5 Kelebihan dan Kekurangan Android Nougat

Detekno.com – Di era globalisasi ini, kebutuhan manusia dalam kehidupannya terus mengalami peningkatan. Salah satu contoh adalah kebutuhan Smartphone sebagai alat berkomunikasi. Dahulu Smartphone termasuk jenis barang mewah yang hanya dapat dimiliki oleh masyarakat kelas menengah ke atas. Namun sekarang smartphone telah berhasil merengsek masuk ke semua lapisan masyarakat. Terlebih dengan adanya smartphone yang ditawarkan lebih murah, namun spesifikasinya sudah cukup tinggi. Salah satu aspek dalam menilai spesifikasi smartphone adalah dengan melihat Os Android yang tertanam di dalamnya. Android sendiri telah mengalami perkembangan cukup pesat, jenis terbarunya adalah Android Nougat. Lazimnya setiap perkembangan teknologi akan ada aspek kelebihan dan kekurangannya. Lalu bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Android Nougat ?

kelebihan dan kekurangan Android Nougat

kelebihan dan kekurangan Android Nougat

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Android Nougat

Sebagaimana diketahui, bawah keberadaan suatu OS (Operation System) pada sebuah Smartphone akan mempengaruhi kinerja dari perangkat itu sendiri. Kemudian biasanya, OS pada smartphone juga akan memberikan daya tarik sendiri bagi para konsumen. Salah satu OS yang telah mendunia adalah Android. Android sendiri dikembangkan oleh perusahaan raksasa dunia teknologi yaitu Google. Android terus dikembangkan dari tahun ke tahunnya, hingga terakhir yang dirilis pada tahun 2016 adalah Android Nougat.

Seperti dikatakan di awal, kemajuan suatu teknologi tentu tidak terlepas dari aspek kelebihan dan kekurangan  teknologi itu sendiri. Demikian pula halnya pada Android Nougat ini. Ada beberapa aspek yang dapat digolongkan menjadi kelebihan dan kekurangan Android Nougat. Berikut ini beberapa aspek kelebihannya :

1.    Sisi Multitasking

Aspek kelebihan Android Nougat yang pertama dapat dilihat dari sisi multitasking. Android Nougat diketahui memiliki desain visualisasi lebih lebar layaknya visual pada resolusi 5 inch ke atas. Dengan visual demikian, maka akan sangat memudahkan user dalam melakukan aktivitas seperti membaca dan menulis. Android nougat ini juga dianggap mampu mengerjakan beberapa hal dalam satu visual saja (multitasking). Hal ini akan sangat berkaitan erat dengan aktivitas media sosial user. Sehingga dengan adanya multitasking tersebut, maka akan dapat membantu user dalam pengoptimalan aktivitas yang mereka lakukan.

2. Sisi Night Mode

Night model atau dapat dibahasakan menjadi model malam merupakan salah satu bentuk teknologi canggih pada smartphone. Mode ini memungkinkan layar smartphone menjadi redup secara otomatis ketika malam hari. Hal ini lah yang dimiliki oleh Android keren ini. dengan adanya fitur tersebut, tentu akan membuat baterai pada smartphone menjadi lebih hemat. Sehingga daya tahan perangkat juga akan bertambah.

3. Jaminan Keamanan

Lazimnya suatu produk teknologi akan semakin bernilai dan berkualitas jika ditopang dengan sistem keamanan yang mumpuni. Terkait dengan hal itu, Android Nougat diklaim mampu memberikan jaminan keamanan kepada penggunanya. Jaminan ini menjadi poin penting, mengingat perkembangan zaman yang semakin maju dan peluang peretasan juga semakin besar. Oleh karena itu, suatu sistem keamanan dibutuhkan untuk menjaga privasi dari data-data yang terdapat pada perangkat smartphone. Hal inilah yang kemudian coba diwujudkan oleh Android Nougat ini.

4. Aspek Notifikasi

Aspek kelebihan berikutnya adalah fitur Notifikasi. Fitur ini merupakan salah satu fitur penting dalam sebuah perangkat smartphone. Dengan adanya fitur ini, maka user akan segera mengetahui kabar-kabar terkini. Baik dari media sosial maupun dari perangkat itu sendiri. Android Nougat mencoba menghadirkan fitur notifikasi yang mampu mengorganisir pemberitahuan-pemberitahuan yang muncul dari berbagai macam aplikasi. Dengan demikian user akan lebih terbantu dalam melihat pemberitahuan dari masing-masing aplikasi smartphonenya.

Terkait kelebihan dan kekurangan Android Nougat, OS ini juga memiliki beberapa aspek kekurangan, selain kelebihan di atas. Adapun aspek kekurangan dari Android Nougat ini ialah :

  1. Aspek Harga

Barangkali aspek ini menjadi hal yang sangat menonjol sebagai kekurangan dari segala aspek kelebihan dan kekurangan Android Nougat. Lazimnya suatu produk yang berkualitas tentu akan memiliki harga yang jauh lebih mahal ketimbang produk yang tidak berkualitas. Demikian pula halnya pada Android Nougat ini. Beberapa user meyakini bahwa perangkat dengan Android Nougat ini akan ditawarkan dengan harga yang sedikit lebih mahal dari para pendahulunya.

  1. Aspek Melakukan Downgrade

Biasanya setiap kali user mengupgrade OS Smartphone ke versi terbaru, ada kemungkinan besar untuk melakukan downgrade ke versi sebelumnya. Sehingga jika tidak puas dengan OS yang baru tersebut, maka user dapat kembali ke OS yang lama. Akan tetapi hal ini tidak dapat ditemukan pada OS Android Nougat. OS satu ini jika telah diupgrade, maka user tidak bisa melakukan downgrade ke versi sebelumnya secara resmi. Tentunya hal itu akan menimbulkan segenap permasalahan pada perangkat smartphone Anda. Beberapa user lain menganjurkan untuk melakukan downgrade dengan aplikasi tambahan. Namun untuk melakukan hal itu butuh keahlian yang mumpuni.

  1. Harus Melakukan Backup Data

Lazimnya saat melakukan upgrade sebuah OS, maka data yang ada di smartphone Anda akan ikut terhapus secara permanen. Demikian pula yang terjadi pada proses upgrade ke Android Nougat ini. Baik itu data kontak, aplikasi, gambar, video, dan lainnya, akan hilang dari penyimpanan smartphone Anda. Untuk itu sebelum melakukan upgrade ke OS terbaru ini, Anda harus bersusah payah untuk melakukan backup data. Kemudian jika telah Anda. Tentu saja untuk melalukan hal tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup banyak.

Itulah tadi beberapa aspek kelebihan dan kekurangan Android Nougat tersebut. Tentunya masih ada beberapa aspek lagi yang dijadikan dasar informasi terkait OS terbaru satu ini. Pada dasarnya jika semakin canggih teknologi, maka akan semakin banyak pula keunggulan yang dimilikinya. Di satu sisi, kecanggihan tersebut juga akan berimbas pada harga jualnya yang cukup tinggi.

Demikianlah beberapa informasi terkait kelebihan dan kekurangan Android Nougat. Semoga informasi-informasi di atas, dapat menambah wawasan Anda seputar dunia teknologi, khusus Android.