JiaYu M1, Ponsel 1 Jutaan RAM 2GB Dan Memori 16GB

Detekno.com – Vendor asal China lama kelamaan mendominasi kelas smartphone murah karena spesifikasi yang dibawanya lebih unggul. Banyak vendor China yang memang menawarkan smartphone dengan harga yang tak masuk akal namun memang beberapa ada yang berkualitas ataupun tidak. Salah satu vendor yang menawarkan produk murah dengan spesifikasi optimal adalah JiaYu.

Beberapa waktu lalu JiaYu mengeluarkan seri berspesifikasi menengah bertajuk S4 yang memang menuai respon positif. Dilansir dari Gizchina (21/5/2016) distributor JiaYu di Jerman telah memposting gambar dan spesifikasi smartphone terbarunya bernama JiaYu M1.

JiaYu M1

JiaYu M1

JiaYu M1 ditujukan untuk konsumen yang mendambakan ponsel low budget. Jika deteknokers mencari ponsel murah dengan spesifikasi keren nampaknya JiaYu M1 dapat menjadi pilihan. Namun seri ini sementara tersedia diluar negeri dan semoga saja dapat menyambangi Indonesia.

Seperti yang dilihat dari gambar diatas desain ponsel ini memang dirasa simple dan ternyata menyamai seri INEW V3 besutan iNew Mobile. Material plastik menjadi andalan utama ketika memproduksi ponsel low budget, menariknya sisi didesain kotak sehingga terkesan unik.

JiaYu M1 membawa bentang layar 5 inch beresolusi HD 1280 x 720 pixel yang cukup optimal saat digunakan menonton video atau film maupun bermain game. Sisi multitouch yang disajikan hanya mencapai 5 jari saja, cukup sesuai lah dengan harga JiaYu M1 yang dibandrol murah.

Spesifikasi utama yang dibawa ponsel ini adalah chipset Mediatek MT6580. Dapur pacu yang dibawa adalah quad-core berkecepatan 1,3 GHz, standar tapi dapat digunakan untuk menjalankan berbagai jenis aplikasi dengan baik. Untuk game berthread berat nampaknya kurang mendukung ya sob dan lebih cocok ke pemakaian sosial media maupun aplikasi ringan lainya.

Sisi multitasking dibekali RAM 2 GB yang memang jarang dimiliki ponsel berharga 1 jutaan. Multitasking nampaknya akan berjalan lebih cepat dan responsif. Sedangkan untuk media penyimpanannya akan hadir dengan 16 GB, hal ini memang melenceng dari teaser poster yang menyebutkan 32 GB.

Demikian pula dari sisi kamera yang tak sesuai dengan teasernya dimana diklaim membawa dual kamera 13 MP dab 5MP. Untuk kenyataanya kamera belakang yang disajikan yaitu 8 MP dengan dual LED Flash. Sedangkan untuk kamera depan masih tetap 5 MP, kemungkinan ini adalah strategi marketing untuk menarik lebih banyak minat pembeli.

Sedangkan dari sisi baterai disediakan daya 2750mAh yang memang cukup optimal jika dipakai seharian. JiaYu M1 memiliki harga asli $70 alias 950 ribuan. Sayangnya ketika dipasarkan di beberapa negara Eropa harganya naik menjadi $ 100 atau sekitar 1,3 jutaan. Gimana jika ke Indonesia ya sob? Semoga si harganya berada di 1,5 jutaan jadi memang sesuai dengan RAM 2 GB yang diunggulkan ponsel ini.


Advertisement