Jolla C, Smartphone Unik dengan Sailfish OS


Detekno.com – Belum lama ini Jolla kembali merilis smartphone terbarunya, yaitu seri Jolla C. Smartphone ini menjadi bagian dari Sailfish Community Device Program yang membuatnya diproduksi secara terbatas, hanya 1000 unit dan dikhususkan bagi para pengembang yang ingin mengexplore sistem operasi Sailfish OS secara mendalam. Spesifikasinya juga tergolong standard, dimana Jolla C mengandalkan chipset Qualcomm MSM8909v2 Snapdragon 212 yang dipadukan dengan processor Quad Core 1.3 Ghz Cortex-A7 dan GPU Adreno 304.

Jolla C

Jolla C

Dilansir dari gsmarena, tak hanya megandalkan processor berkecepatan Quad Core, agar kinerja sistem operasi Sailfish OS v2.0 dapat berjalan lancar, Jolla C sudah dilengkapi Ram berkapasitas 2GB dan memori internal seluas 16GB. Selain itu, tersedia pula slot memori ekternal yang bisa menampung microSD hingga kapasitas 32GB. Kemudian untuk suplai dayanya, akan mengandalkan baterai Removable Li-Ion berkapasitas 2.500 mAh. Menariknya, baterai smartphone ini bisa sobat lepas dan digantikan dengan baterai cadangan.

Menariknya, smartphone ini bisa menjalankan aplikasi Android dengan lancar, padahal memakai sistem operasi berbeda. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan ekosistem aplikasi Sailfish OS yang tergolong kalah dari iOS ataupun Android. Alhasil pengguna Jolla C bisa menginsal berbagai aplikasi populer yang sering dipakai smartphone berbasi Android. Kemudian untuk sektor konektivitas, smartphone ini sudah mendukung jaringan 3G HSPA dan 4G LTE. Selain itu, tersedia pula fitur Dual Sim untuk mempermudah akses komunikasi.

Konektivitas pendukung berupa Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, port MicroUSB, dan navigasi GPS (A-GPS, Glonass) juga dimiliki smartphone berlayar 5 inci ini. Berbicara mengenai layar, Jolla C mengadopsi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels, sehingga mampu menghasilkan tampilan layar lebih tajam, karena kerapatan layarnya mencapai 294 pixel per inci. Sedangkan untuk segi desain, smartphone ini memakai bodi plasti dengan dimensi 142 x 72 x 9.6 mm dan berat 150 gram.

Spesifikasi Jolla C

  • Dimensi : 142 x 72 x 9.6 mm
  • Layar : IPS LCD, 5.0 inches, 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Sistem Operasi : Sailfish OS v2.0
  • Memori : 16 GB (microSD, up to 32 GB)
  • Ram : 2GB
  • Chipset : Qualcomm MSM8909v2 Snapdragon 212
  • Processor : Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
  • GPU : Adreno 304
  • Kamera Belakang : 8 MP, autofocus, LED flash
  • Kamera Depan : 2 MP
  • Baterai : Removable Li-Ion 2500 mAh

Jolla C

Desainnya terlihat simple dengan memadukan warna merah dan hitam yang membuatnya terlihat lebih stylish. Selain itu, pada bagian belakang sudah ada kamera beresolusi 8 Megapixel lengkap dengan fitur Autofocus dan LED Flash. Kemudian untuk bagian depan, sudah ada kamera beresolusi 2 Megapixel. Smartphone ini bisa merekam video beresolusi Full HD 1080p@30fps, sehingga semua momen bisa diabadikan dengan hasil foto dan rekaman video berkualitas tinggi. Sebenarnya smartphone ini sangat menarik untuk dimiliki, sayangnya hanya tersedia terbatas.


Advertisement