Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2, Mau Tau ?


Detekno.com – Samsung Z2 akhirnya dirilis di Indonesia. Smartphone ini menawarkan pengalaman berbeda bagai penggunanya, karena menjadi smartphone pertama di Indonesia yang mengusung sistem operasi Tizen OS. Seperti yang kita ketahui bersama, Tizen OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung sebagai alternatif selain OS Android yang selama ini kita jumpai pada Samsung Galaxy Series. Nah bagi sobat deteknokers yang penasaran ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 yang mengadopsi OS Tizen, silahkan simak ulasan singkat dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2

Kelebihan Samsung Z2

  1. Smartphone ini sudah mendukung teknologi 4G LTE Cat4 dengan kecepatan download 150 mbps dan upload 50 mbps, sehingga mampu memanjakan sobat ketika browsing, streaming, ataupun bermain game online dengan koneksi internet yang lancar dan pastinya sangat cepat. Masih soal konektivitas, Samsung Z2 juga memiliki fitur Dual Sim untuk mempermudah akses komunikasi dua arah melalui telepon ataupun SMS.
  2. Performa smartphone ini cukup baik, karena mengusung dapur pacu yang dilengkapi processor chipset Spreadtrum SC9830 dan processor Quad Core 1.5 Ghz Cortex-A53. Wajar apabila Samsung Z2 hanya memiliki Ram berkapasitas 1GB dan memori internal 8GB, karena harga Samsung Z2 dibanderol sangat murah. Apabila media penyimpanannya tak mencukupi, pengguna Samsung Z2 juga bisa menambahkan microSD sebagai memori ekternal.
  3. Seperti yang kami sampaikan diatas, smartphone ini menawarkan pengalaman berbeda ketika sobat mengoperasikannya. Pasalnya, Samsung membekali smartphone ini dengan sistem operasi Tizen OS yang didalamnya telah tersedia berbagai thema menarik untuk mempercantik user interface Samsung Z2. Selain itu, Tizen OS juga mudah dioperasikan dengan tampilan antarmuka tidak berbeda jauh dengan smartphone Samsung yang mengadopsi sistem operasi Android
  4. Kelebihan Samsung Z2 yang lainnya adalah memiliki kamera belakang beresolusi 5 Megapixel. Walaupun resolusinya tergolong kecil, namun Samsung menyediakan fitur LED Flash untuk mempertajam hasil kamera ketika diambil pada kondisi low light atau malam hari.
  5. Samsung Z2 telah dilengkapi teknologi Voice over LTE (VoLTE) yang memungkinkan panggilan suara dengan kualitas audio lebih baik dan video call lebih lancar
  6. Kelebihan Samsung Z2 yang paling utama adalah harga jualnya yang murah. Pasalnya, harga Samsung Z2 di Indonesia dibanderol seharga Rp. 899.000, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif bagi sobat deteknokers yang bosan mengoperasikan smartphone berbasis Android.

Kekurangan Samsung Z2

  1. Smartphone ini hanya memiliki layar berukuran 4.0 inci dengan panel TFT beresolusi 480 x 800 pixels. Resolusi layarnya tergolong sangat kecil, namun membuat desain Samsung Z2 terlihat simple dan mudah dioperasikan dengan satu tangan.
  2. Ekosistem aplikasi dan game sistem operasi Tizen OS memang kalah banyak dibandingkan Android ataupun iOS, karena Samsung mengklaim Tizen Store hanya mempunyai 6500 aplikasi.
  3. Kekurangan Samsung Z2 yang paling fatal adalah belum mendukung aplikasi BBM dan Path. Padahal kedua aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi paling populer di Indonesia. Mungkin kedepannya, semakin banyak aplikasi yang mendukung Tizen OS, sehingga sistem operasi ini bisa meyaingi Android ataupun iOS. Namun sobat tak perlu kecewa, karena sobat tetap bisa menginstal berbabagai aplikasi populer, seperti Facebook, Whatsapp, Opera, UC Browser, MX Player, dan berbagai game populer yang terdiri dari Plant Vs Zombie, Asphalt 8 besutan Gameloft, Drag Racing, Real Football, dan The Speed Ninja.
  4. Kapasitas baterai smartphone ini tergolong kecil, karena hanya tersedia baterai berkapasitas 1.500 mAh. Kekurangan Samsung Z2 ini membuatnya hanya memiliki waktu bicara selama 8 Jam (3G) dan bisa dipakai memutar musik selama 30 Jam
  5. Samsung Z2 kurang mumpuni ketika dipakai berfoto selfie. Pasalnya, smartphone ini hanya memiliki kamera depan beresolusi VGA, jadi lebih baik sobat memakai kamera belakang yang dilengkapi sensor beresolusi 5 Megapixel dengan lebar aperture f/2.2 dan memiliki fitur LED Flash

Nah itulah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 yang wajib sobat ketahui sebelum membelinya. Wajar apabila smarttphone ini memiliki banyak kekurangan, karena Samsung harus membanderol harga Samsung Z2 dengan harga lebih terjangkau, agar smartphone ini bisa bersaing melawan smartphone Android yang lebih familiar di Indonesia. Bagaimana, apakah sobat deteknokers tertarik membelinya dengan mengeluarkan uang sebesar 899 Ribuan ?


Advertisement