Karbonn K9 Viraat, Smartphone Android Marshmallow 900 Ribuan

Detekno.com – Karbonn K9 Viraat merupakan salah satu smartphone Android Marshmallow termurah yang dipasarkan secara resmi di India. Belum bisa dipastikan apakah smartphone ini akan dipasarkan secara global, termasuk ke Indonesia. Namun yang pastik, Karbonn K9 Viraat merupakan produk asli India yang memiliki layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels. Layar tersebut memiliki kepadatan layar sebesar 267 ppi, sehingga tampilan gambarnya akan terlihat jernih dan tajam.

Karbonn K9 Viraat

Karbonn K9 Viraat

Desainnya terlihat menawan, meski masik memakai material berbahan plastik. Dibalik bodinya telah terpasang baterai berkapasitas 2.800 mAh yang diklaim memiliki waktu bicara selama 8 Jam, dan waktu standby hingga 350 jam. Sayangnya harga Karbonn K9 Viraat yang murah, membuat smartphone ini belum dilengkapi fitur Fast Charging. Walaupun begitu, daya tahan baterainya cukup awet sehingga bisa diandalkan untuk berkomunikasi, menonton film, ataupun mengakses internet.

Konektivitas internet yang dimilikinya belum mendukung 4G LTE, karena masih mengandalkan jaringan 3G HSPA. Selain itu, Karbonn K9 Viraat juga menawarkan konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, dan dilengkapi GPS sebagai navigasinya. Spesifikasinya memang penuh keterbatasan, karena smartphone ini dipasarkan untuk segmen entry level dengan harga dibawah 1 Juta Rupiah. atau lebih tepatnya sekitar 900 Ribuan. Kemudian untuk bagian dapur pacu, Karbonn K9 Viraat dilengkapi processor Quad Core 1.3 Ghz yang dipadukan Ram berkapasitas 1GB.

Kemungkinan smartphone ini masih memakai chipset buatan Mediatek dan GPU Mali-400MP. Lalu ada pula memori internal berkapasitas 8GB yang bisa diperluas dengan menambahkan microSD pada slot memori ekternal berdaya tampung 64GB. Selanjutnya untuk bagian kamera, Smartphone Karbonn K9 Viraat memiliki kamera belakang beresolusi 5 Megapixel dengan fitur LED Flash. Sedangkan untuk bagian depan, smartphone ini mengandalkan kamera 3.2 Megapixel untuk mempermudah penggunanya berfoto selfie dan mengakses video call.

Spesifikasinya cukup standar, namun sebanding dengan harga jualnya yang murah. Dilansir dari indiatimes (29/08/2016), smartphone ini dipasarkan di India dengan harga Rs 4,799 atau apabila kita rupiahkan sekita Rp. 940 Ribuan. Harganya cukup terjangkau, sehingga semua lapisan masyarakat bisa membelinya. Sayangnya smartphone ini belum dilengkapi teknologi 4G LTE dan masih mengandalkan Ram berkapasitas 1GB. Untungnya sudah ada sisem operasi Android Marshmallow yang membuatnya tetap menarik untuk dimiliki.


Advertisement