy series. Tapi mereka berani karena mereka memiliki alasan ingin memberikan sebuah smartphone layar besar dengan tubuh yang masih ramping kepada para calon konsumennya.

Ada hal yang cukup menarik dari layar Samsung Galaxy S8. Dilansir dari halaman Kompas Tekno, aspect ratio layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy S8 tidak seperti smartphone pada umumnya. Pasalnya ia memiliki aspect ratio layar 18,5 : 9 untuk resolusi layar 2960 x 1400 piksel. Kebanyakan smartphone android memiliki ratio 16 : 9 untuk resolusi layar 2560 x 1440 piksel atau 1920 x 1080 piksel. Konten-konten video yang ada di media sosial menggunakan aspect ratio 16 : 9 untuk konten widescreen. Ini membuat Samsung Galaxy S8 menampilkan sebuah konten video yang akan memunculkan letterboxing yakni terdapat 2 garis hitam di sisi kana dan kirinya saat menampilkan konten secara penuh.

Samsung memang mengatakan bahwa memang ada kecenderungan konten video yang ditampilkan oleh Galaxy S8 akan muncul letterboxing. Tapi tidak semua konten video akan memunculkan letterboxing di Galaxy S8. Pasalnya ada beberapa video yang ada di Netflix dan juga Youtube yang memiliki fitur stretch dengan aspect ratio 21 : 9. Jadi hal ini tidak akan membuat pengguna merasa terganggu dengan aspect ratio yang dianut oleh Samsung Galaxy S8.


Advertisement