5 Kelebihan USB Type C yang Perlu Kamu Ketahui!

Kelebihan USB Type C – Konektor USB Type-C merupakan konektor USB terbaru yang dibuatn sebagai pengganti USB 2.0 atau USB 3.0. Teknologi ini pertama kali digunakan pada Apple MacBook terbaru dan saat ini sudah mulai di aplikasikan pada smartphone Android. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki konektor jenis ini maka dari itu tidak salah apabila banyak vendor smartphone berlomba-lomba melengkapi smartphonenya dengan teknologi ini. Teknologi USB Type-C terbukti mampu meningkatkan kecepatan transfer data dan pengisian daya baterai. Selain itu teknologi ini menjadi solusi untuk tampilan desain smartphone yang semakin tipis, karena ukuran USB Type-C memiliki bentuk yang lebih ramping. Namun apa saja sebenarnya kelebihan USB Type C ini? Simak ulasan berikut ini :

 

Baca Juga : Apikasi Test Hardware HP Android Gratis di Google Playstore

5 Kelebihan USB Type C yang Perlu Kamu Ketahui!

 

1. Transfer Data yang Cepat

USB Type-C memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dibanding port MicroUSB 2.0. USB Type-C ini dikatakan mampu mentrasfer data dari komputer dengan kecepatan mencapai 10 Gbps, atau 2 kali lebih cepat disbanding dengan USB 3.0 yang memiliki kecpatan 5 Gbps serta USB 2.0 yang memiliki kecepatan maksimum 480 mbps.

Kelebihan USB Type C

USB Type-C

2. Pengisian Daya Lebih Cepat

USB Type-C memiliki kemampuan transfer daya lebih cepat, sehingga mampu mempercepat proses pengisian daya pada baterai. Walaupun saat ini sudah banyak teknologi Quick Charge, namun dengan adanya USB Type-C akan semakin mempersingkat waktu pengisian baterai. USB Type-C ini mampu dialiri arus listrik dengan daya mencapai 20 Volt dan 5 Ampere, yang jauh lebih besar dibandingkan USB sebelumnya yang berdaya 5 Volt dan 1.8 Ampere.

 

3. Bentuk Lebih Ramping

Desain smartphone lama kelamaan terlihat semakin tipis maka dari itu harus diimbangi dengan port USB yang berukuran tipis. Solusi yang tepat adalah dengan memakai USB jenis Type-C yang memiliki ukuran lebih ramping selain itu port ini memiliki bentuk yang sama, sehingga pengguna bisa lebih mudah memasukan port USB Type-C walaupun posisi terbalik.

Kelebihan USB Type C

Kelebihan USB Type C

4. Bebas Cabut Pasang Berkali-kali

Salah satu kelebihan USB Type-C adalah memiliki daya tahan lebih lama, bakan kabarnya USB ini mampu digunakan hingga 10.000 kali, sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk mencabut dan memasang kabel pada saat mentransfer file dari komputer, atapun mengisi daya baterai.

Kelebihan USB Type C

Tahan Lama

5. Tampilkan Gambar Resolusi 4K

USB Type-C mampu menampilkan gambar dan sura ke perangkat lain seperti TV atau Proyektor. Bahkan UBS ini bisa memberikan resolusi mencapai 4K, namun dibutuhkan konektor tambahan apabila ingin menguhubungkan smartphone keperangkat TV atau Proyektor maka perlu menambah port VGA atau HDMI.

 

Baca Juga : Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone Agar Awet

Demikian informasi mengenai 5 Kelebihan USB Type C yang Perlu Kamu Ketahui! , semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi para pengguna smartphone Android yang ingin mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki USB Type-C ini.