Inilah Spesifikasi Android One Generasi Kedua “Lava Pixel V1”

Banner

Detekno.com – Spesifikasi smartphone Android One generasi kedua akhirnya terkuak, dengan dirilisnya ponsel Android One terbaru hasil kerjasama antara Google dan vendor asal India, Lava. Menurut GSMarena, smartphone ini telah dirilis dengan harga USD $177 atau sekitar Rp. 2.4 Jutaan. Harganya memang lebih mahal dibandingkan Android One generasi pertama yang dijual 1 Jutaan, pasalnya Google telah mendongrak spesifikasi Smartphone Android One generasi kedua, dengan membawa spesifikasi jauh lebih baik.

Smartphone Android One generasi kedua tersebut memiliki seri Lava Pixel V1. Menariknya, ponsel ini memiliki desain lebih premium dari smartphone Android One versi sebelumnya. Dimana Lava melengkapinya dengan lapisan kaca anti gores (DragonTrail glass) berbalut material metal disekeliling bodynya. Untung ukuran layarnya adalah sebesar 5.5 inci dan dibuat dengan teknologi IPS OGS Full Lamination yang menggabungkan antara panel kaca dan layar untuk menghasilkan sudut pandang lebih luas dan reflektifas cayaha matahari lebih rendah.

Smartphone Android One Generasi Kedua

Tampak Depan Desain Android One Generasi Kedua

Tidak tanggung-tanggung, Google melengkapi Android One generasi kedua dengan layar 5.5 inci beresolusi 720 x 1280 pixels yang menghasilkan kepatan pixel mencapai 267 ppi. Kualitas layarnya jauh lebih baik dari Android One sebelumnya, yang masih memakai layar FWVGA 480 x 854 pixels seluas 4.5 inci tanpa adanya pelindung kaca anti gores. Tidak hanya unggul dari segi layar, Lava Pixel V1 juga memiliki desain premium berbalut metal yang ramping, dan memiliki tipian layar sangat tipis.

Layar tepi ke tepi membuatnya terkesan sebagai smartphone premium berbanderol mahal seperti Oppo R7 atau ZTE Nubia Z9 Max. Namun nyatanya, harga Smartphone Android One generasi kedua tersebut tetap dibanderol terjangkau dengan menyasar segmen menengah keatas. Sementara untuk dapur pacunya, Lava Pixel V1 menawarkan processor Quad Core 1.3 Ghz-64 Bit dari Qualcomm yang dipadukan Ram 2GB dan ruang penyimpanan internal seluas 32 GB yang masih bisa diperluas via microSD.

Lava Pixel V1

Tampak Belakang Smartphone Lava Pixel V1

Smartphone Android One generasi kedua telah berjalan pada sistem operasi Android Lollipop 5.1.1, dan Google telah menjanjikan pembaharuan software Android selama 2 tahun setelah tanggal rilisnya. Itu artinya, Lava Pixel V1 akan menadapatkan 2 update Android utama, termasuk Android M. Sama seperti seri Google Nexus, Smartphone Android One langsung mendapatkan update software dari Google, sehingga pengguna dipastikan akan selalu mendapatkan beragam fitur terbaru setiap ada update sistem operasi Android.

Untuk sektor konektivitas, Lava Pixel V1 memimiliki fitur dual sim dengan konektivitas internet 4G LTE, 3G HSPA+, Wifi Dual Band, Bluetooth V4.0, dan GPS berteknologi A-GPS dan Glonass. Konektivitasnya sudah sangat lengkap, untuk smartphone berbanderol 2 Jutaan, sehingga pengunanya akan dimudahkan dalam urusan berkomunikasi dan mentransfer file memakai Smartphone Android One generasi kedua tersebut. Sementara untuk sektor baterai, Lava menjanjikan daya tahan baterai terbaik, dengan mengadopsi baterai Li-Po 2.640 mAh yang dapat dilepas.

Berlanjut pada sektor kamera, Smartphone Android One generasi kedua ini didukung kamera utama 13 Megapixel dengan kemampuan sensor BSI, Autofocus, lampu LED Flash, dan video recording Full HD 1080p. Kemampuan sensor BSI dengan bukaan lensa F/2.0 dan ukuran sensor 1.4 micronpixels, memastikan kemampuan pencahayaan kamera lebih baik saat memotret dan merekam video pada tempat bercayaha rendah (Low Light). Sementara untuk kamera bagian depan, sudah tertanam lensa 5 Megapixel sebagai media foto selfie dan video call.

Dengan spesifikasi lebih baik, sangat wajar apabila harga jual Smartphone Android One generasi kedua dibanderol lebih mahal dari versi sebelumnya, dimana sudah ada 3 vendor lokal yang membawa label Android One pada perangkatnya, yaitu Evercoss, Nexian, dan Mito. Semoga saja ketiganya kembali dipercaya oleh Google untuk membuat Android One generasi kedua  dengan banderol harga lebih murah dibandingkan harga Lava Pixel V1.


Advertisement